KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Warga Protes Pergantian Nama Jalan di Jakarta, Wagub Ariza: Tak Usah Terlalu
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62c03f698613774b63170755/warga-protes-pergantian-nama-jalan-di-jakarta-wagub-ariza-tak-usah-terlalu

Warga Protes Pergantian Nama Jalan di Jakarta, Wagub Ariza: Tak Usah Terlalu

Warga Protes Pergantian Nama Jalan di Jakarta, Wagub Ariza: Tak Usah Terlalu Dipermasalahkan

Warga Protes Pergantian Nama Jalan di Jakarta, Wagub Ariza: Tak Usah TerlaluTRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria minta masyarakat tak mempermasalahkan pergantian nama jalan dengan tokoh Betawi.
Ia pun menjamin, Pemprov DKI akan mempermudah segala urusan perubahan dokumen yang berkaitan dengan pergantian nama jalan ini.

"Ini semua masih dalam proses perbaikan identitas itu sendiri, baik KTP, STNK, dan KK. Jadi enggak usah terlalu dipermasalahkan," ucapnya di Balai Kota, Jumat (1/7/2022) malam.

Orang nomor dua di ibu kota ini menyebut, Pemprov DKI telah berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya terkait pergantian surat kepemilikan kendaraan.
Tak hanya itu, Badan Pertanahan Nasional (BPN) pun sudah diajak berunding soal penggantian sertifikat tanah.

Bahkan, Kementerian Dalam Negeri melalui Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil sudah menyatakan sikap siap mendukung perubahan data kependudukan yang berkaitan dengan pergantian nama jalan ini.
Meski ada pergantian nama jalan, Ariza pun memastikan, dokumen kependudukan, kepemilikan kendaraan, hingga tanah yang kini dipegang masyarakat masih tetap berlaku.

Oleh karena itu, masyarakat tak perlu terburu-buru mengubah kolom alamat di dokumen yang saat ini dimiliki.

"Jadi saya kira masyarakat tidak perlu khawatir, tidak berarti kalau belum diganti kemudian identitas bermasalah, tidak ya," ujarnya.


Sebagai informasi, pergantian nama jalan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan belakangan menuai protes.

Salah satunya dari sebagian warga Cikini di Jalan Cikini VII yang menolak penggantian nama menjadi Jalan Tino Sidin.
Mereka mengajukan tokoh agama yang disegani di wilayahnya untuk dijadikan jalan.

"Kalau mau nama jalan diganti, di sini ada tokoh agama. Dulu namanya ada Guru Demar. Balikin lagi aja namanya Guru Demar," kata Mulyaman, warga RT 001 RW 001, Cikini, kepada TribunJakarta.com pada Senin (27/6/2022).

Warga RT 006, RW 001, Wati (63) menambahkan Guru Demar merupakan sosok yang dikenal di kalangan warga Cikini VII.
Dia mendirikan Masjid Quba untuk tempat mengajar agama Islam bagi warga sekitar.
"Dia (Guru Demar) punya anak bernama Ustaz Yusuf. Saya muridnya dia. Warga sini tahu agama juga karena beliau," tambahnya.
Berdasarkan keterangan warga sekitar, Masjid Quba itu bahkan beberapa kali disambangi Gubernur Anies Baswedan.

"Guru Demar disegani karena memang ulama besar. Jadi lebih cocoknya (nama jalan) itu," pungkas Mulyaman.

Banyak warga yang tak setuju dengan nama Jalan Tino Sidin lantaran nama tersebut kurang familiar.

Selain itu, nama itu kurang cocok untuk mewakili masyarakat sekitar.
Mulyaman (55) mengusulkan agar nama Jalan Cikini VII diganti kembali menjadi nama tersebut.

"Dulu Jalan Cikini VII sebelumnya Jalan Kali Pasir Guru Demar. Saran saya, diganti lagi jadi jalan itu," lanjutnya.
Ketua RT 001 RW 001 Cikini, Nur Jaman bahkan bersama Ketua RT lain membuat surat penolakan adanya nama jalan tersebut.

Ada sekitar 6 RT yang dilalui oleh jalan itu. Mayoritas menolak.

"Warga, Ketua RT, RW dan Kelurahan sudah mengetahui bahwa surat itu berisi penolakan warga enggak ada yang mau diganti nama jalannya itu. Suratnya sudah diajukan ke Kecamatan Menteng," pungkasnya.

Pengamatan TribunJakarta.com pada Senin (27/6/2022) sekitar pukul 10.23 WIB, pelang nama Jalan Cikini VII belum diganti.
Di gapura depan masuk permukiman masih tertulis "Cikini 7 RW 001".

Berikut daftar pergantian nama jalan di Jakarta:

1. Jalan Entong Gendut (sebelumnya Jalan Budaya)

2. Jalan Haji Darip (sebelumnya Jalan Bekasi Timur Raya)

3. Jalan Mpok Nori (sebelumnya Jalan Raya Bambu Apus)

4. Jalan H. Bokir Bin Dji'un (sebelumnya Jalan Raya Pondok Gede)

5. Jalan Raden Ismail (sebelumnya Jalan Buntu)

6. Jalan Rama Ratu Jaya (sebelumnya Jalan BKT Sisi Barat)

7. Jalan H. Roim Sa'ih (sebelumnya bernama Bantaran Setu Babakan Barat)

8. Jalan KH. Ahmad Suhaimi (sebelumnya bernama Bantaran Setu Babakan Timur)

9. Jalan Mahbub Djunaidi (sebelumnya Jalan Srikaya)

10. Jalan KH. Guru Anin (sebelumnya Jalan Raya Pasar Minggu sisi Utara)

11. Jalan Hj. Tutty Alawiyah (sebelumnya Jalan Warung Buncit Raya)

12. Jalan A. Hamid Arief (sebelumnya Jalan Tanah Tinggi 1 gang 5)

13. Jalan H. Imam Sapi'ie (sebelumnya Jalan Senen Raya)

14. Jalan Abdullah Ali (sebelumnya Jalan SMP 76)

15. Jalan M. Mashabi (sebelumnya Jalan Kebon Kacang Raya Sisi Utara)

16. Jalan H. M. Shaleh Ishak (sebelumnya Jalan Kebon Kacang Raya Sisi Selatan)

17. Jalan Tino Sidin (sebelumnya Jalan Cikini VII)

18. Jalan Mualim Teko (sebelumnya Jalan depan Taman Wisata Alam Muara Angke)

19. Jalan Syekh Junaid Al Batawi (sebelumnya Jalan Lingkar Luar Barat)

20. Jalan Guru Ma'mun (sebelumnya Jalan Rawa Buaya)

21. Jalan Kyai Mursalin (sebelumnya Jalan di Pulau Panggang)

22. Jalan Habib Ali Bin Ahmad (sebelumnya Jalan di Pulau Panggang)

https://jakarta.tribunnews.com/2022/...alahkan?page=4

Warga Protes Pergantian Nama Jalan di Jakarta, Wagub Ariza: Tak Usah Terlalu Dipermasalahkan.

Karna saya kagak kena masalah imbas pergantian jalanemoticon-Imlek


https://mobile.
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
viniest memberi reputasi
Diubah oleh gabener.edan
Halaman 1 dari 4
Kalau berita bagus hasil dari "kerja" nampang identitas, si badut muncul.

Yg ini mah urusan wan bemper. emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
viniest memberi reputasi
Diubah oleh lupineprince
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
prestasi abud nih


ganti nama jalan

emoticon-Traveller
profile-picture
gomamon. memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Dibalik aja:

memang nama jalan yang sekarang ada masalah apa
kok dipermasalahkan sampai kudu diganti namanya segala

emoticon-Cool
profile-picture
viniest memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Apa gak ada kerjaan lain?
emoticon-Ngakak
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
patut dipuji kesetiaan sang wakil ini emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
oh ternyata banyak yg protes? waktunya bemper yang turun tangan emoticon-Leh Uga
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
Dgn kata laen,sabar aja tunggu oktober.yaman lengser,suka suka kalean emoticon-army
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
gua fansnya pak Tino, tapi gak setuju namanya jadi nama jalan, mending jadi nama gedung kesenian
profile-picture
matcha.tea.1402 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
gampangnya
EMANG GW PIKIRIN emoticon-Leh Uga
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
Ia.gk masalah ntr kl dah gk menjabat.lgsg blg"bukan urusan saya" emoticon-Ngakak jgn dah dgrin sumpah ntr lo nyesel yg blg gk masalah2 lo kek gk tau aj birokrasi kita sendiri sih yg namanya ASN/PNS
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
Apa gak jadi sasaran empuk mafia tanah ya?

Bisa saja beberapa bulan kedepan bakal muncul kejadian sertifikat tanah dengan data dan nama jalan yang baru. Pemilik asli sedang akan mengurus eh haknya udah dicolong mafia tanah.

Dibawa ke pengadilan, diusut sudah jadi benang kusut. Akhirnya pemilik asli yang sedang sial tanahnya dicolong cuma bisa gigit jari
profile-picture
viniest memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Masih belum nemu jawaban yang pas.



Urgensinya apa?
Gabut banget kesannya.

emoticon-Bingung
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
kebiasaan membuat masalah ....

emoticon-Cape d...
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wagub emang paling aktif untuk jadi pertahanan
Luar biasa emoticon-Ngakak
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
Bemper nahan badan kayak biasa, belum ada yang mau bikin bemper jadi besi bekas neh sayangnya, digilas sampai tuntas lah supaya ga usah nongol2 emoticon-Mad
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
Ngurus nya dipermudahkan, tetap aja kadrun harus bayar... KTP SIM, BPJS surat tanah dll... Makan tu seiman goblok.
profile-picture
kerapintar memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
mestinya sebelum diubah dikordin dulu antar instansi...bukan org komplen baru di kord belakangan...

gua yakin abis si yaman lengser nanti jg di anulir ini..liat aja..
profile-picture
gojira48 memberi reputasi
Gara² cebong ini,makanya orang stress jangan di paksa kerja bong,jadi gini kan hasilnya,ngawur emoticon-Mad:
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kalo wagub muncul pertanda anies kerja, emoticon-Big Grin
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
Silahkan ganti nama jalan cendana jd jalan haji bolot dan coba bilang hal yg sama (jgn terlalu mempermasalahkan) ke warga yg tinggal disana berani nggak
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 4


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di