KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Vaksin Booster Bermanfaat, Kadar Antibodi Penduduk Indonesia Meningkat 4 Kali Lipat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62f735903c7b8b3af6598072/vaksin-booster-bermanfaat-kadar-antibodi-penduduk-indonesia-meningkat-4-kali-lipat

Vaksin Booster Bermanfaat, Kadar Antibodi Penduduk Indonesia Meningkat 4 Kali Lipat

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebut pemberian vaksin booster terbukti meningkatkan kadar antibodi penduduk Indonesia.

Hasil survei serologi antibodi penduduk Indonesia terhadap virus SARS-CoV-2 yang dilakukan Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan (BKPK) Kemenkes dan Tim Pandemi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UI menyebut kadar antibodi penduduk Indonesia meningkat dari yang sebelumnya 444 unit per mililiter menjadi 2.097 unit per mililiter.

Salah satu peneliti dari FKMUI Iwan Ariawan mengatakan tim BKPK telah menyelesaikan survei serologi ke-3 secara nasional dan hasilnya diumumkan hari ini, Kamis (11/8) secara virtual di Jakarta.

“Ini adalah survei serologi yang ketiga kali yang besar, yang pertama di Desember 2021 itu bersifat nasional kemudian Maret 2022 khusus untuk Jawa – Bali karena daerah mudik, kemudian Juli 2022 kembali untuk seluruh Indonesia,” kata Iwan.

Survei serologi yang hasilnya diumumkan Juli 2022 ini mengunjungi kembali sampel dari survei serologi sebelumnya pada 2021. Dari 20.501 sampel atau responden sebanyak 84,5% berhasil dikunjungi. Pemilihan responden yang sama ini untuk menunjukkan peningkatan jumlah dan kadar antibodi pada orang yang sama.

Survei serologi ke-3 ini dilakukan di 100 Kabupaten/Kota terpilih yang tersebar di 34 provinsi. Metode survei menggunakan kuesioner, pengambilan darah, kemudian pemeriksaan ada tidaknya antibodi SARS-CoV-2 dan kadarnya. Pemeriksaan dilakukan di BKPK dan jejaring laboratoriumnya.

“Responden dari survei serologi ini tersebar di seluruh Indonesia sehingga hasilnya ini menggambarkan kadar antibodi pada penduduk di Indonesia,” ucap Iwan.

Iwan mengungkapkan hasil dari survei serologi ke-3 ini menunjukkan adanya peningkatan proporsi penduduk yang mempunyai antibodi SARS-CoV-2, yakni dari 87,8% pada Desember 2021 menjadi 98,5% pada Juli 2022.

“Kadar antibodi penduduk Indonesia meningkat lebih dari 4 kali lipat. Median kadarnya meningkat dari 444 unit per mililiter menjadi 2.097 unit per mililiter,” tutur Iwan.

Muhammad N Farid, anggota tim peneliti FKMUI menjelaskan peningkatan kadar antibodi tersebut disebabkan oleh vaksinasi dan terinfeksi COVID-19. Pada Desember 2021 penduduk yang belum divaksin proporsinya sekitar 30%, penduduk yang sudah divaksin dosis pertama 19%, kemudian penduduk yang sudah divaksin 2 dosis 50%, dan penduduk yang sudah booster baru 0,5%.

Jika dibandingkan dengan tahun ini, ada penurunan proporsi penduduk yang belum divaksin, antara lain penduduk yang belum divaksin menurun menjadi 18,1%, lalu penduduk yang sudah divaksin dosis pertama berkurang jadi 11,6% karena mereka sudah divaksin dosis kedua. Selanjutnya penduduk yang sudah divaksin dosis kedua meningkat jadi 47,7%, dan penduduk yang sudah booster pun meningkat jadi 22,6%.

Selain vaksinasi, sampai saat ini masih banyak penduduk yang terinfeksi COVID-19. Hal itu dapat meningkatkan antibodi orang yang terinfeksi. Namun kontribusi terbesar adalah dengan vaksinasi.

Peneliti lainnya Pandu Riono menjelaskan besaran perbedaan kadar antibodi berdasarkan kelompok umur. Rerata beda titer antibodi menurut kelompok umur tertinggi pada kelompok usia 60 tahun ke atas yakni 3.504,6 unit per mililiter, usia 30 tahun sampai 59 tahun sebesar 2.427,3 unit per mililiter, dan usia 19 tahun sampai 29 tahun sebesar 2.337,9 unit per mililiter.

“Peningkatan mulai tinggi terjadi pada usia di atas 18 tahun karena kelompok usia tersebut sudah ada program vaksinasi booster sejak Januari 2022,” ujar Pandu.

Dikatakan Pandu, dengan melengkapi vaksinasi hingga booster akan meningkatkan kadar antibodi. Dampaknya angka keparahan pasien di rumah sakit dan angka kematian tidak meningkat tajam, melainkan landai atau malah menurun.

“Artinya kita perlu melengkapi vaksinasi sampai booster dan harus menjadi prioritas bersama antara pemerintah dan masyarakat,” kata Pandu.

Pandu menambahkan meskipun penduduk sudah memiliki antibodi tinggi bukan berarti tidak bisa terinfeksi COVID-19. Mereka tetap bisa terinfeksi tapi mengurangi risiko terjadinya masalah kesehatan yang berat atau risiko kematian.

https://www.suara.com/health/2022/08...lipat?page=all
profile-picture
profile-picture
profile-picture
s.c.a. dan 2 lainnya memberi reputasi
Alhamdulillah. Atas berkat rahmat Allah SWT. emoticon-Nyepi
profile-picture
jerryreality850 memberi reputasi
Ane booster ke 3 aja blm wkwk, tapi kabar2nya sekarang udah mulai booster ke 4
profile-picture
jerryreality850 memberi reputasi
mau suntik ke-6 nih, cari novavax yang belum pernah. ada info di mana?
profile-picture
jerryreality850 memberi reputasi
gw dah 3 x suntik vaksin kemarin tetap aja kena varian delta sampai gak bisa bangun, btw kapan booster ke 4 ?
Diubah oleh jerryreality850
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Ane belum vaksin sama sekali alhamdulilah sehat
bermanfaat atau tidak bukan dilihat dari peningkatan kadar antibodi tapi dari berapa banyak yang positif covid dan berapa banyak yang meninggal
ane baru vaksin 3x berarti hanya 3x lipat saja... emoticon-Jempol

Sebetulnya yang bikin kadar antibodi penduduk Indonesia jadi tinggi itu adalah kebiasaan makan di pinggir jalan, piringnya dicuci pakai air seember dari buka hingga tutup, sayur dan buah nggak dicuci waktu dijual dan disajikan, nyuci piring pakai air got, makanan dikerumuni laler, dan sebagainya.

Ane diceritain temen yg tour ke Thailand berangkat dari Singapura, pas makan2 di Bangkok di tempat yg sama, makanan yg sama, si turis yg asal Singapura pada mencret2, sementara rombongan yg dari Indonesia nyante2 aja. emoticon-Big Grin
emoticon-Cool emoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh qavir
Joe Biden yg booster 2x juga kenak kopid....

Sampai kapan diperlukan vaksin ?! Jawaban yg bener adalah..... sampai gudangnya kosong



emoticon-Selamat
Mau booster 4x kl ga prokes juga percuma

Btw blm pernah kena covid,entah krn sdh booster/prokes ketat
Gue kira krn rajin ibadah ....


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di