- Beranda
- Komunitas
- Informasi Kehidupan
GAJI BESAR vs KENYAMANAN KERJA


TS
kjeldoran
GAJI BESAR vs KENYAMANAN KERJA
Salam damai semuaa.. mudah-mudahan kalian semua diberkahi dengan kesehatan dan kedamaian di masa-masa yang sedang tidak menentu ini.
Saat ini ane pingin sedikit berdiskusi dan membagi ilmu dalam pilihan di dunia kerja.
Sebagai seorang yang sudah lama bekerja dan dalam status karyawan, sudah pasti kita akan memiliki keinginan untuk mendapatkan lebih dan memiliki jabatan yang lebih tinggi di tempat kita kerja. Namun terdapat banyak sekali resiko yang umumnya tidak terlihat dan tambahan tanggung jawab dalam sebuah promosi yang akan kita terima, seperti apakah itu?
KENAIKAN GAJI
Hal ini adalah hal yang paling umum yang akan kita dapatkan, biasanya kenaikan gaji akan kita dapatkan setiap tahun. Namun, persentase kenaikan gaji tidak akan pernah sebanding dengan persentasi inflasi yang terjadi setiap saat. Untuk orang-orang yang umumnya lebih suka duduk diam di zona nyaman, tidak ada keinginan/ambisi untuk meraih peningkatan yang signifikan, biasanya hanya akan tetap di situ selama apapun dan hanya akan mengharapkan dana pensiun di masa tua.
Biasanya orang seperti ini adalah tipe orang loyal yang bisa bekerja 10 - 30 tahun di kantor yang sama. Tapi pada akhirnya, posisinya tidak akan terlalu jauh dari titik awalnya dan akan tertinggal dengan orang lain.
PROMOSI JABATAN
Hal ini adalah sebuah kenaikan posisi dalam kantor yang dapat memberikan kenaikan gaji yang signifikan. Orang yang seperti ini umumnya harus memiliki ambisi dan keinginan untuk memiliki lebih dan juga ingin memberikan kontribusi yang baik untuk perusahaan (meskipun ada juga yang dengan cara menjilat, tapi semua akan terbukti pada waktunya). Pastinya kenaikan jabatan dan pendapatan ini juga diiringi dengan workload (beban kerja), tanggung jawab dan resiko. Umumnya hal yang akan terkorbankan adalah waktu dan mentalitas.
Contoh saja, sebagai karyawan anda diwajibkan kerja 7-8 jam per hari (kecuali ada yang harus dilemburkan), kerjaan selesai tinggal lapor atasan, tunggu instruksi selanjutnya. Tapi jika anda menjadi atasan, anda akan mendapatkan tanggung jawab untuk memerikan instruksi kepada bawahan, memastikan kerjaan mereka beres dan selesai, memastikan setiap laporan dapat diterima atasan anda dan memastikan bahwa bawahan anda dapat nyaman kerja dibawah naungan anda.. belum lagi komando dan politik kantor yang akan menerpa anda ketika posisi semakin tinggi, karena semakin tinggi anda berada, maka semakin banyak bawahan yang juga akan mengincar posisi anda dan bahkan tidak sedikit yang orang di level yang sama mengincar posisi departemen anda. Hal tersebutlah yang akan lebih banyak mengkonsumsi waktu, tenaga dan pikiran anda.
PINDAH TEMPAT KERJA
Hal seperti ini adalah sebuah hal yang umum dilakukan karyawan, umumnya mereka selalu mencari sesuatu yang lebih baik dari kantor dimana dia berada saat itu. Ada yang mencari gaji lebih tinggi, kesempatan dan posisi yang lebih tinggi, perusahaan yang lebih stabil, etos kerja yang lebih nyaman, workload yang lebih santai, bahkan tidak sedikit juga yang merasa kantornya kurang menantang. Namun dimanapun anda bekerja, sebenarnya disanalah tantangan anda berada, apa yang dapat anda lakukan untuk dapat mengembangkan departemen anda, untuk dapat memajukan perusahaan tempat anda bekerja dan membangun lingkungan dan kebiasaan kerja yang positif di lingkungan anda. Namun jika anda hanya mencari sesuatu untuk memenuhi keingingan pribadi, maka anda akan berulang kali berhadapan dengan masalah yang sama.
Jadi, di posisi manakan anda saat ini? dan langkah apa yang akan anda lakukan untuk itu?
----------------------------------------------------
Sekian sharing dari saya.. mudah-mudahan berkenan dan dapat memberikan sedikit inspirasi dan refleksi untuk menjadikan hidup kita lebih baik.
Sumber ide: diri sendiri dan keluhan orang-orang di sekitar saya..
Saat ini ane pingin sedikit berdiskusi dan membagi ilmu dalam pilihan di dunia kerja.
Sebagai seorang yang sudah lama bekerja dan dalam status karyawan, sudah pasti kita akan memiliki keinginan untuk mendapatkan lebih dan memiliki jabatan yang lebih tinggi di tempat kita kerja. Namun terdapat banyak sekali resiko yang umumnya tidak terlihat dan tambahan tanggung jawab dalam sebuah promosi yang akan kita terima, seperti apakah itu?
KENAIKAN GAJI
Hal ini adalah hal yang paling umum yang akan kita dapatkan, biasanya kenaikan gaji akan kita dapatkan setiap tahun. Namun, persentase kenaikan gaji tidak akan pernah sebanding dengan persentasi inflasi yang terjadi setiap saat. Untuk orang-orang yang umumnya lebih suka duduk diam di zona nyaman, tidak ada keinginan/ambisi untuk meraih peningkatan yang signifikan, biasanya hanya akan tetap di situ selama apapun dan hanya akan mengharapkan dana pensiun di masa tua.
Biasanya orang seperti ini adalah tipe orang loyal yang bisa bekerja 10 - 30 tahun di kantor yang sama. Tapi pada akhirnya, posisinya tidak akan terlalu jauh dari titik awalnya dan akan tertinggal dengan orang lain.
PROMOSI JABATAN
Hal ini adalah sebuah kenaikan posisi dalam kantor yang dapat memberikan kenaikan gaji yang signifikan. Orang yang seperti ini umumnya harus memiliki ambisi dan keinginan untuk memiliki lebih dan juga ingin memberikan kontribusi yang baik untuk perusahaan (meskipun ada juga yang dengan cara menjilat, tapi semua akan terbukti pada waktunya). Pastinya kenaikan jabatan dan pendapatan ini juga diiringi dengan workload (beban kerja), tanggung jawab dan resiko. Umumnya hal yang akan terkorbankan adalah waktu dan mentalitas.
Contoh saja, sebagai karyawan anda diwajibkan kerja 7-8 jam per hari (kecuali ada yang harus dilemburkan), kerjaan selesai tinggal lapor atasan, tunggu instruksi selanjutnya. Tapi jika anda menjadi atasan, anda akan mendapatkan tanggung jawab untuk memerikan instruksi kepada bawahan, memastikan kerjaan mereka beres dan selesai, memastikan setiap laporan dapat diterima atasan anda dan memastikan bahwa bawahan anda dapat nyaman kerja dibawah naungan anda.. belum lagi komando dan politik kantor yang akan menerpa anda ketika posisi semakin tinggi, karena semakin tinggi anda berada, maka semakin banyak bawahan yang juga akan mengincar posisi anda dan bahkan tidak sedikit yang orang di level yang sama mengincar posisi departemen anda. Hal tersebutlah yang akan lebih banyak mengkonsumsi waktu, tenaga dan pikiran anda.
PINDAH TEMPAT KERJA
Hal seperti ini adalah sebuah hal yang umum dilakukan karyawan, umumnya mereka selalu mencari sesuatu yang lebih baik dari kantor dimana dia berada saat itu. Ada yang mencari gaji lebih tinggi, kesempatan dan posisi yang lebih tinggi, perusahaan yang lebih stabil, etos kerja yang lebih nyaman, workload yang lebih santai, bahkan tidak sedikit juga yang merasa kantornya kurang menantang. Namun dimanapun anda bekerja, sebenarnya disanalah tantangan anda berada, apa yang dapat anda lakukan untuk dapat mengembangkan departemen anda, untuk dapat memajukan perusahaan tempat anda bekerja dan membangun lingkungan dan kebiasaan kerja yang positif di lingkungan anda. Namun jika anda hanya mencari sesuatu untuk memenuhi keingingan pribadi, maka anda akan berulang kali berhadapan dengan masalah yang sama.
Jadi, di posisi manakan anda saat ini? dan langkah apa yang akan anda lakukan untuk itu?
----------------------------------------------------
Sekian sharing dari saya.. mudah-mudahan berkenan dan dapat memberikan sedikit inspirasi dan refleksi untuk menjadikan hidup kita lebih baik.
Sumber ide: diri sendiri dan keluhan orang-orang di sekitar saya..
0
479
0


Komentar yang asik ya


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan