- Beranda
- Komunitas
- News
- Sains & Teknologi
Sudut Pandang Konsumen terhadap Digital Marketing 360


TS
zamisyakoby
Sudut Pandang Konsumen terhadap Digital Marketing 360
Masih bingung dengan perkembangan Digital Marketing?🤔 Ditambah lagi trend Indonesia yang sering berubah.
Nah, berikut cara memahami perkembangan Digital Marketing di Indonesia Tahun 2022🤩Â
Dalam memberikan pengalaman yang dipersonalisasi sesuai konten yang relevan, pemasar perlu memiliki pemahaman tentang kebutuhan dan perilaku konsumen. Satu titik data, seperti promosi yang masuk, tidak akan terpotong. Personalisasi memerlukan data keterlibatan yang kuat yang memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti tentang siapa pelanggan dan apa yang mereka minati. Sebutan itu dalam pemasar sering digunakan sebagai memiliki pandangan 360 derajat tentang konsumen, yang berarti mereka dapat melihat dan bertindak berdasarkan seluruh riwayat pelanggan interaksi dengan brand Anda baik dulu dan sekarang.
Saat sebuah tim berusaha untuk mencapai pandangan konsumen 360 derajat ini, penting untuk memahami makna sebenarnya, manfaat yang dapat Anda harapkan saat melihat hubungan konsumen dari semua sudut, dan cara mengumpulkan data untuk mengompilasi 360 derajat itu.
Banyak cara perusahaan dapat mempelajari tentang target konsumennya, termasuk mengumpulkan data eksplisit dari formulir, melacak kunjungan dan pembelian situs web, atau mengumpulkan data tidak terstruktur, seperti informasi kontekstual dari media sosial. Meskipun ada berbagai cara untuk menunjukkan gambaran lengkap tentang konsumen, hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah kebutuhan untuk menggabungkan data ini di lokasi yang terpusat. Semakin banyak data yang dimiliki di satu tempat, semakin mudah untuk memahami perilaku setiap individu konsumen dan memberikan personalisasi untuk memenuhi kebutuhan spesifik mereka.
Dari gambaran di atas terkait informasi konsumen yang ada, tahapan selanjutnya adalah memastikannya dapat diakses oleh semua divisi terkait di seluruh perusahaan. Dengan cara ini, siapa pun yang berinteraksi dengan konsumen akan memahami apa yang sudah terjadi dan bagaimana perasaan konsumen tentang situasi saat ini. Dengan berbagi data dan wawasan konsumen ke berbagai divisi pada perusahaan, memungkinkan respons yang lebih cepat dan layanan pelanggan yang lebih baik.
Manfaat dari Tampilan Konsumen 360 Derajat

Tidak diragukan lagi saat melihat konsumen dari semua sudut sangat membantu dalam menyusun strategi pemasaran. Perlu diingat untuk melihat nilai yang dihasilkan oleh tampilan 360 derajat ini dari perspektif bisnis. Apa nilai bagi tim Anda untuk meningkatkan efisiensi, menurunkan biaya, dan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang tren pelanggan? Coba kita lihat lebih dekat terkait manfaat bisnis potensial, ketika Anda menjalankan strategi 360 derajat dengan baik:
Efisiensi operasional: Berikan pemasaran, penjualan, dan dukungan konsumen pada akses ke pandangan 360 derajat yang sama dari konsumen, dan perusahaan dapat menanggapi pertanyaan dan menyelesaikan masalah dengan lebih cepat, tanpa meminta pelanggan untuk mengulangi informasi yang telah mereka berikan melalui saluran lain. Efisiensi omnichannel semacam ini mengarah pada peningkatan kepuasan konsumen dan pengurangan churn ( kehilangan konsumen).
Keterlibatan dan loyalitas brand yang lebih tinggi: Tampilan konsumen 360 derajat membantu Anda membuat penawaran yang tepat dan tepat atau menyajikan konten yang tepat pada waktu yang tepat, sehingga Anda dapat menyenangkan konsumen dengan pengalaman yang dipersonalisasi yang akan mereka ingat untuk waktu yang sangat lama. Tunjukkan seberapa baik Anda mengenal setiap individu (tentu saja tanpa menjadi menyeramkan), dan mereka akan memberikan reward kepada Anda karena lebih sering terlibat.
Analisis prediktif: Dengan pandangan lengkap tentang konsumen, Anda dapat mengantisipasi permintaan dengan lebih baik sehingga mendorong peluang untuk melakukan upsell dan cross-sell, dan meningkatkan nilai seumur hidup dari hubungan tersebut. Oleh karena itu, tujuannya adalah untuk memberikan pengalaman terbaik bagi semua konsumen Anda.
Cara Mencapai Pandangan Konsumen 360 Derajat

Setelah Anda mengidentifikasi pandangan konsumen 360 derajat sebagai prioritas utama Anda, Anda harus mempertimbangkan teknologi dan faktor bisnis yang membuat eksekusi berhasil. Mari kita lihat bagian teknologinya terlebih dahulu.
Misinya adalah mengumpulkan semua data yang tersedia – terstruktur dan tidak terstruktur, terkini dan historis – di lokasi pusat dan kemudian membuat proses untuk menangkap, menganalisis, dan merespons secara real time melalui berbagai saluran komunikasi. Penting untuk melapisi data tidak terstruktur atau kontekstual yang diambil dari saluran sosial, suara, dan digital untuk mendapatkan gambaran lengkap tentang situasi tersebut. Lebih mudah diucapkan daripada dilakukan?
Platform pengalaman pelanggan yang kuat yang menggabungkan data pelanggan, analitik, dan kemampuan otomatisasi pemasaran adalah cara yang efisien untuk memenuhi tuntutan teknologi dari strategi 360 derajat Anda. Dalam pengalaman kami, alternatif untuk menghubungkan banyak solusi titik yang berbeda menambah waktu dan biaya yang signifikan untuk upaya tersebut.
Barend Emmerzaal, Sitecore MVP dan Konsultan Bisnis di Macaw menjelaskan, “Meskipun alat individual mungkin tampak seperti opsi yang bagus, alat tersebut mempersulit untuk mendapatkan pandangan 360 derajat dari pelanggan dan strategi yang benar-benar berbasis data. Anda berakhir dengan beberapa sumber data yang sulit untuk digabungkan dan perlu waktu untuk terhubung ke semua sumber Anda yang lain, dengan asumsi itu bahkan mungkin.”
Pendekatan apa pun yang akan Anda pilih, perlu diperhatikan untuk memberdayakan tim Anda dengan solusi kolaboratif, fleksibel, dan tangkas. Setelah Anda menyelesaikan pendekatan Anda terhadap teknologi, inilah saatnya untuk memulai bisnis, dan itu membutuhkan pertimbangan orang sebagai bagian dari persamaan. Lihat seri dua bagian tentang pengorganisasian pengalaman digital dari konsultan pemasaran SBOS Elain Bair:
Bagian 1: Menyelaraskan peran pemasaran digital dengan kedewasaan digital Anda
Bagian 2: Mengembangkan organisasi pengalaman digital Anda
Contoh Membuat Tampilan Konsumen 360 Derajat

Banyak perusahaan di komunitas Sitecore yang telah berhasil menjalankan strategi Pelanggan mereka. Misalnya, Open Universities Australia bekerja sama dengan mitra konsultan Avanade untuk membangun platform Sitecore yang memungkinkan interaksi yang lebih sederhana dan lancar dengan mitra universitas dan mahasiswa sambil juga menciptakan tampilan 360 derajat dari basis mahasiswa.
Selain itu, Bluegreen Vacations membangun kembali kehadiran onlinenya untuk meningkatkan elemen transaksional dalam membeli properti timeshare, dan juga untuk menyajikan konten khusus dan rekomendasi liburan kepada setiap individu. Ini secara dramatis mengurangi jam pusat panggilan, menghemat $3 juta yang diantisipasi setahun. Sekarang, pelanggan yang memilih untuk menelepon dilayani oleh agen dengan pandangan 360 derajat dari perjalanan mereka di seluruh saluran seluler, desktop, dan pusat panggilan. Di antara saluran online dan pusat panggilan yang ditingkatkan, Bluegreen memproyeksikan peningkatan pendapatan sebesar $10 juta terkait dengan peningkatan penjualan, pemesanan malam tambahan, masa inap resor, dan tingkat aktivasi yang ditingkatkan.
Ketika pemasar memiliki pandangan tentang 360 derajat tentang pelanggan mereka, mereka dapat memberikan pengalaman yang benar-benar dipersonalisasi yang mendorong pendapatan dan memperkuat loyalitas pelanggan. Semuanya bermuara pada mengetahui apa yang terjadi di masa lalu, apa poin rasa sakit dan motivasi yang dirasakan pelanggan sekarang, dan ke mana Anda ingin hubungan itu pergi di masa depan.
Bagi banyak tim, yang baru memulai proyek 360 derajat dapat membuka pintu menuju transformasi digital penuh.” Keseimbangan antara pesan dan media: Anda menginginkan pesan menyeluruh yang dapat disampaikan kepada konsumen dari setiap media yang dipilih dengan cermat.
Sudut Pandang Konsumen terhadap Digital Marketing 360
Nah, berikut cara memahami perkembangan Digital Marketing di Indonesia Tahun 2022🤩Â
Dalam memberikan pengalaman yang dipersonalisasi sesuai konten yang relevan, pemasar perlu memiliki pemahaman tentang kebutuhan dan perilaku konsumen. Satu titik data, seperti promosi yang masuk, tidak akan terpotong. Personalisasi memerlukan data keterlibatan yang kuat yang memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti tentang siapa pelanggan dan apa yang mereka minati. Sebutan itu dalam pemasar sering digunakan sebagai memiliki pandangan 360 derajat tentang konsumen, yang berarti mereka dapat melihat dan bertindak berdasarkan seluruh riwayat pelanggan interaksi dengan brand Anda baik dulu dan sekarang.
Saat sebuah tim berusaha untuk mencapai pandangan konsumen 360 derajat ini, penting untuk memahami makna sebenarnya, manfaat yang dapat Anda harapkan saat melihat hubungan konsumen dari semua sudut, dan cara mengumpulkan data untuk mengompilasi 360 derajat itu.
Banyak cara perusahaan dapat mempelajari tentang target konsumennya, termasuk mengumpulkan data eksplisit dari formulir, melacak kunjungan dan pembelian situs web, atau mengumpulkan data tidak terstruktur, seperti informasi kontekstual dari media sosial. Meskipun ada berbagai cara untuk menunjukkan gambaran lengkap tentang konsumen, hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah kebutuhan untuk menggabungkan data ini di lokasi yang terpusat. Semakin banyak data yang dimiliki di satu tempat, semakin mudah untuk memahami perilaku setiap individu konsumen dan memberikan personalisasi untuk memenuhi kebutuhan spesifik mereka.
Dari gambaran di atas terkait informasi konsumen yang ada, tahapan selanjutnya adalah memastikannya dapat diakses oleh semua divisi terkait di seluruh perusahaan. Dengan cara ini, siapa pun yang berinteraksi dengan konsumen akan memahami apa yang sudah terjadi dan bagaimana perasaan konsumen tentang situasi saat ini. Dengan berbagi data dan wawasan konsumen ke berbagai divisi pada perusahaan, memungkinkan respons yang lebih cepat dan layanan pelanggan yang lebih baik.
Manfaat dari Tampilan Konsumen 360 Derajat

Tidak diragukan lagi saat melihat konsumen dari semua sudut sangat membantu dalam menyusun strategi pemasaran. Perlu diingat untuk melihat nilai yang dihasilkan oleh tampilan 360 derajat ini dari perspektif bisnis. Apa nilai bagi tim Anda untuk meningkatkan efisiensi, menurunkan biaya, dan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang tren pelanggan? Coba kita lihat lebih dekat terkait manfaat bisnis potensial, ketika Anda menjalankan strategi 360 derajat dengan baik:
Efisiensi operasional: Berikan pemasaran, penjualan, dan dukungan konsumen pada akses ke pandangan 360 derajat yang sama dari konsumen, dan perusahaan dapat menanggapi pertanyaan dan menyelesaikan masalah dengan lebih cepat, tanpa meminta pelanggan untuk mengulangi informasi yang telah mereka berikan melalui saluran lain. Efisiensi omnichannel semacam ini mengarah pada peningkatan kepuasan konsumen dan pengurangan churn ( kehilangan konsumen).
Keterlibatan dan loyalitas brand yang lebih tinggi: Tampilan konsumen 360 derajat membantu Anda membuat penawaran yang tepat dan tepat atau menyajikan konten yang tepat pada waktu yang tepat, sehingga Anda dapat menyenangkan konsumen dengan pengalaman yang dipersonalisasi yang akan mereka ingat untuk waktu yang sangat lama. Tunjukkan seberapa baik Anda mengenal setiap individu (tentu saja tanpa menjadi menyeramkan), dan mereka akan memberikan reward kepada Anda karena lebih sering terlibat.
Analisis prediktif: Dengan pandangan lengkap tentang konsumen, Anda dapat mengantisipasi permintaan dengan lebih baik sehingga mendorong peluang untuk melakukan upsell dan cross-sell, dan meningkatkan nilai seumur hidup dari hubungan tersebut. Oleh karena itu, tujuannya adalah untuk memberikan pengalaman terbaik bagi semua konsumen Anda.
Cara Mencapai Pandangan Konsumen 360 Derajat

Setelah Anda mengidentifikasi pandangan konsumen 360 derajat sebagai prioritas utama Anda, Anda harus mempertimbangkan teknologi dan faktor bisnis yang membuat eksekusi berhasil. Mari kita lihat bagian teknologinya terlebih dahulu.
Misinya adalah mengumpulkan semua data yang tersedia – terstruktur dan tidak terstruktur, terkini dan historis – di lokasi pusat dan kemudian membuat proses untuk menangkap, menganalisis, dan merespons secara real time melalui berbagai saluran komunikasi. Penting untuk melapisi data tidak terstruktur atau kontekstual yang diambil dari saluran sosial, suara, dan digital untuk mendapatkan gambaran lengkap tentang situasi tersebut. Lebih mudah diucapkan daripada dilakukan?
Platform pengalaman pelanggan yang kuat yang menggabungkan data pelanggan, analitik, dan kemampuan otomatisasi pemasaran adalah cara yang efisien untuk memenuhi tuntutan teknologi dari strategi 360 derajat Anda. Dalam pengalaman kami, alternatif untuk menghubungkan banyak solusi titik yang berbeda menambah waktu dan biaya yang signifikan untuk upaya tersebut.
Barend Emmerzaal, Sitecore MVP dan Konsultan Bisnis di Macaw menjelaskan, “Meskipun alat individual mungkin tampak seperti opsi yang bagus, alat tersebut mempersulit untuk mendapatkan pandangan 360 derajat dari pelanggan dan strategi yang benar-benar berbasis data. Anda berakhir dengan beberapa sumber data yang sulit untuk digabungkan dan perlu waktu untuk terhubung ke semua sumber Anda yang lain, dengan asumsi itu bahkan mungkin.”
Pendekatan apa pun yang akan Anda pilih, perlu diperhatikan untuk memberdayakan tim Anda dengan solusi kolaboratif, fleksibel, dan tangkas. Setelah Anda menyelesaikan pendekatan Anda terhadap teknologi, inilah saatnya untuk memulai bisnis, dan itu membutuhkan pertimbangan orang sebagai bagian dari persamaan. Lihat seri dua bagian tentang pengorganisasian pengalaman digital dari konsultan pemasaran SBOS Elain Bair:
Bagian 1: Menyelaraskan peran pemasaran digital dengan kedewasaan digital Anda
Bagian 2: Mengembangkan organisasi pengalaman digital Anda
Contoh Membuat Tampilan Konsumen 360 Derajat

Banyak perusahaan di komunitas Sitecore yang telah berhasil menjalankan strategi Pelanggan mereka. Misalnya, Open Universities Australia bekerja sama dengan mitra konsultan Avanade untuk membangun platform Sitecore yang memungkinkan interaksi yang lebih sederhana dan lancar dengan mitra universitas dan mahasiswa sambil juga menciptakan tampilan 360 derajat dari basis mahasiswa.
Selain itu, Bluegreen Vacations membangun kembali kehadiran onlinenya untuk meningkatkan elemen transaksional dalam membeli properti timeshare, dan juga untuk menyajikan konten khusus dan rekomendasi liburan kepada setiap individu. Ini secara dramatis mengurangi jam pusat panggilan, menghemat $3 juta yang diantisipasi setahun. Sekarang, pelanggan yang memilih untuk menelepon dilayani oleh agen dengan pandangan 360 derajat dari perjalanan mereka di seluruh saluran seluler, desktop, dan pusat panggilan. Di antara saluran online dan pusat panggilan yang ditingkatkan, Bluegreen memproyeksikan peningkatan pendapatan sebesar $10 juta terkait dengan peningkatan penjualan, pemesanan malam tambahan, masa inap resor, dan tingkat aktivasi yang ditingkatkan.
Ketika pemasar memiliki pandangan tentang 360 derajat tentang pelanggan mereka, mereka dapat memberikan pengalaman yang benar-benar dipersonalisasi yang mendorong pendapatan dan memperkuat loyalitas pelanggan. Semuanya bermuara pada mengetahui apa yang terjadi di masa lalu, apa poin rasa sakit dan motivasi yang dirasakan pelanggan sekarang, dan ke mana Anda ingin hubungan itu pergi di masa depan.
Bagi banyak tim, yang baru memulai proyek 360 derajat dapat membuka pintu menuju transformasi digital penuh.” Keseimbangan antara pesan dan media: Anda menginginkan pesan menyeluruh yang dapat disampaikan kepada konsumen dari setiap media yang dipilih dengan cermat.
Sudut Pandang Konsumen terhadap Digital Marketing 360
0
233
0


Komentar yang asik ya


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan