KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Balita Ini Tewas Digigit Ibunya, Sang Ibu Terkena Postpartum Depression? Apa Itu?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62bcd3a0b824a873932c0f66/balita-ini-tewas-digigit-ibunya-sang-ibu-terkena-postpartum-depression-apa-itu

Balita Ini Tewas Digigit Ibunya, Sang Ibu Terkena Postpartum Depression? Apa Itu?

Balita Ini Tewas Digigit Ibunya, Sang Ibu Terkena Postpartum Depression? Apa Itu?

Seorang ibu berinisial NA (27) tega membunuh bayinya yang baru berusia 3-4 bulan. Warga desa Rasabou, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima itu telah merenggut nyawa anaknya sendiri dengan cara digigit.

Balita berjenis kelamin perempuan tersebut telah menjadi korban kekerasan ibunya sendiri. Akibat penganiayaan itu bayi tersebut mengalami luka-luka bekas gigitan di pipi bagian kiri kanan, di hidung dan di tangan kiri hingga meninggal.

Kasus pembunuhan itu terjadi diketahui ketika beberapa warga yang sedang asyik mengobrol tiba-tiba didatangi seorang ibu yang memberikan informasi bahwa telah terjadi penganiayaan dan meminta untuk segera diperiksa.

Balita Ini Tewas Digigit Ibunya, Sang Ibu Terkena Postpartum Depression? Apa Itu?

Sampai di lokasi TKP, para warga tersebut sudah mendapati bayi terbujur kaku dan ditutupi kain batik. Di sampingnya sang ayah tengah menangis histeris sementara ibu korban berdiri di depan kamar sambil menggendong anaknya yang lain.

Ketika ditanya oleh warga, pelaku hanya menjawab tidak tahu apa-apa dengan ekspresi wajah kebingungan. Polisi yang datang ke TKP langsung mengamankan pelaku dan membawa jasad bayi tersebut ke PKM Bolo untuk divisum.

Diduga pelaku mengalami depresi dan beberapa kali pernah kesurupan.

Balita Ini Tewas Digigit Ibunya, Sang Ibu Terkena Postpartum Depression? Apa Itu?

Perjuangan seorang ibu ketika mengandung sudah tak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Perumpamaan ibu yang sedang hamil seperti sedang membawa beban berat dalam perutnya. Tak terbayangkan bagaimana rasa lelah yang kerap dirasakannya.

Seorang wanita yang tengah hamil perasaannya sangat sensitif sekali. Ia bisa saja tiba-tiba menangis tanpa tahu penyebabnya. Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormon yang bisa berpengaruh terhadap mood sang ibu.

Oleh karena itu, kehadiran suami begitu penting pada masa-masa kehamilan istrinya. Hal ini membuat perasaan nyaman tersendiri bagi seorang wanita karena dirinya merasa tidak berjuang sendiri. Suami harus menjadi orang yang paling siaga ketika dalam fase ini, harus selalu ada dalam keadaan apapun.

Balita Ini Tewas Digigit Ibunya, Sang Ibu Terkena Postpartum Depression? Apa Itu?

Tidak hanya sampai di situ saja, ketika seorang istri akan melahirkan maka dukungan dan motivasi dari keluarga patut diberikan. Sebab di waktu ini, istri sedang berjuang mempertaruhkan nyawanya. Perlu energi ekstra dan sangat butuh kekuatan luar biasa saat proses melahirkan berlangsung.

Setelah melahirkan pun, istri tetap harus diberikan support agar tidak terjadi stress berkepanjangan. Rasa lelah, letih dan kepenatan akan selalu hadir saat ia mulai merawat bayinya. Perubahan aktivitas yang semula nampak tidak terlalu padat kini dengan hadirnya seorang anak maka semua akan berubah.

Istri tak lagi hanya memikirkan suaminya saja namun juga sang anak. Porsi istirahat yang berkurang, tidur yang tak lagi pulas, makan yang kadang terlupakan, lelah yang kerap hadir kapanpun menjadi faktor sang ibu mengalami depresi hingga terjadinya baby blues atau sampai fase postpartum depression.

Balita Ini Tewas Digigit Ibunya, Sang Ibu Terkena Postpartum Depression? Apa Itu?

Apa itu postpartum depression?

Postpartum depression adalah masalah kesehatan mental setelah melahirkan yang berpengaruh pada perilaku dan kesehatan fisik ibu.

Keadaan postpartum depression tidaklah sama dengan baby blues. Jika baby blues terjadi pada beberapa hari hingga dua minggu setelah melahirkan maka postpartum depression lebih bisa lebih parah dengan waktu yang lama yakni 3-6 bulan.

Balita Ini Tewas Digigit Ibunya, Sang Ibu Terkena Postpartum Depression? Apa Itu?

Setelah melahirkan, kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh ibu akan turun drastis. Hal ini menyebabkan perubahan kimia di otak yang memicu terjadinya perubahan suasana hati.

Adapun gejala yang dialami pada pengidap postpartum depression di antaranya :

1. Mudah cepat lelah, tersinggung dan cepat marah

2. Menangis terus menerus

3. Merasa selalu gelisah tanpa alasan yang jelas

4. Suasana hati menurun drastis

5. Sulit berpikir jernih dan tidak konsentrasi


Sumber :

Ulasan pribadi

1

2

Gambar : Google
profile-picture
orangemonkey memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Duhhh hrus bnar2 dikasih motivasi bagi ibu melahirkan
profile-picture
embuhbanget memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Pada fase ini, ibu mengalami perubahan hormon
profile-picture
cahlenong memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
itu sering terjadi pada ibu muda tanpa sadar. peran suami mmg penting dalam pengawasan. emoticon-Jempol
profile-picture
Rendz92 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Akibat kerjaan irt yg terus menerus tanpa me time emoticon-Frown kesian babyny
profile-picture
nitawskidd memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kenapa ndak gigit tytyd suamimu wahai anak muda
profile-picture
nitawskidd memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Ibunya gendong anaknya yg lain? Berarti anak yg 1nya msh kecil jg dong. Itulah pentingnya kasih jeda yg agak jauh dr 1 anak ke anak selanjutnya, jgn terlalu cepat beranak pinak, biar menghindari hal2 kyk bgni.

Ini penyakit emang bahaya bgt, temen ane istrinya meninggal gara2 penyakit ini.
profile-picture
nitawskidd memberi reputasi
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 14 balasan
ibu drpd gigit anaknya mending gigit teether anaknya aja bu emoticon-Ngakak
profile-picture
caerbannogrbbt memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
solusinya sewa rahim
eh boleh gak sih disini?
profile-picture
maroonia memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
wait what??????


Quote:

profile-picture
hvzalf memberi reputasi
Diubah oleh greasemonkey09
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
Dan terjadi lagiii, kisah bayi yg meninggal oleh ibunya
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kesehatan mental, diam2 menghanyutkan. Seseorang yang diam bisa jadi pembunuh berdarah dingin untuk orang lain atau dirinya sendiri. Tanpa sadar. Itupun bukan psikopat.

Berikan selalu semangat kepada orang lain.
profile-picture
caerbannogrbbt memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mental illness serem gan
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
emoticon-Turut Berduka
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
Masih ada aja yg mikir kesurupan

Apa disono masih kurang edukasi apa gimana?
Jelas2 itu baby blues
Lah wong yg suami standby aja masih rawan BB kok
apalagi yg misal suaminya kerja di luar kota, di rumah sendirian
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
apakah ini yang dinamakan baby blues,
profile-picture
chakim memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Bentar lagi alesan :

BaBy bLuEs

Bilang aja ga siap berbocah emoticon-Cape d...
Kalo ga siap punya anak jgn beranak deh, anak ga bisa milih mau lahir di mana, eh begitu lahir malah apes kek gini emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
Soekarti memberi reputasi
Diubah oleh wen12691
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Butuh pendampingan keluarga dan suami....
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Emaknya jadi zombie 😱
profile-picture
caerbannogrbbt memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
beda lagi sama baby blues?
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 5


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di