KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Tech / ... / CCPB - Shareware & Freeware /
[Freeware] Yuk Membuat Bootable USB dengan Etcher
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62da3d35bbd22420e933fee2/freeware-yuk-membuat-bootable-usb-dengan-etcher

[Freeware] Yuk Membuat Bootable USB dengan Etcher

Halo Sobat Toyiban! Jumpa lagi dengan bang.toyip!
Kali ini kita akan bahas langkah-langkah untuk membuat Bootable media/disk menggunakan USB Flashdisk dengan aplikasi sederhana bernama "Balena Etcher". Pertama-tama, Bootable disk itu apa sih? dan kenapa harus menggunakan bootable disk? Media "bootable" digunakan agar sistem dapat melakukan "boot" atau membaca dan menjalankan isi media secara langsung, tanpa masuk ke sistem yang telah diinstall terlebih dahulu. Bootable disk digunakan untuk berbagai keperluan, seperti "system rescue", backup, instalasi OS, dan lainnya. Pengguna umum, kebanyakan menggunakan bootable disk untuk melakukan instalasi OS (Operating System) ke dalam komputernya (PC/Laptop).

Media bootable berbeda dengan media penyimpanan biasa, karena media bootable harus bisa dikenali oleh sistem (BIOS) dan dibaca pada saat proses boot pertama kali. Pada proses pembuatannya, berbeda dengan proses "format" media penyimpanan biasa. Tanpa membahas teknis lebih dalam, saat ini ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat bootable disk dengan mudah, dan salah satu yang paling sederhana dan mudah digunakan adalah "Balena Etcher". (Baca juga cara membuat Multiboot media dengan VENTOY)
Spoiler for download Etcher:

Balena Etcher adalah aplikasi standalone berbasis Electron, yang bersifat multi-platform, dapat dijalankan pada sistem Windows, Linux (multi distro, karena berformat AppImage yang independen), dan juga MacOS. Untuk aplikasinya dapat langsung di-download DISINI (KLIK) sesuai dengan OS yang Sobat Toyiban gunakan. Cara menggunakannya juga sangat mudah dan intuitif. Aplikasi ini juga dapat mendeteksi dan mendukung banyak ragam file ISO yang akan di-"flash" (di tulis sebagai media bootable) ke dalam disk, tanpa memusingkan pengguna. Secara singkat, yuk kita ikuti langkah-langkah penggunaan aplikasi Balena Etcher, sebagai berikut :

1. Download Aplikasi dan ISO yang akan digunakan. Aplikasi Balena Etcher dapat di download langsung DISINI(Halaman Download), dan siapkan juga (download) file ISO untuk di-"flash"/ditulis ke dalam bootable disk.

2. Jalankan langsung aplikasi Etcher (bersifat independen). Tampilannya sangat sederhana, dan dapat terlihat langsung "hanya" diperlukan 3 langkah untuk membuat Bootable Disk.
Spoiler for langkah semudah 1 2 dan 3:

3. Pilih file yang akan di-Flash ke media. Saat ini (pada versi terbaru - saat tulisan ini dibuat), Etcher memberikan 3 opsi yaitu, "flash from file" atau pilih file ISO pada media penyimpanan lokal, "flash from URL" atau pengguna dapat langsung mengambil file untuk di flash melalui URL/web, dan "Clone drive" atau mengcopy media bootable yang sudah ada untuk menduplikasinya. Apabila Anda memiliki file ISO yang disimpan pada harddisk/SSD lokal, bisa memilih opsi "flash from file".

4. Setelah file dipilih, Aplikasi akan langsung menuju "Select Target" atau memilih disk yang akan dijadikan "bootable". Etcher akan secara otomatis mengenali "removable media" atau media portabel (seperti flashdisk) yang tersambung/tertancap di komputer untuk dipilih. Berhati-hatilah karena pada proses "Flashing" atau penulisan bootable disk, semua data pada media/disk akan dihapus!. Pastikan tidak ada data penting yang masih digunakan pada disk tersebut.

5. Klik tombol "Flash!" dan proses penulisan akan dimulai. Lamanya proses flashing akan tergantung besarnya file (ISO), kecepatan disk, dan interface yang digunakan. Tunggu hingga selesai, dan media bootable Sobat Toyiban siap digunakan!

Nah, proses pembuatan Media Bootable sudah selesai nih, sangat mudah bukan? Sekarang media dapat digunakan untuk booting, dan instalasi OS dari USB Flashdisk dapat dilakukan dengan mudah, jangan lupa untuk mengatur (pada BIOS) boot sequence agar diprioritaskan dari USB (agar sistem membaca USB terlebih dahulu, tidak langsung masuk/membaca ke Harddisk/SSD).

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat Sobat Toyiban! emoticon-I Love Indonesia (S)


Link : Web Balena Etcher
Sumur : Blognya Bang.Toyip emoticon-Paw baca artikel lainnya yah emoticon-kisssing

Trid bang.toyip lainnya : Crow Translate - Aplikasi Penerjemah yang Ciamik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ayambucin dan 4 lainnya memberi reputasi
PertamaX gan
emoticon-Jempol
profile-picture
bang.toyip memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Istilahnya pada ga paham nih emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
bang.toyip memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
nah ane butuh ini lantaran kemaren hardisk rusak, trims emoticon-Salaman
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nambahin sedikit:

BalenaEtcher ini sering digunakan untuk melakukan instalasi Sistem Operasi pada "mesin komputer yang tidak memiliki antarmuka BIOS/UEFI" (sebut sajalah seperti itu untuk sederhananya). Mesin komputer seperti yang saya sebutkan tadi contohnya:

  1. Raspberry Pi, Banana Pi, Orange Pi (dan pi pi lainnya), Odroid, Khadas, Nvidia Jetson Nano
  2. STB Android TV Box
    ex Indihome (HG680P, B860H), atau yang retail seperti: MQX Pro, Tanix, HK1, X96, MeCool, Ugoos, Beelink, dan lain-lainnya.


Media instalasinya bisa berupa flashdik, memory card, ataupun usb hdd/ssd. Sumber (installer) bisa berupa file iso ataupun compressed os image berupa file tar.gz.

Biasanya setelah flashdisk atau memory card ataupun usb hdd/ssd di "flashing" dengan sistem operasi menggunakan Balena Etcher ini, partisi sistem yang terbentuk perlu di expand/resize (dimekarkan) secara manual.


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di