KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Pocong Minta Sumbangan Perayaaan HUT Kemerdekaan RI di Jalan Itu Pantaskah?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62f774fe48e4803666639d94/pocong-minta-sumbangan-perayaaan-hut-kemerdekaan-ri-di-jalan-itu-pantaskah

Pocong Minta Sumbangan Perayaaan HUT Kemerdekaan RI di Jalan Itu Pantaskah?

Pocong Minta Sumbangan Perayaaan HUT Kemerdekaan RI di Jalan Itu Pantaskah?

Pada hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia, tiap RT atau RW pada umumnya mengadakan lomba dan berbagai acara. Sayangnya, tidak semua RT mampu mendanai kegiatan HUT RI tersebut. Para remaja yang tergabung dalam karang taruna berinisiatif turun ke jalan untuk meminta sumbangan sukarela dari pengguna jalan. Agar menarik perhatian, mereka menggunakan kostum pocong saat meminta sumbangan.
 
Dilakukan Kelas Bawah
 
Perumahan kelas menengah atau elit biasanya tidak melakukan praktik minta sumbangan ke jalan. Sumbangan dari masyarakat sudah cukup untuk sekadar membuat acara lomba 17 Agustusan. Apabila ada sponsor yang mau bayar lebih, bakal ada panggung hiburan segala.
 
Tidak begitu ceritanya dengan perumahan atau pemukiman kelas bawah. Untuk makan besok saja belum tahu apa (meski kuota internet lancar jaya). Apalagi bayar sumbangan acara 17 Agustus. Maka dari itulah anak-anak mudanya berinisiatif turun ke jalan dekat rumah untuk meminta sumbangan dari pengguna jalan.
 Pocong Minta Sumbangan Perayaaan HUT Kemerdekaan RI di Jalan Itu Pantaskah?

Apakah sumbangan itu sepenuhnya untuk acara 17 Agustus?
 
Iya, namun dipotong untuk rokok, snack dan minum yang minta sumbangan juga. Tidak seberapa jumlahnya. Tetap lebih banyak untuk acara 17 Agustusan.
 
Untuk menyadarkan pengguna jalan terhadap keberadaan mereka yang minta sumbangan, dipasang polisi tidur dari tali atau ban agar laju kendaraan sedikit melambat. Petugas minta sumbangan biasanya menggunakan jaring sebagai wadah uang. Penggendara yang lewat cukup melemparkan jaring.
 
Kini, agar semakin menarik perhatian, peminta sumbangan menggunakan kostum segala. Misalnya saja pocong-pocongan. Selain kontumnya sederhana, kostum pocong dari jauh saja sudah menarik perhatian. Pengendara terhibur, uang pun terlontar.
 
Mau Sampai Kapan?
 
Dipikir-pikir, miris juga rasanya merayakan HUT Kemerdekaan RI namun caranya dengan minta-minta di jalan. Makna merdeka rasanya jadi semu. Cara untuk merayakannya dengan turun ke jalan, meminta kerelaan dari dompet para pengendara yang menggunakan jalan.
 Pocong Minta Sumbangan Perayaaan HUT Kemerdekaan RI di Jalan Itu Pantaskah?

Apa tidak ada cara lain?
 
Ada kok. Beberapa karang taruna ada yang membuat kerajinan tangan kemudian dijual dan menawarkan paket sembako yang dijual sedikit lebih tinggi kepada warga sekitar. Memang butuh usaha dan modal lebih dibandingkan dengan turun ke jalan langsung minta sumbangan. Namun dari situlah sumbangan lebih sering diberikan karena menghargai kegigihan para remaja karang taruna.
 
Entah sampai kapan praktik minta sumbangan 17 Agustus akan berlangsung. Selama hasilnya lumayan, tentu akan terus dilakukan. Hanya saja, apabila praktik meminta-minta itu menimbulkan kemacetan, siap-siap saja mendapat teguran dan tindakan dari Dinas Perhubungan.


Sekadar opini pribadi


Sumber foto Canva, Detik, Portalsiber
profile-picture
profile-picture
shast777 dan provocator3301 memberi reputasi
Diubah oleh Kokonata
Ada ada aja
Endonesa
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
paling cepet emang minta sumbangan gan..
selain nyuri dan ngrampok. emoticon-Ngacir2
profile-picture
MUF0REVER memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Aelah ginian lagi dulu anak punk sekarang pocong, kok malah downgrade yak
kalo ane sih ga mau sumbang malahemoticon-Big Grin
Sama kaya masjid
Gw yg di pasar biasa kena 2x tarikan. Dana iya barang juga, setiap acara 17an
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan imaginaerum memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Bikin macet jalan aja.
"Yaaaa daripada kami mencuri dan merampok, ga ada salah nya kami meminta kepada bapak/ibu"

Yaa gmn ya,
Sama2 salah sih.
Tp kalo di tanya mana yg salah nya lbh sedikit, yaa tentu saja minta2

Capelah sama sm pola pikir macam gitu
emoticon-Leh Uga
miris juga gan emoticon-sad
Post ini telah dihapus
emoticon-Cool
Mungkin Filosofinya Pocong kan lambang kematian.
Kalo ga nyumbang maka acara yang sudah menjadi budaya ini akan mati (ga jalan).

Atau mungkin ga ada filosofi ? cuma iseng2 aja biar seru..
emoticon-Wakaka
Diubah oleh masboy.design
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
asal jangan dikuburan bor
3 Point.
Nasionalisme
Patriotisme
Idealisme

Gausah campur² ke yang laen. Jelajah Nusantara bukan Singapura(meski miris liat harga Tiket Lokal) baru mereka tau bagaimana cara mencintai negara mereka sendiri. Bukan membangun Negara di dalam Negara itu sendiri.
emoticon-Traveller
Salah satu tingkat ke kreatifitasan para pencari sumbangan, dengan berpakaian seperti itu akan bisa menarik mata untuk tertuju kepadanya, cuman nggak tau juga akankah hal itu akan berimbas positif terhadap jumlah sumbangan yang mereka dapatkan.


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di