KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Ternyata Ini yg Dilakukan Produsen Motor Dan Mobil Kalau Dagangannya Tidak Laku
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62efd50702bc4221681df438/ternyata-ini-yg-dilakukan-produsen-motor-dan-mobil-kalau-dagangannya-tidak-laku

Ternyata Ini yg Dilakukan Produsen Motor Dan Mobil Kalau Dagangannya Tidak Laku

Ternyata Ini yg Dilakukan Produsen Motor Dan Mobil Kalau Dagangannya Tidak Laku

Pernah kefikiran gak Gan, akan dikemanakan motor atau mobil baru, misalkan stok dari produsen yang belum terjual itu masih tersimpan rapat di gudang, belum sempat dikirim ke dealer karena memang belum ada permintaan? Akankah dibiarkan berjamur?

Dari sekian produsen kendaraan itu pasti ada yang pernah mengalaminya meskipun mungkin jumlahnya sedikit artinya tetap ada produk 'gagal terjual' dan harusnya menjadi evaluasi bagi perusahaannya.

Namanya usaha, pasti ada pasang surutnya, tidak selalu semua produk yang dijual menjadi impian dan selera konsumen meski mereka sebenarnya telah melakukan riset pasar yang mendalam dan berpengalaman sekalipun, pastinya pernah membuat produk gagal dipasaran.

Ternyata Ini yg Dilakukan Produsen Motor Dan Mobil Kalau Dagangannya Tidak Laku

Saya rasa, kendaraan baru yang belum dikirim ke dealer mungkin disebabkan oleh 4 hal, yang pertama adalah memang tidak ada permintaan karena produknya dianggap gagal, menurunnya selera pasar, menghabiskan stok di akhir tahun atau akan datang model terbarunya dan bencana alam. 4 hal tadi bisa saja salah kira karena ini murni opini saya saja.

Rasanya amat disayangkan jika masih ada teronggok seekor motor atau mobil digudang, masih dalam keadaan fresh tapi belum juga terdistribusikan. Produsen pastinya sadar produknya ini tidak mungkin disimpan lama karena pergerakan teknologi dan trend otomotif selalu dinamis, selera selalu berubah.

Ternyata Ini yg Dilakukan Produsen Motor Dan Mobil Kalau Dagangannya Tidak Laku

Mengatasi ini biasanya, sekali lagi menurut saya produsen bersama jajarannya terutama dilini pemasaran dan penjualan sampai dealer terkecil akan melakukan program promo seperti diskon harga, jual rugi (meski tetap untung karena tinggal menghabiskan stok), dikirim ke dealer yang berpotensi menjual dengan baik, penjualan disertakan dalam program undian, dan paling akhir adalah dengan membongkar kembali beberapa part lalu disubtitusikan ke produk yang support.

Ternyata Ini yg Dilakukan Produsen Motor Dan Mobil Kalau Dagangannya Tidak Laku

Apakah cara-cara diatas dibenarkan, saya rasa juga sah-sah saja sih karena produsen menjual produknya bukan dengan cara pemaksaan atau menipu konsumen. Justru produk mereka (meski) hanya satu tersisa 1 stok saja digudang mereka sebenarnya telah rugi waktu, tenaga dan biaya yang tidak sedikit.


Ternyata Ini yg Dilakukan Produsen Motor Dan Mobil Kalau Dagangannya Tidak Laku

Sebuah opini
Img. Gugel


Ternyata Ini yg Dilakukan Produsen Motor Dan Mobil Kalau Dagangannya Tidak Laku
Ternyata Ini yg Dilakukan Produsen Motor Dan Mobil Kalau Dagangannya Tidak Laku
Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
profile-picture
profile-picture
profile-picture
s.c.a. dan 13 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh iskrim
Halaman 1 dari 2
Ternyata Ini yg Dilakukan Produsen Motor Dan Mobil Kalau Dagangannya Tidak Laku


Quote:


Quote:





...
profile-picture
profile-picture
TheKimuraituQ dan provocator.3301 memberi reputasi
Diubah oleh iskrim
Gan @iskrim

Edit: bagi bata woyyy
emoticon-Lempar Bataemoticon-Lempar Bataemoticon-Lempar Bataemoticon-Lempar Bataemoticon-Lempar Bataemoticon-Lempar Bataemoticon-Lempar Bataemoticon-Lempar Bata
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alexamini dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh provocator.3301
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
🤦‍♂️🤦‍♂️🤦‍♂️
dulu pernah kerja di perusahaan otomotif, strateginya diskon gede2an sampe 90juta khusus utk pegawai, klo yg beli orang lain tp seolah2 pegawai yg beli ya boleh2 aja, asalkab bpkb nama pegawainya emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
1 produk otomotif kalo ane kira² bisa untung 30-60% dari harga produksi. Di jadiin barang undian tetep untung. Wong undian juga harus ada tetek bengek untuk buat untung emoticon-cystg
Apalagi zaman sekarang beda motor masih bisa bhineka tuh sparepart emoticon-Big Grin
Walaupun bongkar ada biaya, tapi masih ada untungnya njir emoticon-Ngakak (S)
Yang susah pasti mulai dari 0 sebuah nama,merek tuh produk otomotif "buntung heula,karek bati deui" emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 2 lainnya memberi reputasi
Mana, kayaknya sih jarang yang jual rugi paling minimal bep.......
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rarebali dan 2 lainnya memberi reputasi
barang-barang dunia emoticon-Cape deeehh
profile-picture
provocator.3301 memberi reputasi
ane ga pernah tau kalo dijual rugi, mana? kayanya motor harganya ga pernah di bawah rata2emoticon-Bingung
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Andaikan yg 250cc nya 0%
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Udah dihitung penyusutannya tiap tahunnya, sampai akhirnya dikeluarin produk baru ganti baju.
profile-picture
iskrim memberi reputasi
wah kalau bener kayak gitu pengen dah beli...
tapi pas cek dealer yg kayak gitu jarang banget deh...
tau2 udah ganti aja...
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pantesan banyak DP=Rp 0 ternyata ngabisin stok gudang yang berlimpah emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
sherrifpedro dan iskrim memberi reputasi
waktu jaman timor, kalau lewat tol cikampek pasti ngeliat stoknya lagi dijemur bertahun tahun sampai akhirnya dijual ke perusahaan taksi emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
jiresh dan iskrim memberi reputasi
di bongkar, jadiin sparepart, distribusiin ke bengkel bengkel
















emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
kmzwa88waa dan iskrim memberi reputasi
Quote:


Quote:


Yoyoooiii... Ternyata Ini yg Dilakukan Produsen Motor Dan Mobil Kalau Dagangannya Tidak Laku
Quote:


Quote:


Quote:


Yoyoooi gan emoticon-Leh Uga
pengalaman ane kerja di 2 diler yang berbeda dulu untuk unit yang tahunnya udah lebih dari 2 tahun biasanya di promoin habis-habisan. sampai ane keluar dari sana ga pernah ada unit yang di subtitusikan ke produk yang lainnya yg sejenis (di diler lain tidak tahu). malah ada unit yg tahun 2010 masih ada 1 2 biji di gudang.

masih ada konsumen yg mau ambil kok. karakter konsumen sangat beragam. ada yg minta unit harus unit yg tahun ini. ada juga yg ga begitu peduli sama tahun rakitnya yg penting unit itu masih baru dan promonya banyak.
profile-picture
profile-picture
jiresh dan MUF0REVER memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Beli mobil ditahun 2022 tapi unit tahun 2021, cuma dapet diskon sedikit, paling gede diskon 10%
profile-picture
jiresh memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Masih pejwanemoticon-Ultah


#bagi ane bata gan sis
Musim panas waktunya bangun rumahemoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
s.c.a. dan 2 lainnya memberi reputasi
tapi emang gak pernah denger ada yang jual rugi :bungung
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di