KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
'Mata Kucing' yang Jarang Orang Ketahui Manfaatnya (Sering Kelindas?)
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62b82f9e4338087e43131f36/mata-kucing-yang-jarang-orang-ketahui-manfaatnya-sering-kelindas

'Mata Kucing' yang Jarang Orang Ketahui Manfaatnya (Sering Kelindas?)

'Mata Kucing' yang Jarang Orang Ketahui Manfaatnya (Sering Kelindas?)

'Mata kucing' atau paku jalan sebagaimana namanya adalah memberikan efek pantulan bila tersorot cahaya lampu kendaraan, memang sangat berguna bagi pengendara yang tengah melintas dijalan yang minim penerangan jalan.

Mata kucing yang paling sering kita temui ada 3 jenis dan bentuk; segi empat, tiang, dan bulat. Ketiganya di ciptakan dengan harapan memiliki fungsi yang maksimal sesuai dengan kondisi jalan dan dipasang sesuai dengan pertimbangan maksimal untuk hal keselamatan berkendara.

Seperti Glass Stud atau kita sebut dengan bola (membulat) mata kucing, sering kita temui biasanya tertanam cukup dalam dan berjejer mengikuti arah tepi garis bahu jalan atau pemisah jalur 2 arah.

'Mata Kucing' yang Jarang Orang Ketahui Manfaatnya (Sering Kelindas?)

Glass Stud memiliki kelebihan dapat memantulkan cahaya dari berbagai sudut pandang pengemudi, sehingga paling aman digunakan untuk petunjuk jalan untuk menunjang keselamatan dalam berkendara terutama saat cuaca berkabut dan malam hari. Glass Stud sangat cocok digunakan pada jalan yang memiliki banyak belokan ataupun jalan yang memiliki persimpangan sebidang (tapi bukan jalan tol).

Bentuk Glass stud sebenarnya hanya separuh bulat, selebihnya berbentuk tabung pendek dan kecil tujuannya adalah agar dapat tertanam dengan baik dan kuat karena sering menerima benturan ban. Selain Glass stud yang memiliki standar reflektif, ada juga jenis yang didalamnya sudah tertanam led dengan bantuan tenaga surya mini sehingga cahayanya lebih terang dan jangkauan penglihatan bagi pengemudi pun jadi sangat baik.

'Mata Kucing' yang Jarang Orang Ketahui Manfaatnya (Sering Kelindas?)

Ketiga jenis mata kucing tadi selain menjadi penunjuk jalan tapi juga memberi efek kejut berulang-ulang agar pengendara segera tersadar bila sudah melewati batas aman jalan yang dia lewati. Kita seharusnya sangat bangga dan berterimakasih pada Percy Shaw sang penemu 'mata kucing' jalan ini karena telah membantu dan menyelamatkan kita dari malapetaka dijalan saat minim penglihatan dan minim cahaya.

Dulu kecilnya saya era 90an dimana didaerah saya sedang dibangun proyek jalan tembus provinsi sering iseng dengan sengaja melindasnya dengan ban sepeda saya. Saya dan teman-teman secara bergantian melindas dan bermanuver zig-zag diantara Glass Stud dan Cone pembatas jalan. Tapi ya gitu, kalau lagi apes melintasi Glass Stud ban sepeda kita bisa saja meleset dan sepeda jadi seperti terhuyung, kita pun nyaris terjatuh tapi anehnya terus saja mengulanginya.


'Mata Kucing' yang Jarang Orang Ketahui Manfaatnya (Sering Kelindas?)

Sebuah opini
Ref. tkp
Img. Gugel


'Mata Kucing' yang Jarang Orang Ketahui Manfaatnya (Sering Kelindas?)
'Mata Kucing' yang Jarang Orang Ketahui Manfaatnya (Sering Kelindas?)
Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

profile-picture
hsk31 memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
GIF

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:



...

profile-picture
jiresh memberi reputasi
Diubah oleh iskrim
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Licin oe kalau kena tekanan ban motor yg terlalu keras
profile-picture
jiresh memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
dipasang di jalan tol berguna banget ini
profile-picture
cricked memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Ane pernah tuh kepleset pas hujan turun gara-gara ini mata kucing 🐈
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Meong ....
profile-picture
provocator3301 memberi reputasi
Bola2 DragonBall
Hemat tanpa penerangan lampu jalan.
Yg suka gelap gelapan nggak nyasar
Kalau Nyasar yg jadi kambing hitam dunia lain
emoticon-Bettyemoticon-Bettyemoticon-Bettyemoticon-Betty
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Diubah oleh meimeiput
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Dulu nginjek beginian bocor ban aneee, sial emang emoticon-Hammer2
profile-picture
provocator3301 memberi reputasi
Wah thanks gan artikelnya.. ini emang sangat bermanfaat fungsinya... tp kadang suka jengkel... selip pake motor hati2 lah pokoknya... hehehe
Sering pecah dilindes mesin giling pas lagi nambel jalan
profile-picture
jiresh memberi reputasi
oh itu namanya.
dimari byk yg ilang gituannya emoticon-Big Grin
Baru tau, ini namanya mata kucing
profile-picture
kusmaniak memberi reputasi
jujur sih baru tahu saya kalau itu dinamakan mata kucing..
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Nice info gan. Thanks
mmm ...mata kucing ya ..,padahal lebih mirip rumah sandy cheeks ...emoticon-Big Grin

profile-picture
syahri.o.nymous memberi reputasi
Licin kalo kna ban motor
Lebih baik marka jalan pakai cat fosfor saja,kalo mata kucing sering diambil orang
profile-picture
jiresh memberi reputasi
Baru tau namanya mata kucing, kirain batu akik.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Hah mata koecing...................
'Mata Kucing' yang Jarang Orang Ketahui Manfaatnya (Sering Kelindas?)
emoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kiss
profile-picture
jiresh memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di