KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
4 Penyebab Seseorang Menjadi Agnostik. Kalian Termasuk?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62f44e1b13ffec548127053b/4-penyebab-seseorang-menjadi-agnostik-kalian-termasuk

4 Penyebab Seseorang Menjadi Agnostik. Kalian Termasuk?

4 Penyebab Seseorang Menjadi Agnostik. Kalian Termasuk?
Sumber gambar: elonnewsnetwork.com

Pernah dengar kata agnostik? Banyak yang menyamakan agnostik dengan atheis padahal keduanya itu beda. Menurut Wikipedia, agnostik adalah suatu pandangan bahwa ada atau tidaknya Tuhan adalah hal tidak diketahui dan tidak dapat diketahui.

Orang agnostik itu kaya orang bingung, ia masih memiliki kepercayaan kepada Tuhan tapi ia ragu karena tak ada bukti yang menunjukkan bahwa Tuhan itu ada. Sehingga ia jadi bingung sendiri dan memutuskan untuk berada di tengah-tengah. Ada juga yang mempercayai Tuhan, tapi tidak mempercayai agama.

Biasanya orang agnostik tidak beragama, mereka melepaskan diri dari keterikatan agama dan kepercayaan apapun. Lantas mengapa seseorang bisa menjadi agnostik? Berikut alasan-alasannya. emoticon-Blue Guy Smile (S)

4 Penyebab Seseorang Menjadi Agnostik. Kalian Termasuk?
Sumber gambar: buzzle.com

1. Kekecewaan Terhadap Agama

TS setuju bahwa agama di seluruh di dunia diciptakan untuk mengajarkan kebaikan dan Budi luhur. Tapi pada akhirnya ada hal-hal yang mengotori kesucian agama tersebut. Terkadang para pemuka agama tidak bertindak sesuai dengan ajarannya.

Agama itu seharusnya membuat dunia menjadi lebih damai. Tapi kenyataannya, agama justru memecah belah. Ada banyak konflik terjadi karena agama, dan dengan adanya agama pula muncul orang-orang yang merasa paling benar menghakimi orang lainnya.

2. Tidak Merasakan Keberadaan Tuhan

Banyak cerita-cerita ajaib dari orang-orang yang katanya mereka bisa melalui suatu kesulitan berkat pertolongan Tuhan. Tapi bagi orang agnostik tipe ini, Tuhan tidak pernah hadir di hidupnya saat ia sedang susah, sulit atau sedih. Tak peduli seberapa banyak mereka berdoa dan berusaha.

Mereka adalah golongan orang yang putus asa. Frustasi dengan kehidupannya, sampai akhirnya ia sadar bahwa yang bisa menyelamatkan dirinya adalah dirinya sendiri. Ia bisa bertahan karena usahanya, kerja kerasnya dan ketekunannya, bukan karena pertolongan Tuhan.

3. Sering Membandingkan Agama Satu Dengan Yang Lain

Karena sering membaca dan mencari tahu mengenai berbagai agama di dunia, maka ia membuat perbandingan. Dari perbandingan itu, ia pun sadar bahwa semua agama pada dasarnya mengajarkan kebaikan. Menyembah ke Tuhan yang sama hanya praktek beda.

Dan perbedaan itu menjadikan mereka merasa paling benar dan terjadilah konflik. Agnostik percaya bahwa Tuhan itu ada bukan milik satu agama, melainkan milik seluruh makhluk.

Maka dari itu, mereka percaya bahwa Tuhan menilai manusia berdasarkan sifat esensialnya seperti kebaikan, murah hati dan budi pekerti.

4. Ikut-ikutan

Diantara orang-orang agnostik, ada satu jenis orang yang menjadi agnostik karena ikut-ikutan. Karena menganggap ini adalah tren padahal tidak sama sekali.

Mengaku agnostik karena ingin beda dari yang lain. Ingin dibilang keren atau gimana entahlah. Orang-orang gini konyol sih, konyol sekonyol-konyolnya.

4 Penyebab Seseorang Menjadi Agnostik. Kalian Termasuk?
Sumber gambar: geotimes.id

Pendapat TS mengenai Agnostik.

Perlu digarisbawahi gan, jangan kalian membully atau menghakimi orang-orang agnostik. Karena sebenarnya mereka ini orang-orang yang sedang mencari kebenaran dan itu sah-sah saja karena kebenaran bagi setiap orang berbeda-beda.

Dengan membully mereka, justru secara tidak langsung malah menunjukkan bahwa anggapan mereka terhadap agama benar adanya.

Mereka tidak seperti Atheis yang memang dengan sombongnya mengklaim bahwa Tuhan tidak ada.

Adakah alasan atau penyebab lain yang TS belum sebutkan? Kalau ada silahkan tambahkan di komentar ya.

Kalau anda yang keliru, mohon koreksinya ya gan emoticon-Blue Guy Peace


emoticon-2 Jempol

Sekian dari TS, maaf kalau ada kesalahan kata. Terima kasih sudah menyimak.

Sumber: Referensi

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rahma.syndrome dan 31 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh harrywjyy
Halaman 1 dari 8
emoticon-sundulganoli
profile-picture
nyantaiwaelah memberi reputasi
anjai, karena ikut2an tren ... emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
rahma.syndrome dan nandaramdhan690 memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Ane antara agno dan enggak, kadang2 kesel sama tuhan kadang2 bersyukur sama Tuhan. emoticon-Hammer2

Jadi ane termasuk agnostik apa enggak?? emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 119 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 119 balasan
Salah guru sih ini sebabnya…
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
akibat belajar ga sampe tuntas ke hakekat sesuatu, ya gini ini hasilnya.

ada yg agnostik, ada yg pede sok pintar, ada yg jadi gila, deelel.





emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
flamboyan dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Salah gan..klo lu percaya Tuhan tp ga percaya agama itu bukan agnostic tp spiritual namanya...
Itu berbeda...
Jd tingkatannya atheis-agnostik-spritual-beragama

Ga perlu dikasihanin...karena agnostic pilihan...masa dikasihanin?🤣
Indonesia itu terlalu fokus sama agama sampai2 budha aja dijadiin agama..padahal budha bukan agama... Jadinya merasa org yg beragama lebih tinggi status nya sama yg tidak beragama...wkwkwkwk.... Sampai2 org beragama punya "hak" utk membully org tdk beragama...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
uwahcyber dan 22 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh seenoevil
Lihat 26 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 26 balasan
hmm agnostik ya
keberadaan tuhan itu ibarat perumpamaan anak2 kecil umur 4 tahun (anak2 normal yg umum, kaga punya kemampuan atau kecerdasan special / berlebih) main tebak2an, bayangkan ada sebuah tembok sangat besar yg anak2 tsb kaga ngarti ukurannya, tebalnya, tingginya, ada pintu di tembok tsb, trus anak2 tsb main tebak2an apa yg ada di balik pintu itu, hanya bisa menerka2 kaga peduli mau pake teori apa atau alat apa...

pintu itu terkunci dan kaga ada kunci nya, asumsikan pintu itu kaga bisa dibuka scr paksa selain dng kunci aslinya, tembok dan pintunya kaga bisa ditembus or dihancurkan krn di sekitar anak2 itu kaga ada teknologi sama sekali...
asumsikan jg kalo ada 1 org yg berhasil masuk lantas org itu kaga bisa balik lg buat kasihtau org2...
intinya sih, main tebak2an nya tanpa bisa membuka / menembus tembok / pintu tsb...

nah, tuhan & afterlife (situasi setelah kematian) itu seperti perumpamaan tsb, apakah ada tuhan, dewa-dewi, neraka-surga, reinkarnasi, nibbana (kemoksaan), dll itu ya cuma sekedar tebak2an aja, mau 99.99% org percaya pd sistem afterlife yg dikemukakan suatu agama, kaga membuktikan sistem afterlife itu benar...
agnostik itu di tengah2 antara atheis dan theis, ketidaktahuan (bkn berarti bingung ya, bedakan) krn memang kaga bisa diketahui, dan memang realita nya spt itu memang kita kalo mau jujur ya kaga tau sistem yg kita percayai benar atau kaga (hanya dipercaya benar, dipercaya kaga selalu faktanya spt apa yg dipercayai)...
emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Nyepi emoticon-Nyepi emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh jw.89
Lihat 74 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 74 balasan
Quote:


Agnostik yang benar itu adalah orang yang mencari kebenaran akan eksistensi tuhan, dan dia mencari kebenaran tersebut dengan mendalami ilmu dari berbagai agama sampai dia meyakini mana agama yang paling benar

kalau yang sok iye ngaku2 Agnostik itu cuma orang-orang yang gak mau peduli sama eksistensi tuhan, cuma mau hidup suka-suka dia sendiri aja alias Atheis yang terselubung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
itsssyups dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
ane percaya ada tuhan dan cuma satu, tapi ane ga percaya sama agama.
yang lucu ane malah mempelajari semua agama. hm gimana tuh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nurade247 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Ane sih krn udah ga pernah beribadah dan gak pernah lagi ke tempat ibadah selama lebih dari 30 thn. Akhirnya jadi ragu sendiri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eccomw dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Abdul.Kumat.
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Kalau kata tmn ane, males ibadah wkwk
profile-picture
indrastrid memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
point 1 n 2 gan...
tambahan lagi, klo yakin negara beragama terbesar, harusnya mjd negara paling bersih dan bermoral. nyatanya ?
mereka itu selain atheis jg munafik.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gomamon. dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Agnostik jika diringkas dalam satu kalimat:

"Ya ndak tau kok tanya saya"



emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
agnostik dan atheis sejatinya gak perlu pengakuan apa lagi bangga.
lebih ke arah pencarian + ranah iman.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pesulap.merah dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
profile-picture
nurade247 memberi reputasi
Quote:


Jadi apakah TS termasuk agnostik, atau bukan?
profile-picture
bang.toyip memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Percuma jungkangjungking 5x sehari,puasa sebulan bakal kalah Sm org yg bisa attract segala sesuatu pakau pikiran LOA.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
drkhntr3ss dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
fomo cuyy.... emoticon-Leh Uga emoticon-Request ora agnostik ora gawul emoticon-Malu
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
"""
Perlu digarisbawahi gan, jangan kalian membully atau menghakimi orang-orang agnostik. Karena sebenarnya mereka ini orang-orang yang bingung bahkan sebagian dari mereka putus asa, mereka perlu dirangkul supaya kembali jalan yang benar.
"""
Kalau agnostik orang yang bingung, theis orang yang halu.

Agnostik itu tahu mereka tidak tahu, dan dia juga tahu yang lain bukan tahu tapi sok tahu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kerupuklatos dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Halaman 1 dari 8


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di