
Quote:
Original Posted By dikamaru►Ane motor kopling buat harian malahan, meski cuma piksen yang penting enjoy karna ane tinggiin stangnya dan dikasih box. Udah dari 2010 sejak punya thunder pakenya motor laki. Sebelumnya sering pinjem suzuki TRS punya sodara.
Ada matic namek tapi lebih sering dipake sama bini dan feelingnya beda aja.
Quote:
Original Posted By sp4rknvmm►dan ane pecinta motor kopling dari pertama punya motor sampe sekarang
belajar motor waktu pertama itu ada baik nya lansung kopling jangan metik ataupun bebek.. klo uda bisa kopling mau bawa bebek, metik, apapun itu dijamin gaspol...
bener deh ngga ada yang ngalahin asik nya pake motor kopling, apa lagi model sport fairing.. tarikan nya memang ngga instant, stop n go nya ngga se enak metik ato bebek, tapi klo soal manufer, tarikan tengah atas beehh cakep.. soal pegel? ah klo uda biasa juga ngga berasa lah pegel nya, ane bolak balik tempat kerja pake model sport fairing yang nunduk fine fine aja si..
cuma yaa itu, jelek nya motor kopling/batangan dari segi utilities nya jelek banget.. susah bawa barang, susah bonceng orang.. klo buat pake sendiri sih ciamik

Quote:
Original Posted By blezzernet►dulu... katanya motor kopling lebih awet daripada gear semi otomatis... skrg katanya motor matic lebih awet daripada semi otomatis... gw rasa salah.. motor kopling paling awet mesinnya terbukti RX-k masih berkeliran di jalanan ibukota.. disusul bebek kopling dari suzuki yaitu satria FU

dah lah akui aja emang system kopling itu perpindahannya paling baik dan paling "tahan lama" untuk umur mesin

Quote:
Original Posted By gushastoko►Gak tau kenapa lebih suka kopling. Apa karena body motor gede dan saya badannya gede juga wkwkwkwk.
Tp ya pegel koplingan mulu klo lagi macet, mending macet berhenti ini merayap wkwkwk. Klo udah begini mendiing naik matik aja deh hehehehhe
Quote:
Original Posted By aioyups►Kalo suka jalan jauh sih jelas lebih enak moge kopling ya lbh anteng dan stabil badan ga cape.
Tp klo jaraknya cuma sekitaran 10-20km entah knp motor kopling malah bikin capek.
Jd wajarlah klo moge kopling ga ada matinye beda ama bebek yg mulai ditinggal krn digerus matic.

Quote:
Original Posted By don7ing►apapun sepeda-motornya yang penting bukanlah sekuter-matic
ane mantan joki harian verza, kawasnini superkips, ninja250, sekarang fulltime bebek kopling sentrifugal.
Quote:
Original Posted By autumnfairy►Iya betul, yg beli motor kopling pasti kebanyakan cuma emang orang yg hobi.
Sama kyk gw juga nolak pindah ke mobil matic, padahal sekarang jauh lebih murah dan irit ketimbang mobil manual, tapi gw tetep ngotot di manual karena gw hobi nyetir.
Quote:
Original Posted By anakpenakut►motor kopling kalau buat jalan jauh paling enak, tapi kalau buat kerja ttp beralih ke matic

Quote:
Original Posted By gudgudgud3kali►Umur 27 thn baru belajar naik motor kopling gegara kepincut ama cb150x,
Bener bener nol pengalaman pas naikin ni motor,
Tinggi ya rata rata org indo, jadi pas naik ni motor otomatis jinjit, untung nya udahh punya pengalaman mainin kopling mobil manual, paling nggak ngerti lah gimana konsep naikin kendaraan manual
Tapi emang butuh penyesuaian pas naik turunin gigi sama ngerem/megang kopling, dari sma sampek kuliah dan kerja cuma pernah naik motor matic doang, bapak juga motornya matic gk pernah di ajarin cara naikin motor kopling,
Pengalaman pas pertama naik cb150x terus pelan pelan ngelepas kopling sampek motor jalan masih grogi dan nervous tapi begitu dah ganti gigi 2,3,dst, wah enak banget, bikin nagih pokoknya,
Dan sampai sekarang klo buat harian lebih milih naik cb daripada metic vario, lebih seru aja gk bosenin pas muter muter
Quote:
Original Posted By bernardpoohbern►judul tritnya salah gan. Pada prinsipnya semua transmisi kendaraan itu pake kopling. Mungkin maksudnya antara otomatis, semi otomatis, dan manual (full kopling tangan/kaki).
Cuma bermaksud mencerahkan supaya bangsa ini tidak terjerumus semakin dalam ke dalam pengertian yg salah.
Banyak hal lain di bidang teknologi yg dalam istilahnya masih banyak orang yg salah paham. Seperti storage HP dan laptop yg masih banyak disebut memory oleh banyak orang indo. Padahal memory itu tepatnya merujuk ke RAM bukan storage.
Kondisi ini diperparah dengan brosur yg beredar di toko2 hp/laptop yg menulis memory internal padahal seharusnya internal storage.
Dan pedagangnya juga kadang nggak paham juga.

Quote:
Original Posted By Swararuri►Praktis, hemat bahan bakar, perawatan mudah, cepat akselerasi. Pilihan..........
Bisa bawa galon, panci somay, gerobak bakso, ojek.
Kebutuhan.........
Quote:
Original Posted By uselesstrash►bener kalo yg make motor kopling pake ban profil gede, lebih safety dan menambah top speed. Realitanya malah banyak dijalanan pake motor kopling dg ban cacing, knalpot brisik, tapi larinya ga seberapa...
Quote:
Original Posted By agunsaja►mungkin kedepannya gak ada produksi motor combustion engine lagi gan.. udah listrik semua.. motor listrik berkopling pun kemungkinan untuk moge listrik aja yg fungsinya mereduksi putaran agar tidak terlalu agresif krn sifat atau karakteristik motor listrik itu spontan sekali putarannya agar tidak membahayakan..
dan sepertinya jika menggunakan kata2 kopling atau non kopling saat ini sepertinya kurang tepat gan.. karena motor matic pun sebenarnya menggunakan kopling namun dengan konstruksi yang berbeda tidak seperti pada kopling konvensional..
Quote:
Original Posted By AirFie►Motor atau kendaraan transmisi manual lebih ke "total kontrol". Jadi si pengendara harus belajar untuk benar2 menguasai kendaraannya.
Karena ada aja orang males +mendang-mending, akhirnya muncul motor semi-auto (bebek) & full auto (matik). Fasilitas yg membuat orang mengesampingkan keahlian berkendara, yg penting sekali plintir gas jalan.
Ada perbedaan jelas dari akselerasi antara manual & otomatis. Manual langsung terasa loncatan tarikannya, sedangkan otomatis ngeden dulu sampai dicapai rpm tertentu baru narik.
Satu lagi soal engine brake, manual lebih terasa hentakkannya, karena bisa loncat gigi rendah. Sedangkan otomatis hentakkannya halus sebagai mana dia akselerasi halus, dan linear-nya.
Yg membuat motor stabil & lincah di kecepatan adalah panjang wheelbase. Semakin panjang semakin stabil tapi tidak lincah untuk bermanuver, begitu juga sebaliknya.
Quote:
Original Posted By anto2310►Ane pilih motor kopling biar ga bisa dipinjem buat beli galon sama gas lpg

Quote:
Original Posted By VanBowie►enak buat jarak jauh gak pegel

Quote:
Original Posted By widya poetra►
Dulu ane waktu bocah belajar kopling pake CB-100 punyanya om ane
![Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!]()
ilustrasi
Sayang udah ilang
padahal mayan motor klasik

Quote:
Original Posted By vhitriani►pastinya lebih safety dibandingkan matic, kenapa tuh?
1. punya engine break sebagai penambah daya rem ketika rem kurang mumpuni melahap daya laju motor
2. kaki kaki pastinya lebih kokoh karena daya redam besar dibandingkan motor kecil
3. ketika terjadi tabrakan, biasanya motor akan mati karena kopling tidak tertarik, beda dengan matic yang lebih sering glosor masih bergerak gasnya.
Quote:
Original Posted By yudi97►Honda gl pro neotech haaadiiirrrrrrrrr
Quote:
Original Posted By tottorotooot►Dari dulu belajar motor ampe sekarang pake manual terus. Dulu bahkan ga mau pindah dari 2 tak ke 4 tak, karena lebi berasa tarikan dan manuver lebih enak karena titik beratnya seimbang, dan engine brake minim.
Sekarang buat harian kerja masih pake manual, cari yg murmer aja walaupun kurang seneng jenisnya yg sport, ane lebih seneng standar turing atau standar cruiser.
Dah ga suka kebut2an, dah ga berani juga, apalagi sekarang, masih penyembuhan mental gara2 berbulan2 kondisi jalan licin, motor nilep terus pas belok kanan, ketauan dah lama ada beberapa yg kudu diganti, terakhir ganti laher komstir, tapi tetep butuh waktu percaya ama motor ama jalan lagi.
Quote:
Original Posted By m.a.m.u►emang enak sih kalo motor kopling kalo knalpotnya racing

tapi paling males kalo udah macet

Quote:
Original Posted By sedarahsexxyz►sama aja,
mau kopling or ngga, gw terima,
yg ga gw terima adalah,
bawa motor, spion ada, tapi ga digunain,
malah ditutup,
bhangsat yg kaya gitu
Quote:
Original Posted By xmmmmx►suspensi motor kopling lebih nyaman dan tidak bikin mules karena ukuran ban dan rangkanya yang juga lebih besar. Motor bebek juga enak suspensinya tetapi tangki bensinya lebih besar banget motor kopling jadi bisa jarak jauh tanpa sering isi bensin, 1 tangki 12 liter, motor 150 cc, motor kopling bisa tempuh jarak hampir 300 km, kecepatan suka-suka asal aman buat kita dan pengguna jalan lain. Cocok buat jalanan yang makin lama tidak mulus.
kalau motor matic enakan buat ke pasar dan santai dekat-dekat saja.
Quote:
Original Posted By awan.kegelapan►banyak orang kere duit pas-pasan cuma punya 1 motor, motor kopling fairing lagi.. udah tau kantornya pada jauh, mstinya ganti motor ama yg praktis, matic misalnya.. dasar emang pengen dibilang keren aja ama orang-orang, biar dikira adaan, gengsi..! ujung2nya ga kepake tu motor, ngejagrak di ruang tamu, mubadzir jadinya.. ke kantor pilih naik kendaraan umum
yg bener tuh klo mo hobi siapin dana lebih, tau diri aja, punya 1 matic buat harian, ga nyusahin diri sendiri
Quote:
Original Posted By mangdodog►Udah gak kuat bre..
Ane udah tua udah gak kuat ngebut ngebutan pake motor kopling. .
Ane dibonceng naek sepeda family muter muter halaman kelurahan aja pulangnya badan langsung meriang..

Quote:
Original Posted By andhikap1102►Tempat ane pegunungan...
orang tinggal sini pake bebek atau motor kopling, yg pake matik cm orang datang wisata
Quote:
Original Posted By john..wick►pakai motor kopling emng seru
Quote:
Original Posted By faransiscus►semua bebek bukannya termasuk motor kopling juga yak om? tapi kopling otomatis..bahkan bebek sekarang yg cc 150an juga sudah pake kopling manual kalo ga salah...mungkin yang membedakan adalah feel ridingnya sama ergonominya antara bebek dengan yang batangan,..menurut ane salah satu nikmatnya motor kopling yg batangan itu ya di feel riding nya soalnya posisi jok nya cukup tinggi dan enak di bawah riding jauh, tapi kalo performa ga beda jauh sih sama bebek 150 cc an sekarang yg dah kopling manual secara mesin 11/12 sama yg batangan beda konfigurasi aja...
kekurangannya motor batangan ya tempat penyimpanan nya yang tidak luas, semoga saja ada motor batangan 250cc atau 150 cc yg model tangkinya kaya honda nc750x yg bisa naro helm di tangki, kalo ad sih ga pikir panjang bakal gw beli...
Quote:
Original Posted By nadnos►KARENA DESAINNYA GAGAH
sudah karena itu aja. Coba lihat matic yg gede2 itu desainya kayak cewek Gembrot! Mana bisa buat cuci mata?? Nanti kalo ada matic yg langsing kaya motor kopling, barulah motor kopling akan menghilang dengan sendirinya
Quote:
Original Posted By thefathony►Ane jatuh cinta dari belajar motor kopling pake supra xx karena kendali torsi sepenuhnya ada di tangan gan
Quote:
Original Posted By babangpg►gw mah ngantuk brey klo gak pake motor kopling. cuman narik gas doang klo matic mah
Quote:
Original Posted By servesiwi►Pespa jadi saksi bisu

Quote:
Original Posted By Ultramen.T►Asli asik banget lo mainan kopling ini gans, kalau di tempat macet sih memang jadinya agak menjengkelkan, tapi kalau diluar kota nikmat banget dah jadinya
Quote:
Original Posted By sitinfront26►apalagi kalau pinang yg merk ini gan, real nyari masalah🤭 bengkelnya udh banyak tutup dimana-mana. Tapi yaaa gmn namanya udh suka, bodoamat😂

Quote:
Original Posted By TuanLi►ada yang bilang sih sepeda motor sejati ya ber kopling nanual
Quote:
Original Posted By pulaukapok►Vespa sprint 76 termasuk Ndak?
Ane belajar motor naik inih Vespa
...