KOMUNITAS
Pengumuman! Kuy Ikutan Survey Feedback Kaskuser, Isi di Sini!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ikan Sapu-sapu, Apakah Aman Di Makan? Berikut Fakta-faktanya Gan!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62efac75bb00ed16e2052a12/ikan-sapu-sapu-apakah-aman-di-makan-berikut-fakta-faktanya-gan

Ikan Sapu-sapu, Apakah Aman Di Makan? Berikut Fakta-faktanya Gan!

Ikan Sapu-sapu, Apakah Aman Di Makan? Berikut Fakta-faktanya Gan!
Sumber gambar: animals.net

Setelah kemarin sempat membahas mengenai ikan betutu alias ikan gabus malas, rasanya kurang lengkap kalo TS tidak membahas ikan yang satu ini. Bisa dibilang ikan ini kebalikan dari ikan gabus males gan. Karena ikan ini lumayan rajin bersih-bersih.

Ya, ikan itu adalah ikan sapu-sapu atau yang memiliki nama latin Hypostomus Plecostomus senang sekali memakan lumut. Selain itu ikan ini dipelihara untuk membersihkan akuarium dengan memakan kotoran ikan dan sisa-sisa pakan.

Namun, dengan makanan yang seperti itu apakah ikan sapu-sapu aman dimakan? emoticon-Confused

emoticon-Ultah

Jawabannya, aman. emoticon-thumbsup

Ikan Sapu-sapu, Apakah Aman Di Makan? Berikut Fakta-faktanya Gan!
Sumber gambar: wikipedia.com

Dengan catatan ikan sapu-sapu itu berasal dari hasil budidaya di air yang bersih dan terawat. Karena apabila di alam bebas, dikhawatirkan ikan sapu-sapu tercemar oleh zat-zat berbahaya mengingat ikan ini makan apa saja dan punya kemampuan bertahan hidup yang baik di air yang tercemar.

Ikan sapu-sapu bisa saja mengandung zat logam, merkuri dan sebagainya yang akan menjadi racun bagi tubuh manusia. So, kalo mau makan ikan sapu-sapu harus diperhatikan dulu dari mana ikan ini berasal ya gan. Kalo berasal dari alam liar, menurut TS kurang aman dimakan. Apalagi di tengah kondisi sungai negara kita yang kita tahu sendiri bagaimana keadaannya. emoticon-Frown

Ikan sapu-sapu umumnya diolah menjadi bakso ikan atau siomay.

Quote:


Ikan Sapu-sapu, Apakah Aman Di Makan? Berikut Fakta-faktanya Gan!
Sumber gambar: wiktionary.org

Sekilas mengenai ikan sapu-sapu.

Ikan ini memiliki badan yang gelap dengan corak tak beraturan yang membantunya berkamuflase di dalam air. Ikan ini memiliki badan yang cukup keras dan wajahnya sekilas mirip ikan lele.

Bukan ikan asli Indonesia. 🇮🇩

Meski cukup populer di Indonesia. Nyatanya ikan ini bukan ikan asli Indonesia. Habitat ikan ini berada di sungai Amazon, Brazil. Dikenal dengan nama Pleco. Ikan ini masuk ke Indonesia melalui jalur perdagangan.

Senang Berada Di Dasar Sungai. emoticon-frog

Kesamaan ikan ini dengan ikan betutu adalah ikan ini suka berada di dasar setu, sungai atau danau. Bedanya ikan sapu-sapu biasa membuat sarang berupa lubang.

emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol

Segitu saja dari TS, Terima kasih sudah membaca dan maaf kalo ada kesalahan. emoticon-Blue Guy Smile (S)

Kalo di tempat kalian, ikan sapu-sapu biasanya diolah jadi makanan apa, Gansis?

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samnkuku419 dan 14 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
emoticon-Sundul Up
profile-picture
black.robo memberi reputasi
Sama halnya dgn "Apakah ikan lele aman utk dikonsumsi?"

Jawabannya pun sama "Aman, dengan catatan ikan lele itu berasal dari hasil budidaya di air yg bersih dan terawat."

emoticon-Blue Guy Peace
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 14 balasan
Mau ikan sapu yg jelas aman, ikan Lele yang gak aman dikonsumsi info penelitian gono-gini, tapi buktinya tetap aja dikonsumsi dan ga apa tuh kita-kita makan emoticon-Leh Uga
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
amaan, kalian makan somay gak kenapa kenapa kan? amaaannn
profile-picture
awan.kegelapan memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
kalo ikan kopi2 gmn?
Post ini telah dihapus
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Klo digoreng kek alienemoticon-Ngakak
Makan ikan sapu2 aman gan yg ga aman tuh makan sapunya doang bs kelolodan emoticon-Betty
profile-picture
farhan.faf memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
bentuknya aja ngeri gituemoticon-Takut
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
jadi ingat somay ikan sapu sapu emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
oooh aman toh, kirain berbahaya...
dulu sewaktu bocil, bapak beli ikan sapu.
kirain fungsinya buat bersihin akuarium...
emoticon-Malu emoticon-Leh Uga
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kali Pasar baru jakpus banyak tuh gan, sayangnya kalinya item
profile-picture
sherrifpedro memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
kabar gembira buat yg demen jajanan kaki lima emoticon-Ngakak
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gak peduli lah mau bahas salmon sampe ikan darat, ane tetap gk makan ikan sama sekali, jadi gk tau rasa ikan itu seperti apa 😅
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ikan super, gw dulu peliharan louhan, galaknya minta ampun sampe dikasi makan ikan kecil langsung dihap sama dia kecuali ikan ini. wkwkwk
profile-picture
supremacist memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Gw malah males makan ni ikan, soalnya kek kotor bat gitu kalo nemu di sungai
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Sebenarnya bisa disikapi dengan ditaruh kolam air bersih. Biasanya 3-4kali atau sampai bersih gak buang kotoran lagi tergantung sungainya sekotor apa. Tapi biasanya penjual nakal diam2 tangkap langsung diolahemoticon-Cape d...
Diubah oleh freedomjustice
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Emang bakal nanya ni ikan sapu2 diternak apa ngambil dari selokan??

Macam bakso aja yg cari untung campur daging tikus
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
hhmm.. ga bisa dipungkiri Siomay dan Otak-otak kang jualan pinggir jalan emang sedep bree.. nah ini resep rahasianya emoticon-Big Grin
semakin bnyk limbah yg di hap, smakin nendang efek gurih ke konsumennya emoticon-Big Grin
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
hihihi malah baru tau kalau ternyata bisa dikonsumsi.. kirain gak bisa sama sekali gan
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 1 dari 3


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di