KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Hati Hati, Belum Bayar Pajak Bisa Kena E-Tilang, Kasusnya Sudah Ada Nih
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62bd8ba44257e02ffe3f4fa5/hati-hati-belum-bayar-pajak-bisa-kena-e-tilang-kasusnya-sudah-ada-nih

Hati Hati, Belum Bayar Pajak Bisa Kena E-Tilang, Kasusnya Sudah Ada Nih


[ltr]
Halo gan apa kabar kalian semuanya? Semoga baik baik saja ya.

Sebagai kewajiban kita menjadi warga negara Indonesia, salah satunya dilakukan dengan membayar pajak. Jenis pajak di negara ini sangat beragam, salah satu yang mungkin dan sering kita tunaikan adalah membayar pajak kendaraan bermotor.

Setiap tahun pemilik motor harus membayarkan pajak STNK, dan untuk setiap 5 tahun sekali kita juga harus membayarkan pajak TNKB. Biasanya pajak 5 tahun ini yang lebih mahal, makanya banyak pemilik kendaraan diluar sana yang masih enggan untuk memperpanjang plat nomor merek.

Hati Hati, Belum Bayar Pajak Bisa Kena E-Tilang, Kasusnya Sudah Ada Nih

Tapi kalian harus hati-hati nih gan, bagi kendaraan yang menunggak pajak bisa kena e-Tilang dan bakal dikirim surat untuk membayar denda sesuai pelanggaran.
Belakangan ini ramai lagi gan, pengendara motor kena tilang elektronik akibat pajak kendaraannya mati. Diduga insiden ini terjadi di daerah Semarang, dan di share melalui akun Facebook bernama Chachink Senimat Kulit dalam sebuah grup MIK Semarang.

Disana terlihat bahwa pemilik akun memperlihatkan surat tilangnya dan menunjukkan isi surat dari salah satu pelanggaran karena STNK tidak sah.
Sehingga ia dikenai pasal 288 ayat (1) jo pasal 106 ayat (5) huruf a (kendaraan bermotor tidak dilengkapi dengan STNK atau STCK yang ditetapkan oleh Polri).

Hati Hati, Belum Bayar Pajak Bisa Kena E-Tilang, Kasusnya Sudah Ada Nih

Kalau dilihat dari pasalnya, berbunyi “Setiap pengendara yang tidak dilengkapi Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) atau Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor (STCK) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu”, menurut kutipan https://www.aripitstop.com/2022/06/28/motor-ini-kena-tilang-elektronik-karena-belum-bayar-pajak/

Itu artinya jelas pengendara harus membayarkan denda yang terbilang dari isi pasal terlampir. Jadi peringatan semua buat kita nih gan, jangan anggap remeh keberadaan e-Tilang, ternyata fungsi e-TLE sangat efektif di beberapa daerah.

Hati Hati, Belum Bayar Pajak Bisa Kena E-Tilang, Kasusnya Sudah Ada Nih

Pelanggarannya pun bisa bermacam, bahkan terkait pajak saja kamera ini bisa menangkap dengan jelas, apalagi pelanggaran nyata seperti tidak menggunakan helm, tidak dilengkapi spion, dan sebagainya. 
[/ltr]

profile-picture
evywahyuni memberi reputasi
Apa kabar motor saya yang lama tak pajak
Di tempat ane juga gitu, ketika ada kendaraan mati pajak langsung di kejar dan diberhentikan sama petugas mobile. Soalnya pajak mati itu bisa langsung ketahuan dari plat nomernya, nggak tau lagi kalau ditutup pakai CD pink, mungkin bakalan lebih aman.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Yah... Ini yg ane takutin. Mentang2 punya wewenang main tembak pasal aja.

pajak dibayar buat palakin diri sendiri.
emoticon-Leh Uga
Diubah oleh AirFie
Polrestabes semarang ini ngarang2, mana bisa stnk dikatakan tdk sah ketika masa berlaku masih aktif dan dikeluarkan resmi oleh polri...

pasal 288(1) itu cm menyatakan pengemudi tdk dilengkapi stnk/stck yg ditetapkan/dikeluarkan polri.
Tdk mengatur soal stnk sah atau tdk, dan dalam uu tdk disebutkan soal masa sah stnk, cm ada masa berlaku stnk selama 5th dan harus dimintakan pengesahan tiap tahun. Sesuai pasal 70 stnk mmg wajib dimintakan pengesahan tiap tahun, tapi fungsi pengesahan tsb bkn sbg sah atau tidaknya stnk, tapi sbg pengawas tahunan regident ranmor dan menumbuhkan kepatuhan pembayaran pajak, fungsi pengesahan ini tertulis di penjelasan pasal 70(2) pd lampiran uu llaj.
Jadi disahkan atau tidak, stnk berlaku selama 5th...dalam arti kata, org gk bayar2 pajak ranmor tdk ada mslh dengan stnk kecuali masa berlakunya habis.

Setiap saran, opini dan masukan yang saya tulis adalah murni Pendapat Pribadi.
Tidak mencerminkan pendapat resmi dari Kepolisian Negara Republik Indonesia.
Gunakan untuk memperoleh "second opinion" untuk masalah Anda.
Kebijaksanaan dari para pembaca sangat disarankan.

profile-picture
ZhuraZatochi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kalo kita gak suka sama seseorang, ingetin no platnya, bkin palsunya, lewat jalan yg ada kamera E-tilang tanpa helm jika motor, atau tanpa sabuk pengaman kalo mobil. Dendam pun terbalasemoticon-Ngakak
Pajak buat bayar tidur.

Hati Hati, Belum Bayar Pajak Bisa Kena E-Tilang, Kasusnya Sudah Ada Nih
Nanti banyak yg pake plat palsu dan yg kena susah nya yg punya plat asli nya ikut aturan semua komplit

Tau2 di kirimin surat tilang padahal ga salah
Utk sanggahan juga lumayan ribet
Mesti ke kantor bawa dokumen pendukung

Yg ngelanggar nya mah santai2 bae
profile-picture
Soekarti memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kalau lepas plat apakah bisa ketahuan Etilang?emoticon-Bingung
Nah loh emoticon-Sorry
ga punya sim asal tertib bakalan aman dari etle dong emoticon-Big Grin
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Semoga bisa tepat guna, tepat sasaran, dan bermanfaat ini ETLE. Mengurangi bocil-bocil yang naik motor serasa moto GP padahal di dalem gang, banyak balita lari-lari kesana kemari emoticon-2 Jempol
profile-picture
Soekarti memberi reputasi
Ini Belum Bayar Pajak apa Plat Bodong? Kok Suratnya bisa nyampe ke orang yang beda
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bakalan banyak kendaraan bodong sepertinya nanti gegara kebanyakan kena etilang emoticon-Smilie
Dan akhirnya bocil tolol pea gk bakal sembarangan naik motor dgn pajek hidup, bagus deh banyakin dinjepretin biar gegeh banget. Dah tau naik motor bagi bocil" itu ngebahayin pengguna lain, gk tau rambu", suka zigzag. Moga penegak hukum kerad ama begundal begundal
profile-picture
Mistaravim memberi reputasi
kemungkinan itu TNKB nya nembak supaya keliatan pajeknya hidup, kebayang itu 2019 sampe sekarang coba sebelumnya cap stnknya g ada dari taun brp doi nunggak?
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Bingung bayar pajak nya emoticon-Leh Uga

Hati Hati, Belum Bayar Pajak Bisa Kena E-Tilang, Kasusnya Sudah Ada Nih
profile-picture
qodrayandhik420 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Misal nih ane beli motor second, dan ane belum balik nama, nama dan alamat di STNK kan masih yang punya pertama, nah misal ane kena ETLE ini, apakah nanti surat tilangnya akan dikirim ke ane atau ke alamat yang punya motor pertama itu?
Kalo ke alamat si pemilik pertama, kasihan dong yg motornya udah dijual sering dapat kiriman surat tilang emoticon-Hammer (S)
profile-picture
davecchio memberi reputasi
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 14 balasan
Akan ada kalanya ditilang E-Tle ketika :
- pajek belom bayar
- nggak pake helm
- ngupil sambil lepas tangan
- pake sendal jepit
- merokok sambil celingukan
- nyetir mainan hape.

Dll....
profile-picture
qodrayandhik420 memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di