KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Kenapa Jok Kiri Depan Mobil Identik Dengan ART? Ini Penjelasannya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62afb64e52d52171c44d40be/kenapa-jok-kiri-depan-mobil-identik-dengan-art-ini-penjelasannya

Kenapa Jok Kiri Depan Mobil Identik Dengan ART? Ini Penjelasannya

Kenapa Jok Kiri Depan Mobil Identik Dengan ART? Ini Penjelasannya

Dimasyarakat berkembang rumor posisi duduk disebelah supir biasanya pekerja atau art majikan dan memang kita seringnya melihat itu secara langsung. Apakah ada aturan demikian, baca lengkap thread ini maka kita akan tercerahkan.

Kecilnya saya dulu kalau naik mobil senangnya duduk paling depan, bahkan sampai sekarang posisi terbaik yang saya sukai masih senang duduk di jok paling depan, tidak peduli orang mungkin mengira saya art atau bukan, padahal saya adalah boss bagi diri saya sendiri. Hehe emoticon-Ngakak (S)

Mengapa art paling sering duduk di jok depan sebelah kiri supir? Saya coba menganalisa dan berlogika seperti ini: Hal yang paling pahit terjadi adalah jika terjadi sebuah accident diperjalanan biasanya datang dari arah depan atau belakang, menabrak atau ditabrak, nah.. jok tengah biasanya paling aman untuk diduduki majikan atau bossnya.

Tapi, bukan berarti produsen mobil memprioritaskan atau membuat bagian tengah lebih spesial, terbukti secara konsep desain dan konstruksi rangka mobil sudah sangat diperhitungkan faktor keselamatan dan kenyamanannya. Hanya saja posisi duduk ditengah merupakan bagian yang memiliki banyak keuntungan selain faktor keselamatan dan kenyamanan tadi.

Keuntungan itu diantaranya adalah karena minim suara bising, minim getaran karena jauh dari mesin dan putaran ban mobil, duduk ditengah tidak silau oleh cahaya lampu mobil dari lawan arah, tidak terganggu oleh aktifitas sopir, lebih privacy.

Jok didepan biasanya tempat dimana supir melakukan tugasnya seperti mengambil karcis parkir dan urusan pembayaran, bertanya, supir bertanggung jawab dalam membawa mobil tetap nyaman, aman dan art jadi lebih sigap jika duduk didepan, misalkan turun lalu membuka pintu tengah untuk mengeluarkan bayi dari gendongan istri majikannya.

Kenapa Jok Kiri Depan Mobil Identik Dengan ART? Ini Penjelasannya

Secara hukum memang tidak ada aturan tertulis dalam undang-undang transportasi mengenai aturan duduk penumpang berdasarkan 'kasta' kecuali dalam perjalanan menggunakan pesawat terbang ada anjuran hanya seorang yang sehat, kuat, dan sigap saja yang boleh duduk didekat kursi darurat, tujuannya untuk membantu awak kabin cepat membuka pintu dan mengevakuasi penumpang saat keadaan genting.

Fakta ini diperkuat oleh apa yang saya lihat sendiri. Saya punya teman yang kini jadi boss ternama dan usahanya ada dimana-mana, dia senangnya duduk disebelah supir karena beralasan jadi tidak mudah mengantuk, duduk ditengah sering ketiduran dan jadi lupa materi apa yang akan dia akan sampaikan saat bertemu kliennya.

Teman saya duduk ditengah hanya sesekali saja misal saat pergi bersama keluarganya atau sedang menyusun naskah maka dia butuh space lebih besar untuk membuka laptop dan menelpon relasi penting. Tapi untuk pergi urusan bisnis keseharian dia tetap memilih jok depan sebelah kiri supir.

Kenapa Jok Kiri Depan Mobil Identik Dengan ART? Ini Penjelasannya

Dan aturan art harus duduk disebelah supir sebenarnya juga bukan suatu keharusan, tapi menurut saya ini demi kepraktisan agar urusan si majikan bisa segera terpenuhi. Tapi sesungguhnya, siapapun yang duduk di jok paling depan ibarat pergi ke medan perang harus siap dengan apa yang akan terjadi.

Jadi rasanya terjawab sudah tidak ada aturan yang mengharuskan duduk disebelah kiri supir haruslah art (asisten rumah tangga) atau duduk dijok paling belakang harus anak-anak, karena menurut saya cara ini sifatnya menyesuaikan situasi dan kebutuhan saja.


Kenapa Jok Kiri Depan Mobil Identik Dengan ART? Ini Penjelasannya

Sebuah opini
Img. Gugel


Kenapa Jok Kiri Depan Mobil Identik Dengan ART? Ini Penjelasannya
Kenapa Jok Kiri Depan Mobil Identik Dengan ART? Ini Penjelasannya
Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 16 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh iskrim
Halaman 1 dari 5
Kenapa Jok Kiri Depan Mobil Identik Dengan ART? Ini Penjelasannya

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:




...
Diubah oleh iskrim
Ooh berarti klo mobil 2 pintu entah itu supercar atau pickup itu hanya buat sopir dan pembantu yak. Klo supercar khusus sopir sm pembantu, klo pickup si bos di iket di bak belakang yak emoticon-Ngakak emoticon-Traveller

Yg naik supercar 2 pintu gak usah bangga itu mobil khusus buat sopir dan art emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 16 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh anoezar
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
teori yg membagongkan emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
jiresh dan caerbannogrbbt memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kalo posisi mobil parkir di tempat sepi, kaca tertutup, lalu gerak-gerak sendiri apakah ada penjelasannya gan? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Lah gw baru pertama kali baca di thread ini.. wkwkw...

Kalau mobil sedan mah emang anak duduk di belakang..
Tapi kalau mobil kek apanja,lebih suka duduk samping supir trus kursi direbahin..
profile-picture
jiresh memberi reputasi
ane malah baru denger soal jok kiri identik dengan ART

emoticon-Bingung
profile-picture
jiresh memberi reputasi
ini konteksnya hanya masuk akal kalau mobil MPV & Sedan Luxury 4 Pintu deh. Yang mobilnya seperti Alphard atau Mercedes Benz E or S Class dengan supir pribadi sementara owner duduk di belakang. Dan otomatis kalau bawa asisten duduknya di depan samping supir.

Sementara kalau mobil sedan sport, suv atau kendaraan yang di rancang lebih ke driver oriented justru duduk di depan lebih nyaman. Otomatis bawa pasangan yang duduk di sampingnya.

Jadi tidak selalu yang duduk di kiri depan itu ART.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 7 lainnya memberi reputasi
Salah satu kenalan pernah bilang, mau apapun status lu pada, kalo yg nyupirin lebih tua daripada lu pada, usahakan duduk didepan. Apalagi lu cuma remahan rengginang yang numpang di mobil orang. emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 3 lainnya memberi reputasi
justru yang baris tengah biasa ga pake seatbelt & airbagnya emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
iskrim memberi reputasi
baru denger
yang ane tahu, malah depan kiri itu nyonya yang punya mobil
ART mah d tengah bareng anak2
apalagi klo jarak jauh
yg setir suami, jok kiri istri

belakang baru art bareng anak2 setau ane

aneh kalo suami nyetir, sebelahnya artemoticon-Ngakak

kecuali yg nyetir sopir, baru dah jok kiri art
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 3 lainnya memberi reputasi
biar gampang disuruh suruh, kayak beli rokok / gorengan emoticon-Ngakak
profile-picture
romeo.jakarta memberi reputasi
Persepsi orang aja itu mah
profile-picture
jlamp memberi reputasi
padahal kalo bawa ceuwek epic ditaroh di kursi itu yak emoticon-Bingung lah cewek nya berarti..... emoticon-Leh Uga
kagak punya art.. jok kiri depan udah di booking sama anak, bini ya mau gak mau ngalah ketengah emoticon-Coblos
profile-picture
jiresh memberi reputasi
TAKDIR, GanKrim...
emoticon-Angel
Kenapa Jok Kiri Depan Mobil Identik Dengan ART? Ini Penjelasannya
Emaknya Gala duduk di belakang supir ya wassalam juga.
profile-picture
Gailham memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
tergantung mobilnya gan, kalo mobilnya agak mahal kaya alphard atau sedan gitu mungkin iya sih, tpi klo cuman mobil avanza, xenia, dll kayanya enakan duduk di depan. tapi rumusnya ada sih dengan catatan di mobil cuma ber 2, kalo status sosial si driver dan penumbang setara biasanya duduk depan semua. tapi klo penumpang duduk di belakang berarti si driver adalah sopirnya. tapi kalo sopir semua biasanya duduk di belakang semua, ngopi kali ye mobilnya ngetem dulu
profile-picture
jiresh memberi reputasi
Enggak juga kok, seat kiri spesial buat Navigator.


emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 3 lainnya memberi reputasi
sumpah seumur2 gw baru denger kalo kursi depan = kursi pembantu
Halaman 1 dari 5


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di