KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Bahaya Fitnah Dalam Kehidupan Sehari-hari, Wajib Waspada Sebelum Menjadi Korban
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62be3ac449a6f8750074b325/bahaya-fitnah-dalam-kehidupan-sehari-hari-wajib-waspada-sebelum-menjadi-korban

Bahaya Fitnah Dalam Kehidupan Sehari-hari, Wajib Waspada Sebelum Menjadi Korban

Bahaya Fitnah Dalam Kehidupan Sehari-hari, Wajib Waspada Sebelum Menjadi Korban
Mengulas bahaya fitnah, sering dianggap biasa namun memunculkan banyak masalah dan kerugian


Fitnah, dalam kamus besar bahasa Indonesia memiliki arti sebagai sebuah perkataan bohong tanpa dasar atau fakta palsu yang dibuat-buat dan ditujukan kepada seseorang atau sekelompok orang dengan tujuan untuk mencemarkan nama baik, menurunkan wibawa, atau menghasut orang lain agar membenci seseorang atau sekelompok orang tertentu.

Tentu Agan Sista sendiri sudah paham tentang arti dan contoh fitnah, karena dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya kita sering melihat atau bahkan ada dari beberapa Agan Sista yang menjadi pelaku atas fitnah itu sendiri.

Menjadi korban fitnah tentu bukan sebuah hal yang mudah GanSis, sebab akan ada beberapa dampak yang dialami oleh korban bahkan untuk sesuatu yang mereka tidak pernah lakukan sama sekali.

Namun bahayanya, banyak orang yang berperan sebagai pelaku dan mereka melakukan fitnah atas dasar iri dan dengki terhadap orang lain, bahkan keirian mereka ini seringkali tidak berdasar karena memang korban tidak pernah sekalipun menyenggol pelaku fitnah sama sekali.

Lalu apa sih bahaya fitnah yang terjadi di dalam kehidupan sehari-hari yang perlu diwaspadai?
Berikut ini beberapa diantaranya GanSis.


Bahaya Fitnah Dalam Kehidupan Sehari-hari, Wajib Waspada Sebelum Menjadi Korban


1. Perpecahan dan Permusuhan

Bahaya fitnah yang pertama adalah bahaya perpecahan GanSis. Pelaku fitnah akan dengan sengaja menuduh seseorang dengan tuduhan tidak berdasar yang akhirnya akan membuat korban dimusuhi oleh orang-orang yang telah termakan fitnah.

Tentu Agan Sista sendiri harus benar-benar waspada terhadap orang yang suka membicarakan keburukan orang lain, karena itu belum tentu benar-benar keburukan dan bisa jadi adalah bentuk fitnah agar orang yang dijelekkan dinilai negatif.

2. Perkelahian

Akibat sebuah fitnahan seringkali juga menimbulkan perkelahian entah itu terhadap korban dengan pelaku atau korban dengan orang lain yang membicarakan keburukan si korban yang didapat dari si pelaku. Dapat dikatakan fitnah adalah penyakit GanSis, dapat menular dan berdampak dari satu orang ke orang yang lain.

3. Kerugian

Selain permusuhan dan perpecahan, fitnah juga dapat menimbulkan kerugian bagi korban GanSis. Saat korban difitnah dan dituduh atas sesuatu yang buruk dan itu nembuat banyak orang percaya dengan fitnah yang ada, maka korban akan rugi karena nama baiknya tercemar dan kemungkinan akan muncul kerugian yang lain.

4. Pembunuhan

Mungkin Agan Sista pernah tahu ada kasus fitnah yang mengakibatkan pembunuhan karena korban yang terlanjur emosi dengan fitnah yang dilakukan oleh pelaku atau fitnah keji yang disebarkan tanpa adanya fakta.

Dampak ini menjadi bahaya fitnah paling mengerikan karena akan menelan korban nyawa hanya karena ucapan yang tidak benar.

Bahaya Fitnah Dalam Kehidupan Sehari-hari, Wajib Waspada Sebelum Menjadi Korban


Itulah GanSis beberapa bahaya fitnah yang harus kalian ketahui dan waspadai. Di era saat ini banyak sekali orang-orang yang memang memiliki niat buruk untuk menjatuhkan orang lain meskipun antara pelaku dan korban tidak saling mengenal.

Ingat, setiap apa yang Agan Sista lakukan akan selalu ada balasan yang menjadi sebuah karma baik atau buruk. Maka berbuatlah baik jika kalian ingin mendapatkan balasan baik, dan teruslah berbuat jahat jika kalian ingin hancur berantakan.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa Agan Sista ambil.


Bahaya Fitnah Dalam Kehidupan Sehari-hari, Wajib Waspada Sebelum Menjadi Korban


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
profile-picture
bitha memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
emoticon-Cape d... kadang orang emang suka aneh, gak ngelakuin apa-apa pun bisa jadi korban fitnah
profile-picture
ianhanaka memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
emoticon-Matabelo sabar, dan tawakal, semoga pelaku diberikan ganjaran setimpal
profile-picture
ushirota memberi reputasi
emoticon-2 Jempol buat tukang fitnah, semoga hidup kalian tentram, dan mendapatkan balasan setimpal
profile-picture
verdandigr memberi reputasi
Fitnah lebih kejam dari pada Fitnes

profile-picture
jiresh memberi reputasi
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 15 balasan
Hanya orang sunda yg gak bisa fitnah emoticon-Traveller
profile-picture
MemoryExpress memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
emoticon-Matabelo fitnah memang sangat kejam, lebih kejam dari ibu kost
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kan ada pepatah, pitnah lebih kejam dr pembunuhan kn... emoticon-Cape deeehh
profile-picture
caerbannogrbbt memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan

Posisi yg susah yg diajak gibah

Sudah berumur eh jelek jelekin orang
Orangbyg bersangkutan juga sahabat gua
Ga enak mau konfirmasi
Karena posisi di tengah
Takut nyinggung yg fitnah sama yg dinfitnah



GUA MANA TAU COK YG BENER SIAPA
profile-picture
jiresh memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
hal kek gini uda jadi makanan ane sehari" di kantor

ane tapi ga ikut"an emoticon-Cool
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
biasanya itu karena ada ketidaksukaan seseorang
profile-picture
sherrifpedro memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Sifat negatif alami manusia yang ingin lebih dari manusia lainnya. Peringatan bahwa dosanya sama seperti membunuh namun itu jadi cara cepat, apalagi punya komunitas otak yang sama.
profile-picture
caerbannogrbbt memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
makanya ada pepatah fitnah lebih kejam daripada pembunuhan
profile-picture
caerbannogrbbt memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
saya pernah di fitnah untung ada temen yang bisa jadi saksi
profile-picture
bossburung memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Betul gan, fitnah mendatangkan karma buruk.. Semoga semua makhluk bahagia ..
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Fitnah lebih kejam daripada pembunuhan. Kalau ente benci sama orang (kasarnya) lebih bail ente bunuh aja sekalian orang itu daripada ente rusak nama baiknya. Efek ke depannya jauh lebih buruk. Si korban bisa kehilangan pekerjaan, kesempatan, relasi, dll dalam sekejap. Hancur kehidupannya sampai tidak bisa apa2 lagi. Masih hidup tapi kayak sudah mati.
profile-picture
caerbannogrbbt memberi reputasi
yap, walaupun sudah se hati-hati dan sewaspada apapun kalau ada 1-2 orang saja yg tidak suka sama kita pasti akan ada kegiatan ini gan, tusuk menusuk dari belakang. Mau ente suka dan ngak suka itu lah human nature nya manusia, yg membedakan yg satu mau mem-fitnah dan satu lagi ngak adalah value yg dia pegang,

that its,

profile-picture
jiresh memberi reputasi
ya tapi tetap berhati2, terutama dengan teman terbaik kita, yg sudah menyimpan rahasia kita, udah pasti suatu hari bakal backstabbing
profile-picture
jiresh memberi reputasi
Quote:

emoticon-Matabelo aamiin

Quote:

emoticon-Mewek iya gan, bener-bener jahat banget orang yang memiliki tujuan seperti itu

Quote:

emoticon-Matabelo ngeri banget ya hidup yang model begitu

Quote:

emoticon-Matabelo gitu ya gan, bahkan sahabat juga bisa jadi musuh
profile-picture
ushirota memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
zaman skrng mah fitnah terang2an di medsos, dapet bayaran malahan. demi bisnis, politik, ketenanaran dll segala cara dihalalkan termasuk fitnah, dengan framing & pembunuhan karakter
profile-picture
awasadananno memberi reputasi
sulit dimengerti, semoga hari mu senin terus emoticon-rainbow
tetap putus asa, jangan semangat emoticon-frog
profile-picture
caerbannogrbbt memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 4


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di