KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
ACT Potong Donasi 13,7%, Peraturan Pemerintah Mengatur Maksimal 10%
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62c3d7770ba706003e7b7f50/act-potong-donasi-137-peraturan-pemerintah-mengatur-maksimal-10

ACT Potong Donasi 13,7%, Peraturan Pemerintah Mengatur Maksimal 10%

ACT Potong Donasi 13,7%, Peraturan Pemerintah Mengatur Maksimal 10%

Jakarta - Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengaku potongan donasi yang dikumpulkan yayasannya sebesar 13,7% saja. Menurut peraturan pemerintah, besaran maksimal pemotongan donasi lebih kecil ketimbang angka itu.

Dikutip dari situs Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), ada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 29 Tahun 1980 tentang Pelaksanaan Pengumpulan Sumbangan.

Berdasarkan PP ini, pembiayaan usaha pengumpulan sumbangan paling banyak 10% saja dari total donasi. Berikut ini pasalnya.

Pasal 6

(1) Pembiayaan usaha pengumpulan sumbangan sebanyak-banyaknya 10% (sepuluh persen) dari hasil pengumpulan sumbangan yang bersangkutan.

Sebelumnya, Presiden ACT Ibnu Khajar mengakui pihaknya mengambil 13,7% dari donasi yang terkumpul untuk biaya operasional gaji pegawai. Pemotongan dana untuk gaji dari donasi itu dilakukan sejak 2017 hingga 2021.

"Kami sampaikan bahwa kami rata-rata operasional untuk gaji karyawan atau pegawai di ACT dari 2017-2021 rata-rata yang kami ambil 13,7 persen. Kepatutannya gimana? Seberapa banyak kepatutan untuk lembaga mengambil untuk dana operasional?" ujar Ibnu dalam konferensi pers, Senin (4/7) kemarin.

Menurutnya, ini sah-sah saja. Apabila zakat, batas maksimalnya adalah 12,5% atau 1/8. Namun biaya yang dihimpun ACT bukan zakat, melainkan donasi di luar zakat. Besaran maksimal potongan zakat dijadikan patokan oleh ACT.

"Secara syariat (zakat) dibolehkan diambil 1/8 atau 12,5%. Sebenarnya patokan ini yang dijadikan sebagai patokan kami, karena secara umum tidak ada patokan khusus sebenarnya berapa yang boleh diambil untuk operasional lembaga," sambung dia.

https://news.detik.com/berita/d-6162...ur-maksimal-10

Ngambil 13.7 %.. Kalo kemarin kan ngelesnya bukan lembaga zakat.. Kalo sekarang kira2 ngelesnya apalagi hayoo?.. emoticon-Malu (S)

Ujung2nya pake kata sakti "Yang nyumbang ikhlas kok..".. emoticon-Malu (S)

Coba bayangin.. Awal 2021 d saat kondisi perekonomian Indonesia sedang terpuruk karena pandemi covid.. Bahkan pemerintah pun terpaksa mengeluarkan kebijakan untuk tidak menaikkan UMP buruh d 2021.. Eh ada lembaga pengepul dana amal yg malah naikin gaji presidennya.. emoticon-Malu (S)

ACT Potong Donasi 13,7%, Peraturan Pemerintah Mengatur Maksimal 10%

Coba d hitung angka selisih 3.7% itu jatuhnya berapa?.. emoticon-Malu (S)

ACT Potong Donasi 13,7%, Peraturan Pemerintah Mengatur Maksimal 10%



emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
Kkunyuk memberi reputasi
Diubah oleh valkyr9
Halaman 1 dari 2
TS ente kira gaji 250jt/bulan itu turun dari langi akhi?? emoticon-Marah
profile-picture
zhengweijian memberi reputasi
udah jamannya startup masih ada aja bisnis ngemis macam gini emoticon-Leh Uga
profile-picture
farhan.faf memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Angka kalau mainnya persenan kelihatannya kecil. 3.7% doang.

3.7 dari 10 itu berarti lebih dari sepertiganya yg ditilep. Apalagi kalau angka nyatanya di kisaran milyaran.
profile-picture
didududi memberi reputasi
Diubah oleh lupineprince
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
Zakat maksimum 12,5%, donasi non zakat maksimum 20%
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Post ini telah dihapus
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Petinggi ACT itu selain mendapatkan gaji yg tinggi juga bonus.

Jadi jika ada program sedekah geje yg sedang mereka kerjakan & program itu sukses dalam arti dpt duit yg banyak....petinggi ACT dpt bonus dari program tsb.

Belum lagi, di setiap Idul Adha...petinggi ACT mendapatkan bonus yang disebut

Bonus Idul Adha...enak kan? emoticon-Ngakak
Quote:
profile-picture
gomamon. memberi reputasi
Diubah oleh Mistaravim
Sukak sukak mereka lah mbong emoticon-Mad

Antum pikir yang mendambakan kemewahan cumak kalian doang? emoticon-Mad

































emoticon-Mad (S)
profile-picture
simsol... memberi reputasi
asik, ada bancakan lagi...

bye act...


emoticon-Leh Uga
profile-picture
simsol... memberi reputasi
13% kalau dihitungkan ratusan milyar ya sangat besar lah. Apalagi mmg niat ngambil gegara ikutin aturan pemerintah. Coba di spill dl emg saat sumbang ke ACT ada biaya admin apa tidak? Jika ada ya itu buat gaji karyawan. emoticon-Wakaka
profile-picture
simsol... memberi reputasi
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Ini dipantengin aja laporan keuangannya

ACT Potong Donasi 13,7%, Peraturan Pemerintah Mengatur Maksimal 10%

kira2 wajar gak biaya personalia, administrasi, keuangan, dan partnership bisa mencapai 100M+ dari donasi yang kisarannya 300M.

emoticon-Malu


ane gak mau komen banyak2
takut dibilang menista atau dibilang islamofobia

emoticon-Cool


sumbernya dari sini https://act.id/laporan_keuangan
biar gak dibilang hoax
profile-picture
kesrep memberi reputasi
Diubah oleh widya poetra
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 15 balasan
ACT Potong Donasi 13,7%, Peraturan Pemerintah Mengatur Maksimal 10%
profile-picture
gomamon. memberi reputasi
Aku Cuan Trilyunan

emoticon-Wakaka
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Yuk dibuka dengan pajak dulu emoticon-Angkat Beer
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Memuliakan tamu itu mahalllll, catat itu emoticon-Marah
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Setelah dikritik, mereka sekarang sudah hidup sederhana. Naik Innova lama. Gajinya tetep.
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Ambil sisi positifnya,setidaknya potongan itu gak di bikin ponpes emoticon-army
profile-picture
gomamon. memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Duit ummat
profile-picture
valkyr9 memberi reputasi
kenain aja ini. bagus.
profile-picture
valkyr9 memberi reputasi
Subonnolloh ya alloh, mangkenye kalo masih susah dan butuh duit buat dapur ngebul atw ga punya kerjaan tetap, ga usah sok2 bikin lembaga donasi, kecuali antum udah kelas pengusaha konglomerat besar, mau bikin Yayasan Sosial silahkan, duit operasional dan gaji antum kelola pake duit antum sendiri, jadi duit donasi yg masuk murni disalurkan ga antum potong2, kerja sosial kok dapat gaji ampe kebeli rumah, mobil dan rekeningnya gendut sendiri emoticon-EEK!

Astarajim,

Subonnolloh, ngumpulin duit sumbangan 300 milyar, 100 milyar dipotong buat ongkir dan ongkos Packing ya akhi emoticon-Nyepi

ACT Potong Donasi 13,7%, Peraturan Pemerintah Mengatur Maksimal 10%
ACT Potong Donasi 13,7%, Peraturan Pemerintah Mengatur Maksimal 10%

Dari mana duitnya ACT Potong Donasi 13,7%, Peraturan Pemerintah Mengatur Maksimal 10%

ACT Potong Donasi 13,7%, Peraturan Pemerintah Mengatur Maksimal 10%
profile-picture
gomamon. memberi reputasi
Diubah oleh zhengweijian
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kalo nerima 500 milyar, 68.5 milyar buat ACTemoticon-Belo.

Ucup Mancur kagak kepengen nih bikin model ACT?
profile-picture
valkyr9 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di