KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tak Dipinjami Ambulans Oleh Puskesmas, Warga Mamuju Gotong Jenazah Hingga 13 Km
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62f7a88132cb9176a17b199c/tak-dipinjami-ambulans-oleh-puskesmas-warga-mamuju-gotong-jenazah-hingga-13-km

Tak Dipinjami Ambulans Oleh Puskesmas, Warga Mamuju Gotong Jenazah Hingga 13 Km

Tak Dipinjami Ambulans Oleh Puskesmas, Warga Mamuju Gotong Jenazah Hingga 13 Km

Sebuah video viral di media sosial yang menampilkan para warga sedang menggotong jenazah dengan menempuh perjalanan hingga 13 kilometer.

Peristiwa ini terjadi di Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) pada 9 Agustus 2022 lalu. Saat itu, sekolompok orang terpaksa menggotong jenazah seorang warga yang telah meninggal sejauh 13 kilometer dari Puskesamas Kecamatan Kalumpang.

Sebenarnya di Puskesmas tersebut terdapat sebuah mobil ambulance yang terparkir. Namun, pihak Puskesmas menolak mengantarkan jenazah tersebut karena terhalang oleh SOP yang berlaku.

Tak Dipinjami Ambulans Oleh Puskesmas, Warga Mamuju Gotong Jenazah Hingga 13 Km

Menurut peraturannya ambulance hanya digunakan untuk mengantarkan pasien emergency atau darurat. Sementara itu, jenazah bukan bagian dari hal tersebut.

Keluarga korban mengaku kecewa dengan sikap Puskesmas tersebut karena tidak memiliki rasa kemanusiaan. Sehingga mereka terpaksa membawa jenazah dengan digotong dan berjalan kaki.

Jika melihat kasus di atas TS berpendapat bahwa pihak Puskesmas seolah serba salah seperti makan buah simalakama.

Tak Dipinjami Ambulans Oleh Puskesmas, Warga Mamuju Gotong Jenazah Hingga 13 Km

Jika mobil ambulance tersebut digunakan untuk mengantarkan jenazah maka itu akan membentur peraturan dan dikhawatirkan ketika mobil tersebut sedang mengantar jenazah lalu tiba-tiba ada pasien emergency maka tentu akan membuat pusing pihak Puskesmas.

Tetapi, di satu sisi terkadang rasa kemanusiaan mesti juga perlu dipertimbangkan. Betapa kasihan melihat para warga menggotong jenazah dengan keranda lalu berjalan kaki sejauh belasan kilometer. Tentu tak tega melihatnya, mereka akan sangat merasa kelelahan.

Secara pribadi TS berpendapat bahwa jika memang mobil ambulance tidak dapat digunakan untuk mengantarkan jenazah, maka Puskesmas dan pemerintah setempat harus memiliki mobil jenazah agar tidak terjadi perselisihan semacam ini.

Spoiler for Video Warga Tandu Jenazah Sepanjang 13 Kilometer:


Selain itu, peraturan penggunaan mobil ambulance juga bisa ditinjau ulang untuk memberikan solusi jika di daerah tersebut hanya memiliki satu mobil saja.

Sudah selayaknya daerah-daerah terpencil memiliki fasilitas kendaraan untuk digunakan dalam keadaan darurat. Agar tidak terjadi lagi peristiwa miris seperti ini di lain waktu.

Sumber :

Ulasan dan opini pribadi

1
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hidsan dan 16 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Nggak tau juga tentang kebenaran yang sesungguhnya, karena terkadang kalau berita dari satu pihak itu jadi kurang seimbang. Sepertinya ada miss komunikasi diantara keduanya hingga timbul kejadian seperti ini.
nah ini yang ane juga masih suka pertanyakan, itu mobil ambulans sama mobil jenasah sebener nya jadi satu apa dibedakan ya?

soale sering banget ane liat juga klo di jalan mobil yang membawa jenasah sambil ning nang ning nung itu pake mobil ambulans.. sedangkan klo kita liat di luar luar juga seharus nya mobil jenasah itu ada lagi sendiri dan bentuk nya berbeda, bukan pake mobil ambulans..

klo dari kasus ini ane pikir puskesmas nya serba salah, spt yang kata TS bawasan nya gimana nanti pada saat mobil ambulans di pake untuk antar jenasah (yang menurut ane tingkat urgency nya rendah) terus tiba tiba ada telpon masuk warga sekarat dan HARUS segera di tangani sedangkan ambulan masih di pake?

terlepas dari kemanusiaan atau apa lah itu, tapi ini soal teknis di lapangan.. bukan soal kemanusiaan.. ane setuju sama salah satu warga kaskus yang komeng juga, ada baik nya untuk urusan spt ini carter mobil sendiri atau memang menyediakan sendiri kendaraan dan jangan paksa puskesmas untuk pake mobil ambulans..

just share emoticon-Nyepi emoticon-Nyepi
profile-picture
xandernathaniel memberi reputasi
inilah yang menimbulkan separatisme. emoticon-Blue Guy Bata (L)
Kebijakan karena alasan kemanusiaan boleh aja
Kalau ambulance kan memang harus steril, jadi memang ga salah puskesmasnya, btw knp ga carter aja mobil laen gitu, kek ga ada kendaraan lain aja, kan lumayan jalan kaki 13 km.
Post ini telah dihapus
Sewa mobil, selesai... Atau emang kagak ada orang yg mau nyewain mobilnya buat bawa jenazah? Trus apa kagak ada masjid, atau lembaga ummat, yg punya mobil yg bisa disewa utk bawa jenazah?
Diubah oleh gigapediagaul
Teringat Kakak Ane meninggal di perjalanan mamuju-makasar dalam ambulance
Post ini telah dihapus
apa gk ada warga yg punya mobil gitu? at least pickup atau truck kepaksanya kalau memang g ada?, kalau gk warga deket situ ya kampung sebelah gitu apa orang2 sekitar kota...kan ya jamannya udah modern, gk ada ambulan bisa lah ya koordinasi ke mana gitu via WA atau grup sosmed cari warga atau orang yg mau bantu pinjemin mobil gitu
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Puskemas nya udah manusiawi, puskesmasnya udh bener, gk ada yg serba salah dari pihak puskesmas
Ada yg jamin pas lagi nganter jenazah 13 km gk ada masalah? Gmn kalau tiba2 ada ibu hamil kegawatan dan perlu diantar ke RS? Gimana kalau ibu dan bayi nya gk selamat karena telat nganter?
Mikir sampe situ gk?
profile-picture
xandernathaniel memberi reputasi
Kalo jalan bagus ga ada 30 menit sih 13 km, dari sekian banyak warga ga ada yg punya mobil kah?
ambulance kegunaannya mengantar dan menjemput pasien bukan membawa jenazah. Udah bener lah pihak puskesmas , eh tapi di daerah gue sering banget jenazah diantar pake ambulance berarti di mamuju petugasnya lebih taat aturan
Prosedur puskesmas sudah benar. Warga situ ga ada yang punya mobil pick up apa gimana ? emoticon-Bingung
Diubah oleh hidsan
buat yang kontra ya monggo didemo aja yang bikin SOP-nya karena petugas puskesmas hanya menjalankan SOP yang berlaku. kecuali situ mau nanggung gajinya kalo sampe petugasnya dipecat gara2 ngelanggar SOP.
Dilain sisi sama sama membutuhkan emoticon-Cool
Biasanya pemdes punya 1 unit apv untuk pelayanan masyarakat. Coba kades ditanya, kebagian unit gk desa disana ? emoticon-Cool
profile-picture
gomamon. memberi reputasi
Life is choice😝
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Wah. Ini kesempatan emas buat partai-partai. Nyumbang puluhan ambulance untuk mamuju.
Walau ga darurat. Pake hati nurani lah. Lagian ngelanggar SOP ga bakal kena resiko berat kan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xandernathaniel dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
ambulance kan emang buat gawat darutas gan, mayit itu ga ada unsur gawat darurat. ga usah sok jd korban ato bilang puskesmas ga empati segala macem. kalo niat ya sewa mobil gih yg boleh dibuat angkut mayit, pekok jangan dipiara
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xandernathaniel dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di