KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / ... / Citizen Journalism /
Kkn pengembangan Karakter Siswa SDN Semambung 1
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62bdd4e8292a36207a027381/kkn-pengembangan-karakter-siswa-sdn-semambung-1

Kkn pengembangan Karakter Siswa SDN Semambung 1

PENDIDIKAN PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA MELALUI AKTIVITAS DILUAR JAM SEKOLAH
SDN SEMAMBUNG 1 GEDANGAN
SIDOARJO, 30 Juni 2022 - Pendidikan karakter dapat disebut sebagai pendidikan akhlak yang bertujuan untuk membentuk akhlak karimah. Proses pendidikan karakter kepada siswa SD harus disesuaikan dengan tahap perkembangan dan pembentukan karakter. Pendidikan karakter adalah sebuah usaha untuk menerapkan nilai- nilai agama,moral,etika pada peserta didik melalui ilmu pengetahuan dibantu oleh orang tua, guru, serta masyarakat sangat penting dalam pembentukan dan perkembangan karakter peserta didik. Setiap setiap anak memiliki potensi yang baik sejak lahir namun potensi tersebut harus diasah dan disosialisasikan dengan baik agar karakter setiap anak terbentuk dan berkembang secara maksimal. Pengembangan karakter siswa diluar jam sekolah dapat melalui aktivitas luaran seperti extrakulikuler pada tempat tinggalnya masing-masing agar siswa dapat menemukan bentuk karakter pada jati dirinya masing-masing. Dengan adanya pelaksanaan KKN Universitas 17 Agustus Surabaya melalui tema Pengembangan pendidikan karakter siswa melalui aktivitas diluar jam sekolah yang bertempat di SDN SEMAMBUNG 1 GEDANGAN SIDOARJO, yang beralamatkan di Jl.Mandala IV No.445 Semawalang, Semambung Kec.Gedangan, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61254, pengembangan karakter pada siswa-siswi SDN Semambung 1 berpeluang besar mengapa demikian dikarenakan siswa-siswi SDN SEMAMBUNG 1 mempunyai karakter masing-masing pada jatidirinya yang masih belum terbentuk dan butuh pengolahan pengembangan karakter pada siswa-siswi tersebut.
Pendidikan karakter sebagai tujuan dari pendidikan nasional tertuang dalam UU nomor 20 tahun 2003 pada bab 1 pasal 1 ayat 1 tentang sistem pendidikan nasional menyebutkan bahwa : “ pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran”. Pendidikan adalah usaha sadar dalam proses pembelajaran baik dari segi akademik maupun non akademik dengan tujuan para peserta didik mampu mengembangkan ilmu pengetahuan , sikap dan perilaku menjadi lebih baik. Peran pendidikan dalam pengembangan karakter : menurut Muhammad Amran, Erman Suryani Suhabuddin, Muslimin (2018) yaitu peran pendidikan dalam penanaman karakter di bidang pendidikan sebagai berikut :
Pembinaan watak ( jujur,cerdas,peduli,tangguh) merupakan tugas utama pendidikan
Mengubah kebiasaan buruk tahap demi tahap yang pada akhirnya menjadi baik. Dapat mengubah kebiasaan senang tetapi jelek pada akhirnya menjadi benci tetapi menjadi baik.
Karakter merupakan sifat yang tertanam di dalam jiwa dan sifat seseorang itu secara spontan dengan mudah memancarkan dari sikap, tindakan dan perbuatan.
Karakter adalah sifat yang terwujud dalam kemampuan daya dorong dari dalam untuk menampilkan perilaku terpuji dan mengandung kebajikan yang baik.

Pelaksanaan pengembangan karakter siswa pada sekolah dasar / SDN SEMAMBUNG 1 dengan adanya pemilihan serta pengembangan karakter siswa terhadap siswa-siswi sekolah dasar SDN SEMAMBUNG 1 para siswa bisa menyesuaikan karakternya masing-masing dengan mengikuti kegiatan extra di luar jam sekolah seperti ( keagamaan olah etika, literasi olah pikir, estetik olah rasa, kinestetik olahraga) dengan pembahasan beberapa karakter ini bisa disampaikan kepada siswa-siswi secara langsung (face to face) atau bisa lewat diskusi forum yang berkaitan dengan kegiatan KKN. Agar siswa dapat mengetahui lebih dalam bagaimana pengembangan karakter pada dirinya masing – masing

#UntagSurabaya #KitaUntagSurabaya #UntukIndonesia #UntagSurabayaKeren #EcoKampus #KampusKompeten #KampusMerdeka


profile-picture
pilotwaras108 memberi reputasi
Post ini telah dihapus


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di