KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Hobby / ... / UX KASKUS /
Belajar membuat product yang dicintai user dengan "10 Usability Heuristics"
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62c2ccb231619808d669dd83/belajar-membuat-product-yang-dicintai-user-dengan-quot10-usability-heuristicsquot

Belajar membuat product yang dicintai user dengan "10 Usability Heuristics"

Belajar membuat product yang dicintai user dengan "10 Usability Heuristics"

Halo agan agan forum UX Kaskus semoga pada sehat yak.

ini thread pertama ane, maaf kalau berantakan.



yak kali ini ane mau share soal “10 Usability Heuristics yang mungkin bisa aja sangat berguna buat agan agan yang sedang bikin sebuah produk digital, dengan harapan product digital yang agan bangun ini dapat dicintai oleh user ketika nanti sudah go-live. 




Yuk langsung aja.



10 Usability Heuristics, ini dikenalkan sama Jakob Nielsen tahun 1994, sedikit info aja kalo Pak Jakob ini tu seorang HCI Consultant, dia punya firma UX Research & consulting bernama NN Group. Meskipun 10 Usability Heuristics ini dikenalin tahun 1994, tapi menurut ane masih sangat bisa diterapin dalam perancangan design product digital sampe sekarang.

Belajar membuat product yang dicintai user dengan "10 Usability Heuristics"



Nah 10 Usability Heuristic ini akan ane bahas masing masing per point nya.



1. Visibility of system status




Quote:



intinya adalah user itu "harus" diberi feedback atas apa yang sedang terjadi dari action yang dia lakukan. sebagai contoh, ketika user selesai melakukan submitdokumen / foto / text dll. maka pada saat proses sumbit, sistem baiknya memberikan feedback berupa prosesi submit yang berlangsung, dapat berupa loading atau bar proses.

Belajar membuat product yang dicintai user dengan "10 Usability Heuristics"



tapi tidak melulu dalam bentuk visual, bisa juga dalam bentuk suara seperti warning sound pada OS Windows ketika terjadi error.




2. Match between system and the real world




Quote:



saat merancang sebuah product digital, ada baiknya menggunakan hal hal (eg : icon / illustrasi / dll) yang familliar dengan user. sebagai contoh : penggunaan icon kotak sampah (recycle bin) pada sistem operasi berupa kontak sampah.

Belajar membuat product yang dicintai user dengan "10 Usability Heuristics"

hal ini tentunya sangat familiar dengan user, karena kotak sampah pada dunia nyata memang diperuntukkan untuk membuang sampah, sedangkan pada sistem operasi recycle bin ini digunakan untuk penambungan data data yang agan hapus. hal semikian akan membuat user lebih familiar.



3. User control and freedom




Quote:



agan harus memikirkan kemungkinan pengguna melakukan kesalahan atas fitur / produk digital yang agan design, dengan demikian agan juga harus memikirkan solusi dari kesalahan yang mungkin dilakukan oleh user dengan mudah. sebagai contoh pada aplikasi ws.word terdapat button undo dan redo.

Belajar membuat product yang dicintai user dengan "10 Usability Heuristics"

hal ini untuk memberikan kendali pada user atas hal hal yang mungkin saja terjadi diluar kontrol user seperti ketika ada yang tidak sengaja terhapus.




4. Consistency and standards




Quote:



nah ini nih penting juga menurut ane, yaitu konsistensi. konsistensi pada product digital yang agan bangun dapat berupa konsistensi penamaan fitur, penggunaan icon, penggunaan komponen, dan masih banyak lagi. Dengan nerapin konsistensi pada produk digital yang agan rancang, user tidak akan bingung ketika menjumpai sebuah komponen yang sama, karena keduanya mempunyai fungsi yang sama.


Belajar membuat product yang dicintai user dengan "10 Usability Heuristics"

contoh, penggunaan menu dan icon pada aplikasi ms world, excel dan power point.




5. Error prevention




Quote:



Dalam penggunaan sebuah product digital, user tentu tidak terlepas dari yang namanya error atau kesalahan. nah, maka dari itu, dalam merancang sebuah product digital agan agan harus memikirkan juga bagaimana cara untuk meminimalisir kesalahan user. 


Belajar membuat product yang dicintai user dengan "10 Usability Heuristics"

sebagai contoh, diberikan tombol konfirmasi ketika user ingin melakukan sebuah action penting seperti submit, delete, update, dll.



6. Recognition rather than recall


Quote:



Ane sebagai pengguna mempunyai kecenderungan "malas" untuk mengingat ingat. nah ternyata menurut teori 10 heuristiknya pak jakob ini memang pengguna itu harus dibuat sedemikian nyaman dengan mengurangi hal hal yang membuat pengguna harus recall memoryjauh kebelakang. Hal yang bisa digunakan untuk mengurangi recall memory adalah dengan memberikan option atau rekomendasi kepada user.


Belajar membuat product yang dicintai user dengan "10 Usability Heuristics"

contohnya ada pada google search, google akan memberikan rekomendasi rekomendasi yang memungkinkan dari keywordyang kita input pada kolom search.




7. Flexibility and efficiency of use

Quote:



Berikan jalan pintas yang bisa membuat user jadi cepat dalam mengakses sebuah fitur, jalan pintas ini bisa berupa icon, menu, kombinasi tombol (keyboard) seperti untuk melakukan Copy, banner pada halaman utama dan masih banyak lagi.


Belajar membuat product yang dicintai user dengan "10 Usability Heuristics"

sebagai contoh pada icon youtube di iphone ketika di long press akan memunculkan shortcut seperti search, subscribe dan create.

8. Aesthetic and minimalist design
Quote:



less is more, mungkin agan agan pernah baca kalimat tersebut. Dalam sebuah tampilan ada baiknya jika kita memfokuskan pada sesuatu hal yang penting dan membuang hal hal yang dirasa tidak penting ada halaman tersebut.

Belajar membuat product yang dicintai user dengan "10 Usability Heuristics"
Sebagai contoh, tampilan halaman utama google search yang memfokuskan user pada kolom pencarian, dan menghilangkan hal hal yang dirasa tidak penting.



9. Help users recognize, diagnose, and recover from errors


Quote:



Belajar membuat product yang dicintai user dengan "10 Usability Heuristics"


pernah gaksi agan agan nemuin error yang sulit dipahami kayak gambar diatas ini? isinya error code.  ane sebagai pengguna tentu akan bingung kalau tiba tiba muncul dialog error yang sulit dipahami. nah kalau agan agan lagi membangun sebuah product digital, perlu diperhatiin nih case untuk error yang mungkin terjadi, dan bagaimana menginformasikan ke usernya. error yang disampaikan ke user harus jelas dan mudah dipahami.




Belajar membuat product yang dicintai user dengan "10 Usability Heuristics"

contoh diatas merupakan salah satu contoh memberikan informasi yang jelas kepada user atas error atau kesalahan yang dialami user.


10. Help and documentation


Quote:



Berikan halaman atau fitur khusus dimana user dapat menemukan pusat bantuan yang dapat digunakan saat user mengalamai kesulitan. 

Belajar membuat product yang dicintai user dengan "10 Usability Heuristics"

------

Demikian sedikit rangkuman dari 10 Usability Heuristics, semoga dapat jadi wawasan bersama dan berguna buat kita dalam merancang product digital kedepannya, kalau agan agan ada saran atau tambahan boleh banget kita diskusi dikolom komentar.
profile-picture
profile-picture
FreeZo dan emineminna memberi reputasi
Pertamax ah.. mantap ni bahasannya emoticon-Toast
profile-picture
sedikitkurus memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
wah kok keren. sepertinya sudah jarangn ada thread sekeren ini di Kaskus.

emoticon-terimakasih
profile-picture
sedikitkurus memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Bagian UI/UX sama marketing nih
profile-picture
sedikitkurus memberi reputasi
profile-picture
sedikitkurus memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Jaman digital....semua menjadi mudah.....
profile-picture
sedikitkurus memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
Post ini telah dihapus
Post ini telah dihapus
Post ini telah dihapus


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di