KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Hati-hati.. Di Internet Juga Ada Bentuk Pelecehan Seksual, Lho! #RabuRandom
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62e0dfaf46d4b8107512900b/hati-hati-di-internet-juga-ada-bentuk-pelecehan-seksual-lho-raburandom

Hati-hati.. Di Internet Juga Ada Bentuk Pelecehan Seksual, Lho! #RabuRandom

Hati-hati.. Di Internet Juga Ada Bentuk Pelecehan Seksual, Lho! #RabuRandom


Hingga saat ini, kemunculan pandemi membuat hampir segala aktivitas yang dimiliki oleh setiap orang harus dilakukan melalui internet, seperti bekerja, meeting, kuliah, sekolah, bahkan urusan halal bihalal ketika hari raya. Jika internet bisa dimanfaatkan dalam hal-hal yang baik, maka adalah hal yang tidak bisa dipungkiri bahwa internet pun bisa dimanfaatkan untuk melakukan kejahatan.

Secara umum, kejahatan yang terjadi di dunia internet biasa disebut dengan cyber crime. Misalnya, phising, spoofing, cracking, serangan ransomware, serangan DDoS, injeksi SQL, carding, peretasan situs, penipuan OTP, data forgery, cyber espionage, pemalsuan identitas, dan cyber terrorism. Sudah bisa dipastikan bahwa bentuk-bentuk kejahatan tersebut tidak akan bisa dilakukan oleh setiap pelaku kejahatan, karena para pelaku kejahatan harus memiliki skill tertentu dibidangnya.

Hati-hati.. Di Internet Juga Ada Bentuk Pelecehan Seksual, Lho! #RabuRandom

Pandemi yang membuat terbatasnya ruang gerak para pelaku kejahatan dalam kehidupan nyata, membuat mereka harus memutar otak agar tetap bisa melakukan bentuk kejahatan yang mereka kuasai. Pelecehan seksual adalah salah satu bentuk kejahatan yang istilahnya sudah tidak asing di telinga setiap orang dan sering terjadi di dalam kehidupan nyata. Namun, bagaimana jika pelecehan seksual tersebut ternyata bisa terjadi di dalam dunia internet?

*************************

Hati-hati.. Di Internet Juga Ada Bentuk Pelecehan Seksual, Lho! #RabuRandom

Menurut Wikipedia, revenge porn merupakan penyebaran konten seksual dari seseorang di internet, tanpa persetujuan yang dia berikan. Biasanya, konten seksual berupa gambar atau video tersebut dibuat ketika antara pelaku dan korban, sedang berada dalam hubungan yang baik, terlepas jenis apapun hubungan yang pelaku dan korban miliki. Atau, pelaku membuat gambar atau video seksual tersebut tanpa sepengetahuan korban.

Gambar atau video seksual yang pelaku miliki biasanya akan digunakan untuk mempermalukan atau mengintimidasi korban, agar korban merasa tersiksa secara mental. Selain itu, pelaku juga bisa menggunakannya untuk memeras korban. Hal ini biasanya dilakukan oleh pelaku yang memang sejak awal hanya berniat untuk mencari materi tanpa ada keterlibatan emosi. Atau jika diantara pelaku dan korban pernah terjalin hubungan asmara yang berakhir buruk, maka pelaku akan menggunakannya sebagai bentuk pemaksaan terhadap korban. Misalnya, pelaku akan memaksa korban untuk melakukan hubungan seksual dengannya, atau memaksa korban untuk tetap melanjutkan hubungan walaupun korban cenderung ingin mengakhirinya.

Hati-hati.. Di Internet Juga Ada Bentuk Pelecehan Seksual, Lho! #RabuRandom

Dalam upaya penyebaran gambar atau video seksual dari seseorang, pelaku akan menyertakan informasi yang bisa mengidentifikasi korban. Misalnya nama korban, atau lokasi tempat korban menetap dan bekerja. Pelaku juga akan menyertakan komentar yang bersifat cabul, dan kemudian gambar atau video seksual tersebut akan diunggah ke social media circle dimana korban memiliki kemungkinan dikenal oleh banyak orang.

*************************

Hati-hati.. Di Internet Juga Ada Bentuk Pelecehan Seksual, Lho! #RabuRandom

Secara harfiah, bait berarti umpan. Sedangkan istilah bait dalam persoalan pelecehan seksual di dunia internet berarti sebuah tindakan dimana pelaku mengumpan seseorang untuk melakukan aktivitas seksual yang direkam oleh pelaku, agar pelaku bisa menyebarkannya atau menjualnya di internet.

Istilah bait memiliki pengertian yang tidak jauh berbeda dengan istilah revenge porn. Hanya saja perbedaannya adalah, revenge porn dilakukan oleh pelaku yang mengenal korbannya, dan pernah atau sedang menjalin jenis hubungan tertentu dengan korban. Sedangkan bait dilakukan oleh orang asing, dimana pelaku dan korban baru, atau bahkan tidak saling mengenal satu sama lain.

Hati-hati.. Di Internet Juga Ada Bentuk Pelecehan Seksual, Lho! #RabuRandom

Dengan situasi seperti itu, maka tempat yang paling memiliki kemungkinan untuk terjadinya pelecehan seksual berjenis bait, salah satunya adalah di dalam aplikasi kencan online. Pelaku akan menyamar menjadi seorang laki-laki atau perempuan, dan akan memasang foto semenarik mungkin di akun mereka. Hal tersebut digunakan sebagai umpan untuk menarik calon korban, siapapun mereka. Dan jika ditambah dengan jurus rangkaian kata-kata indah dari mulut nan manis, maka calon korban terutama perempuan, akan dengan sangat mudah untuk didapatkan. Oleh karena itu, bagi siapapun pengguna aplikasi kencan online, janganlah mudah tertarik dengan foto atau gambar pengguna lain. Karena bisa saja foto atau gambar yang pengguna lain tersebut gunakan, bukanlah wujud asli dari pengguna lain tersebut yang sesungguhnya.

Bait tidak hanya sering dilakukan oleh pelaku kejahatan. Namun, bait juga bisa dilakukan dalam hal positif. Misalnya, seseorang yang menaruh kecurigaan terhadap pasangannya yang melakukan perselingkuhan, bisa menggunakan bait untuk mengetahui kebenaran akan perselingkuhan tersebut. Bahkan, bait juga bisa dilakukan oleh pihak kepolisian untuk mengumpan pelaku kejahatan.

*************************

Hati-hati.. Di Internet Juga Ada Bentuk Pelecehan Seksual, Lho! #RabuRandom

Grooming merupakan sebentuk usaha dari seseorang yang ingin mendekati anak kecil, dengan tujuan untuk mengekploitasi mereka secara seksual. Pelaku grooming disebut dengan groomer, yang secara sekilas memiliki kesamaan dengan pedofil. Hanya saja perbedaannya, groomer cenderung melakukan aksinya di dunia internet. Sedangkan pedofil melakukan aksinya secara langsung dalam kehidupan nyata.

Hati-hati.. Di Internet Juga Ada Bentuk Pelecehan Seksual, Lho! #RabuRandom

Pada awalnya, groomer tentu saja akan memilih korbannya dan berkenalan secara khusus. Setelah dia berhasil mendapatkan kepercayaan dari korbannya, maka groomer akan mulai memanipulasi atau mengambil keuntungan secara seksual dari korban, dengan imbalan hadiah-hadiah yang sekiranya akan disukai oleh korban, atau bahkan imbalan untuk melakukan perjalanan wisata ke tempat yang diinginkan oleh korban misalnya. Tujuan groomer tidak hanya terbatas untuk mendapatkan objek seksual dari korbannya, tapi dia bisa menjerumuskan korbannya ke dalam bisnis perdagangan anak, pelacuran anak, atau pornografi anak.

Orangtua harus menaruh kecurigaan jika anak cenderung menghindar ketika diberi pertanyaan tentang tujuan mereka bepergian dan tentang orang-orang yang mereka ajak untuk berkomunikasi secara rutin, atau jika mereka memiliki sesuatu hal yang baru tanpa diberi oleh orangtuanya, atau jika cenderung menyembunyikan hape yang mereka miliki, atau jika membolos dari sekolah tapi cenderung telat untuk pulang ke rumah, atau jika sikap dan perilakunya cenderung berubah, atau jika muncul hal-hal yang tidak biasa dari anak.

Oleh karena itu, menjadi orangtua setidaknya harus memiliki bentuk kedekatan terutama secara emosional dengan anak. Agar ketika orangtua memberi batasan terhadap anak atau memberi larangan tertentu dalam bersosialisasi di dunia nyata ataupun di media sosial, maka anak akan bersedia untuk menuruti dan tidak akan merasa bahwa dia sedang berusaha untuk dipenjara oleh orangtuanya sendiri.

*************************

Hati-hati.. Di Internet Juga Ada Bentuk Pelecehan Seksual, Lho! #RabuRandom

Menurut Wikipedia, istilah slut-shaming adalah sebuah tindakan seseorang memberikan kritik terhadap orang lain terutama seorang perempuan dan seorang anak perempuan atau remaja, yang dianggap melakukan pelanggaran akan ekspektasi perilaku dan penampilan, terkait dengan masalah seksualitas. Tidak jarang, slut-shaming juga diberikan pada kaum gay dan laki-laki biseksual karena orientasi dan aktivitas seksual yang mereka miliki. Bahkan, laki-laki heteroseksual pun memiliki kemungkinan untuk mendapatkan slut-shaming.

Sebagai contoh, slut-shaming yang dilakukan terhadap kaum perempuan biasanya karena korban mengenakan pakaian yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat dan cenderung bertujuan untuk menarik perhatian lawan jenis, atau korban menggunakan alat kontrasepsi ketika melakukan hubungan seksual dengan pasangannya, atau korban melakukan premarital sex dan extramarital sex, atau bahkan korban berprofesi sebagai seorang prostitusi. Bentuk-bentuk slut-shaming yang diterima korban biasanya berupa umpatan-umpatan kasar seperti, "jalang", "pelacur", "lonte", dll. Sedangkan bagi laki-laki, mendapatkan slut-shaming dalam bentuk umpatan, "buaya", atau "brengsek", justru diyakini akan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri.

Walaupun hanya kritikan berbentuk kata-kata, namun slut-shaming yang tanpa disadari sering kita lakukan, bagaimanapun akan membuat korban merasa malu, tidak berharga, dan tertekan. Bahkan, jika slut-shaming yang kita lakukan benar-benar bersifat jahat dan menyakitkan, maka korban tidak segan-segan akan melakukan bunuh diri.

Hati-hati.. Di Internet Juga Ada Bentuk Pelecehan Seksual, Lho! #RabuRandom

*************************

Hati-hati.. Di Internet Juga Ada Bentuk Pelecehan Seksual, Lho! #RabuRandom

Pada dasarnya, istilah catcalling merupakan bentuk pelecehan seksual yang biasanya dilakukan oleh para laki-laki berupa siulan, panggilan jahil, atau komentar terhadap penampilan fisik seorang perempuan yang secara kebetulan terlihat oleh para laki-laki tersebut, terlepas pelecehan seksual tersebut terjadi di tempat yang sepi ataupun di keramaian. Bahkan saya sendiri pun sering mengalami catcalling tersebut. Namun, saat ini fenomena catcalling pun merebak hingga ke dunia internet. Dimana pelaku akan memberikan komentar yang tidak senonoh terhadap konten yang diunggah oleh korban di internet.

Hati-hati.. Di Internet Juga Ada Bentuk Pelecehan Seksual, Lho! #RabuRandom

Agar bisa lebih bersikap hati-hati, catcalling memiliki beberapa jenis, yaitu

Quote:


*************************

Sekian, dan terimakasih.

*
*
*
*
*

sumber 1, sumber 2, sumber 3, sumber 4, sumber 5
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Chrisyngwie dan 14 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
black.03 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh marywiguna13
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
nice thread emoticon-Jempol
ternyata banyak juga bentuknya pelecehan seksual dunia maya emoticon-Belo

btw, kalo dulu tuh buat mencegah hal2 begini, ada istilah, "boleh jatuh cinta tapi jangan g*blok" emoticon-Hammer karena kayaknya pelecehan begini awalnya kebanyakan dari eksploitasi perasaan gitu kan.. emoticon-Malu (S)

emoticon-Request emoticon-I Love Kaskus
profile-picture
profile-picture
badrunhakiki dan jlamp memberi reputasi
Diubah oleh bang.toyip
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Nah... Ini baru Kaskus...emoticon-Blue Guy Peace emoticon-Blue Guy Peace Thread keren, Sangat bermanfaat.. nambah wawasan banget.. secara globalnya ane nangkep pelecehan jenis ini, nyerangnye ke mental yaa gan.. ane Ijin share ke WAG ye
profile-picture
profile-picture
badrunhakiki dan Soekarti memberi reputasi
Diubah oleh 50F14
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
bisa jadi kita tanpa sadar juga pernah melakukan itu
profile-picture
badrunhakiki memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
sedikit turahan kalimat perlawanan:
ketkaling kepada lawan jenis dari seorang lelaki kadang ada yang suka dan hampir seluruh perempuan tidak menyukai... jadi emang intinya enakan jadi cewe... kalo mereka merasa terlecehkan "wah catcaling nih orang kamprai"
tapi kalo cowoknya gantengan dikit, putih, nenteng aipong plus konci mersi langsung "wow gw di godain cogan emoticon-Genit: " itulah..... apa namanya... kwaci rebus
profile-picture
badrunhakiki memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
bait mirip-mirip catfishing yak

emoticon-cystg

jaman sekarang kayaknya orang2 udah terbuka banget sama internet
kalo dulu orang masih pake nama alias, anonim, dsb
sekarang malah pamer RL, resiko banget
profile-picture
badrunhakiki memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
yap itu lah pentingnya adab sebelum ilmu..
sebelum bocil atau anak main internet kasih batas2an dan basicnya..
jadi sejak dini sudah melek dan bisa menghidari hal2 tersebut..
karena kemajuan teknologi dan pergeseran moral ga bisa ditolak, sex postif parenting ortu harus dikuatin..
mudah2an kaskuser dsni aman smua dari hal2 yg ga diinginkan..
hehe karena semua ada waktunya, sperti dlu bb 18 baiknya juga untuk yg 18+... emoticon-Embarrassment
profile-picture
badrunhakiki memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
waduh baru tau ane di internet ada bentuk pelecehan seksual...dapet ilmu baru nh emoticon-Keep Posting Gan emoticon-Keep Posting Gan

Btw bisa bantu support website ane gan kalo free https://biosevenipal.com/

makasih gan postingan tentang nternet Juga Ada Bentuk Pelecehan Seksual...cendol dari ane emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
di kaskus ada gak? emoticon-Malu (S)

~ bata only ~
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jaman skrg memang makin banyak yg umbar hal pribadi, apalagi sekarang dengan mudahnya di internet org ngeshare gambar cakepan, video joget gajelas dsb yg pasti jadi sarang catcalling walau semua konten tsb banyak editan emoticon-Hammer2 dibandingin 12 taun kebelakang jaman2 nya pesbuk dkk masi anget, malah jarang bet org share foto beneran cakep, kalau ada juga bisa hode atau tukang tipu emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
badrunhakiki dan awasadananno memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
oaaahhhmmmmm....lecehkan saia dong kakak...lecehkan....
profile-picture
profile-picture
diki174 dan badrunhakiki memberi reputasi
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 16 balasan
emang kalo serius muji --> "hai cantik" (ini beneran tulus)
jatohnya pelecehan ya sis?

*beneran nanya
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Di sosmed seluruh dunia rata rata nya shaming sih.
profile-picture
awasadananno memberi reputasi
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 15 balasan
gue sering jadi pelaku dan korbannya sis
profile-picture
badrunhakiki memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Istilah baru tetapi prakteknya udah banyak terjadi setelah munculnya internet.
profile-picture
profile-picture
black.03 dan badrunhakiki memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kalo di catcalling benceus gimana Bray...

Awww.

emoticon-Leh Uga
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nais inpohemoticon-Shakehand2
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Aku sering jadi korban emoticon-Mewek
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
perlu waktu buat memahami semua gan..
so far banyak benernya. emoticon-Ngakak
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Untung ane jelek dan buluk, Sis. Jadi nggak mungkin diketkoling. Kalau laporan kena ketkol bisa-bisa ane yang dihukum karena ke GR an. Jadi harusnya ane anggap halusinasi saja atau ane berterima kasih banyak pada yg ketkolingin ane. Sudah mau berbaik hati ketkol ane. Begitu kan, Sis?
profile-picture
BijixMane memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 1 dari 3


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di