KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
#SemuaBisaKena Pidana, Yuk Jaga Ucapan Biar Tidak Tersangkut Kasus Penghinaan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62bba4bc1872cb47e7217be7/semuabisakena-pidana-yuk-jaga-ucapan-biar-tidak-tersangkut-kasus-penghinaan

#SemuaBisaKena Pidana, Yuk Jaga Ucapan Biar Tidak Tersangkut Kasus Penghinaan

#SemuaBisaKena Pidana, Yuk Jaga Ucapan Biar Tidak Tersangkut Kasus Penghinaan
Trending tagar #SemuaBisaKena, dampak kabar akan disahkannya RKUHP dalam waktu dekat


Media sosial tengah trending dengan tagar #SemuaBisaKena. Tagar yang muncul sebagai bentuk suara masyarakat yang masih mempertanyakan tentang kabar akan disahkannya RKUHP atau Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana.

Banyak masyarakat yang menuntut transparansi terhadap susunan serta isi dari draft RKUHP yang akan disahkan, dan juga menolak beberapa pasal karet yang jika disahkan akan membahayakan dan merugikan kelompok tertentu yang berseberangan dengan pemerintah.

Sampai saat ini belum diketahui seperti apa RUU KUHP yang akan disahkan, karena memang masih dalam tahap penyusunan dan penyempurnaan.

Tetapi yang menjadi sorotan dari banyak orang adalah tentang Undang-undang ITE yang disebut sebagai pasal karet dan juga pasal penghinaan terhadap penguasa umum yang dikhawatirkan akan menjadi pasal yang membungkam suara rakyat dalam bentuk kritikan terhadap kinerja pemerintah.

Adapun kekhawatiran jika RKUHP tetap akan disahkan, banyak rakyat yang akan tersangkut dengan pasal-pasal tersebut yang pada akhirnya #SemuaBisaKena pidana sebagaimana tagar yang sedang trending di media sosial.


#SemuaBisaKena Pidana, Yuk Jaga Ucapan Biar Tidak Tersangkut Kasus Penghinaan


Membahas tentang pasal penghinaan terhadap Presiden yang dikabarkan tercantum dalam RKUHP dan bagi pelaku yang melanggar pasal tersebut dapat dikenakan sanksi hukum penjara 5 tahun penjara, tentu menuntut Agan Sista untuk lebih berhati-hati.

Kali ini TS tidak ingin membahas lebih jauh tentang pasal-pasal yang masih menjadi rancangan dan belum tahu kapan akan disahkan melainkan ingin mengulas tentang perbedaan mengkritik dan menghina.

Berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kritik memiliki arti kecaman atau tanggapan yang disertai dengan uraian-uraian pertimbangan baik dan buruk terhadap suatu hasil karya, pendapat, dan sebagainya. Jadi mengkritik adalah sebuah tindakan memberikan tanggapan terhadap hasil karya, dan kinerja dengan pertimbangan baik dan buruknya.

Adapun hinaan sendiri menurut KBBI memiliki arti merendahkan, mencaci maki, atau merendahkan kedudukan.

Dari kedua kata yang memiliki perbedaan makna tetapi ada kemiripan sifat tersebut tentu kita harus lebih paham lagi GanSis, apa yang membedakan dari keduanya.

Adapun perbedaan antara kritik dan hinaan adalah dari cara penyampaian dan tujuan GanSis, jika kritik diberikan untuk memberikan tanggapan berisi masukan dan pertimbangan baik buruk, sedangkan hinaan diberikan tanpa memperhatikan baik buruk melainkan hanya memiliki tujuan untuk merendahkan dan mencaci maki.


#SemuaBisaKena Pidana, Yuk Jaga Ucapan Biar Tidak Tersangkut Kasus Penghinaan


Setelah mengetahui makna mengkritik dan menghina lengkap dengan perbedaannya, maka apakah Agan Sista masih akan tetap menolak jika ada pasal undang-undang yang memberikan sanksi kepada orang yang menghina pemerintah atau Presiden?

TS pribadi sangat menentang yang namanya sebuah penghinaan GanSis, entah itu ditujukan kepada siapapun dan dengan jabatan apapun.

Penghinaan bukanlah sebuah tindakan atau perilaku yang baik, jadi siapapun korbannya harus dibela GanSis. Jika Presiden mendapatkan hak untuk mendapatkan nama baik dan dibela dari penghinaan, maka masyarakat juga harus mendapatkan yang sama jika mendapat penghinaan.

Oke, mudah-mudahan kita semua dapat menjaga ucapan agar tidak tersangkut kasus penghinaan, karena akan lebih baik jika kita semua mengurus kehinaan masing-masing dan memperbaiki diri agar lebih baik.


#SemuaBisaKena Pidana, Yuk Jaga Ucapan Biar Tidak Tersangkut Kasus Penghinaan


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
profile-picture
GakTauApaan memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
emoticon-Matabelo jaga ucapan itu lebih baik
profile-picture
Soekarti memberi reputasi
emoticon-Cape d... diam adalah emas, berkata yang baik adalah berlian
profile-picture
Soekarti memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
emoticon-Ngakak susahnya kalau ngomong sama temen yang baperan, dikritik eeeh dikira menghina
profile-picture
mr.guoblok memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Klo ane merasa ga seneng sm trid ini bisa ane laporkan berarti ya emoticon-Leh Uga

Perasaan org yg abstrak dilindungi oleh negara emoticon-Big Grin emoticon-Ngacir
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
Benar gan, tarik napas sebelum bertindak

profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
Untung teesnya ga beveraan gak kaya temennya..
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
Quote:

emoticon-Ngakak la iya, gimana coba kalau yang dikritik baper

Quote:

emoticon-Matabelo jangan lupa hembuskan ga, kalau ditarik doang sesak napas nanti

Quote:

emoticon-Ngakak la iya, untung ane b aja
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 13 balasan
emoticon-Matabelo gak cuma yang mau memberi kritik yang harus paham makna kritik, yang dikritik juga harus paham apa artinya kritik biar gak salah paham
profile-picture
Soekarti memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Kena uu ite ya gan, padahal awalnya tujuan utama uu ini utk keamanan transaksi online emoticon-Leh Uga


Quote:

profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Penjara penuh sesak klo bgni mah.
profile-picture
impromptuparent memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
bakal penuh ni penjara emoticon-Shutup


yang korupsi pada gimana kabarnya yaaa..... emoticon-Malu aman kah? emoticon-Ngacir
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Gampang terguncang. Itu sebab
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
jadi kek bocah aja lama2, dikit2 ngadu, dikit2 ngadu emoticon-Ngakak
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:

emoticon-Ngakak jangan bahas yang korupsi, udah dipotong hukumannya

Quote:

emoticon-Matabelo nah, terguncang

Quote:

emoticon-Matabelo ya gimana ya
profile-picture
blezzernet memberi reputasi
anti hina hina club emoticon-Cool berarti joko ini udah paling suci dan gak hina emoticon-Angkat Beer hidup cebi emoticon-Angkat Beer hidup cebi dikritik gw gak perduli tetep mau gw lu hina gw (pemerintah)?? GW LIBAS LU ANJING emoticon-Mad: the real tyrant emoticon-Cool

menjadi orba dengan gaya 2020 emoticon-Cool
profile-picture
pakedongotak memberi reputasi
Diubah oleh blezzernet
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 13 balasan
Kalau jelata mudah kena, kalau si penista agama roy suryo maling panci dekat dgn mantan presiden aman, pelapor pun ditolak berkasnya mas emoticon-Smilie

Jelas2 sudah turut menyebarkan sambil ketawa ketiwi bilang lucu memuji si pengedit kreatif emoticon-Tai
#SemuaBisaKena Pidana, Yuk Jaga Ucapan Biar Tidak Tersangkut Kasus Penghinaan
profile-picture
.bindexee. memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Post ini telah dihapus
untung emak bapak udah ngajarin untuk tidak menghina, karena saya juga masih banyak salah jauh dari sempurna. kalo tidak suka mending diem daripada menghina.
profile-picture
Soekarti memberi reputasi
knp informasi transaksi dan elektronik jd bwt masalah kasus gini ya?
sedangkan masalah transaksi online/elektronik malah nguap gitu aja emoticon-cystg
Opini ane blm berubah, utk saat ini lebih mendesak utk memperbaiki kinerja dan wibawa institusi "penegak hukum"

Bkn hukumnya.

Hukumnya sebagus apapun kalau institusi penegak hukumnya tdk mendapatkan kepercayaan dr masy., hukum nanti cm jd menakutkan dan bkn mendamaikan hati masy.

Sebaliknya, kl para penegak hukum itu dipercaya dan tampil berwibawa di mata masy, niscaya negara akan aman.
profile-picture
nubiwriter memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di