Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

zeronidasAvatar border
TS
zeronidas
Problematika Mobil KIA Picanto Tidak Bisa Digas, Cek Penyakitnya disini


Disini saya akan sharing tentang mobil saya Picanto MT 2010, ada baiknya saya juga share tentang ini sekedar untuk sharing dan belajar bersama 🤗
Disini saya mungkin akan menceritakan kisah nya sedikit hehehe..


Awal mula, saya akan mengantarkan beberapa barang untuk saya donasikan kepada orang yg tidak mampu seperti pakaian, sembako dll. Setelah sampai tujuan dan ingin kembali kerumah tiba tiba mobil saya terasa tidak ada tenaga saat digas.. saya gaspol pun hanya tetap lemah, saya pinggirkan mobil, saya Oprek sedikit di area sensor TPS dan Idle Speed, tetap tidak ada tenaga saat di gas, mau Oprek sensor CKP tidak bisa Krn berada di bagian bawah area timing belt.


Pada akhirnya mobil saya bawa pulang dengan cara masuk gigi 1 dan buka stengah kopling tanpa di gas, bisa jalan perlahan lahan sampai kerumah. Sampai dirumah, saya panggil mekanik rekomendasi dari orang, mekanik datang dan langsung checkup mobil, mulai dari fuelpump, TPS, Throtlle Body, ISC dan area CKP. Setelah bergelut selama 2 hari, mekanik pun menyerah dan tanpa sebab langsung memvonis ECU rusak, Krn mereka mengklaim tidak bisa scan Krn lampu indikator ECU saat mobil mati setelah mesin dinyalakan.


*Kalo saya pikir, lampu indikator ECU memang tetap tidak nyala saat mesin mobil mati setelah dinyalakan, Krn pengalamannya indikator lampu ECU bermasalah dan tidak mau nyala itu saat kontak on. Bukan saat mesin mobil mati setelah dinyalakan.*

Karena saking penasaran saya beli alat scan dan lampu ECU masih menyala saat kontak on, yg menandakan ECU baik baik saja, lalu saya coba scan dari hasil scan jawabannya *No.Fault di semua sensor, yg artinya semua sensor baik baik saja.

Lalu karena masih awam soal mesin, saya panggil mekanik yg memang khusus dan bisa mengerjakan masalah di mobil lansiran Korea. Mekanik pun datang, langsung checkup seperti mekanik 1, dari mulai fuelpump, sensor, throttle di scan pun hasilnya baik saja. Tak lama berselang, mekanik memvonis, ini harus dibawa kebengkel dia untuk cek up lebih lanjut Krn mekanik memprediksi ini masalah mechanical bukan masalah electrical.

Ok . Mobil pun di gerek ke bengkel, dua hari berselang mekanik mengabarkan ada masalah dibagian area Crankshat, namun bukan masalah sensor ckpnya melainkan area mechanicalnya, lalu mekanik perlihatkan part yg dicopot.



Lalu mekanik perlihatkan lagi masalah di area as kruk nya, Krn gear sprocket sudah tidak persisi dengan as kruk, alhasil mekanik vonis harus mengambil as kruk nya, mekanik memberi pilihan untuk dibubut saja karena lebih murah ketimbang beli baru, Krn pasti akan ngerogoh kocek dalem dalem.

Tanpa membuang waktu, setelah nego nego harga, akhirnya deal (Krn mekanik menyatakan untuk ambil askruk, mesin harus di Overhoul agar semua mesin dapat direkondisikan seperti bawaan pabrik lagi).



Lama berselang, mekanik perlihatkan mesin terbelah dan mengambil askruk untuk dibubut (video). Untungnya part dari gear sprocket, timing gear tidak diganti mekanik hanya memperbaiki sedikit untuk membuatnya persisi lagi dengan askruknya.

3 hari kemudian, mekanik memberi kabar bahwa mobil sudah normal lagi dan sudah siap dibawa pulang, saya pun bergerak kebengkel untuk melihat, sesampainya dibengkel saya melihat mesin sudah rapi dan mencobanya hasilnya normal seperti sedia kala, sedikit digas rpm sudah bisa naik.

Sayapun langsung lakukan test Drive bersama mekanik, mekanik pun terlihat transparan Karena memberitahukan mana saja yg diganti atau diperbaiki, jadi misalnya part itu masih bisa diperbaik dia perbaiki namun bila mekanik sudah mentok tidak bisa diperbaiki dia pasti bilang tidak bisa dan harus diganti. Kalau dari pengalaman saya manggil mekanik tidak seperti mekanik ini, Krn mekanik yg lain tidak mau ambil pusing untuk memperbaiki part yg seharusnya bisa diperbaiki sedikit mereka minta ganti, alhasil kalian harus siap kocek lagi.. heheh 🤧🤗😀

Jadi permasalahan Pikachu saya sudah teratasi dengan penyakitnya di area as kruk yang harus dibubut untuk membuatnya persisi lagi dengan gear sprocket dan timing gearnya. Mesin sudah sehat, TDK ada bunyi nggeletek, mesin kokoh tidak goyang, dan lebih enak dari sebelumnya.

Mobil yg tidak bisa di gas memang banyak faktor, untuk Boskuh .. yg mengalami hal sama seperti permasalah Pikachu saya bisa jadi referensi.

Notes* Bila ada suatu bengkel / mekanik yg langsung memvonis ECU dan mesti ganti baru pikirkan lagi, karena harganya bisa beli beras selama setahun, hehehehe... mending di servis aja mungkin bisa lebih murah... hehehehe.. 🤗 Krn gak selama nya masalah di ECU ...


Terimakasih sekali lagi untuk yg sudah membaca, semoga bermanfaat.

Artikel pun sudah tayang di Blog Saya, silahkan mampir para Agan-agan yang terhormat emoticon-Wowcantik 
Diubah oleh zeronidas 20-06-2022 08:32
apawaalAvatar border
dumpsysAvatar border
dumpsys dan apawaal memberi reputasi
4
1.8K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan