KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Mak-Mak Jogja Bikin Petisi, Minta Sultan Cabut Sanksi Guru SMAN 1 Banguntapan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62f6089244b73c3aeb2e800f/mak-mak-jogja-bikin-petisi-minta-sultan-cabut-sanksi-guru-sman-1-banguntapan

Mak-Mak Jogja Bikin Petisi, Minta Sultan Cabut Sanksi Guru SMAN 1 Banguntapan

Mak-Mak Jogja Bikin Petisi, Minta Sultan Cabut Sanksi Guru SMAN 1 Banguntapan Jumat, 12 Agustus 2022 – 14:33 WIB

Mak-Mak Jogja Bikin Petisi, Minta Sultan Cabut Sanksi Guru SMAN 1 Banguntapan
Audiensi Persaudaraan Mak-Mak Indonesia DIY dengan DPRD DIY pada Kamis (11/8). Foto: PMMI DIY

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Kepala dan guru SMAN 1 Banguntapan mendapat dukungan dari Persaudaraan Mak-Mak Indonesia (PMMI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

PMMI DIY dalam petisinya meminta agar kasus dugaan pemaksaan berjilbab ini ditutup.

Kemudian, kepala sekolah dan tiga guru SMAN 1 Banguntapan tersebut diminta untuk dibebaskan dari sanksi.

Ketua PMMI DIY Nur Aisyah Haifani mengatakan bahwa pihak sekolah dan wali dari siswi yang sempat dikatakan mengalami depresi dan trauma sudah terjalin kesepakatan damai.

"Kemarin sudah ada mediasi, sudah saling memaafkan dan berangkulan antara orang tua dan kepala sekolah, ya sudah, kasusnya selesai gitu kan," katanya pada Kamis (11/8).

Hasil mediasi yang dilakukan Disdikpora DIY tersebut membuat mak-mak berang, pasalnya guru dan kepala sekolah SMAN 1 Banguntapan tetap terancam diberi sanksi terkait disiplin pegawai.

Poin selanjutnya dalam petisi PMMI DIY juga meminta agar penonaktifan kepala sekolah dan tiga guru dicabut oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono.

"Kami meminta kepada Gubernur DIY untuk mencabut sanksi pemberhentian sementara yang diberikan kepada kepala sekolah dan guru di SMAN 1 Banguntapan," tegasnya.

Kemudian, ia juga menegaskan agar permasalahan yang ada di sekolah semestinya dipecahkan di lingkup internal saja.

"Kami berharap karena PMMI DIY sayang NKRI, Jogja bisa kembali tenang dan tidak ada yang saling memperkeruh suasana," kata Mak Ais sapaan karibnya.

Sebelumnya, Disdikpora DIY telah menyerahkan temuan data dan fakta terkait dugaan pelanggaran dalam kasus pemaksaan berjilbab di SMAN 1 Banguntapan.

Temuan dugaan pelanggaran tersebut dikirim ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY untuk meminta rekomendasi hukuman disiplin.

Kepala Disdikpora DIY Didik Wardaya mengatakan temuan fakta dan data itu bakal dipelajari oleh satgas untuk selanjutnya merekomendasikan jenis hukuman disiplin.

Fakta yang dikumpulkan Disdikpora DIY dalam kasus ini, menurut Didik, cukup banyak.

"Yang jelas di situ terkait dengan pelanggaran disiplin karena kami membuat ketentuan sekolah tidak boleh menjual seragam. Di situ ada penjualan seragam yang di dalam seragam tersebut ada paket jilbab sehingga mendorong semua siswa itu disarankan mengenakan jilbab," kata Didik pada Rabu (10/8).

Menurutnya, kebijakan di SMAN 1 Banguntapan itu tidak memberi ruang pilihan bagi siswi untuk memilih mengenakan atau tidak mengenakan jilbab.

Akibatnya, kepala sekolah dan tiga guru terancam dijatuhi sanksi disiplin.

"Hukuman yang paling ringan itu teguran lisan, teguran tertulis, dan pernyataan tidak puas secara tertulis. JIka kategori sedang bisa penundaan gaji berkala atau penundaan kenaikan pangkat," jelasnya. (mcr25/jpnn)

https://jogja.jpnn.com/jogja-terkini...-1-banguntapan


profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
apaan ini??

Mak-Mak Jogja Bikin Petisi, Minta Sultan Cabut Sanksi Guru SMAN 1 Banguntapan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajeenaquattro. dan 37 lainnya memberi reputasi
Lihat 23 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 23 balasan
Berani lawan sultan? emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
jangan mau Kanjeng Sultan, semakin dikasih hati akan semakin ngelunjak dan tidak menghargai, sanksi tegas harus berjalan apa adanya, sesuai konsekuensi tindakan yang dilakukannya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 17 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh starcrazy
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
hanya karena pihak yang bertikai sudah berdamai, bukan berarti bisa dilupakan gitu aja.
diberikan sanksi itu juga bisa dibuat contoh untuk yang lain, agar tidak terjadi lagi kasus berikutnya.

kalau sanksinya hanya teguran, atau surat pernyataan yang diberi materai (materai lagi materai lagi...), kapan kapok nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 13 lainnya memberi reputasi
jadi emak emak mendukung khilafuck?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 16 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh jindanjun6946
Lihat 19 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 19 balasan
Suka menzalimi tapi tidak mau dizalimi.
Coba kalau ada guru yg memaksa muridnya lepas hijab.
Pasti sudah ribut2 islamophobia ini emak2 otak korslet ini.
Dan menggeruduk rumah si guru.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mak-Mak Jogja Bikin Petisi, Minta Sultan Cabut Sanksi Guru SMAN 1 Banguntapan

kowe² ojo melu interupsyon!
better kowe² mulih lan gawe rujak petis bae
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
untung dimutasi

kalo emak kadrun di arab sudah dipancung sekarang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 7 lainnya memberi reputasi
Wah setan2 pada dukung guru setan. Giliran dipaksa teriak2 zolam zolum zolim. Giliran maksa agama paling getol no 1.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
Tan, buruan angkat guru tersebut jadi kepala sekulah emoticon-Mad


















































emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
jerryreality850 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
YES The Power of Emak2.

Tips dari cici dan koko gw :
Buat komen yang berlawanan/anti-mainstream, dijamin banyak fans.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mewakili seluruh guru emang? Klo pendapat pribadi jangan bawa2 asosiasi guru dong..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Rasheesa dan 2 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus
Giliran sdh piral, bawa² NKRI...kocak emang nih kaum.

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Gak percaya gw, paling intimidasi emoticon-Nohope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 5 lainnya memberi reputasi
Gak adil ya buat anak yg mengalami pemaksaan. Orangtuanya aja gak pernah maksa pake jilbab, kok berani gurunya memaksakan. Dgn berpelukan dan damai apa masalahnya selesai? Nggak. Buat guru gak ada masalah lanjutan, buat anak yg dipaksa pasti ada rasa gak enak dgn temen2 kelasnya, segan dgn gurunya, blm lg mungkin ada cap pengadu karena buat masalah ini jd besar. Paling realistis ya guru yg bermasalah dimutasikan, karena gak mungkin dipecat jg kan dipecat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jogja Istilafah emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 5 lainnya memberi reputasi
when in rome, do as the romans do emoticon-Cool
kalo g mau ikut aturan mending pindah ke sumbarnistan atau acehnistan emoticon-Salaman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
tendang juga mereka ini. emoticon-Mad nyebelin.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 5 lainnya memberi reputasi
ini persatuan mak-mak yang dulu nyebar hoax adzan hilang kalau jokowi jadi presiden ya
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 4


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di