KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Masih Banyak Pemahaman Campur Aduk Antara Atheis, Theis, Agnostik, Dst
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62f4c74e2a6fdc45a53a3242/masih-banyak-pemahaman-campur-aduk-antara-atheis-theis-agnostik-dst

Masih Banyak Pemahaman Campur Aduk Antara Atheis, Theis, Agnostik, Dst

Barusan baca trit yang mengulas Agnostik. Di awal-awal sih sudah lumayan, mendefinisikan dengan jelas, perbedaan antara atheis dan agnostik. Cuman makin lama dibaca kok makin mbleber logikanya.

Atheis = menyatakan dengan satu kepastian, bahwa Tuhan itu tidak ada. Ketiadaan Tuhan diterima sebagai sebuah pengetahuan yang logis dan terbukti benar (tidak ada argumen keberadaan Tuhan yang bisa diterima oleh akal).

Theis itu sebaliknya, theis = menyatakan dengan satu kepastian, bahwa Tuhan itu ada. Keberadaan Tuhan diterima sebagai sebuah pengetahuan yang logis dan terbukti benar. Baik secara mengikuti penalaran dan logika, maupun dari bukti-bukti fenomena yang ada, kaum theist menyatakan dengan pasti bahwa Tuhan itu ada.

Agnostik itu menentang kedua pemikiran di atas. Agnostik itu menyatakan bahwa keberadaan Tuhan tidak bisa diketahui secara pasti. Tidak bisa membuktikan bahwa Tuhan itu ada. Tidak juga bisa dibuktikan bahwa Tuhan itu tidak ada.

JADIIIIIIIIIIIII

Kalau percaya dengan sebuah kepastian penuh bahwa Tuhan itu ada, akan tetapi tidak percaya pada agama, atau tidak memilih agama tertentu. Itu namanya bukan Agnostik. Itu masih theist (percaya Tuhan).

Kalau sudah tidak percaya bahwa Tuhan itu ada. Kalau yakin sepenuhnya dan menurut dia terbukti bahwa Tuhan itu tidak ada, itu namanya Atheist, bukan agnostik.

Agnostik, Theist dan Atheist itu tidak membahas masalah agamanya apa. Yang membedakan adalah sikap mereka terhadap keberadaan Tuhan.

Jadi jangan dicampur adukkan dengan masalah apakah seseorang itu beragama atau tidak.

---------------

Di lain sisi, perhatikan baik-baik definisi agnostik itu sendiri.

Yang ditekankan dalam istilah agnostik ini adalah pengakuan bahwa keberadaan Tuhan tidak bisa dibuktikan, baik secara logika (rasionalisme) maupun pembuktian ilmiah (empirisme).

Jadi apakah itu artinya orang yang agnostik tidak percaya Tuhan? Atau percaya Tuhan?

Dari definisinya, maka sebenarnya titik penekanannya ada pada "tidak bisa membuktikan". Garis bawahnya ada pada pengakuan bahwa "tidak bisa mengetahui". Bahwa keberadaan Tuhan itu bukanlah sebuah pengetahuan.

ARTINYA :

Quote:


Sehingga kesimpulannya, seorang agnostik bisa saja beragama dan percaya bahwa Tuhan itu ada, akan tetapi secara pengetahuan dia mengakui bahwa tidak bisa membuktikan apa yang dia percayai, baik secara penalaran ataupun pembuktian secar empiris.

Dari sudut pandang ini, artinya agnostik adalah sebuah bentuk kerendahan hati yang menyatakan, keterbatasan dirinya sebagai manusia untuk mengetahui keberadaan dari sesuatu Yang Maha.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
koyowongjowo2 dan 8 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Kalau menyakini keberadaan Tuhan karena pengalaman pribadi (spiritual), itu gimana gan?
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Quote:

kata2nya menyihir banget emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
nandaramdhan690 dan lonelylontong memberi reputasi
Pokoknya atheis adalah orang paling G****G.
Gayanya saja sok pintar
profile-picture
profile-picture
pemburumerah dan lonelylontong memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Masih Banyak Pemahaman Campur Aduk Antara Atheis, Theis, Agnostik, Dst

profile-picture
profile-picture
fachri15 dan lonelylontong memberi reputasi
Alhamdulillah gw masih percaya Allah meskipun iman gw kadang naik turun..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Rasheesa dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Yg jls smkin taat pd agama smkin gblok..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
coklat.karamel dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Hmmm gimana yak
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Datanglah netijen budiman bilang:

Sesat lu
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan nandaramdhan690 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
jgc14arman23 dan lonelylontong memberi reputasi
Klo yg nyembah2 taneman gtu termasuk theist/atheist gan?
secara dia nyembah taneman yg dianggap Tuhan kan?
Tp di sisi lain manifestasi Tuhan harusnya tdk bisa digambarkan sebagai wujud fisik(apapun itu)
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jika kita memahami Kebenaran itu,
dengan mata dan telinga kita, maka kita
akan menemukan teori dan dogma.

Jika kita memahami Kebenaran itu,
dengan akal pikiran kita, maka kita
akan menemukan asumsi atau opini.

Jika kita memahami Kebenaran itu,
dengan otak kita, maka kita
akan menemukan Pengetahuan.

Jika kita memahami Kebenaran itu,
dengan Hati kita, maka kita
akan menemukan Cinta.

Jika kita memahami Kebenaran itu,
dengan segenap Jiwa kita (Iman kita),
maka kita akan menemukan Nabi dan Rasul
(Orang Orang Suci/Jiwa Jiwa yang tenang).


Dan Jika kita memahami Kebenaran itu
dengan Cahaya Ruh kita (Ketakwaan kita),
maka kita akan menemukan Tuhan.

Dan sejauh mana Kebenaran
yang telah dapat kita Pahami dan Benarkan, maka sejauh itulah Kebenaran
yang telah dapat kita temukan.

Begitulah penjelasan yang pernah saya dapat emoticon-I Love Indonesia emoticon-Traveller
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Diubah oleh acmd
Lihat 54 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 54 balasan
"akan tetapi secara pengetahuan dia mengakui bahwa tidak bisa membuktikan apa yang dia percayai, baik secara penalaran ataupun pembuktian secar empiris"

salah, bukan tidak bisa membuktikan tetapi tidak mengklaim benar/tidaknya atau ada/tidaknya secara ilmiah
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Si ts tulis:
Sehingga kesimpulannya, seorang agnostik bisa saja beragama dan percaya bahwa Tuhan itu ada, akan tetapi secara pengetahuan dia mengakui bahwa tidak bisa membuktikan apa yang dia percayai, baik secara penalaran ataupun pembuktian secar empiris.
====
Pertanyaanya: bagaimana mungkin ada org bisa percaya tuhan tp nalar nya ga bs menjangkau nya???


Btw
Klo theis adalah percaya tuhan tdk beragama.. Maka klo percaya tuhan dan jg beragama apa namanya?
Diubah oleh red.wave
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
“Dari sudut pandang ini, artinya agnostik adalah sebuah bentuk kerendahan hati yang menyatakan, keterbatasan dirinya sebagai manusia untuk mengetahui keberadaan dari sesuatu Yang Maha”

Adem bener bacanya, om.

Toko sebelah kacau bener, ujung2nya pemaksaan sudut pandang dan malah merendahkan
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Menurut singkat ane, kalo bicara soal Atheis dan Agnostic,

Atheis itu jauh lebih PINTAR dan Punya Otak daripada kaum Agnostik ... Kenapa?

Karena mereka memang sudah TIDAK PERCAYA Tuhan, and that's is. Mereka gak percaya, gak mau percaya, dan tidak akan percaya walau harus Nabi Isa / Yesus sekalipun turun ke Bumi, mereka akan melihat itu sebagai Alien, not Messenger of God.

Sedangkan kaum Agnostic itu plin plan, kalau mereka mau aja sedikit berfikir dengan otak kecil mereka tentang penciptaan langit dan bumi, dan proses kehidupan yang terjadi di sekitar mereka, bahwa jika memang manusia TIDAK MAMPU melakukan itu, pastinya ada kekuatan lain yang jauh lebih besar daripada kekuatan manusia itu sendiri, dan kekuatan itu lah yang menciptakan dan mengatur.

Kekuatan itulah yang manusia anggap sebagai Tuhan / Dewa / atau apalah itu sebutannya
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Agnostik bukan lebih ke ragu2 dengan keberadaan Tuhan yee?? emoticon-Bingung
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Diubah oleh wolfzmus
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
bahasanye berat bor

{thread_title}
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
kalau yang katanya cinta damai tapi pengikutnya demen penggal orang laen itu atheist apa agnostik gan? emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)


emoticon-Ngacir
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Hmm.. Atheis dan antek² nya ya..

“Knowledge is Powerfull”
Atheis menurut ane adalah orang yang cacat logika.
Agnostic adalah orang yang keblinger dengan logikanya.





















emoticon-Angkat Beer
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di