KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Pro Kontra Pemuda Bacok Tetangga karena Menghina Orang Tua, Apakah Dibenarkan?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62ba4174944bc41f6a3f76a5/pro-kontra-pemuda-bacok-tetangga-karena-menghina-orang-tua-apakah-dibenarkan

Pro Kontra Pemuda Bacok Tetangga karena Menghina Orang Tua, Apakah Dibenarkan?

Pro Kontra Pemuda Bacok Tetangga karena Menghina Orang Tua, Apakah Dibenarkan?
Heboh seorang pemuda bacok tetangga karena menghina orang tuanya, apakah ini dibenarkan?
Mengundang pro kontra dari warganet


Media sosial tengah dihebohkan dengan beredarnya kabar seorang pemuda bernama Anton Hartono, berusia 25 tahun asal Dusun Sumurputat, Desa Katerban, Nganjuk yang membacok tetangganya sendiri bernama Mohammad Bayu Alriyatsyah (18 tahun).

Adapun alasan pelaku Anton Hartono membacok korban Mohammad Bayu adalah karena merasa dendam dan kesal karena Mohammad Bayu seringkali menghina orang tua pelaku dengan hinaan yang tidak baik.

Pelaku membacok korban menggunakan celurit, dan akibat bacokan tersebut korban mengalami beberapa luka di jari tangan, bahu kiri, dan dada kiri.

Atas tindakan yang dilakukannya pelaku dilaporkan oleh keluarga korban ke kantor Polisi.

Sejauh ini pelaku telah diamankan di Polres Nganjuk, dan dikabarkan secara langsung oleh Kasatreskrim Polres Nganjuk AKP I Gusti Agung, bahwa pelaku dikenakan pasal 351 ayat 1 KUHP dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.


Pro Kontra Pemuda Bacok Tetangga karena Menghina Orang Tua, Apakah Dibenarkan?


Beredarnya kabar tersebut di media sosial mendapatkan banyak respon dan perhatian dari warganet GanSis.

Muncul pro kontra di tengah masyarakat yang membenarkan dan menyalahkan apa yang dilakukan oleh pelaku pembacokan yaitu Anton Hartono.

Banyak warganet yang berpendapat bahwa apa yang dilakukan oleh pelaku sudah tepat, karena saat orang tua apa lagi seorang ibu dihina atau dilecehkan oleh orang lain maka sudah sepantasnya sebagai seorang anak melakukan pembelaan demi menjaga harga diri keluarga.

Namun, banyak juga netizen yang merasa bahwa cara yang dilakukan oleh pelaku bukan cara yang tepat dalam menyelesaikan masalah apapun itu sumber permasalahannya GanSis, sebab meskipun niat hati ingin melakukan pembelaan kepada orang tua tetapi dilakukan dengan cara yang tidak baik atau kriminal maka pelaku tetap akan mendapatkan sanski sebagaimana hukum yang berlaku.

Tentu perbedaan pendapat di tengah warganet tersebut menurut TS sangat wajar GanSis, pasalnya memang seperti itulah yang harus dilakukan ketika orang tua diremehkan, direndahkan, atau dijadikan bahan olok-olokan oleh orang sekitar.

Sebagai seorang anak harus melakukan pembelaan demi menjaga harga diri keluarga, pastinya dengan cara yang baik dan benar tanpa melakukan tindakan kriminal yang akhirnya hanya akan mengusahkan diri sendiri.

Melakukan tindakan kriminalitas dengan alasan membela nama baik orang tua, mungkin terlihat dibenarkan, tetapi pastinya ini tetap salah karena tidak semua masalah dapat diselesaikan dengan cara kekerasan.

Akan sangat lebih baik jika ada kasus pelecehan atau orang tua direndahkan, sebagai seorang anak menegur langsung orang yang bersikap tidak baik dan kalau mereka masih tetap melakukan hal tersebut maka bisa menuntut dengan pencemaran nama baik atau tindakan tidak menyenangkan. Dengan begitu Agan Sista tidak perlu tersangkut kasus hukum dan menjadi tersangka.


Pro Kontra Pemuda Bacok Tetangga karena Menghina Orang Tua, Apakah Dibenarkan?


Itulah tadi GanSis pelajar baik yang bisa diambil dari kejadian pemuda bacok tetangga karena menghina orang tua yang sedang menghebohkan media sosial.

Ingat, meskipun Agan Sista memiliki niat baik jika dilakukan dengan cara yang salah atau tidak benar, maka akan menjadi tindakan yang tidak baik.

Berbuatlah baik dengan cara yang baik dan benar karena itulah perbuatan baik yang sebenarnya.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa Agan Sista ambil.


Pro Kontra Pemuda Bacok Tetangga karena Menghina Orang Tua, Apakah Dibenarkan?


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
Referensi
disini

profile-picture
Swararuri memberi reputasi
Halaman 1 dari 13
emoticon-Cape d... niatnya baik tapi caranya salah
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
emoticon-Matabelo tapi kayaknya gak adil kalau pelaku pembacokan dipenjara tapi pelaku penghinaan tidak
profile-picture
dewimetal memberi reputasi
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 13 balasan
emoticon-Matabelo laporin balik aja
profile-picture
pilotugal2an541 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
misal ni semua dikembalikan dengan satu kalimal seperti ini "semua memang sudah takdir, apapun yang terjadi memang sudah kehendak Nya" udah selesai.
profile-picture
teo121 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Quote:


mungkin saat jaman jahiliyah cara seperti ini paling pas
profile-picture
pilotugal2an541 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Padahal sehari hari juga ngelawan sama ortunya
Sekarang sok sok membela
Mnurut ane bukan kaya bgitu cara mbela ortu
profile-picture
teo121 memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Harus nya diselesaikan di Ring Hollywings biar dapat adsense

profile-picture
oxca memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Quote:

emoticon-Matabelo ya gak bisa begitu lah

Quote:

emoticon-Matabelo bisa jadi

Quote:

emoticon-Matabelo iya gan

Quote:

emoticon-Ngakak bener
profile-picture
pablo168 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Susah, karena tetangga

Tetangga seharusnya kenal sudah lama

Terbiasa dengan tabiat yg bagi orang awam

Ga biasa dan menyakitkan hati.

Contoh ane punya kawan lama orang lampung

Ane sering bantu dia pas susah bahkan

Pinjamkan dia motor untuk pakai 1 minggu.

Pas motor ane mogok dan dia baru beli motor

Ane minta tolong antar ke toko aki, karena mogok tadi

Dia jawab: "emang gue pikirin sambil ketawa dan pergi"

Karena kenal lama ane memaklumi

Dan paham juga,karakter orang lampung asli memang begitu

Kalau lagi ogah nolong biarpun kawan lama

Ya menolak dengan sadis tanpa ada rasa sungkan

emoticon-Ngakak
Lihat 30 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 30 balasan
emoticon-Cape d... harusnya jangan gitu caranya kalau orang tua direndahkan
profile-picture
annisamutiara02 memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
mungkin ni bocah ditunjuk jadi panitia qurban, jadi sekalian buat latihan
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
emoticon-Ngakak goblok, gak gitu caranya membela orang tua, namanya itu malah menyengsarakan orang tua
profile-picture
shotgunBlues memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
emoticon-Cape deeehh harusnya mikir dulu sebelum bertindak, dampaknya apa, resikonya gimana
profile-picture
caangkakaleng memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
logikanya sih boleh membela orang tua yang di Hina, tapi jangan di bacok dulu kalau belum kepepet
profile-picture
sherrifpedro memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Saya dukung aja emoticon-Belgia

Yang penting ada DP nya emoticon-Belgia


Edit
Ternyata ini lonje emoticon-Malu
profile-picture
jiresh memberi reputasi
Diubah oleh cryingbrutal
Quote:


Sumbu pendek goblok. Pasti gak jauh jauh dari kaum itu itu juga. Kalau tidak mau hidup terikat hukum dan peraturan, silahkan tinggal di negara yg masih menganut paham honour killing.
profile-picture
abdullahrian89 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Lu sekolah yg bener, cari kerja yg bagus dan jadi mapan. Itu cara yg tepat untuk membela orang tua lu. Yakinlah klw udah begitu gk da yg berani menghina orang tua lu lagi.
profile-picture
jiresh memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
sidang lah... yang menghina yang kena pidana
profile-picture
gomamon. memberi reputasi
Kalau sampai main bacok pasti kesabaran si anton udah habis. Yang artinya si bayu gak bisa diajarin kalau cuma pake mulut. Dan mungkin orang tua bayu juga tau tapi ngebiarin anaknya begitu. Soalnya tetangga masa gatau kelakuan anaknya sih. Tapi Anton paten lah udah melaksanakan tugasnya sebagai anak
profile-picture
Mandalorian memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
orang tua harus dibela, apalagi sudah berani menghina emoticon-Cool
profile-picture
sherrifpedro memberi reputasi
Halaman 1 dari 13


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di