KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kasus Penistaan Agama Marak, RUU Pelindungan Tokoh dan Simbol Agama Makin Diperlukan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62c4c9014ecf1d134d1f923f/kasus-penistaan-agama-marak-ruu-pelindungan-tokoh-dan-simbol-agama-makin-diperlukan

Kasus Penistaan Agama Marak, RUU Pelindungan Tokoh dan Simbol Agama Makin Diperlukan

Jakarta - Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PKS, Fahmy Alaydroes, menilai bahwa RUU Perlindungan Tokoh Agama dan Simbol Agama penting untuk segera disahkan di tengah maraknya kasus penistaan dan/atau penodaan agama di Indonesia.

Hal itu disampaikannya dalam acara PKS Legislative Corner yang mengangkat tema bertajuk “Holywings Hina Simbol Agama, Bagaimana Peran Negara Hentikan Penistaan?”, Jumat siang (01/07).

“Saya berharap, kasus Holywings ini menjadi pintu masuk bagi semua untuk menyadari dan memahami bahwa penistaan agama benar-benar harus disudahi di negeri kita," ungkap Fahmy.

Ia mengkhawatirkan apabila kasus penistaan agama ini tidak bisa dikendalikan melalui pendidikan dan penegakan hukum, maka berpotensi menjadi bara api dari sekam.

“Saat nabi/simbol agamanya dihina, umat Islam atau umat beragama lainnya bisa melakukan tindakan-tindakan yang berada di luar koridor hukum. Inilah yang perlu disadari oleh Pemerintah untuk tidak main-main dengan penistaan agama," ungkap Anggota DPR RI dari Dapil Jawa Barat V tersebut.

Menurutnya, salah satu langkah yang perlu dilakukan untuk tujuan itu ialah membentuk peraturan baru yang memuat ketentuan soal penistaan agama.

“Oleh sebab itu, Fraksi PKS sejak beberapa tahun lalu, sudah mengusulkan RUU tentang Pelindungan Tokoh Agama dan Simbol Agama. Karena apa? Karena begitu pentingnya masalah hukum dalam konteks penistaan agama ini, mengingat aturan hukum yang berlaku sekarang terindikasi merupakan pasal karet, tidak substantif, tidak menimbulkan efek jera. Maka perlu diperbaiki, direkonstruksi ulang, bahkan dibentuk satu RUU yang khusus mengenai penistaan agama ini," ujarnya.

Sayangnya, imbuh Fahmy, RUU ini masih belum berprogres secara signifikan di DPR.

“Saya dengar, belakangan pending lagi. PKS tentu akan berjuang agar RUU ini segera disahkan. Perlu dicatat bahwa RUU ini untuk semua agama, tidak hanya agama Islam saja, karena semua agama harus dihormati,” jelas Fahmy.

Ia pun optimis apabila RUU Pelindungan Tokoh Agama dan Simbol Agama disahkan, maka permasalahan lain yang menyangkut keharmonisan keberagamaan di Indonesia bisa terwujud.

“Kehadiran RUU ini bisa juga meniadakan apa yang sering dikhawatirkan oleh Pemerintah, seperti intoleransi, radikalisme, terorisme," pungkasnya.

https://www.mnctrijaya.com/news/deta...n-simbol-agama

Hanya melindungi mayoritas emoticon-Marah
profile-picture
yoseful memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Yaaaaa hewan sudah bersabda dr partai selangkangan. Perlindungan tokoh agama dan simbol agama hanya untuk mayoritas. Terus terang ngapa sih emoticon-Bata (S)
profile-picture
yoseful memberi reputasi
Alaaaahh PKShit emoticon-Tai

UU gini pengennya cepat, UU terorisme yang jelas biang keladi kelakuan intoleransi gak disah kan juga sampai sekarang.
profile-picture
yoseful memberi reputasi
“Saat nabi/simbol agamanya dihina, umat Islam atau umat beragama lainnya bisa melakukan tindakan-tindakan yang berada di luar koridor hukum. Inilah yang perlu disadari oleh Pemerintah untuk tidak main-main dengan penistaan agama," ungkap Anggota DPR RI dari Dapil Jawa Barat V tersebut.




Kalau masalah kelakuan ya benerin lah cyyynn secara internal

Bukan melegalkan dengan hukuman penjara



profile-picture
aloha.duarr memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kalo tokoh agama nya lurus bener kenapa harus minta perlindungan.???
Logika pkshit ini bener2 terbalik
profile-picture
yoseful memberi reputasi
Pekaes emoticon-Ngakak
profile-picture
samsol... memberi reputasi
Post ini telah dihapus
Sertifikasi ustad aja kaga mao, giliran yg beginian cepet deh emoticon-Wakaka
profile-picture
samsol... memberi reputasi
Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Gue mau tanya?
Sampai kapan non islam di indonesia sadar mereka sudah bolak-balik dibodohi oleh kaum fundamentalis dan negara yang tidak bisa berbuat apa-apa?

pemerintah yang tidak bisa menjamin hak dasar dari rakyatnya adalah negara gagal.

profile-picture
samsol... memberi reputasi
Lihat 22 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 22 balasan
Pencabulan di pesantren jauh lebih marak & lu diem?
profile-picture
aloha.duarr memberi reputasi
Yampun noh liat berita semua isinya pencabulan semua ampe begah emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
profile-picture
samsol... memberi reputasi
Mungkin maksudnya, RUU Perlindungan Tokoh dan Simbol Agama Islam.
Kalau agama lain ya.... gitu deh...Kalau melihat kasus seperti si somat anjing, bibij jijik dll, sepertinya ga tersentuh sama sekali dengan pasal karet ini
profile-picture
aloha.duarr memberi reputasi
PKS tolol.. emoticon-Malu (S)

Untuk kasus penistaan agama udah ada pasal penistaan agama d KUHP.. emoticon-Malu (S)

Trus apa hubungannya penistaan agama dg urgensi UU perlindungan ulama??.. Biar bebas cabul d pesantren ato maki/hina agama lain gitu??.. Tolol.. emoticon-Malu (S)



emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
samsol... memberi reputasi
Diubah oleh valkyr9
mari kita lindungi ulamak emoticon-Belgia

Kasus Penistaan Agama Marak, RUU Pelindungan Tokoh dan Simbol Agama Makin Diperlukan
profile-picture
samsol... memberi reputasi
PKS ingin RUU Perlindungan Tokoh Agama disahkan, berarti fix RUU itu salah
profile-picture
samsol... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
emang Tuhan ngga bisa melindungi agamanya apa?

kok sampai harus dibikin undang undang

mending kalian nyembah berhala nya raja Namrud aja

wong kelakuan kalian persis kaya raja Namrud waktu berhalanya di lecehkan sama Ibrahim

emoticon-Leh Uga
profile-picture
samsol... memberi reputasi
Sistem kasta tidak langsung emoticon-Busa
Mau niru iran ap ? emoticon-Hammer2

Mending sertifikasi ulama emoticon-Cool
profile-picture
samsol... memberi reputasi
Langsung inget rumus
emoticon-Cool
profile-picture
bukan.bomat memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
safi.....

next aja lah ....

__________emoticon-Ngacir
profile-picture
Nabi.ga.pede memberi reputasi
Ide nya pks ternyata emoticon-Ngakak kaga perlu lah nanti orang orang kek rizieq atau bahar makin kebal hukum aja


Tambah susah juga ngurus kasus pencabulan di pesantren emoticon-Ngakak
profile-picture
samsol... memberi reputasi
Kasus Penistaan Agama Marak, RUU Pelindungan Tokoh dan Simbol Agama Makin Diperlukan

Ternyata mereka lagi
profile-picture
samsol... memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di