KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Bikin Kaget, Biaya Konsumsi Listrik Hyundai IONIQ 5 Jakarta - Bandung Cuma Segini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62bd3229341eac2dc463235e/bikin-kaget-biaya-konsumsi-listrik-hyundai-ioniq-5-jakarta---bandung-cuma-segini

Bikin Kaget, Biaya Konsumsi Listrik Hyundai IONIQ 5 Jakarta - Bandung Cuma Segini


Bikin Kaget, Biaya Konsumsi Listrik Hyundai IONIQ 5 Jakarta - Bandung Cuma Segini
Bikin kaget, biaya konsumsi listrik IONIQ 5 saat diajak trip Jakarta - Bandung ternyata cuma segini!
Hyundai Motors Indonesia mengajak media otomotif lainnya untuk menjajal Hyundai IONIQ 5 berkendara jarak jauh, Jakarta-Bandung, (20/6). 
Kami kebagian menjajal Hyundai IONIQ 5 tipe Prime Standar Range.
Varian ini menjadi varian termurah, dijual seharga Rp 718 juta. 
Bikin Kaget, Biaya Konsumsi Listrik Hyundai IONIQ 5 Jakarta - Bandung Cuma Segini
Selain fitur yang tidak selengkap varian Signature, Hyundai IONIQ 5 tipe Prime Standar Range mempunyai kapasitas baterai yang lebih kecil yakni 58 kWh, klaim jarak tempuhnya hingga 384 km. 
Saat memulai perjalanan, kondisi baterai di angka 98%, dengan estimasi jarak tempuh maksimal di 401 km. 
Perjalanan dimulai sekitar jam 10 pagi, melewati tol dalam kota, lalu naik ke tol layang Mohammad Bin Zayed, menuju Purwakarta untuk beristirahat sejenak. 
Setelah makan siang di Purwakarta, perjalanan dilanjutkan ke arah Cikole, Lembang lewat tol Cipularang dan finish sekitar jam 4 sore.
Perjalanan termasuk lancar, tak alami kondisi macet panjang.
Torsi instan khas mobil listrik, memang menyenangkan, namun kami juga kadang melakukan gaya berkendara efisien dengan menyetel mode berkendara ke mode Eco. 
Lantas kami juga mencoba mengoptimalkan level regeneratif braking (pengereman regeneratif) untuk membantu pengisian baterai saat deselerasi. 
Caranya memindahkan tuas paddle shift regeneratif braking dari level 1 ke level 2.
Bikin Kaget, Biaya Konsumsi Listrik Hyundai IONIQ 5 Jakarta - Bandung Cuma Segini
Dari data di panel indikator, tertera perjalanan memakan jarak 191,4 km, dengan konsumsi daya listrik rata-rata 17,2 kWh/100 km. 
Dengan asumsi biaya 1 kWh = Rp 1.700, maka didapat rata-rata IONIQ 5 biaya perjalanan per 1 km-nya = Rp 292,4/km.
Jadi menurut hitungan, perjalanan 191,4 km cuma butuh biaya listrik sebesar Rp 55,965.
Lantas setelah perjalanan, tertera pada panel indikator, sisa baterai masih di angka 50%, dan klaim jarak yang masih bisa ditempuh adalah 223 km lagi. 
Bagaimana menurut kalian, termasuk murah kah biaya perjalanan Jakarta-Bandung menggunakan IONIQ 5 tipe Prime Standar Range



profile-picture
anggalabs232 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
secara relatif mmg lebih murah mobil listrik drpd mobil bbm utk trip.
denger2 yg mahal itu by maintenancenya.
mungki para pakar bisa menjelaskan.



emoticon-Bingung
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
keren sih desainnya
Maintenancenya 10juta per bulan ya konon?
Belum TDL naik aja..

emoticon-Sundul Up
Mobil impian ane, mobil listrik.
Nunggu mobil listrik yg batrenya bisa bongkar pasang sendiri,,ahh.
mcam tamiya gitu..
Batre nya segede guling, bobot satunnya 10kilo,.
Satu mobil ada 10batre,,
Satu batre jarak tempuhnya 100km.
Udah ada fitur fast charging nya juga..
..
Lalu stasiun penukaran batre udah ada belasan/puluhan tiap kota,,sampe ke pedeaaan juga malah..
Terus ada fitur minimize nya juga,,
Tombol nya di remote, sekali klik si mobil jadi segede lampu,,
Biar ga susah parkirnya,,
..
..
Oke,,stop.
Khayalan ane kebangetan emoticon-Hammer2
profile-picture
floriantito memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Yg jadi keraguan sekarang adalah seberapa awet mobil listrik ini... Kalo mobil bensin kan byk yg awet sampe puluhan tahun emoticon-Big Grin
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Klo kebanjiran kek mana tuh batre?
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Jangan keliru ya, semakin sering baterai dipakai semakin cepat rusak baterai tersebut....

Apalagi kalo drain atau kurasan nya cepat, sel baterai nya cepat rusak tuh ...

Harga baterai nya gak murah udah pasti....

Mendingan yang hybrida kaya Toyota crz, keroya ceroboh banget bikin keputusan kaya gini, Indonesia itu bukan negara dengan konsumen mapan....
profile-picture
sitombuk268 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Bagus kalau rute lancar. Kalau sering macet batery sangat boros dan bisa2 mogok kehabisan batery. Apalagi stasiun pengisian msh jarang. Rasanya lebih cocok hybrid utk daerah jakarta dan bandung.
Seharusnya dari sistem hybrid ditemukan sudah dijual paling tidak 5 tahun setelah penemuan harusnya bisa produksi massal di Indonesia, kalau seperti ini kan jadi dibuat kaget karena tiba-tiba banyak produsen kendaraan menjual mobil full electric sedangkan dulu sistem hybrid hanya untuk kalangan menengah ke atas harganya dan infrastruktur yg belum cukup memadai utk kendaraan listrik jadi mobil full electric di jaman ini cukup buat dalam kota dulu pemakaiannya atau yg butuh perjalanan di bawah 6 jam saja. emoticon-Big Grin
Ganti baterai 300 juta.. setiap 10 tahun..

Siap Nabung 30 juta setahun atau 2,5 juta sebulan
Invest beli emas 2 gram tiap sebulan.. dari penghematan BBM..

Berdoa semoga teknologi baterai makin maju.. bisa lebih murah di 10 tahun ke depan... mungkin 50-100 jt masih wajar..
Diubah oleh esmaniez
Secara hitungan pemakaian konsumsi bahan bakar dengan listrik memang lebih irit kendaraan listrik tapi investasi untuk kendaraanya masih relatif mahal, belum tau juga tentang maintenance nya nanti seperti apa, akankah lebih murah kendaraan listrik atau kendaraan bahan bakar minyak.
Harga baterai nya 40% dari harga mobil barunya , batrainya setelah melewati 1000 x pengecasan paling tidak harus kudu di ganti ,...
Mobil kaya gitu paling tidak kapasitas listrik di rumah harus diatas 1800 Watt ,
Itu mobil bukan untuk kaum mending mending...
profile-picture
llumarpluit memberi reputasi
Menurut ane murah gan, kalo perbandingan dengan mobil berbahan bakar bensin. Selain dari maintenance, mungkin dari harga mobil itu juga relatif mahal dibanding mobil yg berbahan bakar bensin. Optimis kedepan pengguna mobil di Indo, mampu membeli mobil listrik.
Kendalany di kapasitas ame umur battery. Utk negeri +62,pemakaian dalam kota masih ok,cm kendala Stasiun Pengisian Bahan bakar Listrik(SPBL) yg support fast charging blm bnyk dan menyebar,macet(kalau ke luar kota aplg musim mudik) ame banjir.
jauh sebelum era sekarang ini, gw 20 tahun lalu udah punya mobil listrik gan..

namanya Magnum Saber.. joss buat ngebut..
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Dibanding bensin bisa 15kilo per 1liter, kalo jarak 191,4km berarti butuh 12,76 liter pertalite=Rp.97.614..
Berarti bisa lebih irit 50%.. kalo dalam 1 tahun pengeluaran 15 jt mobil bensin berarti 7,5jt lebih irit dengan mobil listrik.. dalam 5 tahun Rp.37.500.000 , belum bisa buat ganti modul batre, kecuali dalam 5 thn kedepan batre sudah murah..

Seandainya mobil bensin ada tehnologi 1liter bisa nempuh 30kilo, maka lebih masuk akal beli mobil bensin saja , dan seandainya Pertalite tidak naik hrgnya

Tpi memang 10 dan 20 thn lagi minyak fosil akan habis dan mau gak mau pindah ke listrik atau minyak nabati/cpo dengan dieselnya
Ane suka bentuk bodinya
Post ini telah dihapus
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di