KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sudah Mendesak, tapi Duit APBN untuk Kereta Cepat Tak Kunjung Cair!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62f71e5c61a9d759e1332452/sudah-mendesak-tapi-duit-apbn-untuk-kereta-cepat-tak-kunjung-cair

Sudah Mendesak, tapi Duit APBN untuk Kereta Cepat Tak Kunjung Cair!

Sudah Mendesak, tapi Duit APBN untuk Kereta Cepat Tak Kunjung Cair!


KOMPAS.com - Tenaga Pengkaji Restrukturisasi Privatisasi dan Efektivitas Kekayaan Negara Dipisahkan (KND) Dodok Dwi Handoko mengatakan waktu penyaluran Penyertaan Modal Negara untuk PT Kereta Api Indonesia (KAI) senilai Rp 4,1 triliun masih dalam pembahasan.

Uang pajak itu nantinya akan dipakai untuk menambal pembengkakan biaya (cost overrun) proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung sekaligus sebagai kecukupan modal BUMN konsorsium.

“(PMN) KAI untuk KCIC (PT Kereta Cepat Indonesia-China) masalah apakah itu nanti akan dialokasikan, sepertinya sudah ada keputusan dari pemerintah," kata Dodok dikutip dari Antara, Sabtu (13/8/2022).

"Dari perpres-perpres yang ada dapat memberikan dukungan kepada konsorsium BUMN melalui kereta api. Kapan ini sedang kita bahas, kalau sudah ada progres dari keputusan pemerintah terkait KCIC akan kita sampaikan berikutnya," kata dia lagi.


Baca juga: Dilema Kereta Cepat China: Pilih yang Murah, Hasilnya Tetap Mahal


Pembahasan salah satunya berupa besaran kelebihan biaya yang masih dihitung karena harus berdasarkan review Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

"By Perpres memang besaran cost overrun harus review BPKP ya, jadi tentu itu nanti akan dilakukan review dulu oleh BPKP besarannya berapa," tuturnya.

Sebelumnya Direktur Utama PT KAI (Persero) menyebut PMN harus segera cair agar proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung bisa terselesaikan tepat waktu karena kondisi keuangan PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) semakin menipis.

"Ini yang kemarin kami tayangkan pada saat RDP di komisi VI dan disampaikan Menteri BUMN. Kemarin sudah dalam pembahasan menyeluruh dan ini akan diberikan support. Apabila ini tidak cair di 2022, maka penyelesaian kereta cepat ini akan terlambat juga," ungkap Didiek dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi V DPR RI, beberapa waktu lalu.


Baca juga: Mengingat Janji Jokowi saat Pilih China: Kereta Cepat Tak Pakai APBN


Ia memperkirakan arus kas KCIC dapat bertahan sampai September 2022.

“Sehingga kalau ini belum turun maka cost overrun ini yang harapannya selesai Juni 2023 ini akan terancam mundur," tambahnya.






Janji tanpa APBN

Menilik ke belakangan, Kereta Cepat Jakarta Bandung sendiri merupakan salah satu proyek paling strategis di era Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dalam beberapa kesempatan, baik Presiden Jokowi maupun para pembantunya, berungkali menegaskan bahwa proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung adalah murni dilakukan BUMN.

Menggunakan skema business to business (B to B), biaya investasi sepenuhnya berasal dari modal anggota konsorsium dan pinjaman dari China. Dana juga bisa berasal dari penerbitan obligasi perusahaan.


Baca juga: Jonan Dulu Bilang, Jakarta-Bandung Terlalu Pendek untuk Kereta Cepat


"Kereta cepat tidak gunakan APBN. Kita serahkan BUMN untuk business to business. Pesan yang saya sampaikan kereta itu dihitung lagi," kata Jokowi dikutip dari laman Sekretariat Kabinet pada 15 September 2015.

Konsorsium yang dimaksud yakni PT Kereta Cepat Indonesia China atau PT KCIC. Konsorsium ini melibatkan sembilan perusahaan. Dari Indonesia ada empat BUMN yaitu Wijaya Karya, Jasamarga, Perkebunan Nusantara VIII, dan KAI.

Sedangkan dari China adalah China Railway International Company Limited, China Railway Group Limited, Sinohydro Corporation Limited, CRRC Corporation Limited, dan China Railway Signal and Communication Corp.

Dari Indonesia membentuk badan usaha PT Pilar Sinergi BUMN dan dari China membentuk China Railway. Lalu kedua perusahaan gabungan itu kemudian membentuk PT KCIC.

"Kita tidak ingin beri beban pada APBN. Jadi, sudah saya putuskan bahwa kereta cepat itu tidak gunakan APBN," ucap Jokowi menegaskan.


Kompas


bakal jadi candi ?
Jonan dulu gamau proyek ini karena dianggap mubazir dan akan merugi
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan soda.water memberi reputasi
Diubah oleh penggugatmk
io sto con jonan

my nigga jonan dindu nuffin wrong bruh
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mudah, naikin apa aja yg dibutuhkan rakyat
Alasan buzzer "dpt ToT"
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Bajer pemerentah dan F2P cebi die hard dipersilakan komentarnya emoticon-Shakehand2
profile-picture
soda.water memberi reputasi
Mentri bumn sebelumnya keenakan lepas tangan karena sudah ga menjabat lg
Terima kasih rakyat indon yg bayar pajak emoticon-Imlek
Ayo dong bu mul, guyur pake duit, garuda yang rugi trilyun aja kena toleransi berkali2 masa kereta cepat cuma rugi puluhan T ga dibantuin? emoticon-Wakaka
jangan ngarep, ekonomi sedang gawat kalo dikasihpun seuprit
lha wong KPU saja dicicil

jual aja besi rongsok buat nutup emoticon-Ngakak (S)
Cebby suruh patungan


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di