KOMUNITAS
Pengumuman! Kuy Ikutan Survey Feedback Kaskuser, Isi di Sini!
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
Jangan Hanya Hobi Bikin, Ini Tanggung Jawab Penting Orang Tua Pada Anak-anaknya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62f1aa77135f39194a480ba6/jangan-hanya-hobi-bikin-ini-tanggung-jawab-penting-orang-tua-pada-anak-anaknya

Jangan Hanya Hobi Bikin, Ini Tanggung Jawab Penting Orang Tua Pada Anak-anaknya

Jangan Hanya Hobi Bikin, Ini Tanggung Jawab Penting Orang Tua Pada Anak-anaknya
Jangan hanya hobi bikin, ini dia tanggung jawab dan kewajiban orang tua pada anak yang harus dipahami


Menikah muda itu enak, banyak generasi muda-mudi saat ini yang memiliki pemikiran tersebut dan merasa pemikirannya itu benar tanpa melihat lebih jauh tentang tanggung jawab setelah menikah.

Mungkin sebenarnya tidak ada yang salah dari pilihan menikah muda, selagi memang sudah siap mental, finansial, dan sudah mandiri dalam segala hal.

Namun sangat disayangkan, tidak semua pasangan muda-mudi yang mengatakan menikah muda itu enak mereka sudah benar-benar siap dari segala faktor dan masih membebankan kehidupan setelah menikah kepada orang tua dan mertua.

Belum lagi setelah menikah, akan bertambah tanggung jawab saat memiliki anak saat menyandang status sebagai orang tua, dan enaknya menikah muda tidak lebih pasti hanya berkisar pada waktu bikin anak saja.

Lalu tanggung jawab apa yang harus dipikirkan dan diketahui oleh anak-anak muda yang akan memutuskan untuk menikah lebih awal dan nantinya akan memiliki anak?
Berikut ini tanggung jawab dan kewajiban orang tua pada anak yang tidak boleh disepelekan.


Jangan Hanya Hobi Bikin, Ini Tanggung Jawab Penting Orang Tua Pada Anak-anaknya


1. Merawat

Kewajiban dan tanggung jawab pertama yang harus dipenuhi oleh orang tua adalah merawat anak dari bayi sampai usia dewasa.

Secara otomatis saat telah memutuskan untuk menikah dan memiliki anak, maka kewajiban merawat anak harus dipenuhi mampu atau tidak mampu GanSis.
Kebanyakan saat pasangan muda memutuskan menikah dan memiliki anak, kakek nenek dari si bayi lah yang merawat, karena orang tuanya belum bisa dan tidak tahu bagaimana cara merawat anak bayi.

2. Menafkahi

Menafkahi lahir dan batin, juga menjadi kewajiban dan tanggung jawab bagi orang tua GanSis.

Nafkah lahir bisa berupa pakaian, kebutuhan sehari-hari, dan yang lainnya, sedangkan nafkah batin adalah kasih sayang penuh orang tua pada anak yang juga akan membentuk karakter si anak.

3. Memberikan Pendidikan

Memberikan pendidikan yang layak kepada anak, baik itu dengan memilihkan sekolah yang terbaik, atau juga memberikan pendidikan karakter yang benar di rumah juga merupakan tanggung jawab besar yang harus dipikirkan.

Peran orang tua dalam memberikan pendidikan pada anak ini sangat penting GanSis. Pendidikan formal di sekolah, pendidikan agama dan karakter di rumah, harus seimbang jika ingin anak menjadi orang yang berguna dan memiliki masa depan yang baik.

4. Memberikan Perlindungan

Saat anak Agan Sista masih kecil, maka tugas orang tua adalah memberikan perlindungan dan pengawasan kepada mereka.

Orang tua tidak boleh teledor dalam menjaga dan merawat anak mereka, karena jika teledor maka anak akan mendapatkan bahaya, entah itu terjun ke pergaulan bebas, atau terlibat masalah yang membuat orang tua dipersalahkan.

Jangan Hanya Hobi Bikin, Ini Tanggung Jawab Penting Orang Tua Pada Anak-anaknya


Itulah GanSis beberapa tanggung jawab dan kewajiban orang tua pada anak yang harus dipenuhi sejak anak dalam kandungan sampai anak beranjak dewasa dan memiliki kehidupan sendiri.

Menjadi orang tua itu tidak mudah jadi enaknya bikin anak sekiranya akan sebanding atau lebih besar dari tanggung jawab terhadap anak-anak dari Agan dan Sista.

Oke, mudah-mudahan thread ini menjadi pembelajaran dan bisa mengingatkan Agan Sista terhadap tanggung jawab dan kewajiban kepada anak.


Jangan Hanya Hobi Bikin, Ini Tanggung Jawab Penting Orang Tua Pada Anak-anaknya


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Qhitink87 dan 6 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
emoticon-Ngakak hayo siapa yang cuma mikir enaknya doang
emoticon-Matabelo TS belum punya anak, tapi sudah ngerawat anak dari bayi sampai sekarang kelas 4 SD
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
emoticon-Cape d... jangan lupa tanggung jawab ya GanSis
emoticon-Ngakak jangan cuma suka bikinnya doang dong
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
nikah muda rawan terjadinya selingkuh gan. kedua nya masih labil. secara batin belum siap komitmen.
ego nya lagi tinggi2 nya.

contoh kecil, pilih anak masuk sekolah yg bagus dengan fee 30 juta atau mending beli nmax 2022.

TENTU SAJA NMAX

balik lagi. ego emoticon-Malu (S)

kira2 begono dah
profile-picture
profile-picture
rarebali dan masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
sebagai orangtua, minimal sandang, pangan dan pendidikan anak2 harus terpenuhi ,,, wajib !!!
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
emoticon-Leh Uga

mau enaknya doank sih banyak ya gan... karena jujur yang namanya ngurus anak itu tidak semudah yg kau bayangkan fergusoo hahahaha... dari segi perhatian, kesabaran, keimanan, dana... tapi karena waktu nikah didasari dengan cinta bukan nafsu jadi kita ikhlas saat mengurusnya bahkan menjadi kekuatan saat kita mencari nafkah untuk mereka...
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Yah kebanyakan sih seneng bikin nya doang emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
sherrifpedro dan masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
menurut pandangan ane, anak ga milih utk dilahirkan, ortu yg memilih punya anak. jadi bertanggung jawab lah
profile-picture
profile-picture
masnukho dan Danzrealismo memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
lebih ke parenting nya sih...
kl buat nya mah uda basic instinct..
membuat keturunan dan jagain keturunannya, hewan aj punya instinct kaya gitu..
kayanya simple.. tapi nanti saat agan sist udah jadi ayah dan ibu, merasakan proses dan menikmati hasilnya..
saat anak sudah bisa mengucapkan terima kasih yg tulus ke ortunya, merasakan anak meminta, merasakan anak care, merasakan anak menangis teriak saat mencari ayah dan ibunya saat ketakutan atau momen membutuhkan ortunya..
ketika itu juga prioritas hidup lo berubah..
keluar ada yg dituju dan pulang ada yg nunggu..
Trust me its work.. emoticon-Embarrassment
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Ya, saya setuju dengan pendapat agan2 dimariemoticon-Smilie

Jangan Hanya Hobi Bikin, Ini Tanggung Jawab Penting Orang Tua Pada Anak-anaknya
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Harus tetap berusaha bertanggung jawab....dengan apa yang ada....memberikan hak anak.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Najis memang, lihat dipinggir jalan tuh yg ngamen dan minta2 pada bawa anak2 nya masih bayi, balita, gak berhak tuh mereka bikin2 anak tapi gak kompeten buat ngurus dan besarin anak baik dari finansial ataupun parenting. Cuma nambah beban masyarakat
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Quote:
emoticon-Matabelobener banget gan

Quote:
emoticon-2 Jempoloke gan

Quote:
emoticon-Matabeloharus, itu kewajiban gan

Quote:
emoticon-Cape d...iya, kemiskinan makin banyak
ya intinya sih binatang aja bertanggung jawab penuh terhadap anaknya, masa manusia yg lebih mulia kalah sama binatang
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Anak gue sweet seventeen taon ini. emoticon-Big Grin

Dua kakaknya keguguran di dalam kandungan bundanya.
Kalo ngga keguguran, ya usianya udah 19-20 tahun emoticon-Smilie
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Lho, katanya banyak anak banyak rezeki?? rezeki sdh ada yg ngatur?? ya gpp toh bikin aja terus, kan nanti rezeki nya ada aja... emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Ngacir
emoticon-Malu emoticon-kisssing emoticon-kisssing emoticon-Malu
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
hahahhhaha hanya tau bikinnya aja
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
bikinnya emang enak
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di