KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ikan Julung-julung, Si Kecil Yang Berani Melawan Arus! Berikut Faktanya Gan!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62f4f4851d704e7e537e60fd/ikan-julung-julung-si-kecil-yang-berani-melawan-arus-berikut-faktanya-gan

Ikan Julung-julung, Si Kecil Yang Berani Melawan Arus! Berikut Faktanya Gan!

Ikan Julung-julung, Si Kecil Yang Berani Melawan Arus! Berikut Faktanya Gan!
Sumber gambar: dunia-perairan.com

Ikan julung-julung adalah ikan yang hidup di air tawar dan senang berenang di permukaan air. Kebayangkan ikan ini ditemukan di danau, kali atau bahkan di selokan pun biasanya ikan ini ada.

Ikan julung-julung, memiliki bentuk tubuh yang panjang dan runcing. Ukurannya yang kecil membuat ikan ini terlihat seperti jarum. Yang unik dari ikan ini adalah bentuk mulutnya, bagian rahang bawahnya berukuran lebih panjang dan runcing dibandingkan dengan rahang atasnya.

Ikan bernama latin Hemirhampus Brasiliensis ini juga sering dijadikan ikan hias karena bentuknya yang unik. Ikan julung-julung biasa memakan alga dan tumbuhan-tumbuhan kecil lainnya yang menyesuaikan dengan ukuran mulut.
Selain itu ia juga senang memakan serangga kecil yang hinggap di permukaan air seperti nyamuk dan sebagainya.

Ikan Julung-julung, Si Kecil Yang Berani Melawan Arus! Berikut Faktanya Gan!
Sumber gambar: dahliagroup.co.id

Selain menghuni air tawar, ada pula ikan julung-julung yang menghuni lautan yaitu dari suku Hemiramphinae. Sedangkan yang menghuni air tawar berasal dari suku Zenarchopterinae. Ikan yang senang hidup dan berenang berkelompok ini sangat menarik untuk diperhatikan ketika muncul di permukaan air.

Keunikan dari ikan julung-julung adalah cara berenangnya yang melawan arus. Ya, sering banget TS lihat ikan ini sedang melawan arus. Waktu TS masih SD dulu sering banget lewat kali dan liat ikan ini lagi melawan arus. Selain itu, ikan ini juga betah berada di permukaan air. emoticon-Blue Guy Smile (S)

Tapi giliran ditangkap, ikan ini geraknya lumayan cepet gan. Bentuk ikan yang panjang kaya torpedo bikin ikan ini bergerak cepat di dalam air.

Ikan Julung-julung, Si Kecil Yang Berani Melawan Arus! Berikut Faktanya Gan!
Sumber gambar: wikipedia.com

Karena TS suka main di kali dan di Empang pas kecil dulu, ikan ini lumayan memoriable di benak TS. Dulu sih senang-senang aja gangguin ikan ini berenang, abisnya dia berenang lawan arus dan akhirnya dia di situ-situ aja gak maju-maju.

Tapi kalo dipikir-pikir, ikan julung-julung punya makna sendiri gan. Biar kecil dia berani melawan arus. Seharusnya kita pun begitu, mau sekecil dan selemah apapun kita jangan takut untuk melawan arus dan mengikuti apa kata hati sendiri.

emoticon-2 Jempol

Segitu aja yang bisa TS share tentang ikan ini, gan. Semoga bermanfaat. Kalo kalian kapan terakhir liat ikan julung-julung? Apakah di daerah kalian masih banyak ikan ini?

Ayo tinggalkan jejak! emoticon-Blue Guy Peace


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cheria021 dan 22 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Ga bisa dipancing, bisanya di serokemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
profile-picture
bang.toyip memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Ikan ini sering kelihatan di parit-parit persawahan. Memang ikan ini suka di air yg ngalir tapi dia tetap diam dipermukaan. Kalau di tempat ane dinami ikan cucut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
harrywjyy dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
emoticon-Sundul Up
versi ikan marlin lite emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bang.toyip dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kenapa ikan ini sering jd bahan candaan yak emoticon-Bingung
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
dimakan enak gak nih? emoticon-Wkwkwk
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Ini ikan cucut pa bukan ya??
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
TS dari daerah Kalimantan? emoticon-Big Grin
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
sejenis bleteng bukan?
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ane punya 12 d akuarium, ditinggal dinas 2 minggu sisa 2 emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
pulaukapok memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Post ini telah dihapus
Ndak ada ditempat ane
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
enak kyknya dimakan
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kayak salmon ya.. berkbang biak di hulu sungai
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kok nggak pernah lihat ya? Di selokan adanya ikan guppy liar begini.

Ikan Julung-julung, Si Kecil Yang Berani Melawan Arus! Berikut Faktanya Gan!
profile-picture
badbironk memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Di kali daerah ane ada, tp ga segede foto puny ts ya
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
wah jd inget dulu pas SD di tahun 90an
ane SD di daerah jakarta timur, kalau stiap pelajaran olahraga pasti rombongan jalan kaki rame2 ama guru jg ke lapangan persawahan daerah Cipinang
dulu selokannya masi bersih bngt n airnya ngalir,, ane ama tmn2 ane suka nangkepin ni ikan dimasukin plastik/gelas aqua tp ujung2nya dilepasin lg hahahaha
skrng selokannya uda ga sebersih dulu, krn makin banyak bangunan jg spertinya..uda ga pernah liat lg jd nya ni ikan
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Meskipun kecil...tetapi punya kekuatan besar...
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
namanya ikan julung-julung khas indonesia banget, tp nama latinnya Hemirhampus Brasiliensis, berarti ikan ini dari Brazil atau pertama kali ditemukan di Brazil
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Paling seneng dipukul pake lidi emoticon-Hammer

Astaghpirulloh, ane udah jahat dari kecil emoticon-Belo







































































emoticon-Ngakak
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Halaman 1 dari 3


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di