KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Beberapa Syarat Penting yang Perlu Dimiliki sebelum Belajar Ilmu Kebatinan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62c294b69a1113057a4c9a55/beberapa-syarat-penting-yang-perlu-dimiliki-sebelum-belajar-ilmu-kebatinan

Beberapa Syarat Penting yang Perlu Dimiliki sebelum Belajar Ilmu Kebatinan

Resiko Belajar/Praktek Ilmu Kebatinan (Meditasi, Yoga, dsb).

TS masih ingat waktu masih kecil dan dengerin cerita bapak TS tentang ilmu kebatinan. Salah satu pesan bapak TS waktu itu, "Jangan coba-coba belajar ilmu kebatinan kalau belum cukup umur."

Kemudian dia menceritakan beberapa kejadian, di mana seseorang jadi gila setelah mencoba belajar ilmu kebatinan.

Lepas dari pengalaman TS pribadi, setelah TS banyak membaca, ternyata ucapan bapak TS itu ada benarnya. Bahkan sebenarnya bukan memandang dari segi usia, tetapi lebih pada faktor kedewasaan seseorang dan seberapa jauh dia menekuni apapun itu yang sedang dia tekuni.

Agak kontras dengan cara media populer menggambarkan praktek-praktek ilmu kebatinan seperti meditasi, yoga, dsb; yang lebih banyak menunjukkan sisi positifnya saja. Sebenarnya praktek-praktek seperti itu bukannya tidak memiliki resiko.

Tentu saja kalau dilakukan secukupnya, sebagai bagian dari rutinitas harian yang tidak terlalu mendalam, minim kemungkinannya, si praktisi bisa merasakan sisi negatif dari praktek-praktek tersebut. Apalagi di jaman sekarang ini, ketika praktek-praktek tersebut sudah banyak dikupas dari segi kesehatan dan minim sangkut pautnya dengan sisi kebatinannya.

Menurut TS, mungkin itu juga menjadi faktor yang mengurangi resiko negatif dari latihan tersebut.

Meskipun demikian, menurut TS tetap perlu diingat juga, bahwa resiko itu ada. Terutama bagi mereka yang memang sudah memiliki masalah mental, sebaiknya lebih berhati-hati ketika memutuskan untuk mencoba praktek kebatinan tertentu.

Bagi yang masih tertarik, maka menurut TS ada beberapa hal yang harus disiapkan/dipertimbangkan sebelum GanSists mau terjun ke dunia spiritual.


1. Sifat/Karakter Tatag.

Tatag, dalam artian bukan hanya tidak gampang takut, tapi juga tidak gampang gumun, tidak gampang terkagum-kagum pada sesuatu, tidak gampang euforia, dst.

Atau mungkin lebih tepatnya, punya keteguhan dalam berpikir dan merasa, tidak mudah terombang-ambing oleh fenomena yang terjadi di luar dirinya. Sudah mantap pada kebenaran yang diyakini.


2. Sifat sabar/ikhlas.

Membiasakan diri, dalam berproses itu untuk tidak menuntut hasil yang instan. Butuh kesabaran dan keikhlasan dalam menjalani sebuah laku. Tidak mengharapkan sesuatu yang lebih, daripada yang memang didapatkan dari laku itu sendiri.


3. Kemampuan untuk peka terhadap gejolak dan perubahan di dalam dirinya sendiri.

Sedikit kontras dengan tatag, karena kadang-kadang orang yang tatag hatinya itu tidak peka.

Masalahnya kalau tidak peka, bisa saja, terkadang terjadi perubahan dalam diri kita (yang negatif) tanpa kita menyadarinya. Kita baru tersadar, ketika perubahan itu sudah terlalu besar dan sulit untuk diperbaiki.

Jadi peka akan tetapi tidak kemudian saking pekanya jadi mudah takut pada apa yang terjadi.

Peka dan tatag, saling menyeimbangkan.


4. Skeptis.

Sifat skeptis itu biasanya dianggap bertolak belakang dengan sesuatu yang sifatnya spiritual. Cuma secara pribadi, TS berpendapat bahwa sikap skeptis itu ada perlunya juga dalam menjalani olah kebatinan.

Skeptis yang sehat, membuat seseorang tidak mudah terjatuh dalam "ilusi" atau "halusinasi".

Misalnya, contoh saja, sewaktu meditasi kemudian merasa merinding ketakutan. Orang yang tidak skeptis, mungkin dengan cepat menyimpulkan ada sesuatu yang "jahat" yang sedang menyerang dia.

Padahal kalau dia tatag dan tidak langsung mengambil kesimpulan, melainkan mengamati fenomena dan bagaimana proses "merinding" tadi timbul, bisa jadi hal itu terjadi karena kombinasi dari fisik yang : lapar (sedang puasa),  ngantuk, hawa udara yang dingin, dst. Sehingga muncul perasaan yang demikian. Sesuatu yang bisa dijelaskan secara sederhana secara ilmu pengetahuan yang sewajarnya, tanpa perlu dibumbui sesuatu yang mistis.


5. Pola hidup yang seimbang antara jasmani dan rohani, kehidupan sosial dan pribadi, dst.

Ini pendapat TS pribadi, bahwa untuk menjalani laku batin, itu sebaiknya orang yang sudah memiliki keseimbangan dalam hidupnya.

Meskipun mungkin dalam menjalani laku batin, seseorang butuh waktu untuk menyendiri, tetapi seorang yang penyendiri punya resiko lebih besar untuk "tersesat" saat menjalani sesuatu seperti ini.

Demikian juga orang yang mager, meskipun kebanyakan laku kebatinan itu menuntut seseorang untuk diam.

----------o---------

Mungkin ada masukan dari GanSists yang lain?







Sumber referensi



1. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/17848828/
2. https://www.northpointwashington.com...urvival-guide/
3. https://www.nami.org/Blogs/NAMI-Blog...gion-Spiritual
4. https://www.livescience.com/52197-re...lth-brain.html
profile-picture
T2Y memberi reputasi
Diubah oleh lonelylontong
Halaman 1 dari 3
Yang penting bisa praktek
Spoiler for Bahan praktek:
profile-picture
terserahsaja659 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
nopic = hoax gan

bantu pic gan lon


Beberapa Syarat Penting yang Perlu Dimiliki sebelum Belajar Ilmu Kebatinan



Beberapa Syarat Penting yang Perlu Dimiliki sebelum Belajar Ilmu Kebatinan


emoticon-Shakehand2
profile-picture
jakompank memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Kalau tidak siap dengan hal yang diuar nalar lebih baik kita belajar ilmu biasa saja gans. Daripada malah kena stress nantinya, yang pasti tidak mudah menguasainya
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Saran paling penting dari mendalami ilmu kebatinan dan sejenisnya yaitu adanya guru untuk keluh kesah dalam perjalananan mendalami ilmu tersebut.
profile-picture
johanbaikatos memberi reputasi
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 16 balasan
Ane dulu pernah nanya ke almarhum temen ane. Kenapa belajar sendiri bisa gila. Padahal yang dipelajari juga baik.

Jawabannya dari doi, karena belajar itu butuh guru. Guru gak hanya ngajarin doi, tapi juga membackup jika selama proses belajar ada gangguan dari luar. Belajar ilmu gini mengundang yang lain "menjajal" ilmu yang mereka miliki, iseng banget khan. Mereka yang gila rata rata ya gak kuat oleh perubahan mendadak. Almarhum yang dulu ada gurunya saja sempat dikatakan gila karena tiba tiba menjauhi dunia. Olah tubuhnya setahu ane pernafasan. Tp ane jujur saja gak belajar gan. Dan gak ngeri dunia gini juga
profile-picture
salvation101 memberi reputasi
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 14 balasan
Ijin nyimak
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Jaman sudah maju.. Masih aja main klenik...
profile-picture
bigbabyirl memberi reputasi
Lihat 20 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 20 balasan
Sungkem sama Suhu🙏
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Forsup masih lurus 5 gang lagi belok kanan
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Dulu tetangga ane juga ada yang belajar ilmu kebatinan, punya banyak jimat, tapi hidup ngeblangsak juga emoticon-Leh Uga

Akhirnya kesurupan sama pegangan dia, pernah di rukyah sama beberapa kyai, pas proses itu, pohon belakang rumah beliau goyang goyang kencang, padahal gak ada angin pas malam itu.

Pasca rukyah agak mendingan, tapi gak lama beberapa minggu kemudian kumat lagi.
Akhirnya gila, naik sutet sampai puncak, kesetrum, dan ajaibnya jatuh ketanah dari atas sutet gak meninggal, pingsan doang.
Meninggalnya malah beberapa hari di rumah sakit setelah dirawat dari luka gosong bekas kesetrum.

Dan sekarang malah sepupu ane yang sedang belajar kebatinan sama kyai, dan ane sering ingatkan dengan kejadian bapak - bapak yang ane ceritakan diatas, eh gak di gubris.
Semoga kejadian bapak bapak diatas gak menimpa sepupu ane.
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
ilmu kebatinan itu macem apaan sih? psikologi?
ape yg santet2an, nemu setan, inbego semacemnya?
emoticon-Wow
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Perlu mental yang kuat......
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Contoh ilmu kebatinan dlm alquran dikisahkan pada nabi sulaiman, yg bisa bicara sm binatang, semut harimau singa ular dll.. itu hanya perumpamaan saja, sebenarnya binatang itu adalah manusia, nabi melihatnya dr segi karakter,tabiat, atau sifat.. itu jg nabi banyak belajar dr bangunan2 yg dibangun sama jin.. karena sejatinya jin adalah makhluk yg cerdas dalam seni.. bergurulah kesemua makhluk ciptaanNya termasuk jin.. cuma kalau lo minta ilmu yg melenceng ke jin ya elo disesatin sm beliau... kalau minta ilmu yg baik ya dikasih yg baik.. gitchu cmiiw.. makanya jadi manusia sejati itu susah sejak jaman dahulu.. harus berbudi luhur seperti biksu yg vegetarian, gw sih blm mampu wkwk, gw msh berbentuk macan tutul yg ga tahan lihat wanita seksi, dewi Kwan im jg bisa2 gw terkam krn gw org nya nekat..
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Diubah oleh abadke8
{thread_title}
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kalo kata orang dulu itu "ngelmu itu harus ada guru, kalau gak ada nanti gurunya itu setan emoticon-Cool
profile-picture
black.robo memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Btw yoga itu termasuk ilmu kebathinan??
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Gak buat di sf supranatural aja gan ? Disana lebih pas sptnya..

Btw saya dulu2 aktif di forsup dan Forspiritual.. Bahkan pernah jsdi MC acara Gath Forsup Jakarta.. emoticon-Cool


Kebathinan itu sbnernya cuman istilah aja.. Akan banyak perspektif yg bakal ditemui ketika kita melakukan Olah Bathin..

Perihal risiko kurleb sudah dijabarkan sama TS.. Justru memang yang terpenting dalam Olah Bathin itu adanya di Hati dan Logika.. Umumnya orang2 berpendapat bahwa hal2 yg berkaitan dengan mistis itu berada di luar nalar.. Akan tetapi bagi mereka yg sudah mendalami justru Nalar dan Hati sangatlah diperlukan..

Kita ambilah contoh praktek Meditasi,Yoga dsb.. Biasanya akan ada sensasi yg berbeda2.. Mulai dari merinding,melihat penampakan,terasa sejuk/panas dan banyak lainnya.. Disitulah logika dan hati ente berperan penting, kalau belum apa2 ente sudah merasa Takut atau sebaliknya merasa Heboh dengan apa2 yg diLihat dirasa dsb.. Khawatirnya ente bisa salah jalan dan berisiko kepada kesehatan mental dan fisik..

Banyak kok kejadian orang ngelmu endingnya gila.. Bukan krna ilmunya, tapi karena Hati dan Pikiran dia yang tidak mamu mengontrol kesadaran dirinya sendiri..

Kalau test2an ilmu di Kaskus Forsup mah dulu itu udah biasa, bahkan hanya dengan nick kaskus udah bisa kena.. emoticon-Leh Uga


Saran saya, Jauhi hal2 yang berbau klenik.. Cukuplah kalian beragama dan menjalankan agama kalian masing2 dengan segala bentuk peribadatannya secara konsisten.. Karena dalam bidang apapun, keyakinan spiritual bisa menjadi benteng supaya kalian tidak tersesat (berbuat curang,melakukan pelanggaran asusila,korupsi dsb)..


Apalagi ya.. Oh iya, hal2 yg diluar nalar juga bakal banyak kalian temui dalam ranah kebathinan dsb.. Cukup diam dan perhatikan, lalu mengambil tindakan atas apapun yg mendatangi kita..


Salam Rahayu.. :indonesia
profile-picture
bawangpamungkas memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Skeptis, aja gumunan.

Banyak yg ngaku liat wujud ini itu, dpt wangsit lah. Kalo mudah gumunan pasti dianggap luar biasa.
Skeptis, Too good to be true is not true at all.


Oia, bakat dan talent juga perlu.
Ada yg belajar lama kesana kemari tp gak sukses.
Beda yg dari lahir udah so-called indigo tinggal poles dikit langsung mahir dan ahli.

Kalo ga bakat, lebih baik cari ilmu lain dimana anda memang punya talent disana. Gak buang waktu dan tenaga yg seharusnya bisa dialokasikan ke kegiatan yg lebih produktif.
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Diubah oleh profesorlucu
Bagi yg muslim.....
Ini Syirik...

Dan sdh pasti bersekutu dgn Jin

Bagi yg non muslim... Suka suka ente dah....

emoticon-Traveller
profile-picture
pasukan.pocong memberi reputasi
Diubah oleh shotgunBlues
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Jaman gini belajar ilmu kebatinan emang mau ngadepin belanda ?
profile-picture
johanbaikatos memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 3


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di