KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / ... / Militer /
Dua Unit Kapal OPV Kedah Class Malaysia Akan Naik Kelas Menjadi Korvet
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62eb4e2c7528b52f7023b78d/dua-unit-kapal-opv-kedah-class-malaysia-akan-naik-kelas-menjadi-korvet

Dua Unit Kapal OPV Kedah Class Malaysia Akan Naik Kelas Menjadi Korvet

Quote:


Di era modern ini semakin sulit membedakan jenis kapal perang milik angkatan laut di seluruh dunia, pasalnya setiap negara punya penyebutan masing-masing untuk kapal perangnya. Salah satu contoh jenis kapal yang bikin bingung saat ini adalah kapal korvet. Sebagai contoh jika kapal korvet tidak dilengkapi rudal anti kapal, maka kapal itu bisa dikategorikan sebagai jenis OPV (offshore patrol vessel). Sebaliknya jika OPV dipasangi rudal anti kapal, maka kapal disebut sebagai korvet (naik kelas jadi kapal yang lebih mumpuni).

Nah, bicara soal naik kelas, dua kapal OPV milik TLDM (Tentera Laut Diraja Malyasia) kini resmi naik kelas menjadi kapal korvet sejati. Mengutip artikel Janes.com Malaysia menggelontorkan dana senilai USD48 miliar untuk memasang sistem peluncur rudal anti kapal Naval Strike Missile (NSM).

Janes.com menyebut jika pemasangan sistem NSM merupakan bagian dari proyek pengadaan tiga bagian di bawah Rolling Plan 4, berlangsung dari tahun 2021 hingga 2025. Rolling Plan 4 mencakup proposal yang akan didanai dalam anggaran nasional tahun 2024.

Saat ini, Malaysia mengoperasikan enam unit Kedah Class, yang terdiri dari KD Kedah F171, KD Pahang F172, KD Perak F173, KD Terengganu F174, KD Kelantan F175 dan KD Selangor F176. Entah kapal mana nanti yang akan dipasangi sistem NSM.

Mengutip artikel indomiliter.com NSM merupakan rudal anti kapal buatan Kongsberg, Norwegia. NSM dalam bahasa Norwegia merupakan akronim dari Nytt sjømålsmissil. Rudal ditenagai solid fuel rocket booster, Microturbo TRI-40 turbojet, yang mampu melesatkan rudal dengan kecepatan high subsonic. Jarak jejajahnya sekitar 185 sampai 250 km, tergantung dari targetnya.

NSM meluncur pada fase terminal dengan pola sea skimming. Untuk sistem pemandu mengandalkan kombinasi Inertial, GPS, terrain-reference navigation, imaging infrared homing dan target database. Selain TLDM, TNI AL juga tertarik memasang NSM di kapal cepat rudal KRI Golok; KSAL Yudo Margono menginginkan uji coba penembakan NMS di Laut China Selatan. TNI AL rencananya akan memberi fasilitas pengamanan dan target sasaran tembak, sementara Kongsberg menyediakan rudal dan sistem penembakannya. Saat ini belum diketahui kapan tes tersebut akan dilaksanakan.


Kapal Buatan Jerman yang Dalam Waktu Sehari Bisa Berubah Menjadi Korvet


Kapal ini dibuat oleh Jerman sesuai pesanan Malysia sekitar awal 2000-an, kapal ini termasuk cukup muda; karena kapal terakhir dikirim tahun 2009. Kapal dibangun oleh galangan kapal Blohm+Voss/HDW, awalnya Jerman akan membangun 27 unit kapal, namun karena masalah penundaan dari Malaysia, pesanan akhirnya disepakati hanya enam unit. Enam kapal itu kemudian diberi nama sesuai nama-nama kota besar di Malaysia.

Meski beberapa orang menyebutnya korvet karena dibangun dari basis korvet MEKO 100 RMN, akan tetapi kapal ini sejatinya adalah kapal jenis OPV. Kedah Class dipersenjatai dengan meriam OTO Melara kaliber 76 mm pada haluan dan satu kanon Breda Mauser kaliber 30 mm yang disematkan di bagian belakang (atas hanggar). Persenjataan ini memang cukup terbatas, akan tetapi Blohm+Voss/HDW dan German Naval Group (GNG) Boustead Naval Shipyard; telah menerapkan sistem plug and play. Artinya kapal bisa dipasangi senjata tambahan dalam waktu sehari.

Dalam waktu satu hari kapal dapat langsung dipasangi rudal anti kapal Exocet MM40 Block 2 dan rudal pertahanan udara RIM-116 Rolling Airframe Missile (RAM). Yang unik kapal ini tidak dibekali peluncur torpedo, sebagai gantinya helikopter Super Lynx yang akan meluncurkan torpedo. Punya dek yang luas memungkinkan kapal bisa membawa sebuah helikopter untuk misi anti kapal selam.

Quote:


Kedah Class punya bobot dengan muatan penuh mencapai 1.850 ton, panjang 91,1 meter serta draft 12,85 meter. Untuk sistem propulsi adalah dua mesin Caterpillar 3616 (5,450kW) diesel, yang mampu digeber sampai kecepatan 24 knots (44 km/jam). Kapal punya jarak jelajah 11.200 km, endurance 21 hari serta diawaki 78 personel.

Menutup thread kali ini ane akan sedikit membahas perbedaan OPV dan korvet, kedua kapal ini memang beda-beda tipis gan. OPV sendiri ditugaskan untuk berpatroli di kawasan laut lepas untuk mengawasi dan melindungi ZEE (Zona Ekonomi Eksklusif). Karena operasinya cukup jauh, maka badan kapal diperbesar untuk mengejar endurance; agar bisa beroperasi lebih lama dibanding kapal patroli biasa.

Kesimpulannya OPV adalah kapal yang dipasangi persenjataan kelas kapal patroli, tapi punya ukuran besar untuk mengejar endurance yang tinggi. Umumnya OPV modern telah dipersiapkan untuk suatu waktu melakukan upgrade alias naik kelas. Dengan modifikasi yang tidak terlalu rumit, OPV modern seperti Krabi Class (Thailand), Kedah Class (Malysia) atau Saryu Class (India) dapat dipasangi senjata utama berupa rudal anti kapal.

TNI AL sendiri sudah memesan dua unit OPV 90 meter yang dibuat galangan kapal PT DRU, di mana pemotongan baja pertama dilakukan pada 26 Agustus 2021. Kapal bisa dipersenjatai dengan kanon reaksi cepat Rheinmetall Millennium Gun 35 mm yang dipasang di atas hanggar. Bagian deck tengah terdapat 2×4 peluncur rudal anti kapal dan di bagian haluan mengandalkan meriam kapal sejuta umat OTO Melara 76 mm Super Rapid Gun.

Quote:


Referensi Tulisan: Janes.com & indomiliter.com
Sumber Foto: Wikimedia Commons
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mynameisant dan 13 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kita juga ada...
patroli rasa korvet atau korvet rasa patroli..emoticon-Big Grin

Parchim class, sebenernya sih korvet tapi spesifik di misi anti kapal selam, jadi gak punya rudal SSM.
Dua Unit Kapal OPV Kedah Class Malaysia Akan Naik Kelas Menjadi Korvet
sebagian malah sempet masuk satrol dgn nomer 8xx... cmiiw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Semoga TNI menyusul dgn hal yg samaemoticon-ridingsenja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 5 lainnya memberi reputasi
Sebetulnya kalo kapal patroli dipasangi banyak senjata dan perangkat tambahan malah tambah berat yak...

Nggak sesuai korvet yang harusnya kencang dan ringan..

Tapi bisa nyaru juga kali ... Ngakunya opv padahal korvet.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
selamat tuk warships nya AL malay, dr kapal patroli jd kapal korvet, kalo TNI AL mgkn harusnya ada bnyk warship yg naik pangkat dr kapal2 patroli jd kapal korvet dan kapal korvet menjadi kapal frigate, gan.....

tp, ya balik lg ke tebal tipis nya isi dompetnya TNI AL sih ya.....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 5 lainnya memberi reputasi
dalam sehari "plug and play" brarti ni OPV FFBNW [Fitted For But Not With] kan ...CMIIW

apa pake konsep kyak bangun prambanan bre ...yg ngerjain orang se-Bandung dan se-Bondowoso ...masuk akal emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Drpd bikin kapal lagi mending naikin kelas aja, toh fungsinya msh dipake patroli cm senjatanya ditambahin.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 5 lainnya memberi reputasi
Malaysia mungkin hanya perlu sampai level korvet saja, tidak sampai destroyer apalagi cruiser...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
god.dexvils dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
... buat "bekal" jalan-jalan di LCS emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 7 lainnya memberi reputasi
MEhrzweck - KOmbination atau MEKO adalah sebuah konsep kapal perang modern yang dikembangkan oleh German - Blohm+Vosh Shipyard yang menganut design modular pada persenjataan, elektronik dan perlengkapan kapal perang yang lain untuk memudahkan MRO dan upgrade nya.
Dengan panjang minimal 100 meter, pada dasarnya MEKO 100 dalam keadaan full spec dikategorikan sebagai Corvette dan versi downgrade nya dikategorikan sebagai OPV.
Karena konsep MEKO maka perbedaan di kelas kapal MEKO 100 OPV, MEKO 100 Corvette dan MEKO 200 Frigate adalah dimensi, bobot, komposisi persenjataan ofensif dan defensif serta counter measurenya. Khusus untuk MEKO 100 Corvette standar persenjataan utamanya adalah 1x CIWS Diehl BGT - RIM 116 RAM, 2x launcher rudal anti kapal MBDA Exocet MM 40 dan triple drum heavy torpedo.

AL Malaysia yang memesan 6 unit MEKO 100 tahun 1998 dalam status FFBNW pada persenjataan utama seperti rudal anti serangan udara, rudal anti kapal permukaan dan torpedo anti kapal selam sehingga dikategorikan sebagai OPV.
Setelah melewati kendala teknis dan drama finansial, akhirnya tahun 2006 lead ship F 171 KD Kedah resmi diluncurkan dan last ship F 176 KD Selangor resmi diluncurkan tahun 2009. Semua MEKO 100 class OPV dioperasionalkan oleh TLDM 17th PV Squadron.
Pada tahun 2018, Malaysia merencanakan akan mengupgrade persenjataan utama MEKO 100 Kedah class OPV dan menambah jumlahnya menjadi total 18 unit. Upgrade ini rencananya berupa pemasangan rudal anti kapal KDA Naval Strike Missile / NSM yang akan dimulai pada tahun 2024.

Apakah dengan pemasangan KDA NSM ini Kedah class bisa disebut sebagai corvette ? Jawabannya jelas : Tidak. Untuk menjadi corvette minimal harus memenuhi 4 dimensional warfare : anti serangan udara / AAW, anti kapal permukaan / ASW, anti kapal selam / ASuW dan anti elektronik / AEW.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh gonugraha76
Khusus Malaysia barat patroli laut nya luas.
Malaysia timur patroli bibir pantai.
Mau ke barat kena semprit TNI Natuna.
Utara kena semprit China dan Vietnam
Timur kena semprit Philippines Dan Indonesia Ambalat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Post ini telah dihapus
Sebelum banyakin pesawat ane malah kepikiran celah masuknya kapal asing di sini masih banyak kenapa ga banyakin out post yang lengkap senjata dan radar? Masih banyak pulau kosong bisa di manfaatkan, contoh kasus natuna, setelah ribut baru gesit bangun post.

Coba kalo dulu sipadan ligitan dah di bangun duluan post mendingan ga sampe kecolongan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
mantap malay, senang kalo liat negara tetangga juga makin kuat armadanya karena bersama kita bisa


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di