KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Bapak Pucung, Serangga Unik Yang Keberadaan Mulai Hilang. Ada Yang Ingat Hewan Ini?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62e911534d3882629f572be4/bapak-pucung-serangga-unik-yang-keberadaan-mulai-hilang-ada-yang-ingat-hewan-ini

Bapak Pucung, Serangga Unik Yang Keberadaan Mulai Hilang. Ada Yang Ingat Hewan Ini?

Bapak Pucung, Serangga Unik Yang Keberadaan Mulai Hilang. Ada Yang Ingat Hewan Ini?
Sumber gambar: facebook.com

emoticon-Hai

Serangga ini bernama ilmiah Dysdercus cingulatus, spesies serangga dari famili Pyrrhocoridae. Hewan ini juga merupakan hama bagi tanaman kapas. Bentuknya khas dan memiliki warna oranye dengan corak hitam. Panjangnya sekitar 12-20mm.

Siapa yang gak asing sama serangga satu ini? Apa hayo namanya? Inget gak? Kalo TS awalnya lupa, tapi dulu sering banget TS mainan serangga ini. Di tempat TS serangga ini disebut Bapak Pocong.

Kenapa namanya Bapak Pocong dah? Pocong punya bapak? Emaknya mana? Wkwk. emoticon-Blue Guy Peace

Ternyata salah gan, yang bener itu Bapak Pucung atau Bok Bok Cong. Dan memiliki nama ilmiah yang sudah TS sebut di paragraf pertama. Dulu, waktu TS kecil bapak Pucung sering kekuatan di semak-semak lapangann deket rumah. Mereka biasa berjalan berbaris kaya semut gitu.

Bapak Pucung, Serangga Unik Yang Keberadaan Mulai Hilang. Ada Yang Ingat Hewan Ini?
Sumber gambar: kepoindonesia.id

Nah yang unik sekaligus ciri khas, bapak Pucung ini suka banget nempelin pantatnya ke pantat bapak Pucung yang lain. Gak tau apa tujuannya, bagi kalian yang tahu boleh banget komen dan menjelaskan.

Serangga ini dikenal malas menggunakan sayapnya untuk terbang. Hal ini karena memang mereka hidup di semak belukar yang mana jarak antara daun ke daun lain sangatlah dekat. Dengan begitu, bapak Pucung sangat mudah untuk ditangkap. Termasuk TS yang dulu suka menangkapnya.

Quote:


Ternyata selain di Indonesia, Bapak Pucung juga ada di beberapa negara lain. Khususnya di Asia Tenggara dan Selatan seperti Thailand, Filipina, Laos, India dan Nepal.

Bapak Pucung bertahan hidup dengan menghisap sari yang ada di dalam biji kapas yang baru terbuka kuncupnya. Setelah dihisap oleh si Bapak Pucung, kandungan dalam buah kapas akan membusuk dan seratnya berubah warna. Jika sudah begini, maka kemungkinan buah kapas akan gagal. Itulah mengapa Bapak Pucung disebut sebagai hama.

Bapak Pucung, Serangga Unik Yang Keberadaan Mulai Hilang. Ada Yang Ingat Hewan Ini?
Sumber gambar: wikipedia.com

Bapak Pucung betina biasanya bertelur sekitar 60-90 telur yang disimpan di dalam rongga tanah yang mereka gali sendiri. Dan telur-telur ini akan menetas sekitar lima hari kemudian. Sehingga lahirlah bapak Pucung. Bayangin, baru lahir aja udah dipanggil Bapak. Wkwk. emoticon-Add Friend (S)

Sayang serangga ini sudah mulai terlupakan, TS pun lupa bahwa pernah ada serangga ini yang dulu jadi teman main TS. Semua karena berkurangnya lahan terbuka hijau di sekitar rumah TS. Bahkan lapangan tempat main TS sudah berubah jadi rumah.

emoticon-Turut Berduka

Melihat serangga ini di internet serasa mengembalikan kembali kenangan masa kecil, sekaligus menyadarkan berapa sudah tuanya TS. WKWK. Kalo kalian punya kenangan apa sama serangga ini?

Apakah di tempat kalian serangga ini masih ada? Ceritain dong di komen!

emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cheria021 dan 35 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6
Yg menjadi pertanyaan umur TS berapa?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
johanbaikatos dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
emoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Up
Kebo keboan lg kecil nyebutnyaemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
bukan.bomat dan arbiel memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Ya bokbokcong dadio telek lencong. Yaitu lagunya
profile-picture
profile-picture
bang.toyip dan bukan.bomat memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Ane dulu hobi misahin mereka emoticon-Nyepi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Entah sama atau gak, masih beberapa x liat yg warna hitam..di beras atau jagung
profile-picture
isanyk memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Dulu di daerah ane, malang, waktu kecil itu sebutannya kebo.
Kebo bhs jawa dari kerbau. Aneh kan 😄😄😄
Capung juga uda jarang di sini
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan gagal.jadi.nabi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Dulu ada buanyaaakk d bulan oktober-desember tiap tahun pas ane kecil, seketika waktu berlalu puber, kuliah, kerja nikah punya anak, akhirnya ane sadar, kemana ya mereka, dulu ane hajar abis2an krna bau dan yg betina ane pikir bawa beras pdhal telur emoticon-Ngakak (S) merayap sampe ruang tamu, d halaman anaknya buanyaaaakk , tp perna ane ketemu 1, ane liatin senyum2 mengenang masa kecil emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
amekachi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
teringat dengan lagu bapak pucung....sewaktu masih kecil.....sering dinyanyiin sama ibu dan bapak.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
johanbaikatos dan 2 lainnya memberi reputasi
TS kelahiran 80/90-an pasti wkwk
Di lokasi ane masih ada gan, meski udah jarang ditemui. Yah taulah, manusia sekarang ga bisa lihat tanah nganggur..

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan bukan.bomat memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
wah ini nih,, skrg udh kemana ya,,jarang liat lg...
Apakah serangga ini meninggalkan bau yang kuat jika kita sempat menyentuhnya?
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Di daerah ana namanya babibabian. Kalau direndang, namanya menjadi babibabianrendang. emoticon-Matabelo
Hewan ini salah satu indikator eksosistem sekitar masih bagus (kecuali ladang kapasemoticon-Big Grin)

Klo udh ga ada berarti banyak yg pake pestisida

Waktu kecil masih banyak d sekitar rumah, sekarang udh musnah

Rumah ane kanan kiri depan belakang sawah dan kebon
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 2 lainnya memberi reputasi
Dulu sering nangkepin, ane nyebutnya kebo keboan..
profile-picture
bukan.bomat memberi reputasi
disekitar rumah gw kupu2 aja dah ga keliatan lagi emoticon-Nohope
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
Ane nyebutnya dulu kumbang gancet.
Ane ga suka nangkep yg ini, seringnya tangkep jenis2 belalang, cangcorang sm kepik emas.
Itu waktu sd ga jauh dr lokasi perumahan masih byk tanah kosong/tanah merah yg byk pohon duri, semak-semak, tanaman merambat kyk semangka, labu dan sejenis timun.
Mereka itu lenyap kyk capung dan capung mini yg biasa deket lahan tergenang air atau di kolam liar yg ada teratai yg di daunnya byk anak belalang ijo. Itu paling sulit skrg ditemuin.
profile-picture
bukan.bomat memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Arek saiki mosok eroh bapak pucung....

emoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
johanbaikatos dan bukan.bomat memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Bapak Pucung. Dudu watu dudu Gunung
Dowo koyo ulo. Ancik-ancik wesi miring.
Lungo teko si pucung ngumbar suwara.
emoticon-Kaskus Radio
profile-picture
profile-picture
profile-picture
johanbaikatos dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Dulu nyebutnya montor montoran karna gesit kalo jalan dan warnanya kaya cat mobil Ferrari
profile-picture
johanbaikatos memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 6


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di