KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / Militer dan Kepolisian /
Drone Kamikaze Ukraina Menyerang Kilang Minyak Rusia, Untungnya Tidak Ada Korban Jiwa
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62b471e1dbde630ede228711/drone-kamikaze-ukraina-menyerang-kilang-minyak-rusia-untungnya-tidak-ada-korban-jiwa

Drone Kamikaze Ukraina Menyerang Kilang Minyak Rusia, Untungnya Tidak Ada Korban Jiwa

Quote:


Pamor drone Kamikaze alias suicide drone di palagan konflik Rusia-Ukraina memang kurang terdengar, pasalnya Ukraiana lebih sering memakai drone TB2 buatan Turki sementara Rusia menerjunkan drone Forpost buatan lokal. Keduanya tentu bukan tipe drone Kamikaze.

Mengutip artikel TheDrive.com pada hari Rabu (22/06/2022) kilang minyak Rusia telah diserang suicide drone Ukraina, kejadian itu terjadi sekitar pukul 08:40 dan 09:23 pagi waktu setempat di Novoshakhtinsk, wilayah Rostov yang perbatasan dengan Ukraina. Vasily Golubev, gubernur wilayah Rostov Rusia, mengkonfirmasi insiden tersebut, mengatakan bahwa pecahan dari dua drone telah ditemukan di kilang minyak, tetapi ia mengatakan bahwa tidak ada yang terluka. Saat ini operasional kilang minyak telah dihentikan untuk sementara.

Dari foto dan video yang beredar, tampak drone yang dimaksud tidak begitu jelas penampakannya karena gambar diambil dari jarak jauh. Dengan begitu cukup sulit untuk menentukan drone jenis apa yang digunakan. Jika kita melihat etalase milik Ukraina, maka tidak ada kemiripan desain dengan drone kamikaze yang digunakan dalam serangan pada hari Rabu tersebut.

Quote:


Menurut analis militer Pakde H I Sutton drone Kamikaze Ukraina punya desain ekor kembar horizontal di bagian belakang dengan dua ekor berbentuk vertikal di setiap sisinya. Dan drone yang cocok dengan ilustrasi tersebut adalah AeroRozvidka Lviv, drone buatan lokal yang diperkenalkan pada tahun 2015 untuk kalangan sipil. Desainnya kecil dan dapat diluncurkan dengan tangan. Masih sulit untuk memastikan apakah kedua drone sama, tetapi tampaknya drone yang baru-baru ini digunakan lebih besar. Namun kemiripannya jelas; entah itu kebetulan atau tidak.

Sementara TheDrive.com memberikan penjelasan nyleneh jika drone yang dipakai adalah drone buatan China yang sudah dimodifikasi. Drone yang dimaksud adalah Skyeye 5000 mm yang tersedia di Alibaba. Secara khusus, bentuk sirip ekor pada drone Skyeye tampaknya cocok dengan bentuk sirip ekor drone yang digunakan Ukraina. Drone tersebut dijual dengan harga antara US$5.000 dan US$10.000 di situs tersebut. Untuk spesifikasinya adalah sebagai berikut:


Quote:


Penggunaan drone Ukraina memberikan cara efektif yang terbatas untuk menyerang target di wilayah Rusia. Sementara variasi drone yang lebih baik yang saat ini memasuki layanan dengan pasukan Ukraina, beberapa adalah tipe drone Barat, dan beberapa lainnya adalah tipe quad-rotor sipil yang dimodifikasi secara lokal.

Terlepas dari jenis drone apa yang digunakan Ukraina, serangan baru-baru ini memperkuat fakta bahwa kita saat ini telah memasuki era perang baru di mana senjata standoff (yang dikendalikan dari jarak jauh) tersedia untuk hampir semua orang. Bahkan kita bisa memodifikasi drone yang dijual untuk kalangan sipil untuk keperluan perang. Harga yang murah serta semakin beragamnya jenis drone yang dipilih adalah dua alasan mengapa penggunaan standoff weapons semakin digemari, baik dari kalangan milisi sampai level tentara pro.


Quote:




Referensi Tulisan: TheDrive.com & hisutton.com
Sumber Foto: sudah tertera di atas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Drone Kamikaze Ukraina Menyerang Kilang Minyak Rusia, Untungnya Tidak Ada Korban Jiwa



Drone Kamikaze Ukraina Menyerang Kilang Minyak Rusia, Untungnya Tidak Ada Korban Jiwa

Pakai drone buatan sendiri atau buatan China ? Bagaimana menurut agan ? emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gepyan dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Nyerang kilang minyak kok kelihatannya pengecut banget ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Weks, bs sejauh itu ya jarak jangkauan pasukan drone bunuh diri nya yg buatan lokal..... Pasukan pro kiev...... Mantap jg taktik nya, gan.......
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh yoseful
Kok bisa jauh gitu jangkauannya kl versi sipil, dan kenapa bisa lolos juga dr pengamatan pasukan Rusia.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 4 lainnya memberi reputasi
Quote:


... Now everyone can Bomb (by drone)!
profile-picture
69banditos memberi reputasi
bukan [Peoples drones] PD-1/2 UAS ...itu Acoustic signalnya kenceng banget bre ...emoticon-Big Grin
jd ,ada kmungkinan drone versi china di-MODS ...cm ,tu kan ga otonom tp pake remotecontrol yg jarak 10km max ...pnasaran jg siapa & dmana lokasi pilotnya ...emoticon-Big Grin

Drone Kamikaze Ukraina Menyerang Kilang Minyak Rusia, Untungnya Tidak Ada Korban Jiwa

profile-picture
69banditos memberi reputasi
Cintailah produk lokal. Salut untuk Rusia bisa.
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Perangnya udah mulai menggunakan drone, tapi kenapa sangat sulit diantisipasi ya, apakah memang memiliki tekhnologi kamuflase sehingga sulit untuk di deteksi oleh radar. Semakin ngeri ya, kedepan perangnya adalah perang para robot dengan tekhnologi canggih.
profile-picture
69banditos memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
bisa dijadikan alasan seretnya supply gas dan minyak ke eropa karena diserang ukraina
profile-picture
afterimage90 memberi reputasi
Quote:


gak juga sih gan, dalam perang/konflik menyerang aset penting milik musuh memang sudah lumrah terjadi. seperti Rusia yang juga menyerang pabrik baja Ukraina, cmiiw.


Quote:


kemungkinan pakai drone buatan China yang dimodifikasi gan


Quote:


kemungkinan dikendalikan dari jarak 10 km melalui remote control gan, mengingat lokasinya gak jauh dari perbatasan. cmiiw


Quote:


drone merubah segalanya ya gan


Quote:


setuju gan, kemungkinan besar itu drone buatan China yang dimodifikasi. dalam perang memang harus kreatif emoticon-Big Grin


Quote:


bukan juga sih gan, tergantung lokasi dan target yang diserang. dalam kasus kali ini drone kemungkinan dikendalikan dari jarak 5-10 km dari lokasi kejadian gan. karena lokasinya ada di perbatasan kedua negara, kemungkinan kilang minyak ini tak dijaga dengan baik. cmiiw.



Quote:


Rusia pemasok gas utama Eropa, siap-siap putar keran gas atas serangan kali ini gan, cmiiw
profile-picture
69banditos memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
drone bisa merubah jalannya perang gan emoticon-Big Grin

walau itu drone sipil, tapi klo di optimalkan hasilnya lumayan juga
Gw agk bingung
Perangny d Ukraina

Nah brarti tuh pnyusup msuk k wilayah Rusia donk
Apa dket border Rusia


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di