KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
Tinggal Satu Rumah Bareng Mertua Bikin Stres, Bertahan dengan Keruwetan atau Mundur?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62afb10eaa26100b705feade/tinggal-satu-rumah-bareng-mertua-bikin-stres-bertahan-dengan-keruwetan-atau-mundur

Tinggal Satu Rumah Bareng Mertua Bikin Stres, Bertahan dengan Keruwetan atau Mundur?

Tinggal Satu Rumah Bareng Mertua Bikin Stres, Bertahan dengan Keruwetan atau Mundur?
Mertua susah dimengerti, banyak permintaan, dan bikin stres.
Pilih bertahan dengan keadaan atau ada cara lain untuk lepas dari jeratan?


Tinggal bareng satu rumah dengan mertua atau orang tua dari suami, menurut beberapa teman TS yang sudah menikah katanya benar-benar menjadi sebuah ujian berat dalam pernikahan.

Tidak sedikit para istri yang mengeluhkan sikap mertua yang semena-mena dan sering menyindir saat sesuatu yang dikerjakan oleh menantunya tidak sesuai dengan kemauan mereka, bahkan juga tidak jarang ada mertua yang kemudian membandingkan menantunya dengan mantan pacar dari anaknya atau juga menantu tetangganya.

Memang konflik di dalam rumah tangga baru, yang mana suami istri masih tinggal dengan salah satu orang tua atau mertua ini sangat kompleks GanSis. Akan selalu ada masalah setiap hari mulai dari yang sepele sampai dengan masalah-masalah besar.

Tentu tidak semua mertua itu jahat, hanya saja memang ada mertua yang hobi mengatur, menunjukkan banyak pekerjaan, atau mengomentari pekerjaan dari menantunya.

Ketika masalah ini datang, lalu apa yang bisa dilakukan oleh si menantu agar mereka bisa keluar dari belenggu mertua kurang pengertian?

Berikut ini beberapa pilihan yang bisa Agan Sista pilih sebelum stres akut dan berlanjut.


Tinggal Satu Rumah Bareng Mertua Bikin Stres, Bertahan dengan Keruwetan atau Mundur?


1. Ngobrol Serius Suami Istri

Maksut dari ngobrol serius antara suami dan istri disini bertujuan untuk mencari jalan keluar terbaik saat mertua yang rumahnya masih ditumpangi mau mengerti kekurangan menantunya.

Jika yang cerewet atau memberikan tekanan adalah orang tua dari laki-laki maka akan lebih baik jika si suami yang menjelaskan kepada orang tuanya untuk tidak terlalu mengekang istrinya atau berbicara yang baik saat menyuruh atau ada pekerjaan yang kurang tepat untuk dilakukan, begitupun sebaliknya jika tinggal di rumah orang tua istri.

2. Nurut dan Sabar

Menjadi seorang istri atau suami yang selalu dinyinyiri atau mendapatkan banyak protes dari mertua biasanya karena memang sebagai menantu masih ada kurang disana-sini GanSis. Saat ini memang banyak anak muda yang belum paham tugas dan peran untuk menjadi suami atau istri, itulah sebabnya para mertua sering dibuat emosi.

Ikuti atau nurut apa yang dimau oleh mertua, terima semuanya dengan sabar dan pahami apa kemauan mereka, ketika Agan Sista sudah paham apa yang mertua mau pasti mereka tidak akan lagi memberikan protes, menyindir, atau membandingkan.

3. Minta Nasihat

Selain ngobrol serius dengan suami atau istri, saat Agan atau Sista mendapatkan perlakuan kurang baik dari mertua akan lebih baik jika GanSis menanyakan langsung kepada mertua kalian untuk nasihat yang baik dan apa yang harus kalian lakukan agar tidak salah dimata mereka.

Cara ini untuk memancing mertua mengeluarkan segala unek-unek mereka kepada Agan Sista. Ketika semuanya sudah keluar, maka perbaiki apa yang menurut mereka salah atau kurang benar.

4. Rumah Sendiri

Jika memang beberapa cara dilakukan tidak dapat merubah keadaan atau sikap mertua untuk menjadi lebih baik, maka Agan Sista bisa memilih untuk tinggal sendiri atau ngontrak jika memang belum bisa membeli rumah sendiri.

Bukan maksut menelantarkan orang tua, cara ini dilakukan agar rumah tangga tetap aman dan tidak lagi ada percekcokan antara menantu dan mertua yang bisa mengakibatkan pada rusaknya rumah tangga.

Tinggal Satu Rumah Bareng Mertua Bikin Stres, Bertahan dengan Keruwetan atau Mundur?


Itulah GanSis beberapa cara untuk mengatasi mertua yang sering protes, banyak kritik, sering membandingkan, atau menjelekkan.

Memang berat untuk dapat menerima begitu saja omongan yang kurang baik dari mertua, namun mau tidak mau Agan Sista harus bisa bertahan agar rumah tangga kalian tidak rusak berantakan.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa diambil oleh Agan Sista semua.


Tinggal Satu Rumah Bareng Mertua Bikin Stres, Bertahan dengan Keruwetan atau Mundur?


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 67 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 13
emoticon-Cape d... banyak yang ngeluh stres karena mertua yang super ribet
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xiaoai777788073 dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 15 balasan
emoticon-Matabelo ada yang pernah ngalami enggak nih GanSis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ariefrahman11 dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
emoticon-Matabelo kayaknya enak langsung rumah sendiri aja ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
maroonia dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 15 balasan

pejwan

numpangemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
saptopurnomo dan 6 lainnya memberi reputasi
emoticon-Matabelo iya, memang begitu mertua. Harus pintar-pintar mengambil hati biar mereka gak nyinyiran
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bulumata.tanpak dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:

emoticon-2 Jempol silakan gan, terima kasih sudah singgah

Quote:

emoticon-Cape d... harus bener-bener sabar jadi menantu baik itu cowok atau cewek kalau tinggal bareng mertua
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
emoticon-Ngakak nurut dan sabar, mertua sadar setelah menantunya gantung diri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ariefrahman11 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
emoticon-Matabelo ini gak cuma buat cewek ya gan, cowok juga ada yang ngalamin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ariefrahman11 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 14 balasan
Ujung2nya celetukan keluar "halah masih numpang aja"

Mending mandiri dah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
emoticon-Cape d... fakta, banyak yang cerita juga nih sama gue
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 4 lainnya memberi reputasi
Tolol, goblok, sampah masyarakat!!! Di Indonesia ini banyak sekali orang yang sebenarnya tidak layak menikah tapi mereka tetap menikah dan ternak anak banyak. Hidup numpang di rumah mertua, banyak utang lagi. Goblok asyuuuu!!!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ashrose dan 29 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh luca.erillia.27
Lihat 30 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 30 balasan
Quote:

emoticon-Matabelo nah iya, mending mandiri. Dari awal harus udah ada omongan sebelum menikah

Quote:

emoticon-Matabelo iya gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
babayegaa dan 2 lainnya memberi reputasi
Wah Wah... tergantung sih... Ane masih ikut mertua bre,, ane udah punya rumah sendiri tapi agaj jauh dari Kota tempat ane n bini kerja,, setelah nikah awalnya ane rencana pengen ngontrak tapi bini gag mau,, alesan mw nemenin ortunya yg udah sepuh, lagi pula di rumah mertua lumayan lega 2 lantai... lantai 2 ini udah kayak ane blok aja sama bini hehehehe.... alhamdullilah baik2 aja, walau kadang ada permintaan sesuatu masih dalan batas wajar jalanin aja bre. Cuma nggk enaknya nggk bisa bebas bawa temen maen ke rumah gitu aja sih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SAP123 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
lebih baik ngontrak aja di luar, dripada harus bareng sama mertua.
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qta666 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Intinya gini aja kalo merit wajib keluar rumah supaya bisa menjalankan rumah tangga sendiri... Apalagi skrng ada program rumah bersubsidi,Kalo ngk sama aja istri elo merit ama mertua elo.. mau ewe istri ngk nyaman nanti nanti anak2 elo diatur bahkan bakal ada intervensi alias istri elo tergantung ama mertua dan istri elo bisa jadi pembokat disitu gw sering lihat itu kalo main teman2 gw..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kasogigan dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mecannotread
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Ane dari awal sebelum memutuskan nikah sudah punya prinsip gan..

Harus rumah sendiri..
Mau gimana seperti apa harus rumah sendiri...

Awal2 ngekos, ngontrak dan Alhamdulillah sekarang dah punya rumah sendiri..

Gak mau ruwet dah emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kregdevid dan 13 lainnya memberi reputasi
Sadar atau tidak orang tuanya dulu pernah menjadi menantu juga, dan menantu nantinya juga bakal jadi orang tua dan punya menantu

Itu aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Baiknya setelah nikah sih jangan tinggal dirumah orang tua atau mertua, cuman kadang krn keadaan ekonomi sehingga harus numpang dulu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pailulbejo dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 14 balasan
Ya sabar aja dahh ane mah, smoga kebeli rumah impian emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Dah, ngotrak rumah aja. Belum ntar kalo udah punya anak, makin ribet perkara ngedidik anak. Karena beda kepala beda pemikiran.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 6 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 13


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di