KOMUNITAS
Pengumuman! Kuy Ikutan Survey Feedback Kaskuser, Isi di Sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Gelar 'Gus' di Nama Gus Samsudin Ternyata Bukan karena Dia Anak Kiai
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62f79b1d702f3969ac23a1d2/gelar-gus-di-nama-gus-samsudin-ternyata-bukan-karena-dia-anak-kiai

Gelar 'Gus' di Nama Gus Samsudin Ternyata Bukan karena Dia Anak Kiai

Gelar 'Gus' di Nama Gus Samsudin Ternyata Bukan karena Dia Anak Kiai
Surabaya - Gelar gus yang tersemat pada Gus Samsudin ternyata bukan karena dirinya anak kiai. Gus Samsudin pun blak-blakan soal julukan gus yang melekat pada dirinya.
Gus Samsudin mengaku dirinya bukan merupakan keturunan kiai. Namun, sebutan gus yang melekat pada dirinya merupakan sebutan dari orang Jawa. Menurutnya, dalam bahasa Jawa, gus merupakan anak laki-laki atau cah bagus alias anak baik.

"Nama gus sendiri kalau di dalam orang Jawa, gus itu anak laki-laki, cah bagus," kata Gus Samsudin, Sabtu (13/8/2022).

Untuk itu, ia pun tak memaksa orang-orang memanggil namanya dengan sebutan gus. Menurutnya, masyarakat bebas memanggil namanya dengan sebutan lain atau hanya memanggil namanya saja.

"Kalau memanggil saya ya silakan mau dipanggil apapun. Itu orang yang memanggil saya, bukan saya," jelasnya.

Diketahui, panggilan Gus dan Ning sangat populer di kalangan pesantren. Panggilan Gus dan Ning merupakan sebutan bagi anak keturunan kiai. Sebutan Gus untuk putra kiai dan Ning julukan putri sang kiai.

Melansir dari laman nu.or.id, seorang Gus dapat diangkat menjadi kiai. Itu sebabnya, Gus juga disebut sebagai kiai muda. Pada tingkatan itu, seorang Gus bisa menerimanya, namun bisa juga tidak. Jika lebih suka dipanggil Gus, dia bisa tetap bergelar gus daripada kiai meski kedudukannya sudah naik menjadi kepala pesantren warisan ayahnya.

Namun, akhir-akhir ini ada fenomena panggilan gus untuk seorang dukun atau orang pintar. Hal ini cenderung membuat masyarakat salah paham. Bahkan banyak orang saat ini sangat mudah mendapat predikat kiai atau gus.

Bendahara GP Ansor Jatim Muhammad Fawait ikut menyorot hal ini. Menurutnya, banyak orang saat ini sangat mudah mendapat predikat kiai atau gus.

"Ini yang harus diluruskan. Kalau kiai atau ulama itu harus jelas sanad keilmuannya, sedangkan gus harus jelas nasabnya. Jadi masyarakat jangan mudah percaya pada orang yang mengaku kiai atau gus. Lihat dulu sanad dan nasabnya," kata Fawait kepada detikJatim, Selasa (2/8/2022).

Dia mengungkapkan segala hal itu harus diposisikan sesuai tempatnya. Termasuk istilah atau penyebutan kiai atau gus dalam kehidupan bermasyarakat.

"Demikian juga dengan istilah gus. Itu adalah sebutan untuk anak kiai di Pulau Jawa, untuk menghormati bapaknya yang seorang kiai. Jadi tidak boleh sembarangan menyebut seseorang sebagai gus. Cari tahu dulu dia anak kiai siapa, di mana pondok pesantrennya?" ujar Fawait.

"Dari sudut pandang, kalau urusan masalah gus itu anak kiai. Bukan gus itu bisa terbang atau gimana-gimana, ya. Apa yang dilakukan Gus Samsudin itu unik, tidak lumrah, ya. Saya enggak tahu dia anak kiai atau bukan, kami dalam rangka meluruskan siapa sih yang dipanggil ulama, gus, dan kiai," kata Fawait. (hil/dte)

CAH BAGUS SAMSUDIN
si udin ini ahli tata kata, mirip sama yang atu lagi, cocok ini kalo duet 2024, emoticon-Big Grinemoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 6 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Disertifikasi pemerintah, tidak mau

Disuruh sertifikasi sendiri, tidak mau

Banyak yang ngaku-ngaku, mengeluh

Terus maunya bagaimana ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dante_craze dan 20 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Post ini telah dihapus
dulu ada nenek2 dr desa mamak ane yg ikut ke rumah jd art.
itu nenek klo manggil ane jg gus, itu kependekan dr agus. padahal nama ane bkn agus.
bokap jg bukan kiai, islam ktp doang malah ngikut aliran kepercayaan.
profile-picture
D.D.o.S memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Anak apa?
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan D.D.o.S memberi reputasi
Yg manggil dia Gus sape emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
pilotreincarnat dan D.D.o.S memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gelar 'Gus' di Nama Gus Samsudin Ternyata Bukan karena Dia Anak Kiai

perhaps dia suka candy Sugus, kali
profile-picture
D.D.o.S memberi reputasi
Diubah oleh cacarakan
Post ini telah dihapus
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Giliran kaya gini MUI PBNU diem bae
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sbenernya sih gus memang panggilan umum seperti halnya cak, kak, atau mas.
tergantung daerahnya aja.

hanya saja, di kultur ponpes, terutama yg terafiliasi ama geng ijo, gus adlh "gelar" utk anak si kiai.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
Gemagus
profile-picture
D.D.o.S memberi reputasi
Jadi monyet pake sorban dan kosplay sok alim ternyata lumayan hasilnya, bisa bikin rumah megah dan mewah serta punya anak buah berlimpah..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 6 lainnya memberi reputasi
ini bukan anak kyai juga di panggil Gusemoticon-Ngakak

Gelar 'Gus' di Nama Gus Samsudin Ternyata Bukan karena Dia Anak Kiai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Kagak ada lisensi dari ormas stempel
Otomatis kagak bisa pake jasa umat kadal buat belain enteemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 4 lainnya memberi reputasi
Tahu koq elu pakai nama gus biar dianggap punya gelar dari nu😏
profile-picture
profile-picture
D.D.o.S dan pilotreincarnat memberi reputasi
"Abis cabul terbitlah ngibul.
Yg masih kepingin mualap mana suaranya?"


Gelar 'Gus' di Nama Gus Samsudin Ternyata Bukan karena Dia Anak Kiai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
yang ex pelatih tim korsel & belanda itu anak tokoh agama?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 2 lainnya memberi reputasi
Gus-tave . . . . . anak siapa ??
profile-picture
profile-picture
D.D.o.S dan pilotreincarnat memberi reputasi
Fix ya bukan anak kyai. emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
D.D.o.S dan pilotreincarnat memberi reputasi
Quote:




Anaknya ini kali gan?

Gelar 'Gus' di Nama Gus Samsudin Ternyata Bukan karena Dia Anak Kiai

emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ojo.kondor dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Anak baek die bilang emoticon-Cape d... (S) emoticon-Hammer (S)
profile-picture
profile-picture
D.D.o.S dan pilotreincarnat memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di