KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
YANG WAJIB DIMILIKI PEMULA DALAM MEMBUAT BONSAI
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62afc7813735064a53411916/yang-wajib-dimiliki-pemula-dalam-membuat-bonsai

YANG WAJIB DIMILIKI PEMULA DALAM MEMBUAT BONSAI

Di bawah ini adalah peralatan yang wajib dimiliki pemula dalam membuat bonsai :

YANG WAJIB DIMILIKI PEMULA DALAM MEMBUAT BONSAI

- Tang, fungsinya untuk memotong kawat bonsai. Sebaiknya pilih Tang buatan Jerman karena lebih awet dan tahan lama tajamnya.

- Gergaji Lipat, pilihan yang ini lebih simple dan praktis untuk dibawa-bawa, dibandingkan dengan gergaji biasa. Fungsi gergaji semua pasti tahu kan? Untuk memotong dahan yang cukup besar.

- Cutter Runcing, fungsinya untuk merapikan dahan/ranting yang terlihat kurang rapi, juga untuk mengorek, membuat lubang pada dahan agar terkesan tua tampilannya. Seperti membuat mata kayu gitulah.

- Cutter biasa, fungsinya untuk mengupas dan mengerik kulit batang ketika akan melakukan pencangkokkan.

- Pahat, fungsinya untuk memahat tentunya. Membuat pahatan pada batang untuk memberi kesan tua.

Anda harus rajin memerhatikan tampilan pohon tua di alam sekitar, nah lalu Anda buat menyerupai kayak gitu pahatannya. Kalau di alam liar atau sekitar kan terbentuk secara alami. Kalau untuk bonsai, karena pohonnya miniatur, tentu saja harus oleh tangan kita dibuatnya dengan menggunakan alat pahat.

Jika pohonnya masih kecil, Anda bisa membentuknya dengan pahat kecil. Jika batang pohonnya besar dan sudah sangat keras, tentu saja butuh pahat yang besar. Intinya alat pahat disesuaikan dengan kebutuhan.

- Gunting. Ada banyak jenis gunting yang bisa dipakai untuk memangkas ranting dan daun-daun pada pohon bonsai. Ini tentunya dikondisikan dengan kebutuhan juga. Jika pohonnya sangat minimalis alias mame, gunakanlah gunting kecil yang ujungnya runcing. Karena akan sulit jika memakai gunting yang besar.

Punyaku memakai gunting seperti dalam foto. He he he ... padahal baiknya memakai gunting khusus bonsai. Namun, harganya cukup mahal, jadi aku pakai gunting kayak gitu. Karena intinya yang kubutuhkan adalah kegunaannya.

- Kawat Bonsai. Untuk yang satu ini tidak bisa semaunya. Harus menggunakan kawat khusus bonsai. Ada alternatif kawat lain yang bisa digunakan, yaitu kawat tembaga. Selain itu gak bisa.

Kawat khusus bonsai ada dua warna yang dijual di pasaran. Warna hitam dan warna aluminium. Yang hitam harganya lebih mahal, mungkin lebih elastis kawatnya. Aku sendiri menggunakannya yang warna biasa atau yang warna aluminium yang ramah di dompet. He he he he ... Intinya yang penting kawatnya anti karat. Penggunaan kawat yang anti karat tidak akan membuat pohonnya infeksi. Jika pakai kawat berkarat, maka pohon akan infeksi dan mati karena kena karat.

- Catok atau Tang Catok, fungsinya khusus untuk memotong dahan dan bagian-bagian ranting yang sulit dipotong dengan gunting biasa. Bisa juga memotongnya dengan gunting dahan, tetapi ini lebih rumit menggunakannya untuk bagian-bagian tertentu. Akan lebih mudah memotong dengan tang catok.

Demikian penjelasan peralatan yang wajib dimiliki pemula dalam membuat bonsai. Selamat mencoba. Membuat bonsai itu asyik loh! Serius.








×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di