KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
The Passion of The Christ, Film Kontroversial yang dicap Sebagai Anti-Yahudi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62b44cab2f0738338c41fdbf/the-passion-of-the-christ-film-kontroversial-yang-dicap-sebagai-anti-yahudi

The Passion of The Christ, Film Kontroversial yang dicap Sebagai Anti-Yahudi

The Passion of The Christ, Film Kontroversial yang dicap Sebagai Anti-Yahudi

Pada tahun 2004 atau 18 tahun yang lalu film The Passion of The Christ dirilis, film garapan sutradara Mel Gibson tersebut menjadi film kristiani paling kontroversial sepanjang masa karena menuai kehebohan di sana-sini, mulai dari penggambaran visual yang amat sadis, sampai dengan kritikan dari segi keakuratan sejarah dan Alkitabiah.

The Passion of the Christ adalah film religi yang didasarkan pada Alkitab dengan mengambil sumber dari Injil Markus, Matius, Lukas, dan Yohanes. Mengisahkan 12 jam terakhir kehidupan sampai Ia disalibkan dan ditutup dengan kebangkitan. Film ini masuk dalam salah satu film berating restricted terlaris sepanjang masa. Film dibuka ketika Yesus berdoa di Taman Getsemani bersama para muridNya dan kemudian ditangkap oleh pasukan Romawi yang datang bersama dengan para petinggi Yahudi.

Dikritik Sekaligus dipuji
The Passion of The Christ, Film Kontroversial yang dicap Sebagai Anti-Yahudi

Harus diakui, secara visual dan sinematografi film ini memang patut diacungi jempol dan tak sedikit penonton berkata serasa kembali dan masuk ke Yudea di abad pertama, apalagi film ini menggunakan Bahasa Ibrani sebagai dialognya. Yesus diperankan oleh Jim Caviezel yang seorang atheis dan masuk kristen setelah dirinya memerankan perannya tersebut.

Pujian yang diberikan pada film ini juga sebanding dengan cacian dan kritik karena ratingnya di forum-forum online tidak terlalu besar. Alasannya karena film ini dianggap terlalu mengumbar darah dan hanya memanfaatkan agama semata. Sedangkan kelompok lain menyebut film ini tidaklah terlalu akurat dan Alkitabiah. Para pembela film ini menyebut kalau mau lebih Alkibiah ya mending nonton visual Bible atau nonton film Yesus versi 1979 yang sering diputar di gereja-gereja di seluruh dunia.

Tuduhan Anti-Semitisme Alias Anti-Yahudi
The Passion of The Christ, Film Kontroversial yang dicap Sebagai Anti-Yahudi
Mel Gibson memproduksi film ini secara independen karena tidak ada studio yang mau membiayai dan memproduksi film The Passion of Christ ini. Salah satunya adalah karena film ini dianggap sebagian orang mengandung unsur anti-semitisme yang kental. Kita tahu kalau dalam Alkitab Yesus ditangkap, disiksa secara brutal, dan dibunuh atas perintah para imam-imam Yahudi saat itu. Dalam film ini para petinggi Yahudi digambarkan sebagai orang yang sangat jahat dan sangan menikmati ketika Yesus disiksa. Dengan demikian dikhawatirkan orang akan menjadi benci terhadap Yahudi setelah menonton film ini.

Padahal, perlu diketahui kalau Yesus sendiri adalah orang Yahudi, pun demikian dengan murid-muridNya. Namun, yang ditekankan di sini adalah mereka Yahudi yang tidak percaya Yesus adalah juru selamat. Ditakutkan orang-orang akan mencap orang Yahudi sebagai pembenci Yesus.

Sementara itu salah seorang kritikus film terkenal yaitu Roger Ebert menganggap tuduhan antisemit itu tidak benar. Menurut sebagian lainnya menganggap kalau penggambaran penyiksaan Yesus oleh para tentara Romawi atas desakan Yahudi itu memang benar-benar seperti dalam film dan bukan untuk menimbulkan kebencian terhadap orang Yahudi.

Kritikan Atas Kekerasan yang Brutal
The Passion of The Christ, Film Kontroversial yang dicap Sebagai Anti-Yahudi
Di antara film-film tentang penyaliban Yesus, film inilah yang menggambarkannya dengan paling brutal dan eksplisit. Tubuh Yesus penuh luka yang sangat menyiksa dan terus disiksa sampai Ia disalibkan.

The Passion of The Christ, Film Kontroversial yang dicap Sebagai Anti-Yahudi

Film-film lainnya yang dibuat untuk kebutuhan jemaat gereja tidak sebrutal itu dan tidak terlalu eksplisit. Namun, lagi-lagi pihak lain menganggap kalau penyiksaan dalam film ini bisa saja benar-benar sebrutal dengan yang pernah Yesus alami sekitar dua ribu tahun yang lalu.

Sempat dilarang di Malaysia
The Passion of The Christ, Film Kontroversial yang dicap Sebagai Anti-Yahudi
Malaysia yang notabenenya adalah negara mayoritas muslim sempat melarang penayangan film ini namun setelah adanya protes, pemerintah Malaysia mengizinkan film ini tayang dengan catatan mereka yang menonton adalah yang beragama Kristen dan filmnya hanya tayang di bioskop tertentu. Menariknya, film ini laris manis di Mesir yang merupakan negara mayoritas muslim.

Sementara di Indonesia film ini pernah ditayangkan di Bioskop Trans TV beberapa tahun yang lalu saat peringatan Jum'at Agung.

Di Israel film ini tidak dilarang namun tidak ada bioskop yang bersedia menayangkannya karena tidak adanya distributor Israel yang mau menayangkan film ini.


Nah, bagi yang sudah nonton menurut agan gimana nih pendapatnya, baik agan yang beragama Kristen atau pun bukan? emoticon-Leh Uga.

Sumber Referensi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh cintadine
Halaman 1 dari 2
Belum pernah nonton sih filmnya. Di streaming manapun film ini gak ada. emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
jlamp dan cintadine memberi reputasi
Mel Gibson layak dapat bintang

Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalo ada yg bikin foto lucu lucuan ngambil dari film ini ntar bisa dilaporin gak ya kayak yang borobudur emoticon-Bingung
Mel Gibson 11/12 sama Nolan kalau buat film
profile-picture
profile-picture
wolfzmus dan cintadine memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Di Trans TV pernah ditayangin dari awal sampe habis tanpa iklan,tapi tahun kapan itu lupa, dah lama bgt
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Ane dah nonton filmnya, pas Yesus di cambuk ya ampun sedap2 ngilu gitu liatnya darah di mana2, dah gitu kulitnya keliatan ke tarik gitu, ane nontonnya aja pedih + sedih 😭😭. Tp overall filmnya bagus koq. Entah kenapa kontroversial.. Kaya film Davinci Code aja ada kontroversial padahal ane nonton takjub tp gak mikir2 aneh.. emoticon-Hammer2
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
Diubah oleh wolfzmus
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Biasa aja...
Da ane ngga pernah baca alkitab...
Lagian ampe skrg pun para petinggi kristen & katolik ngga ada yg tau isi alkitab yg original...

Ane sih sebagai penikmat film, ok2 aja kok...
profile-picture
ivansatriani142 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Benernya ga anti yahudi, tp anti kaum pharisee atau farisi. Kl di terjemahkan ke jaman sekarang dan di indonesia mgk semacam MUI..

Gmn anti yahudi? org yesus, emaknye, dan pengikut2nya itu yahudi kok..
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
Diubah oleh sibuk.nyaleg
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
The Passion of The Christ, Film Kontroversial yang dicap Sebagai Anti-Yahudi
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
The Passion of The Christ, Film Kontroversial yang dicap Sebagai Anti-Yahudi
Bagus filmnya menggunakan Bahasa Ibrani
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ane dulu liatnya di tv waktu SMP, endingnya idup lagi klo gasalah
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
tiap nonton pasti mual pas adegan penyiksaan..
emoticon-Hammer2
Film bagus nih, actingnya bagus, shot angle bagus, adegan sadisnya keren, kalo dari segi agamanya ane no comment, ane penikmat film bukan mabok agama
profile-picture
apawaal memberi reputasi
Film penanda jumat agung dan hari paskah. emoticon-Ngacir
Ngeri, yahudi bunuh2in nabi2nya
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
bagus nih filmnya
emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
alseven034677 dan provocator3301 memberi reputasi
Gw pernah nonton di TV, asli sadis bgt apalagi pas adegan dicambuk...
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
Diubah oleh provocator3301
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Gemboked...
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di