Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

monstermacAvatar border
TS
monstermac
Penerapan IoT yang Bermanfaat Di dalam Industri Hotel
Adanya teknologi Internet of Things (IoT) memberikan banyak manfaat yang berpengaruh bagi industri perhotelan. Mulai dari pengumpulan data kepuasan konsumen hingga untuk menyelesaikan permintaan secara cepat dan tepat. Untuk itu penting bagi pelaku bisnis perhotelan untuk memanfaatkan keberadaan IoT. 

Sebelum membahas lebih lanjut tentang manfaat IoT bagi dunia perhotelan, mari kita bahas pengertian IoT lebih dahulu. IoT adalah suatu benda-benda perangkat keras yang diintegrasikan ke dalam jaringan internet secara berkesinambungan. Pada dasarnya, IoT bisa mengubah perangkat yang menjadi lebih "hidup", dengan meningkatkan banyak hal. Yakni pada pengumpulan data dan beberapa fitur untuk mengontrol  perangkat dari jarak jauh.

Apa Keuntungannya Bagi Industri Perhotelan?

Pada dasarnya penggunaan IoT pada perhotelan bukan hal yang baru. Saat ini, banyak pemilik hotel yang telah memanfaatkan teknologi ini. Mereka menilai, bahwa IoT bisa memberikan berbagai manfaat yang sangat relevan dengan hotel. Manfaat ini sangat bervariasi, mulai dari memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik, hingga pengurangan biaya operasional.

Berikut ini adalah beberapa contoh bagaimana IoT bisa meningkatkan industri perhotelan :

1. Meningkatkan Produktivitas
Sistem yang otomatis adalah salah satu elemen penting dalam bisnis. Mulai dari perusahaan multinasional hingga bisnis kecil telah memanfaatkan teknologi ini untuk menghemat waktu. Dengan menggunakan teknologi IoT yang serba otomatis, maka Anda bisa membantu karyawan Anda untuk menghemat waktu mereka. Dari situ, tak dipungkiri bahwa motivasi dan efisiensi kerja bisa jadi meningkat.

2. Profil Pelanggan yang Lebih Mendalam
Bagi perusahaan B2C (toko online dan ritel) keberadaan IoT memberikan banyak keuntungan, salah satunya yaitu mengenai informasi pelanggan. Seperti preferensi, rutinitas, pola konsumen, dan pembelanjaan. Jika digunakan pada bidang perhotelan, akan memungkinkan untuk mempelajari lebih mendalam tentang perilaku konsumen, guna mengantisipasi kebutuhan atau menyediakan layanan dan produk yang sesuai dengan latar belakang mereka.
Dengan kata lain, analisis dan kompilasi data sangat penting. Analytics tidak hanya memungkinkan Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara pelanggan berinteraksi dengan teknologi, tetapi juga bisa mendorong integrasi model bisnis yang baru.

3. Pelacakan dan Manajemen Inventaris
Sama seperti industri lain, IoT akan merevolusi cara hotel untuk mengelola dan melacak kebutuhan inventaris. Jika Anda adalah pelaku bisnis yang mengandalkan manufaktur, pergudangan, atau penyimpanan, Anda bisa menggunakan perangkat jarak jauh untuk membantu pekerjaan staff atau memantau kebutuhan inventaris per item.

4. Meningkatkan Keterlibatan Antara Hotel dan Tamu
Dengan IoT, pihak hotel bisa lebih terlibat dengan tamu mereka. Seperti, mengirim rekomendasi secara real-time kepada para tamu yang sesuai dengan preferensi mereka. Misalnya, informasi tentang kafe, tempat wisata terdekat, atau pantai yang ingin mereka kunjungi.


0
263
0
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan