KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62bb99e591d9835ec063a954/inilah-alasan-motor-kopling-masih-diterima-masyarakat-matic-moge-minggir-dulu

Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!

Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!

Di Indonesia sekarang, kalau saya perhatikan segmen pemakai motor terbesar terbagi menjadi 3. Saya sebutkan berdasarkan urutan pemakai terbanyak dulu ya, dimulai dari; pemakai motor matic, pemakai motor bebek, dan pemakai motor kopling.

Dari ketiganya motor koplinglah sepertinya penjualannya terkecil dibanding matic dan bebek yang penjualannya selalu bersinar dan disambut hangat oleh pecintanya dan selalu ditunggu kehadirannya mulai anak bocil baru bisa naik motor, pekerja, emak-emak, sampai kakek nenek.

Pertanyaannya sekarang adalah kenapa pasar motor kopling the real moge hingga detik ini seolah tidak tergerus oleh matic dan bebek? Padahal kita tahu belajar dan naik motor kopling itu termasuk susah dan "lebih tidak praktis" dibanding motor lain.

Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!

FAKTA. Yang jarang orang sadari adalah naik motor kopling untuk melatih dan menguji kesabaran untuk tidak ngebut secara instant, tapi begitu melesat akan meninggalkan semua.

Sekarang kita lihat peminat motor bebek yang semakin sedikit, penjualan mulai lesu karena menurut saya sudah tidak seramai dulu, konsumen sudah bosan dan bebek semakin minim inovasi. Melihat ada tawaran yang lebih fresh dan praktis tinggal gas dan rem maka matic kini menjadi idola baru.

Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!

Kembali ke motor kopling atau batangan, semua pasti setuju akselerasinya motor kopling berbeda. Semua motor memang bisa diajak ngebut, tapi ngebut pake motor kopling itu asiknya beda, sensasinya beda, kalau lagi iseng bisa 'bleyer-bleyer' mainin knalpot dan bergaya ala pebalap internasional.

Soal perawatan dan keawetan motor kopling harian lebih minim perawatan dan partnya murah, karena diameter ban yang lebih besar, profil ban lebih lebar maka ketika melibas jalan keriting lebih nyaman akan lebih tahan lama juga karena rotasi ban dan rantai jadi lebih sedikit, engine brake dan spontanitas gas yang mantap, minim getaran dan badak. Kalau motor bebek atau matic pasti bergetar semuanya, harus pelan saat melewati jalan rusak ataupun polisi tidur.

Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!

Kelebihan motor kopling dibanding motor lain semakin kencang akan semakin enak di kecepatan tinggi, tampilan sangat manly dan sporty, karena profil bannya lebih lebar dengan body lebih besar maka akan lebih stabil meski bertemu di jalan basah dan di tikungan, untuk perjalanan jauh pastinya lebih menyenangkan.

Dari banyaknya kelebihan dimotor kopling tantangan dan kesulitan yang dihadapi adalah kita tidak bisa memakai motor kopling hanya dengan satu tangan, harus oper gigi untuk mendapat akselerasi lebih baik, karena berbobot dan berdimensi lebih besar ketika bertemu kemacetan membuat pengemudinya cepat lelah (tangan kiri cepat pegal karena jadi sering memainkan kopling, sulit manuver di celah sempit, jalan yang sering stop and go membuat kaki terasa panas karena berada di dekat mesin), ekstra sabar karena sering didahului motor lain yang dimensinya lebih kecil dan lincah ditempat sempit.

Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!

Menurut saya orang yang membeli motor kopling biasanya memang pecinta motor sejati dan kemungkinan dia juga punya motor kedua, entah motor bebek atau motor matic sebagai pemakaian hariannya. Jadi sepertinya kehadiran motor kopling masih lebih panjang dari keberadaan motor bebek yang sempat menjadi idola era 90an seperti halnya motor matic sekarang ini.

Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!

Dimasa depan mungkin motor kopling akan tetap ada dan diproduksi meski secara angka tidak besar, tujuannya adalah untuk menjaga pasar, menunjukkan produsen pernah dan bisa membuat motor kopling yang modern dimasanya dan kelak menjadi barang koleksi pecinta motor batangan sejati. Setuju?


Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!

Sebuah opini
Img. Gugel


Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!
Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!
Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
profile-picture
rassakhiy memberi reputasi
Diubah oleh iskrim
Halaman 1 dari 7
Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:



...
profile-picture
faransiscus memberi reputasi
Diubah oleh iskrim
Anak jalanan emoticon-Matabelo
profile-picture
servesiwi memberi reputasi
Buat touring ke luar kota sih oke,
Lebih stabil, lebih irit, dan kapasitas tangki nya besar.

Buat harian PP ke tempat kerja yang tiada hari tanpa macet, pegel...!!
emoticon-Ngakak
profile-picture
agusn6778 memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Dari motor kopling Anda akan :

- sabar, karena menyelaraskan putaran gas dan posisi gigi itu nggak sembarangan.
- sporty... Gansist akan terlihat unik.. nggak semua orang suka dan mampu menggunakan kendaraan begini.

Kendaraan begini masih banyak penggemarnya...

Enak diajak jalanan lurus, trabasan pake trail, santai pakai Vespa tua, old skool pake Royal Enfield klasik, atau mau Kenceng pake Bandit 400....

" Rasa" itu tidaklah ada pada motor CVT manapun.

emoticon-Angkat Beer
profile-picture
agusn6778 memberi reputasi
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 14 balasan
pengguna motor kopling hadir om emoticon-Request


kopling adalah jalan ninjaku emoticon-Ngakak (S)
dah kebiasaan pake kopling sejak belajar motor pertama kali, ampe sekarang enakan kopling laaah

emoticon-Cool
profile-picture
jiresh memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
klo ngomongin real moge motor kopling, di eropa sana sebenernya juga sama aja, yg laku matic yg kecil sampai besar, yg beli moge sport biasanya yg emang hobi motor
alasannya krn walau lebih murah dr di indo, harga mode disana jg dianggap mahal, bisa beli mobil duitnya. jd orang sana pilih mobil selain lebih aman. juga krn disana negaranya dingin jd naik matic lebih praktis krn banyak heater aksesoris yg bs dipasang di motor utk menghangatkan badan
profile-picture
jiresh memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Salam blayer bro.
profile-picture
iskrim memberi reputasi
ane cari yg simple-simple aja deh gan. yg mana aja boleh yang penting ga nyusahin dijalan. emoticon-Leh Uga
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Temen aing, biasa bawa motor naked kwk 250,dipakai harian dia cerita tiap tahun ganti ban.

Wajar sih, tiap hari dipakai kerja, akhir minggu dipakai outting.
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Pengguna kopling hadir


profile-picture
iskrim memberi reputasi
Quote:


Suhu Otomotif @jlamp komen donk om

nambahin aja sebagai pengguna motor seprot buat harian

alasan gw kenapa pilih motor kopling

1. Full/Total Control, tidak seperti matic yang "pasrah" bae

2. Banyak sistem remnya, enggak sekadar dua rem depan dan belakang, Kopling dan Engine Break itu juga bisa berfungsi sebagai rem sebelum benar2 pakai remnya, ditambah lagi di beberapa motor juga dilengkapi ABS

3. Double Throttle atau apalah namanya gw lupa, gak seperti motor2 metic kebanyakan, motor seprot biasanya sudah punya Throttle 2 arah, jadi masih terkait nomor 2, membantu sistem pengereman, selain bisa ditarik untuk jalan, bisa juga didorong untuk menurunkan putaran mesin yang artinya juga menurunkan kecepatan

jadi kalau ngerem mendadak, enggak nyungsep macam metic, sekali ngerem mendadak itu udah kayak ngeluarin combo di game fighting

engine break dengan throttle down, gear shift, teken kopling, injak rem belakang, pencet rem depan, dan terakhir ABS kalau ada (CMIIW ya, ini combo gw, kalau salah mohon para suhu koreksi)

kalau metic biasanya ciwi2 kaget langsung pencet rem kanan kiri ala naik sepeda, dalam kecepatan menengah dan kencang udah auto ndlosor di aspal, gak ada angin ga ada ujan aja bisa ndlosor

4. Body Motor lebih besar, beserta Bannya juga lebih lebar, menghasilkan kestabilan yang lebih tinggi dibanding motor2 matic krempeng macam embit, tp klo sekelas NMax & XMax ya gk begitu beda jauh lah ya soal kestabilan

pengalaman gw pakai motor bebek yg gak jauh beda dengan matic ukurannya, itu entah sudah berapa banyak celana gw robek dan luka permanen yang membekas di tangan dan lutut gw hahaha

setelah gw ganti ke motor seprot, alhamdulillah motor gw banyak lecetnya tp bukan karena jatoh, dilecetin sama orang di berbagai parkiran -_-

karena gw gk pernah jatoh, meskipun secara fisik gw lagi menderita skoliosis dan pelvic tilts alias "cacat fisik", jadi ngendarain motornya miring2 geje, tp selama gw berkendara di jalan yang penuh dinamika orang2 goblok dan kontur jalanan yang nyaris bikin gw celaka, gw tetap bisa ngontrol jauh lebih baik dibanding saat gw mengendarai bebek/moped, apalagi kalau semua tulang2 di badan gw masih sehat dan normal

terutama saat pengereman, salah satu alasan gw berkali2 jatoh saat naik bebek itu karena sering banget terjadi brake lock dan slip

meanwhile motor seprot gw sekarang meskipun blom dilengkapi ABS enggak pernah terjadi brake lock, pernah terjadi sekali itupun gw rasa karena kurang maintenance aja tapi gk jatuh tuh, masih bisa gw kontrol

nah, motor bebek atau metic krempeng itu juga pasti lebih oleng ketika di tikungan, apalagi klo ada pasir beuh, makanya gw beberapa kali slip dan jatoh ketika belok


jadi kalau kata TS yang make motor kopling itu karena pecinta motor itu benar, tapi kalau saya sendiri bukan cuma itu, selain pecinta motor saya juga pecinta keselamatan dan ketertiban dalam berkendara

karena faktanya banyak pemakai motor kopling terutama yang seprot2 itu goblok, mereka beli motor itu simply karena hobi atau pingin keren semata, makanya penampilannya dan gaya berkendaranya enggak mencerminkan sebagai orang yg peduli keselamatan,

yang gak pakai helm atau pakai tapi helm abal tp motornya dimodif + knalpot aftermarket kw

yang spion dilipet atau bahkan dicopot seperti yang baru viral

yang sign lamp depan diganti model tempel, yang sign lamp belakang diganti tipe mini atau bahkan dicopot beserta dudukan platnya juga

yang boro2 pake riding gear lengkap dan berkualitas seperti jaket dengan windshield, shoulder, chest, back dan elbow protector dan sarung tangan dengan protector, ini malah pake sendal jepit, celana pendek sama kaos doank tp motoran ke jalan besar
profile-picture
hojosenpai861 memberi reputasi
Diubah oleh KyraAltair
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
kangen pake motor kopling emoticon-Mewek
skrnag karna fungsionalitas jd pake matic dulu emoticon-Leh Uga
profile-picture
iskrim memberi reputasi
4 bulan lalu ane baru minang CBR 150 , alasan utama beli ini ya karena dulu pas zaman abg pengen beli ini ngga kesampaianemoticon-Leh Uga
setelah 11 tahun pake supra bapak akhirnya motor ganti juga ke CBR ya walau tahun produksinya sama (CBR 150 ane versi tahun 2011 yg masih cbu thailand)
Pas kumpul" kenalan sekolah , ada yg komentar ngapain beli motor kopling gue udah cape dari zaman sma pake motor kopling,
(Ane dalam hati bergumam iyalah pantek elu-elu pas zaman sma bapaknya tajir" gue doang yg pake motor supra(ini juga giliran kalo bpk gue mau pake) , yg lain pake satria fu, atau vxion)
Spoiler for penampakan cbr kehujanan :

Buat riding sendiri & jauh emang mantep kalo pake motor sport, beda lagi ya kalo boncengan mening pake bebek atau metik deh ..
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Diubah oleh mubafirs
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
susah belajr motor kopling apa blajar mobil ya gan...?
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 13 balasan
Siap gan... wkwk emoticon-Big Grin
profile-picture
iskrim memberi reputasi
karena motogp ga pake matic emoticon-Bingung
profile-picture
mubafirs memberi reputasi
Sampai sekarang, kenapa ga ada motor dengan transmisi bebek atau matic dengan tampilan sporty?
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Diubah oleh emineminna
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
Eneg gw liat trend matic gedong

Intiny mah "matic" emoticon-fuck3

Gk ush ngarep bnyk
Dsr indon emoticon-Cape d...
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Dari ketiga segmen sepeda motor yg disebutkan TS, alhamdulillah ane pernah punya semua... Tiga2nya punya kelebihan & kekurangan masing2
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 7


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di