KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Games / Games /
Merayakan Hari Ulang Tahun Jakarta Dengan Memainkan Permainan Tradisional Khas Betawi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62b3129a2f945d2ce45822ea/merayakan-hari-ulang-tahun-jakarta-dengan-memainkan-permainan-tradisional-khas-betawi

Merayakan Hari Ulang Tahun Jakarta Dengan Memainkan Permainan Tradisional Khas Betawi

Halo apa kabar agan dan sista,
Saya harap semuanya sehat sehat selalu.

Pada kali ini saya mencoba untuk menulis beberapa games / permainan yang patut di coba oleh anak - anak di bulan Juni ini.

Tapi games / permainan yang saya bahas ini adalah beberapa permainan tradisional khas daerah Betawi.

Kenapa saya membahas permainan khas dari daerah Betawi, karena pada tanggal 22 Juni 2022 adalah hari ulang tahun Ibukota DKI Jakarta yang ke 495 tahun, sehingga alangkah baiknya untuk kita mengingat kembali beberapa permainan khas daerah ini.

Apalagi untuk mengenalkan permainan tradisional kepada anak - anak zaman sekarang yang hidup di era gadget dan serba instan.

Kita mengajarkan supaya anak tidak monoton terus menerus main gadget, games seperti playstation yang akan membuat anak hanya diam dalam rumah dan tidak berinteraksi dengan teman - teman nya.

Untuk itu saya coba memperkenalkan permainan tradisional khas betawi yaitu :

1. Wak Wak Kung

Arena Bermain :
Luar ruangan

Cara Bermain :
Sebelum permainan dimulai, dua orang yang nantinya akan menjadi induk ayam atau Ulung (elang), mencari anak buah terlebih dahulu. Anak yang jaga seluruhnya berbaris susun ke belakang dan saling memegang pundak masing-masing, lalu mereka beramai-ramai menyanyikan lagu Wak-wak Kung.

2. Tok Kadal
Permainan ini di beberapa daerah disebut kalawadi. Lahir karena anak-anak yang kaget melihat kadal, memukulnya hingga kadal melompat sangat jauh. Kemudian di buat permainan yang menyerupai memukul kadal tadi.

Arena Bermain :
Tanah lapang

Peralatan :
Alat permainannya berupa kayu bulat dan panjang lebih kurang 40 cm dengan diameter 2,5 sampai 3 cm untuk alat pemukul (pengetok), sedangkan untuk alat kadalnya kayu yang panjangnya kira-kira 10 cm. Kemudian dibuat lubang berdiameter sekitar 5 cm atau dua batu bata yang diletakkan sejajar dengan jarak 5 cm. Kayu yang digunakan biasanya adalah kayu nangka atau jenis kayu lain yang kuat.

Cara Bermain :
Permainan dilakukan oleh 2 kelompok. Setelah ketua kelompok (komandan) melakukan undian dengan suit, kelompok yang menang bisa mulai dulu dan yang kalah menjaga. Dilakukan dengan mencongkel kadal dari lubang setinggi dan sejauh-jauhnya. Kalau tertangkap (bal) oleh kelompok yang jaga maka pemain dianggap mati dan dilanjutkan pemain kedua.

Jika tidak tertangkap, Kadal dilempar kepemukul. Kalau kena maka mati. Tapi kalau tidak kena permainan dilanjutkan.
Selanjutnya pemain memukul kadal yang dipegang pada satu tangan sejauh-jauhnya. Kalau tertangkap maka kalah. Jika tidak tertangkap, dilanjutkan dari awal tetapi jarak kadal dari lubang dihitung dengan menggunakan alat pukul. Ukuran panjang alat pukul, nilainya satu. Penilaian selanjutnya dihitung dari jumlah pukulan.

Pukulan sekali nilainya satu kali 10, dan seterusnya kelipatan 10. Kelompok yang mendapat nilai lebih banyak adalah pemenangnya.

3. Gala Asin / Galasin

Arena Bermain :
Tanah lapang

Cara Bermain :
Permainan Gala Asin pada dasarnya hampir sama dengan permainan petak. Kalau permainan petak ada tempat inglo, maka dalam Gala Asin menggunakan galah yang diletakkan di tanah sebagai tanda area “asin”, bebas jaga.

Artinya pemain yang berhasil melintasi galah dinyatakan menang dan tak boleh ditangkap oleh Penjaga.

Gala Asin biasa dimainkan secara beregu baik putra maupun putri, yang terdiri atas 5 orang. Permainan berlangsung selama 2×25 menit dengan istirahat 10 menit. Regu penjaga menempati garis jaganya masing–masing, sedangkan regu penyerang berusaha melewati garis–garis tersebut dengan menghindari dari tangkapan pihak penjaga.

Spoiler for permainan galasin:



4. Petak Umpet

Arena Bermain :
Tempat yang luas dan banyak tempat untuk bersembunyi

Cara Bermain :
Permainan ini dimulai dengan si penjaga menutup matanya sedangkan anak-anak yang lain bersembunyi.

Setelah yang bersembunyi memberi isyarat maka si penjaga mencari. Apabila si penjaga menemukan temannya yang bersembunyi, ia akan berteriak hong, sebaliknya bila yang bersembunyi berhasil mencapai inglo tanpa tertangkap maka ia akan berteriak, inglo, lio, lio.

Spoiler for main petak umpet:


5. Main Karet

Permainan ini dapat ditemukan di sebagian besar  wilayah Betawi, dan pada perkembangannya terdapat berbagai macam variasi permainan. Mayoritas permainan ini dilakukan oleh anak-anak wanita.

Arena Bermain :
Ruang terbuka

Peralatan :
Jalinan karet yang membentuk tali

Cara Bermain :
Pada sasarnya permainan karet ini terbagi dua regu. Dua orang penjaga bertugas memegang jalinan karet dengan ketinggian tertentu, dan regu lawannya berusaha untuk melompati karet tersebut.

Pada dasarnya terdapat beberapa variasi permainan :

a. Karet Lompat

Regu pemasang membentangkan karet dengan urut-urutan ketinggan sebagai berikut :

setinggi dengkul (pelompat tidak boleh menyentuh karet)

pinggang (pelompat tidak boleh menyentuh karet)

-pusar

-pundak

-telinga

-kepala


b.Karet Puter

Permainan dilakukan dengan memutar-mutar jalinan karet, dan pemain harus melompati karet tersebut. Pada permainan ini diperlukan ketangkasan pelompat untuk mengikuti irama putaran karet.

Sebelum bermain ditentukan batasan berapa kali putaran karet yang harus dilompati oleh pemain. Jika gagal sebelum mencapai jumlah putaran yang disepakati, pemain dinyatakan kalah.

c.Karet Yeye

Permainan dilakukan dengan melompati jalinan karet dengan lompatan yang melilit karet dan kemudian pemain harus berusaha melepas lilitan tersebut kembali.

Pemain dinyatakan kalah ketika karet terlepas dari lilitan (pada saat tahap melilit karet), dan ketika karet tidak lepas dari lilitan (pada tahap melepas karet).

Spoiler for permainan main karet:



Demikianlah referensi dari penulis untuk games / permainan yang cocok di mainkan di bulan Juni ketika masa liburan sekolah di mulai.

Kenalkan permainan tradisional ini ke anak-anak dan cucu penerus bangsa, sehingga mereka menjadi tahu dan semakin cinta kepada budaya bangsa Indonesia.
.

Sumber :
1. Opini pribadi
2. sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Zero dan 16 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Avnerhero
Halaman 1 dari 2
Reserved
profile-picture
profile-picture
69banditos dan Rainbow555 memberi reputasi
Diubah oleh Avnerhero
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 16 balasan
Pertamaxemoticon-Goyang
Elah ga jadiemoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
Avnerhero dan 69banditos memberi reputasi
Diubah oleh Rainbow555
Lihat 27 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 27 balasan
Izin dateng meskipun bukan anak kalong emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Avnerhero dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
profile-picture
profile-picture
69banditos dan nona212 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Selamat ulang tahun Jakarta yg ke 495 tahun, wah udah tua juga umurnya yak. Moga ga banjir terus dan bebas dari sampah, macetnya juga semoga makin berkurang.
profile-picture
profile-picture
Rainbow555 dan Avnerhero memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:

Quote:

emoticon-Ultah Semoga sakinah mawadah warohmah
profile-picture
profile-picture
Avnerhero dan 69banditos memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:

siapa yang nikah sik!! Merayakan Hari Ulang Tahun Jakarta Dengan Memainkan Permainan Tradisional Khas Betawi
profile-picture
profile-picture
Avnerhero dan 69banditos memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
maen petak umpet gan. yang jaga terakhir ditinggal pulang ke rumah. wkwkwkwk
profile-picture
Avnerhero memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
game jaman old school ya gan emoticon-Big Grin


Quote:


profile-picture
Avnerhero memberi reputasi
Diubah oleh greasemonkey09
Yg khas betawi mungkin cuma namanya, permainan macam itu ada kok di berbagai daerah cuma beda nama.
profile-picture
Avnerhero memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Wah permainan maaa kecil nihh
profile-picture
Avnerhero memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Tanya dulu sama si somad haram gak permainan2 tersebut

Ttd: kang haram
profile-picture
profile-picture
diabloII dan hendry_88 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalau adu biji karet gan? Gimana?
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
maen kimpoi-kimpoian !!
itu permainan tradisional yg umum di setiap daerah. ga bisa dibilang khas betawi juga sih. tapi ga papa yg penting permainan tradisional
Agree sama di atas ane.. Permainan itu bukanlah khas Betawi. Hampir semua daerah punya permainan setipe itu. Mungkin di Jakarta ada nama spesialnya, namun di daerah lain juga punya nama lainnya.

Misal galasin

Kalau galasin ya memang dikenal di Jakarta. Feeling ane dari asal kata galah dan acin. Acin itu diucapkan pas sudah ending dan anebisa balik ke kotak asal, trus ane biasanya bilang acin tanda sudah game over menang satu sesi. Mungkin dari sana kata galasin.

Di Jawa Tengah, dikenalnya gobak sodor. Berasal dari bahasa Inggris, Go back to door. Dilihat sekilas kan memang kita mainnya kayak melewati pintu demi pintu kan. Berjuang sampai garis belakang. Trus balik kembali ke garis awal. Lewatin hadangan penjaga.

Di Sumatera dikenal namanya galah panjang. Memang kelihatan di tengah arena permainan ada satu garis lurus panjang, membentang vertikal.. Permainan ini juga dikenal di Malaysia, brunei, sebagian thailand. Makanya upin ipin mainkan ini juga..

Aturan permainan mungkin beda beda sedikit. Namun memang permainan ini ada di berbagai daerah di Indonesia, dengan sama tipe tapi beda nama.

Kalau ane merayakan ulang tahun Jakarta dengan jalan2 naik Transjakarta ke Ancol emoticon-Leh Uga
ane nonton doang sambil makan kerak telor
emoticon-Jempol
Post ini telah dihapus
pasti seru ya gan
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di