KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Apa Sih Tujuan Belajar Beladiri, Benarkah Hanya untuk Gaya-gayaan dan Cari Musuh?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62f198342fe79b4612685eba/apa-sih-tujuan-belajar-beladiri-benarkah-hanya-untuk-gaya-gayaan-dan-cari-musuh

Apa Sih Tujuan Belajar Beladiri, Benarkah Hanya untuk Gaya-gayaan dan Cari Musuh?

Apa Sih Tujuan Belajar Beladiri, Benarkah Hanya untuk Gaya-gayaan dan Cari Musuh?
Beredar video diduga kelompok perguruan pencak silat keroyok driver ojek online dan juru parkir, apa sih tujuan belajar beladiri?


Media sosial tengah dihebohkan dengan sebuah video yang menunjukkan sekelompok pemotor yang tergabung dalam konvoi yang diduga adalah sekelompok orang dari sebuah perguruan pencak silat yang terlibat keributan dengan seorang driver ojek online dan juru parkir.

Dilansir dari akun Instagram @ndorobei.official dijelaskan bahwa diduga kejadian tersebut terjadi di daerah Jombang dan terjadi pada Minggu, 7 Agustus 2022.

Adapun kronologis kejadian disebutkan oleh saksi yang juga merupakan terduga korban yang berprofesi sebagai juru parkir, bahwa semula dirinya melihat ada segerombolan pemuda konvoi menyerempet seorang driver ojek online. Namun, saat si juru parkir hendak menolong malah dirinya dikeroyok oleh beberapa orang yang diduga dari salah satu perguruan pencak silat.

Simpang siur pemberitaan sempat beredar di media sosial yang menyatakan kejadian tersebut terjadi di Yogyakarta, dan telah diklarifikasi oleh Kasubbag Humas Polresta Jogja, bahwa itu adalah berita hoax dan kejadian sebenarnya yaitu di Jombang, Jawa Timur.

Menurut informasi yang beredar terhadap adanya kejadian tersebut para pelaku telah diamankan oleh pihak Polres Jombang, dan telah diproses sebagaimana hukum yang berlaku.


Apa Sih Tujuan Belajar Beladiri, Benarkah Hanya untuk Gaya-gayaan dan Cari Musuh?


Dari adanya kejadian ini, ada beberapa pelajaran yang dapat diambil GanSis.
Ternyata masih banyak orang-orang yang bergabung di dalam sebuah perguruan beladiri yang dapat dikatakan belum paham apa maksud dan tujuan belajar ilmu beladiri.

Apa sih manfaat belajar dan tergabung dalam sebuah perguruan beladiri?
Berikut ini beberapa manfaat dan tujuannya.


1. Belajar Beladiri

Sebagaimana nama perkumpulannya yaitu beladiri, maka orang yang tergabung di dalamnya adalah untuk belajar ilmu beladiri.

Setelah memiliki ilmu beladiri sebagaimana yang diajarkan, tentu manfaat dan kegunaan ilmu tersebut juga untuk membela diri saat mendapatkan sebuah kejahatan, atau mendapati tindakan yang membutuhkan pembelaan diri.

2. Membantu Orang

Meskipun ilmu beladiri diutamakan untuk dikuasai agar bisa membela diri sendiri saat mendapatkan sebuah kejahatan, tapi ilmu ini juga dapat digunakan untuk menolong orang yang mendapatkan kejahatan atau membutuhkan perlindungan GanSis.

Hampir kebanyakan perguruan beladiri mengajarkan tenggang rasa dan berempati terhadap kesusahan orang lain, jadi tidak pernah dibenarkan ilmu beladiri digunakan untuk menyakiti orang lain.

3. Menambah Teman dan Saudara

Sebagaimana manfaat dari sebuah komunitas, tergabung di sebuah perguruan beladiri juga berfungsi untuk menambah teman dan saudara GanSis.

Tidak hanya teman dan saudara dari satu perguruan beladiri, melainkan juga dari orang sekitar yang pernah mendapatkan manfaat atau bantuan dari ilmu beladiri yang dipelajari.

4. Menghindari Kedzaliman

Orang yang tergabung di dalam sebuah perguruan beladiri biasanya akan diajarkan tentang cara bersabar, menyelesaikan masalah dengan mengontrol emosi, dan tidak langsung main pukul orang tanpa bicara baik-baik sebelumnya dan melihat masalah dengan konteks yang utuh.

Pelajaran tersebut diberikan agar tidak melakukan kedzaliman karena merasa diri kuat, dan tidak menindas yang lemah karena merasa besar.

Apa Sih Tujuan Belajar Beladiri, Benarkah Hanya untuk Gaya-gayaan dan Cari Musuh?


Itulah GanSis manfaat dari belajar dan tergabung di dalam perguruan beladiri atau pencak silat.

Belajar ilmu beladiri memang sudah seharusnya dibekali dengan kebijaksanaan dalam hidup GanSis, karena saat seseorang telah memiliki kekuatan biasanya mereka akan cenderung mengenyampingkan akal dan perasaan serta lebih memilih jalur kekerasan untuk penyelesaian setiap masalah yang dihadapi.

Oke, mudah-mudahan dari adanya kejadian ini dapat dijadikan sebagai pelajaran bagi kita semua, pastinya untuk belajar hidup bijak dan menempatkan sesuatu sebagaimana tempat semestinya.


Apa Sih Tujuan Belajar Beladiri, Benarkah Hanya untuk Gaya-gayaan dan Cari Musuh?


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 28 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 8
emoticon-Matabelo itu ya GanSis manfaat belajar ilmu beladiri
profile-picture
profile-picture
pesulap.merah dan black.robo memberi reputasi
emoticon-Cape d... janganlah bar-bar begini

Spoiler for Kejadian:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samoenk dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
emoticon-Matabelo pahami dulu apa tujuan dan manfaat belajar ilmu beladiri sebelum akhirnya belajar dan kebablasan
profile-picture
profile-picture
pesulap.merah dan black.robo memberi reputasi
Tak ada hubungan dg beladiri... Pengeroyokan terjadi disemua org...
Mental keroyokan bangsa ini sesuai dg adab nusantara... Bergotong royong demi kemajuan kelompok...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Biar tidak diganggu yg lain sih gans, tapi ternyata banyak yang malah sok sok an dan mengganggu yg lain. Memang pikirannya pada belum matang gans
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan

shizuka jangan ditiru guys

Apa Sih Tujuan Belajar Beladiri, Benarkah Hanya untuk Gaya-gayaan dan Cari Musuh?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Betjanda dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Quote:
emoticon-Matabelosalah mengartikan gotong royong kalau gitu

Quote:
emoticon-Matabeloiya, belum tahu maksud dari beladiri sendiri

Quote:
emoticon-Matabelowalah, malah ribut
profile-picture
black.robo memberi reputasi
Ashiapppp
profile-picture
profile-picture
pesulap.merah dan masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Saya malah mendukung perguruan beladiri menghajar tukang parkir alfamart/indomart sampai tewas. Mereka sama sama sampah masyarakat yang suka main keroyok.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pesulap.merah dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Buat mukul tetangga. Iko uwais.
profile-picture
profile-picture
pesulap.merah dan masnukho memberi reputasi
Harusnya buat bela diri, gan. Tapi taulah sifatnya kebanyakan orang Indo kyk gimana...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 2 lainnya memberi reputasi
Aku ingin jadi orang sakti
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samsudin.jadab dan 2 lainnya memberi reputasi
buat apa belajar bela diri klo beraninya kroyokan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nggaplexi dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Quote:
emoticon-Matabelohust gak boleh gitu gan, harus dilihat dulu konteks permasalahan

Quote:
emoticon-Ngakakwalah

Quote:
emoticon-Matabeloiya gan, salah makek ilmu

Quote:
emoticon-Matabelobiar bisa terbang?

Quote:
emoticon-Matabelonah, gimana tuh
profile-picture
black.robo memberi reputasi
Manfaat dan kegunaan ilmu tersebut juga untuk membela diri saat mendapatkan sebuah kejahatan, atau mendapati tindakan yang membutuhkan pembelaan diri.

Sangat setuju bahwa belajar beladiri adalah untuk membela diri sendiri pada saat kita menghadapi tindak kejahatan.

Tetapi yang terjadi pada saat kelompok beladiri ini mengadakan perkumpulan sampai konvoi pasti muncul sifat arogansi dan merasa jagoan padahal kalo sparing satu lawan satu paling kabur.

Ngga beda kayak kelompok yang mengadakan sumnori, kalo udah rame2 yaa pasti jadi jagoan di jalanan.

emoticon-Gila
profile-picture
profile-picture
nurade247 dan masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Buat nyetopin truckemoticon-Bettyemoticon-Bettyemoticon-Betty

Test ilmu kalo kelindes ga matiemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Bisa jadi anak2 yg nyetopin truck itu lg ujian kelulusan suatu perguruan silat kanuraganemoticon-Bettyemoticon-Bettyemoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nguikghur dan 2 lainnya memberi reputasi
Dan lucunya lagi ada berita bentrok antar perguruan silat...eh kirain kaya perang di film2, adu jurus gitu, ga taunya saling lempar batu lebih mirip tawuran. Trs ngapain mereka belajar jurus2. 🤣🤣
profile-picture
profile-picture
profile-picture
shotgunBlues dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh planthopperman
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Dia kira dengan masuk perguruan pencak silat udah keren,maklum mental bocil emang susah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 3 lainnya memberi reputasi
Kumpulan badut² lucu... Belajar silat tp keroyokan... Gak sesuai dengan fungsinya silat...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 4 lainnya memberi reputasi
Yg buat gaya2an biasanya yg baru belajar gan emoticon-Ngakak

Quote:


profile-picture
profile-picture
profile-picture
Shampoo.bottle dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Halaman 1 dari 8


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di