KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tak Dipinjami Ambulans Oleh Puskesmas, Warga Mamuju Gotong Jenazah Hingga 13 Km
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62f7a88132cb9176a17b199c/tak-dipinjami-ambulans-oleh-puskesmas-warga-mamuju-gotong-jenazah-hingga-13-km

Tak Dipinjami Ambulans Oleh Puskesmas, Warga Mamuju Gotong Jenazah Hingga 13 Km

Tak Dipinjami Ambulans Oleh Puskesmas, Warga Mamuju Gotong Jenazah Hingga 13 Km

Sebuah video viral di media sosial yang menampilkan para warga sedang menggotong jenazah dengan menempuh perjalanan hingga 13 kilometer.

Peristiwa ini terjadi di Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) pada 9 Agustus 2022 lalu. Saat itu, sekolompok orang terpaksa menggotong jenazah seorang warga yang telah meninggal sejauh 13 kilometer dari Puskesamas Kecamatan Kalumpang.

Sebenarnya di Puskesmas tersebut terdapat sebuah mobil ambulance yang terparkir. Namun, pihak Puskesmas menolak mengantarkan jenazah tersebut karena terhalang oleh SOP yang berlaku.

Tak Dipinjami Ambulans Oleh Puskesmas, Warga Mamuju Gotong Jenazah Hingga 13 Km

Menurut peraturannya ambulance hanya digunakan untuk mengantarkan pasien emergency atau darurat. Sementara itu, jenazah bukan bagian dari hal tersebut.

Keluarga korban mengaku kecewa dengan sikap Puskesmas tersebut karena tidak memiliki rasa kemanusiaan. Sehingga mereka terpaksa membawa jenazah dengan digotong dan berjalan kaki.

Jika melihat kasus di atas TS berpendapat bahwa pihak Puskesmas seolah serba salah seperti makan buah simalakama.

Tak Dipinjami Ambulans Oleh Puskesmas, Warga Mamuju Gotong Jenazah Hingga 13 Km

Jika mobil ambulance tersebut digunakan untuk mengantarkan jenazah maka itu akan membentur peraturan dan dikhawatirkan ketika mobil tersebut sedang mengantar jenazah lalu tiba-tiba ada pasien emergency maka tentu akan membuat pusing pihak Puskesmas.

Tetapi, di satu sisi terkadang rasa kemanusiaan mesti juga perlu dipertimbangkan. Betapa kasihan melihat para warga menggotong jenazah dengan keranda lalu berjalan kaki sejauh belasan kilometer. Tentu tak tega melihatnya, mereka akan sangat merasa kelelahan.

Secara pribadi TS berpendapat bahwa jika memang mobil ambulance tidak dapat digunakan untuk mengantarkan jenazah, maka Puskesmas dan pemerintah setempat harus memiliki mobil jenazah agar tidak terjadi perselisihan semacam ini.

Spoiler for Video Warga Tandu Jenazah Sepanjang 13 Kilometer:


Selain itu, peraturan penggunaan mobil ambulance juga bisa ditinjau ulang untuk memberikan solusi jika di daerah tersebut hanya memiliki satu mobil saja.

Sudah selayaknya daerah-daerah terpencil memiliki fasilitas kendaraan untuk digunakan dalam keadaan darurat. Agar tidak terjadi lagi peristiwa miris seperti ini di lain waktu.

Sumber :

Ulasan dan opini pribadi

1
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hidsan dan 16 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Lumayan jg ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Soekarti dan 4 lainnya memberi reputasi
Serba salah kalau di posisi Puskesmas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Soekarti dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Miris 🤕
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Soekarti dan 2 lainnya memberi reputasi
Udh viral nnti pasti dbliin mobil lagiemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan bomat.udik memberi reputasi
R.I.P empati emoticon-Turut Berduka
HAILLL... SOP emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sp4rknvmm dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh myasanmia
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Dikasih aja si boss.

dari pada dibawa demo isinya batu
eeeh
emoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 2 lainnya memberi reputasi
Menandu jenazah hingga liang lahat adalah bentuk Ibadah. Kalo orang percaya akan agama pasti ada balasan baik yang di terima.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 6 lainnya memberi reputasi
Muak gua lihat orang2 bikin trit begini seolah-olah menggiring opini bahwa puskesmas salah. Padahal dalam kasus macam ini puskesmas sudah benar tidak memberbolehkan ambulance mengantar jenazah pulang. Karna ambulan itu buat jaga2 kalau sewaktu2 ada pasian yg gawat darurat dan musti dibawa ke RS yg lebih besar. Kalau mau bawa pulang jenazah ya pakai mobil jenazah / carter mobil sendiri. emoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 28 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Udah bener tu puskesmas
Ambulance kudu steril bos
Bukan peruntukannya bawa jenazah
Mending carter angkot atau mobil pickup
profile-picture
profile-picture
profile-picture
botagembul dan 8 lainnya memberi reputasi
di mamuju g ada yg punya mobil.sama sekali.kah ?

harus bgt pakek ambulance ???
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrastrid dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Memang serba salah sih.
Ambulance itu harus steril dan siapa yg tau ketika dipinjamkan ada keadaan darurat lain yang bisa membantu nyawa orang yg masih hidup.

Ga ada mobil jenazah nya kah ? Atau minjem mobil tetangga ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Soekarti dan 8 lainnya memberi reputasi
Yah...sekarang apa2 diviralin...mau tau ato gak tau bedanya ambulance dan mobil jenasah sabodo...yang penting viral dulu... yg penting bentuknya sama2 mobil... kasian untung ini kaskus pada pinter2...kalo di ig sudah dibantai sama netizen yg begonya sama rata
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
jangan hanya jenazah yang di pertanyakan , penyebab kematian seseorang harus di ketahui apa yang telah di lakukan semasa hidupnya ? sebab akibat selalu datang jika anda sadari itu
profile-picture
ogahruwet memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Mnding nolong yg sekarat tp msh bs selamat, drpd nolong yg udh meninggal
G usah kecewa sama puskesmasnya. Kecewa sama petingginya kenapa g ada anggaran buat beli mobil jenazah tiap desa.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Soekarti dan 5 lainnya memberi reputasi
Kadesnya ngapain aja sih? emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
gomamon. dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Puskesmasnya udah bener itu sesuai SOP. Ambulance hanya utk pasien darurat.
Jgn playing victimlah mengatasnamakan kemanusiaan, emangnya mobil cm satu doang di dunia. Klo mrasa capek jalan kaki ya tinggal carter angkot/mobil pickup/mobil jenazah.
Skrng tanya balik dimana empatinya tuh situkang komplen klo tiba2 ada pasien darurat yg butuh ambulance? Apa cm bisa bilang sori atau trima nasib kah?
Hadeeehhh.....emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 9 lainnya memberi reputasi
Jika sesuai SOP memang benar Ambulance hanya untuk orang sakit,
Namun ada kebijaksanaan tersendiri seharusnya dengan mempertimbangkan segi sosial dan kemanusiaan.
Btw ane pernah minta bantuan ambulance klinik untuk antar jenazah dan diberikan pinjaman oleh klinik.
Namun jarak tidak terlampau jauh hanya 3km
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
mudah2an yg gotong dapat hidayahemoticon-Belgia
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Ada kendaraan tp ga ada jalan (layak)
Ada jalan tp ga ada kendaraan.
Atas amburadul, bawah dilema.

Serba dituntun-tuntun lewat pemberitaan viral.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gomamon. dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 5


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di