KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Tech / ... / CCPB - Shareware & Freeware /
[Freeware] Yuk Membuat Diagram Profesional Dengan Draw.io
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62e76105588db467fe5ed22b/freeware-yuk-membuat-diagram-profesional-dengan-drawio

[Freeware] Yuk Membuat Diagram Profesional Dengan Draw.io

[Freeware] Yuk Membuat Diagram Profesional Dengan Draw.io


Quote:



Draw.io memberikan aplikasi pemrosesan grafik vektor yang ramah bagi pemula. Keuntungan besar grafik vektor dibandingkan pemrosesan gambar tradisional (pixel-based/raster) adalah Kamu tidak akan kehilangan kualitas apa pun jika Kamu membuka kembali dan mengedit file vektor, serta melakukan skala/pembesaran. Grafik vektor berguna dalam semua jenis pengaturan profesional yang berbeda, mulai dari membuat cetak biru (blueprint) bangunan hingga merancang alur kerja proyek untuk dibagikan dengan tim. Paket draw.io hadir dengan banyak pilihan (preset) perangkat gambar/drawing tools berbeda yang dapat Kamu pilih saat mengerjakan desain baru. Perangkat gambar yang tersedia berguna untuk berbagai kebutuhan menggambar, dan akan sangat membantu mempersingkat waktu kerja pengguna. Perangkat gambar tambahan pun banyak tersedia secara online dan dapat diunduh untuk dimasukkan ke pustaka/library aplikasi sesuai kebutuhan pengguna. Draw.io juga dapat digunakan untuk (bekerja) kolaborasi, dengan mensingkronkan dan mengkoneksikan Draw.io dengan akun Google (drive) atau akun penyimpanan online lain seperti Dropbox.

Antarmuka dan Penggunaan


Dengan draw.io, Kamu dapat membuat gambar dengan menarik dan melepas item (drag & drop) langsung ke (gambar) proyekmu dari pustaka perangkat gambar yang tersedia. Jenis file yang didukung termasuk yang standar seperti SVG, JPEG, dan PNG tetapi draw.io juga berfungsi dengan objek diagram VSDX, Lucidchart, dan Gliffy. Kamu dapat mengekspor proyekmu dalam berbagai format termasuk SVG, XML, HTML, PDF dengan mudah.

Spoiler for pilihan template project:


Antarmuka Draw.io ditata dengan baik dengan pintasan (shortcut) bermanfaat yang akan membantumu menemukan bentuk, fungsi, dan pengaturan populer dengan cepat. Secara default, di sisi kiri layar edit Draw.io, Kamu akan melihat panel bentuk (shape) yang dapat diakses dengan mudah. Salah satu fitur bagus yang mempercepat proses pengeditan adalah ketika Kamu meletakkan kursor di atas suatu bentuk (tetapi jangan mengkliknya), versi yang lebih besar akan muncul di layar utamamu, memungkinkan Kamu memutuskan apakah bentuk tersebut cocok untuk digunakan dalam gambar.

Pada sisi kanan layar, Kamu akan melihat panel yang diisi oleh menu kontekstual. Pada ruang ini, Kamu akan melihat opsi umum seperti mengubah ukuran diagram atau menambahkan kisi. Namun, saat Kamu memilih objek, konten berubah. Misalnya, jika beberapa teks disorot, Kamu akan melihat opsi-opsi yang dapat diubah terkait dengan font dan teks. Bekerja dengan konektor/panah penghubung juga sangat mudah. Panah atau konektor dapat ditarik langsung, menghubungkan satu obyek dengan obyek lainnya, serta akan menyesuaikan secara automatis bila obyek gambar diubah posisinya oleh pengguna.

Spoiler for antarmuka aplikasi:


Kesimpulan


Aplikasi pembuat diagram seperti ini memang tidak banyak penyedianya (kebanyakan aplikasi gambar vektor tidak cukup spesifik untuk membuat diagram), dan umumnya bersifat komersil (seperti Ms Visio yang cukup terkenal dan harganya lumayan). Draw.io di sisi lain, dapat digunakan secara online atau diunduh versi desktopnya secara gratis. Fitur dan antarmuka yang dihadirkan tidak kalah dengan aplikasi komersil yang mahal, dan fitur kolaborasinya sangat mendukung produktivitas tim. Bukan hanya itu, Draw.io pun dapat diintegrasikan dengan aplikasi Office Suite lain, seperti misalnya OnlyOffice yang juga bersifat gratis. Bagi Kamu yang sering bekerja dengan diagram atau gambar vektor, aplikasi ini wajib untuk dicoba.

Quote:


Selamat mencoba dan semoga bermanfaat sahabat Toyiban! emoticon-kisssing emoticon-Kiss (S)
Sumur : Blognya bang.toyip

================

mampir juga ke tridnya bang.toyipya emoticon-I Love Indonesia (S)  :

Buat Firefox-mu Mengkeren dengan Ekstensi ini! -NEW- emoticon-Peace
Memilih Web Browser yang Aman Untuk Privasi Data
Linux Mint 21 Vanessa - Fitur Baru yang Makin Yahud
Crow Translate - Aplikasi penerjemah OpenSource
Membuat Bootable Disk dengan Etcher
Mantap nih ilmunya
profile-picture
bang.toyip memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di