KOMUNITAS
Pengumuman! Kuy Ikutan Survey Feedback Kaskuser, Isi di Sini!
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Antara Jadah Tahu Bacem dan Tempe Bacem
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62f5e78e5d891e1c9e473d42/antara-jadah-tahu-bacem-dan-tempe-bacem

Antara Jadah Tahu Bacem dan Tempe Bacem



Antara Jadah Tahu Bacem dan Tempe Bacem


Assalamualaikum wr.wb

Apa kabar Agan Sista semuanya, semoga kabar baik senantiasa menyertai kita, tetap sehat dan tetap semangat.

Pernahkah Agan Sista jalan-jalan ke Kaliurang? Kurang lengkap rasanya lalau ke Jogjakarta tanpa mampir ke Kaliurang. Di mana kita bisa menikmati udara yang sejuk, dengan ppepohonan hijau yang masih alami.

Ketika mobil melaju di Jalan Kaliurang, atmosfer wisata akan mulai dapat kita rasakan setelah kampus Universitas Islam Indonesia suasana kesegaran gunung itu akan semakin real adanya tatkala memasuki Kapenawon Pakem. Terlihat puluhan mobil dengan suka rela antri menunggu giliran untuk memasuki Kopi Klotok di mana tempat yang selalu dipenuhi oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara di setiap harinya. Sampai di situ ada juga tempat wisata Agrowisata Bhumi Merapi dan Ledok Sambi.

Antara Jadah Tahu Bacem dan Tempe Bacem


Antara Jadah Tahu Bacem dan Tempe Bacem


Mulanya saya tidak begitu tertarik dengan wisata yang satu ini, kare Perjalanan dari Donohudan Solo rasanya masih capek, begitu mampir di tempat saudara diceritain jaddah yang makannya bareng tempe bacem dan tahu bacem akhirnya jadi penasaran dan ingin merasakannya. Kawasan Wisata Kaliurang memang terkenal dengan kuliner jaddah dan tempe bacem serta tahu bacem sebagai pelengkapnya, tidak ketinggalan juga dengan cabe rawit nya. Akhirnya cuss juga ke sana bersama keluarga tercinta demi menikmati yang namanya jadah lengkap dengan tempe bacem dan tahu bacemnya.

Wejangan dari sesepuh jaman dulu kala katanya tentang filosofi jaddah yang penting diingat oleh anak-anak muda jaman Sekarang adalah, yang akan mendapatkan jaddah adalah orang-orang yang mau mengalah akan mendapatkan berkah karena intinya orang yang mengalah bukan berarti kalah.

Kalau kita lihat seperti apa bentuk dari makanan bernama jaddah, makanan yang satu ini dibuat dengan susah payah, di mana ada tenaga ekstra untuk membuatnya. Berbahan dasar ketan putih pilihan, yang lengket dan pulen jangan lupa dengan kelapa pilihan juga lho. Diolah dan ditimbuk dengan penuh perjuangan, kemudian dibentuk kotak atau oval.
Saat jaddah sudah selesai dibuat maka akan ditambahkan pelengkapnya yaitu tempe bacem dan tahu bacem. Dimasak dengan tanak dengan bumbu-bumbu rempah pilihan agar Tahu dan tempe bacem tidak cepat basi.

Menikmati jaddah di udara yang sejuk sangat cocok sekali, di saat perut lapar dengan tambahan tempe dan tahu bacem pokoknya klop lah, bisa bikin perut kenyanh, ditambah dengan kopi atau pun teh tergantung selera. Perut kenyang serasa enggan pulang hehehehe.

Okey deh Agan Sista semuanya sampai di sini Thread saya kali ini, sampai jumpa di Thread selanjutnya, tetap bahagia bersama keluarga dan orang-orang tercinta, bye ...bye ...

Opini pribadi
Sumber gambar dok.pri



profile-picture
profile-picture
profile-picture
togoggodot dan 9 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Reserved
Jaddah tempe bacem dan tahu bacem
profile-picture
profile-picture
togoggodot dan bonita71 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Disini makan uli pake tape ketan item biasanya bunemoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
aghora dan trifatoyah memberi reputasi
Lihat 116 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 116 balasan
Mantap, sis. Jadi pengin nyicip tempe bacemnya. Tapi pake nasi anget dan sambel wkwkwk. emoticon-Genit
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan trifatoyah memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
saya bukan asli Jogja, tapi sudah menetap di sini 17 tahun, dari dulu ga suka makanan gudeg dan turunannya, termasuk tahu, tempe maupun ayam bacem, to sweet.

tapi entah kenapa begitu nyoba bacem dimakan jadi satu sama jadah, plus cabai rawit hijau, beuh sedapnya emoticon-Genit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Jadi laperrrrr emoticon-Genit
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
tempe bacem n sayur asem bor
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
dulu ane sering masak tempe bacem, enak sehat pula tanpa minyak, tp skr malas ah pengen makan buah aja bawaannya
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan trifatoyah memberi reputasi
Quote:

Cocok
Quote:


Bagus juga tuh
Klo ke Jogja, suka mampir ke Entog Slenget di Turi. Pernah lewat pinggir jalan ada warung nawarin Jadah Tempe. Awalnya gak tertarik karena dipikir yang olahan tempe aja...lama" jadi penasaran. Beli lah ...ternyata tempe bacem sama uli. Kirain lebih unik...ya lumayan sih...rasanya ya tempe dan uli...gitu aja...cuma bisa ngenyangin juga.
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Wes suwe ra dolan ning Kaliurang, padahal yo gur cedhak
profile-picture
profile-picture
bonita71 dan trifatoyah memberi reputasi
Quote:

Udah gitu aja hee
Quote:


Pirang menit cedak kuy
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Tahu bacem lah
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Jadah goreng ono yu?
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
belum lama ini ane juga dapat oleh2 jadah tempe bacem dari ayah ane yang piknik bareng teman kantornya dulu. Jadah dari Kaliurang ini emang rasanya gurih, empuk dan lembut..
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Sudah 2 kali ke Jogya tapi belum pernah ke sono
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
tiap hari liat tempe tahu bacem
emang udah jadi jualan e ibu
kalo jadah alias gemblonk disini ga tiap hari juga. paling kalo ada orang punya gawe nikahan gitu suka liat n mskan juga
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Quote:

Mantaps dah
Quote:


Cobain ke sono
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Why dont wr have both
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Gapernah doyan kombinasi ini,,,
Tahu n tempe bacem ya pake sambel, nasi n sayur asem...
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di