KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Banyak yang Salah Kaprah Spooring dan Balancing, Ini Tanda dam Solusinya!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62b3386e4a51e32bb30aa650/banyak-yang-salah-kaprah-spooring-dan-balancing-ini-tanda-dam-solusinya

Banyak yang Salah Kaprah Spooring dan Balancing, Ini Tanda dan Solusinya!

Banyak yang Salah Kaprah Spooring dan Balancing, Ini Tanda dam Solusinya!

Belum lama ini saya mendengar perdebatan kecil perihal kaki-kaki mobil yang dikeluhkan oleh salasatu teman saya, suatu hari disebuah kedai kopi. Keduanya nama samaran Andrian dan Baja, dimana Andrian mengatakan kalau ban yang nggak center seharusnya di Balancing bukan di Spooring.

Saya yang kebetulan duduk satu meja dengan mereka awalnya juga agak bingung dengan kedua istilah ini karena keduanya bisa dibilang serupa tapi tak sama. Serupa karena sama-sama permasalahan di kaki-kaki, tapi tak samanya adalah proses perbaikannya ada yang sedikit berbeda.

Akhirnya perdebatan dimeja bundar itu bisa diselesaikan dengan saling mencari info di gugel dan (lagi) menambah segelas kopi dan juga sebatang rokok, kami bertiga akhirnya bisa menuntaskan pembicaraan dengan kesepakatan bersama dan berakhir Baja besok pagi harus kebengkel langganannya, untuk Balancing.

"Ban, gw habis ngehajar lobang, bro," katanya diawal pembicaraan dan ditutup dengan kata: "Ok, berarti yang harus gw lakukan adalah Balancing ya, bukan Spooring karena salah satu bannya terlihat miring setelah menghajar lobang". Untung deh, si Baja segera paham dan memantapkan dirinya untuk mem-Balancing ban depan kirinya besok pagi.

Banyak yang Salah Kaprah Spooring dan Balancing, Ini Tanda dam Solusinya!

Hasil nyilum di gugel dikatakan bahwa yang namannya Spooring adalah pekerjaan meluruskan ke empat ban agar semuanya berada pada kedudukan yang sama standar pabrikan. Sedangkan Balancing adalah bagaimana memperbaiki dan menyeimbangkan ke empat ban agar semuanya stabil, memiliki berat yang sama, biasanya akan ditambahkan beberapa timah yang ditempel dibagian velg dibagian ban yang diperlukan. Tuh, kan terdengar serupa tapi tak sama, tapi memang keduanya saling berhubungan.

Lalu tanda-tanda ban diperlukan perbaikan jika ada gejala mobil berjalan tapi kelamaan mobil dominan ke kiri atau kekanan sendiri ketika steer dilepas dijalan yang lurus maka diperlukan yang namanya Spooring, ketika perkir ditempat datar terlihat ada ban yang tidak tegak/menapak sejajar pada tanah, merasakan ada goncangan saat membelokkan steer padahal kondisi jalan rata dan normal.

Jika ada gejala steer bergetar disaat berjalan mulai dari 80km/jam dengan kondisi tangan memegang steer maka pekerjaan Balancing harus dilakukan. Getaran ini disebabkan ada ban yang tidak center dan tidak sejajar dengan ban lainnya.

Tapi untuk hasil terbaik jika kasusnya seperti mobilnya si Baja sebaiknya selain melakukan Balancing tapi juga Spooring agar ke empat bannya kembali center dan normal kembali, terutama saat mobil berjalan dikecepatan diatas 80km/jam.

Ingat, pekerjaan ini harus diserahkan kebengkel karena dibutuhkan alat khsusus dan pengamatan serius agar hasil yang didapatkan presisi. Sedang untuk biaya Spooring tergantung dari jenis mobilnya (sekitar 150-175rb permobilnya) dan 10-30rb/ ban untuk Balancing.


Banyak yang Salah Kaprah Spooring dan Balancing, Ini Tanda dam Solusinya!

Sebuah opini
Ref. tkp1, tkp2
Img. Gugel


Banyak yang Salah Kaprah Spooring dan Balancing, Ini Tanda dam Solusinya!
Banyak yang Salah Kaprah Spooring dan Balancing, Ini Tanda dam Solusinya!
Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Swararuri dan 14 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh iskrim
Halaman 1 dari 2
Banyak yang Salah Kaprah Spooring dan Balancing, Ini Tanda dam Solusinya!
...
profile-picture
provocator3301 memberi reputasi
Nice info gan... emoticon-Jempol
Wahh..ane baru tau nih, makasi gan TS
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Habis ganti shockbreaker (depan) musti spooring jg ya broo?
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Malem bgt om krim ...emoticon-Ngacir
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ball joint juga mas bray, kalo sudah rusak percuma di spooring.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 2 lainnya memberi reputasi
Siapp terimakasij infonya
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ane selalu spooring n balancing di 20rbKM.
profile-picture
jiresh memberi reputasi
kalau di motor ada ga spooring balancing
profile-picture
sherrifpedro memberi reputasi
kalo ibarat motor, balancing itu stel velg kali ya ?
spooring kayaknya asal kata spoor atau kereta
rel kereta kan harus parallel, jadi spooring = paralleling kali ya ?
itulah menurut analisis ngasal ane
emoticon-Hammer2
Diubah oleh raysat3d
kata temen yg anak bengkel, kalo otak ane miring bisa di spuring, bener kagak gan?emoticon-Bingung
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
yes kudu spooring biar ban sejajar, gua pernah liat mobil ban depan nyang atu ke kanan, nyang atu ke kiri.
Spoor itu bukan nya kereta api ya gan? 🤨
Biasanya klo mobil rajin jalan, maksimal 8 bulan sekali wajib spooring & balancing, tp klo mobil jarang dipake minimal 1 tahun sekali wajib spooring & balancing
profile-picture
cungkringoke memberi reputasi
Kalo mau beres semua. Ya sudah spooring balancing. Pasti enak maknyus gak ribet gak pusing mau yg mana. emoticon-Ngakak
profile-picture
jiresh memberi reputasi
makasi infonya
oalah baru tahu ane gans, soalnya biasanya keduanya dijadikan satu jadinya ane kta ya satu pekerjaan yg tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lainnya
Sepaket itu gan,

emoticon-Hammer2
gw mau ganti shock depan mobil krim , cocok nya balancing atau spooring ?
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Spooring ballancing itu tahap akhir, Pastikan dulu kaki kakinya beres gada gludak gluduk
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di