KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bamsoet: IKN Akan Masuk Pokok-pokok Haluan Negara
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62f7461a7b819064cc281236/bamsoet-ikn-akan-masuk-pokok-pokok-haluan-negara

Bamsoet: IKN Akan Masuk Pokok-pokok Haluan Negara

Bamsoet: IKN Akan Masuk Pokok-pokok Haluan Negara
Jumat, 12 Agu 2022 17:59 WIB

Bamsoet: IKN Akan Masuk Pokok-pokok Haluan Negara
Bamsoet (Foto: MPR)

Jakarta - Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengusulkan penyelesaian pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara untuk dimasukkan ke pokok-pokok haluan negara. Bamsoet menilai IKN harus dilanjutkan siapa pun presidennya.

Pernyataan itu disampaikan Bamsoet seusai bertemu Jokowi dan para ketua lembaga di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (12/8/2022). Bamsoet awalnya menyinggung soal pengakuan Ketua DPR Puan Maharani yang kerap ditanya soal pemindahan ibu kota.

"Mbak Puan menyampaikan ketika bertemu dengan IPU, ketua parlemen sedunia, banyak ketua parlemen bertanya kepada Mbak Puan, apakah ada jaminan bahwa IKN ini bisa berlangsung setelah Pak Jokowi selesai menyelesaikan jabatan sebagai presiden. Tadi bapak presiden menyampaikan, kenapa tidak? kan sudah ada undang-undangnya," kata Bamsoet.

Bamsoet juga mengaku mendapat pertanyaan serupa dari para duta besar negara sahabat. Dia lantas menyampaikan pandangannya bahwa UU itu rawan diganti oleh pemimpin selanjutnya jika berbeda pandangan.

"Lalu saya sampaikan juga bahwa saya mendapat pertanyaan dari para duta yang saya kenal maupun saya ketemu, soal jaminan karena mereka harus memikirkan pindah kedutaannya atau rumah diplomatnya di IKN. Saya bilang kalau UU pak presiden, ini gampang sekali dijudicial review, oleh pengganti, manakala nanti tidak sejalan, juga mudah dengan perppu," ujar Bamsoet.

"Sehingga tidak ada jaminan, sementara kita butuh waktu 15-20 tahun untuk menyelesaikan membangun ibu kota artinya 4 periode presiden," sambung Bamsoet.
Baca juga:
Jokowi Akan Bangun Pusat Pelatihan Sepakbola di IKN

Dia pun mengusulkan agar IKN dimasukkan ke pokok-pokok haluan negara. Dia ingin IKN bisa selesai dibangun siapa pun presidennya.

"MPR sedang menggodok pokok-pokok haluan negara, akan kita masukkan ke pokok-pokok haluan negara tentang IKN ini harus selesai sampai tuntas entah siapapun presiden, dan diperlukan keberlanjutan yang dipatuhi oleh setiap pengganti kepemimpinan dalam program-program besar yang sedang dijalankan oleh presiden," ujar Bamsoet.

Lebih lanjut, Bamsoet mengatakan MPR sepakat hal itu dilakukan tidak melalui amandemen. Namun dia menyebut konvensi konstitusi.

"Hasil kajian badan pengkajian MPR kita sudah sepakat tidak melalui lagi amandemen yang banyak memungkinkan kecurigaan. Tapi melalui konvensi konstitusi karena rupanya MPR masih punya kewenangan untuk mengeluarkan keputusan dan ketetapan MPR yang mengikat ke dalam dan luar pasal 100 ayat 2 UU," ujar dia.

Jokowi Bertemu Para Pimpinan Lembaga


Sebelumnya, Jokowi bertemu dengan para pimpinan lembaga menjelang perayaan HUT ke-77 RI. Jokowi mengatakan pertemuan itu menjadi momen penting karena sudah lama tidak bertemu sejak pandemi COVID-19.

"Memang sudah lama kita lembaga-lembaga tinggi negara memang karena COVID, memang sudah lama nggak ketemu, jadi pas 17 Agustusan untuk berbicara hal-hal yang tadi saya sampaikan," kata Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (12/8/2022).

Pertemuan berlangsung selama kurang lebih 2,5 jam. Isu krisis global menjadi bahasan utama,

"Utamanya kita berbicara mengenai krisis global yang berkaitan dengan krisis pangan, krisis energi, dan juga krisis keuangan dan kita berbagi sharing mengenai hal-hal yang berkaitan dengan domestik kita. Baik yang berkaitan dengan pangan, yang berkaitan dengan energi, dan juga berkaitan dengan pangan," ujar Jokowi.

Sementara itu, Ketua MPR Bambang Soesatyo menjelaskan dirinya melaporkan persiapan sidang tahunan MPR/DPR. Selain itu juga, ancaman krisis dunia dibahas dalam pertemuan itu.

"Kita juga mendengarkan penjelasan presiden terkait ancaman krisis yang sedang melanda dunia, dunia sedang muram hari ini. Laporan IMF sudah mengatakan setidaknya 66 negara terancam bangkrut dan kalau jumlahnya seperti itu, maka IMF juga tidak bisa memberikan bantuan apapun," ujar Bambang.

https://news.detik.com/berita/d-6231...-haluan-negara


profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan jerryreality850 memberi reputasi
Disana baru ditaruh kendi doang sama si Plongo, belum ada dibangun sama sekali.
Ini sampai akhir periode juga kagak bakal dibangun, orang cuma pencitraan plonga-plongo saja.

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Quote:


tergantung pengganti nyaemoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan jerryreality850 memberi reputasi
mantap ikn maju jalan terus, kadrun gak usah pindah bikin sesak kalimantan aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
4 periode presiden membangun candi. Apes tenan capres² tahun 2024 nanti ya.

emoticon-Ngakak
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
lha wong negara lain satu daratan aja pada gagal gara2 jauh
ini malah nyebrang lautan emoticon-Cape d... (S)
apalagi kalo anies yg menang nasibnya akan sama kayak reklamasi teluk jakarta

profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Diubah oleh dxdl
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Hmmmm...
emoticon-Cool
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Ada UU trus pemilu nanti juga survei pdip menang, presiden jg bakal dr gank sekarang. So buat para oposisi pecundang silahkan berdoa yg giat spy ikn gagal hahaha. Tp sayangnya doa kalian kagak pernah diijabah
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di