KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Waspada Keracunan AC Mobil Saat Berkendara, Lakukan Cara Ini Sebagai Pencegahan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62c4cb4c27f21b1764691e3a/waspada-keracunan-ac-mobil-saat-berkendara-lakukan-cara-ini-sebagai-pencegahan

Waspada Keracunan AC Mobil Saat Berkendara, Lakukan Cara Ini Sebagai Pencegahan

Waspada Keracunan AC Mobil Saat Berkendara, Lakukan Cara Ini Sebagai Pencegahan
Satu keluarga keracunan AC mobil saat berkendara di Tol Pekanbaru-Dumai, wajib waspada dan jadikan ini sebagai pelajaran bersama


Publik tengah dihebohkan dengan beredarnya sebuah video berdurasi 5 menit 5 detik yang memperlihatkan satu keluarga keracunan Air Conditioner (AC) mobil saat berada di Tol Pekanbaru-Dumai pada hari Minggu, 3 Juli 2022 lalu.

Dalam video yang beredar, terlihat 4 orang tengah mengalami lemas di luar mobil saat berada di Tol Pekanbaru-Dumai tepatnya di kilometer 40 sebelum akhirnya diketahui oleh petugas Patroli Jalan Raya atau PJR Tol Permai.

Menurut penjelasan dari penumpang mobil mereka mengalami keracunan AC mobil, sampai akhirnya supir memutuskan untuk menepi dan keluar dari dalam kendaraan.

Saat mobil yang dikendarai oleh para korban dicek petugas, memang benar ditemukan adanya kerusakan pada bagian AC. Bau menyengat masih tersisa di dalam mobil yang diduga kuat adalah menjadi penyebab para penumpang mengalami keracunan.

Sebagai tindakan, team PJR membawa para korban ke klinik terdekat untuk mendapatkan pertolongan. Beruntung kejadian tersebut tidak merenggut korban jiwa karena supir segera menyelamatkan diri dengan menepi dan keluar dari dalam kendaraan.


Waspada Keracunan AC Mobil Saat Berkendara, Lakukan Cara Ini Sebagai Pencegahan


Kejadian penumpang keracunan AC mobil ini bukan menjadi sebuah kasus dan kejadian yang baru dan pertama kali terjadi GanSis. Sudah beberapa kali diberitakan kejadian serupa yang bahkan sampai memakan korban jiwa.

Tidak dapat disepelekan, AC mobil yang berfungsi untuk mendinginkan suhu di dalam kendaraan ternyata bisa berbahaya jika mengalami gangguan atau salah dalam penggunaannya.

Adapun penyebab kenapa AC mobil dapat mengakibatkan keracunan ternyata ada beberapa alasannya GanSis, mulai dari keadaan AC yang sudah tidak layak, tidak pernah dicek kebersihan dan fungsinya, atau juga bisa karena salah dalam penggunaan semisal menghentikan mobil dengan tetap menghidupkan mesin dan AC nya.

Penumpang kendaraan mengalami keracunan karena biasanya ada gas CO atau Carbon Monoksida yang merupakan dari hasil pembakaran mesin mobil.

Banyaknya kejadian penumpang mobil ini tentu harus dijadikan sebagai pelajaran bagi kita semua GanSis. Jangan sampai kejadian serupa terjadi dan dialami oleh kita sendiri atau keluarga terdekat yang sedang dalam perjalanan dan mengendarai mobil.

Lalu apa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari keracunan AC mobil yang bisa kita lakukan?
Berikut ini beberapa caranya GanSis.


Waspada Keracunan AC Mobil Saat Berkendara, Lakukan Cara Ini Sebagai Pencegahan


1. Tidak Menghidupkan Mesin dan AC Saat Parkir

Masih banyak orang melakukan kesalahan ini GanSis, yaitu menghidupkan mesin dan menyalakan AC saat parkir dalam waktu yang lama.

Menghidupkan mesin dengan menyalakan AC dalam waktu lama bisa menyebabkan kebocoran gas buang yang masuk kedalam kabin mobil dan membuat orang yang ada di dalamnya keracunan.

2. Rutin Cek Kelayakan AC

Menurut beberapa informasi yang TS dapatkan, untuk menghindari keracunan AC mobil yaitu dengan cara rutin melakukan pengecekan kelayakan AC GanSis.

Kebocoran saluran pembuangan gas CO perlu dilakukan agar tidak ada kemungkinan gas bocor di dalam bagian mobil dan membuat orang yang ada di dalam mobil keracunan.

3. Menjaga Sirkulasi Udara

Sirkulasi udara di dalam mobil perlu untuk diperhatikan dengan cara sesekali membuka jendela kendaraan GanSis.

Mungkin Agan Sista sering merasa terganggu dengan angin luar yang masuk melalui jendela, tetapi perlu diketahui bahwa ternyata sesekali membuka jendela itu perlu untuk dilakukan agar sirkulasi udara terjaga dan jika ada gas CO di dalam mobil segera dapat ternetralisir.

4. Mengetahui Gejala Keracunan AC

Pusing dan mual saat berada di dalam mobil, bisa jadi itu adalah gejala keracunan AC GanSis. Segera buka kaca jendela mobil atau menepi untuk sejenak keluar agar Agan Sista tidak lebih jauh menghirup udara yang sudah terkontaminasi dengan gas karbon monoksida.

Itulah GanSis beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah keracunan AC mobil. Agan Sista harus waspada dalam berkendara karena keracunan AC dapat membahayakan keselamatan kalian.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai pelajaran bagi Agan Sista semua.


Waspada Keracunan AC Mobil Saat Berkendara, Lakukan Cara Ini Sebagai Pencegahan


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
profile-picture
garpupatah memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
emoticon-Cape d... hati-hati ya GanSis, awas keracunan
profile-picture
bang.toyip memberi reputasi
emoticon-Matabelo ngeri banget kalau sampai keracunan di dalam dan gak ada yang nolong
emoticon-Takut kemarin ada yang keracunan satu keluarga
Jd inget berita 4 sahabat mati keracunan di mobil gara2 no.1. Padahal lagi pergi berlibur.
profile-picture
jiresh memberi reputasi
Itu refrigerant nya kemungkinan bocor di evavorator ac nya,jadi gas freon nya masuk ke kabin
profile-picture
smallest memberi reputasi
Freon bocor ya bree, ya lumayan juga bikin sesak napas.
profile-picture
jiresh memberi reputasi
Quote:

emoticon-Matabelo nah kan, harus dipastikan AC kondisi normal gan

Quote:

emoticon-Matabelo iya gan, bisa jadi

Quote:

emoticon-Matabelo iya gan, ngeri banget
bener nih bahaya kalau parkir sambil nyala mesin dan AC nya
profile-picture
sherrifpedro memberi reputasi
Kl mobil baru kok ac bisa bocor?
Aneh jg gw kira nyalain ac waktu mobil berhenti aja yg bisa bikin keracunan
profile-picture
caerbannogrbbt memberi reputasi
Quote:

emoticon-Matabelo iya, apa lagi kalau lama

Quote:
emoticon-Matabelokalau mobil baru kemungkinan bukan AC bocor gan, ada alasan lain yang bisa bikin keracunan AC
profile-picture
VanBowie memberi reputasi
ngeri ya gan , mesti cek berkala itu sirkulasinyaa , dan jangan sampai stella jeruk nyusup masuk
profile-picture
bang.toyip memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sebenarnya yang paling bahaya bukan bocornya AC. Yg bahaya buangan gas monoksida dari gas buang yg masuk ke kabin bre. Tidak berbau, tiba tiba sesak napas trus wasalam kalo tidak segera sadar klo menghirup gas buang. Makanya bre jgn nyalakan mobil sama AC ( AC nyala artinya rpm mobil juga naik, gas buang tambah banyak) saat berhenti lama contohnya kecapekan trus berhenti tidur. Bahaya bre
profile-picture
caerbannogrbbt memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kalok berenti, buka kaca dikit.

kalo saya mudah2an ga keracunan AC, seringnya naik motor emoticon-Malu paling juga keracunan CO & timbal dari knalpot emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
jiresh memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Quote:

emoticon-Ngakak bikin mabuk ya gan

Quote:

emoticon-Matabelo iya gan, makanya kalau parkir mending matiin mesin

Quote:

emoticon-Matabelo iya gan
Ane masih sering nglakuin hal pake AC saat kondisi mobil berhenti tuh gan, habis gerah emoticon-Malu
profile-picture
jiresh memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mobil ane pasangin exhaust jadi aman kan
emoticon-Cool
profile-picture
caerbannogrbbt memberi reputasi
kl lg jaoan mblnya kq jrg kja
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:

emoticon-Matabelo hati-hati aja gan

Quote:

emoticon-Matabelo gak tau gan

Quote:

emoticon-Bingung ini nulis apaan sih ya
freon bocor, masuk ke kabin mobil. gw ga pernah ngalamin seperti itu jadi gatau apakah kalau freon itu bau atau enggak, kalau bau harusnya supir/penumpang sudah sadar ada yg ga beres dan bisa langsung menepi dan di cek
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ngidupin AC pas parkir terus nongkrong disitu selama 1 jam... mobil jenis ini begitu banyaknya di tempat parkir indoor outdoor... gw jg heran mungkin gak perduli sama bensin / tinggal rembes bensin yah kita gak tau ya.. tapi mobil gw selalu gw biasakan para penumpangnya kalo berenti / statis lebihj dari 5 menit pasti gw matiin mesin emoticon-Cool
lu kata minyak bumi kagak abis apa blok
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 1 dari 3


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di