KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pendiri Gemabudhi: Umat Buddha Pemaaf dan Welas Asih, Roy Suryo Tidak Salah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62c19454d57ac85d916ff2ff/pendiri-gemabudhi-umat-buddha-pemaaf-dan-welas-asih-roy-suryo-tidak-salah

Pendiri Gemabudhi: Umat Buddha Pemaaf dan Welas Asih, Roy Suryo Tidak Salah

Pendiri Gemabudhi: Umat Buddha Pemaaf dan Welas Asih, Roy Suryo Tidak Salah

JAKARTA - Rencana sekelompok orang melaporkan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo atas unggahan meme stupa Borobudur mirip wajah Presiden Jokowi dinilai tergesa-gesa.

Pendiri Generasi Muda Buddhis Indonesia (Gemabudhi), Lieus Sungkharisma bahkan menyebut rencana yang diinisiasi Dharmapala Nusantara justru tidak mencerminkan ajaran Buddha yang welas asih dan pemaaf.

“Umat Buddha itu pemaaf dan welas asih. Karena itu dalam ajaran Buddha Mahayana dinyatakan di dalam setiap diri manusia ada Buddha,” ujar Lieus.

Sikap pemaaf dan welas asih itulah, kata Lieus, yang mestinya dikedepankan dalam setiap persoalan yang menyangkut agama Buddha.

“Maka, kalau ada masalah, apapun itu, yang diutamakan oleh penganut agama Buddha adalah klarifikasi terlebih dahulu. Bukan sebaliknya sehingga seolah-olah Buddha itu agama yang reaktif dan pemarah,” katanya.

Roy Suryo menyinggung soal kenaikan harga tiket Candi Borobudur dengan menyertakan dua meme stupa Borobudur yang sudah diedit menjadi mirip wajah Presiden Jokowi. Roy sendiri sudah meminta maaf dan mengaku bukan dia yang membuat meme tersebut.

Menurut Lieus, sebenarnya tidak ada yang salah dari Roy Suryo. Apa yang dilakukan sebatas bentuk kritik dan sah-sah saja dilakukan.

Sedang menyangkut patung Buddha yang diberi wajah mirip Jokowi, sebagai umat Buddha Lieus sama sekali merasa tidak tersinggung. Lieus malah merasa terhormat karenanya.

“Agama Buddha bukan agama penyembah patung. Patung Buddha adalah sekadar sarana ibadah. Maka dalam konteks Candi Borobudur, yang harus dan wajib dihormati adalah Candi Borobudur-nya sebagai tempat suci umat Buddha. Bukan patungnya,” tegas Lieus.

“Lagian Presiden Jokowi aja tidak marah kok. Jadi persoalan seperti itu tak usahlah dibesar-besarkan. Lebih baik Klarifikasi. Toh mas Roy udah minta maaf,” tutupnya.

https://politik.rmol.id/read/2022/06...yo-tidak-salah

jangan anggap Umat Buddha tidak bisa marah ya, kehormatan Buddha jauh lebih penting dari yg lain, ini beberapa tragedi kemarahan Umat Buddha.

Anti Islam Pecah di Myanmar tahun 2001 akibat patung Buddha dihancurkan taliban di afghanistan, akibatnya lebih dari 200 muslim tewas dan 11 masjid hancur.

Berlanjut ditahun 2006, 2012, 2013, 2015, 2016, dan sampai sekarang
profile-picture
Proloque memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Dia lagi dia lagi.
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
gw bilang juga apa, biksu mah ga bakalan barbar, yakin gw mah emoticon-Shakehand2 kecuali tim hore nya emoticon-Malu
profile-picture
nurade247 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ya jujur aja budha melarang loe makan daging tapi icelamb loe diharuskan nyembelih binatang tanpa suntik bius. Tinggal dijawab sendiri.
profile-picture
nurade247 memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Udah bosen ane lihat bunglon yg satu ini. Pemaaf bukan berarti bisa jadi keset pintu.

Sekarang ya tetap, dimaafkan. Hukum jalan terus emoticon-Traveller paling juga cuma sebulan dua bulan kan, kayak si waloni.
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
Kalau semua bisa di selesaikan dengan memaafkan, buat apa ada hukum di negara ini. emoticon-Wakaka
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
Biksu Ashin Wirathu, amat dihormati Umat Buddha di Myanmar.

dia bertanggung jawab atas kerusuhan anti islam yg pecah ditahun 2001, kala itu taliban menghancurkan patung suci bamiyan di afghanistan.

amarah biksu ashin bergelora, dia membakar semangat umat Buddha untuk angkat senjata.

Hasilnya kerusuhan anti islam pecah, lebih dari 200 muslim tewas dan 11 masjid besar hancur.

Umat Buddha itu kurang sabar apa, artinya kalau mereka sampai brutal, berarti ada sesuatu yg salah.
profile-picture
syl1189 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
baca beritanya langsung kebayang nguik makelar cipete, ternyata bener
profile-picture
BlueJupieZ memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
pendiri, ketua umum, sekjen, sekretaris gemabudhi pasti namanya cuma satu
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
sekarang lagi memeran kan lakon gemabudhi....

siapa yg ga tau nih lier....

dia bisa berubah wujud sesuai dengan kepentingan....

ketua....

wakil....

sekertaris...

bendahara...

anggota...

pasti dia semua ...

{thread_title}
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
jauh sm muik
yg.provokatif
profile-picture
vegasigitp memberi reputasi
Pendiri Gemabudhi: Umat Buddha Pemaaf dan Welas Asih, Roy Suryo Tidak Salah
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Semua juga tau ini lebih ke politik dibanding agama. Umat budha sendiri nda segitu sumbu pendek sampe sakit hati dibikin meme gituan
dikasihani pun percuma

kadrun oh kadrun
profile-picture
nurade247 memberi reputasi
Urusan selesai emoticon-Ngakak, roy suryo bebas tanpa syarat.
Yg holiwings jangan ngiri yak, pasien ente ocd paranoid skizofrenia akut
profile-picture
nurade247 memberi reputasi
Diubah oleh mibmobz
Ntar di B*m candi borobudurnya seperti yg lalu2 jgn nangis ya kohemoticon-Toast
profile-picture
nurade247 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Hanya satu nama yg bela yaitu lius 212emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
Laporan dicabut. Case close
profile-picture
warkopmaman memberi reputasi
si lieus lagi sarkas ato gimana nih, berarti ummat yang lain ga welas asih dan pemaaf ya? emoticon-Leh Uga
profile-picture
qavir memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
“Maka, kalau ada masalah, apapun itu, yang diutamakan oleh penganut agama Buddha adalah klarifikasi terlebih dahulu. Bukan sebaliknya sehingga seolah-olah Buddha itu agama yang reaktif dan pemarah,”

nyinggung agama sebelah emoticon-Mad
lastcaaaar emoticon-Belgia
profile-picture
qavir memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
gambarnya Ahshin Wirathu emoticon-Matabelo
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Halaman 1 dari 3


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di