KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Pacaran Bikin ATM Bareng Bahkan Ambil KPR, Berikut Pendapat Perencana Keuangan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62e5270ab5444f43ee7ea8c2/pacaran-bikin-atm-bareng-bahkan-ambil-kpr-berikut-pendapat-perencana-keuangan

Pacaran Bikin ATM Bareng Bahkan Ambil KPR, Berikut Pendapat Perencana Keuangan

Pacaran Bikin ATM Bareng Bahkan Ambil KPR, Berikut Pendapat Perencana Keuangan

Sebagian pasangan yang berpacaran berinisiatif membuat rekening bank yang diisi bersama untuk kepentingan berdua. Makan-makan, nonton dan lainnya tinggal gesek saja pakai kartu ATM rekening patungan itu. Bahkan ada juga yang sampai ambil KPR dan dicicil bersama. tidak ingin ambil resiko keributan
 
Pacaran Visioner
 
Kasus ribut dengan mantan pacar sudah bukan hal baru lagi. Ujung-ujungnya segala biaya yang pernah keluar untuk si pacara diungkit. Bikin malu dan kesal, kan ya. Maka dari itu sebagian pasangan berinisiatif bikin rekening untuk diisi bareng. Apabila hubungan pacaran terputus, tamat jugalah riwayat rekening itu.
 
Ada juga yang bela-belain ambil rumah dengan pembayaran dicicil bersama tiap bulan. Kalau sudah nikah, enak kan. Rumah sudah ada, tinggal menempati saja. Itu kalau hubungan pacaran sampai ke pelaminan. Kalau nggak? Dari beberapa kasus yang ane dengar, salah satu pihak mengalah, bayarin balik uang cicilannya itu.
 
Terdengar visioner banget ya pacarannya. Masalah uang itu memang sensitif banget. Tidak semua orang suka ditraktir atau dibayarin terus menerus. Pertaruhan harga diri soalnya. Namun apakah punya rekening bersama bahkan sampai ambil rumah KPR itu merupakan langkah cerdas?  
 
Pandangan Perencana Keuangan
 
Greget Kalla Buana, seorang Islamic Financial Planner (IFP) bersertifikat memberikan pandangannya memalui akun Instagram @gregetkallabuana pada (2/7/2022). Menurut Greget, biaya-biaya yang dikeluarkan selama berpacaran itu adalah beban, bukan investasi. Sebab manfaat dari biaya yang dikeluarkan itu dinikmati pada tahun berjalan tanpa bisa diteruskan ke tahun berikutnya.
 
Ambil KPR untuk cicil bersama pun penuh ketidakpastian. Emang ada yang bisa jamin, pasangan yang berpacaran itu akan berakhir di pelaminan setelah mengucap janji di depan penghulu. Cicilnya bareng siapa, nikah dan menghuni rumahnya sama siapa. Terlebih cicilan rumah itu bukan setahun dua tahun. Rata-rata cicilan KPR sekitar 15 – 25 tahun.
 
Greget lebih menyarankan pasangan yang berpacaran untuk :
1. Menabung guna persiapan pernikahan.
2. Memiliki aset pribadi, beli rumah, tanah, dan lainnya atas nama pribadi saja.
3. Split bill saat kencan alias bayar sendiri-sendiri saja, sehingga tidak membebani satu sama lain.
 
Selain itu Greget juga mengingatkan jangan nikah karena uang, mending pergi ke tempat di mana uang berada kemudian menikahlah karena cinta.
 Pacaran Bikin ATM Bareng Bahkan Ambil KPR, Berikut Pendapat Perencana Keuangan

Pacaran Bikin ATM Bareng Bahkan Ambil KPR, Berikut Pendapat Perencana Keuangan

Pacaran Bikin ATM Bareng Bahkan Ambil KPR, Berikut Pendapat Perencana Keuangan

Pacaran Bikin ATM Bareng Bahkan Ambil KPR, Berikut Pendapat Perencana Keuangan

Pacaran Bikin ATM Bareng Bahkan Ambil KPR, Berikut Pendapat Perencana Keuangan

Pacaran Bikin ATM Bareng Bahkan Ambil KPR, Berikut Pendapat Perencana Keuangan

Bener, juga ya GanSis, pasangan yang kaya sebelum nikah apalagi karena warisan atau pemberian orang tua belum tentu akan begitu terus setelah nikah. Apabila mendadak jatuh miskin, bakal jatuh talak juga? Ane setuju ni. Mending segera nikah aja, lalu patungan atau bangun aset bersama. GanSis setuju?


Sumber 12

profile-picture
profile-picture
profile-picture
bukan.bomat dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Kokonata
Halaman 1 dari 2
profile-picture
profile-picture
bukan.bomat dan bang.toyip memberi reputasi
Diubah oleh Kokonata
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pacaran dan ambil kpr bersama sama kayak bocil pacaran manggil papa mama... Cuma level nya lebih advance saja.. Hahaha
Diubah oleh red.wave
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Njir serius pacaran udah banyak yg bikin atm/kpr bersama emoticon-Ngakak (S), motifnya apa ya??
profile-picture
bang.toyip memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Saya mah gak setuju klo masih pacaran buat ATM barengan putus ribet berbaginya
profile-picture
profile-picture
sherrifpedro dan cemilanpagi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Klo putus pembagian harta gono-gini ribet.
Apalagi klo uda ambil KPR. Pede bener ke' uda pasti nikah.

Mending masing" pasangan punya 2 rek. tabungan.
1 tabungan keperluan pribadi, 1 tabungan masa depan (sisa gaji/sisa saldo ngendap tabungan 1 transfer ke tab. Masa depan).

Klo uda nikah baru tabungan masa depan jadiin tabungan bersama (bikin rek. baru & transfer semua saldo ke tab. masa depan)
Mau untuk KPR atau beli tanah teraerah dah tuh.

Klo takut kepake misal bikin rek. atas nama suami, buku tabungan bawa istri. Kartu atm bawa istri, PIN ATM cuma suami yg tau. Atau kebalikanya. Tab. pasti aman karena klo narik duit suami istri harus ada semua.

Dengan catatan kedua pasangan bukan pasangan boros & banyak gaya klo mau bikin/punya tabungan masa depan.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Eh busettt ribettt gan
pernah
mana pas putus ga kebagian gue
dan pas udahan lama msh direpotin krn rek pake nama gue dan atm ilang. mau narik tunai di teller hrs gue. pengen bales dendam ga jadi deh kasian...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nite.hime dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Jd inget temen ane pacaran model bikin tabungan bareng, eeh si cewe nikah sama oramg lain , dwit di rekening diambil si cwe emoticon-Ngakak
profile-picture
bang.toyip memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Not wise,

Quote:


profile-picture
bang.toyip memberi reputasi
Yg masih jd beban keluarga jgn coba2 pacaran dah.. nambahin beban doang.. wkwkwkwkk

emoticon-Wakaka emoticon-Traveller
profile-picture
pard0 memberi reputasi
Nais trit..
Gaya pacaran dari sektor ekonomi nih emoticon-Big Grin
bener" alay.
Bgs klo niat pacarannya buat nikah, apalagi klo 2 keluarga merestui. Lain cerita klo 2 keluarga gak setuju atau putus di tengah jalan. Repot ngurusnya emoticon-Big Grin
profile-picture
Kokonata memberi reputasi
mending jgn bikin atm bareng lah pas pacaran wkwk
suami istri bikin atm bareng saja bisa ribut, apalgi pacaran emoticon-Ngakak
profile-picture
PACIFIC2012 memberi reputasi
Ini namanya berisiko.iya kalau langgeng sampai suami istri.
Kalau pacaran bubar bisa habis diambil mantan
Kecuali sudah di unboxing bubar nggak masalah anggap saja bayar open bo
emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
Diubah oleh meimeiput
Paling sekalian alasan juga biar bisa Nganu tanpa pandang waktu n tempat emoticon-Betty

emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Wah pacaran udah bikin tabungan bareng, bahkan kpr rumah.?
Sangat2 beresiko sekali andah..
Minimal tunangan dulu dah, atau ya merid.

Udah merid pas cerai aja ribet kok ngurus masalah beginian, gimana pacaran..
Persis ane bnget nih sm bini ane dlu,ud siap2 jauh2 hari sblm nikah
Slain ckup buat resepsi malah untung jg dari yg ngamplop trgntung dpet psangan ny jg sih
Kalo pasangan ny sevisi misi enak lah ezpz
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Lucu banget bikin atm barengan. Ntar kalo putus nasib rumahnya gimana tuh ?
Diubah oleh ikkeh2kimochi
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di